Strategi Pengelolaan Bisnis Rental Mobil untuk Tingkatkan Keuntungan Anda!

Bisnis rental mobil memiliki potensi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Penyewaan mobil banyak orang butuhkan khususnya saat musim lebaran, hari besar, dan liburan panjang. Dengan adanya peningkatan kebutuhan dari pelanggan, maka akan ada peningkatan pendapatan pula. Tanpa adanya pengelolaan uang yang baik, perusahaan mungkin saja mengalami kerugian. Oleh karena itu, penting untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Gunakan sistem Akuntansi terbaik untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis Anda. Seluruh arus keuangan bisnis akan secara otomatis tercatat dan menciptakan laporan keuangan secara real-time. Anda dapat membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan lainnya dalam hitungan menit dengan sistem Akuntansi terintegrasi.

Dalam sebuah bisnis rental mobil tentu saja Anda memerlukan kendaraan mobil untuk disewakan. Anda tidak perlu khawatir jika hanya memiliki jumlah mobil yang tidak banyak. Untuk memulai bisnis rental mobil Anda dapat memulainya dengan satu atau dua mobil saja. Kemudian, seiring berjalannya bisnis Anda dapat memikirkan untuk menambah kendaraan bisnis Anda. Selama penggunaan mobil tentu saja akan ada pengeluaran untuk mobil Anda baik dari pajak tahunan maupun biaya perawatan mobil. Menghitung pajak dan mengelola pengeluaran bisnis bukanlah hal yang mudah. Anda dapat menggunakan bantuan sistem Akuntansi terunggul untuk mengotomatisasi pengelolaan pengeluaran bisnis Anda. Permudah pengelolaan petty cash perusahaan untuk mengetahui pengeluaran perusahaan dengan tepat dan cepat dengan sistem. Optimalkan bisnis Anda dan lakukan pembayaran pajak untuk setiap pembelian dengan mudah dengan efaktur dari Software Akuntansi EQUIP.

Baca juga: Tips Sukses Membuka Bisnis Showroom Mobil dengan Software Retail

DemoGratis

Daftar Isi

Peluang Bisnis Rental Mobil

Membuka bisnis rental mobil dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi Anda. Dengan modal yang tidak besar, Anda dapat membuka bisnis ini mulai dari modal 5 juta rupiah. Dari modal kecil tersebut Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga berkali-kali lipat. Usaha ini akan sangat lebih menguntungkan apabila Anda berada di tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Masa liburan sekolah, Ramadhan, hingga liburan tahun baru menjadi masa peningkatan penyewaan mobil. Untuk memulai bisnis ini Anda tidak diharuskan untuk memiliki kendaraan yang banyak, cukup dengan satu atau dua mobil saja. Apabila terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat, Anda dapat memikirkan Kembali untuk menambah kelengkapan unit kendaraan yang Anda miliki. Kebutuhan mobilitas moda transportasi akan selalu dibutuhkan hingga di masa yang akan datang, hal inilah yang dapat menjadi perhitungan Anda untuk memulai bisnis ini.

Baca juga: VUCA adalah Periode Penuh Tantangan dalam Bisnis yang Harus Anda Atasi!

Tips Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil

bisnis rental mobil

Untuk memulai bisnis rental mobil Anda perlu menyiapkan secara matang usaha sebelum memulai usaha. Bisnis yang sukses terbangun dari pengelolaan yang baik. Untuk itu, simak penjelasan berikut untuk mendapatkan beberapa tips saat memulai bisnis rental mobil! 

1. Membeli mobil yang memiliki peminat tinggi

Kunci sukses pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah jenis mobil yang akan di rentalkan. Anda perlu memilih mobil yang memiliki peminat terbanyak. Kendaraan MPV seperti Toyota, Avanza, dan Daihatsu Xenia masih menjadi pilihan favorit masyarakat. Mobil tipe ini merupakan mobil multiguna dengan jumlah kursi yang cukup banyak untuk mengangkut penumpang dan konsumsi bahan bakar yang irit. Dengan harga mobil dan perawatan yang terjangkau, akan sangat menguntungkan jika jenis mobil ini menjadi pilihan Anda. Jenis mobil ini cocok untuk siapa saja dan cenderung mudah untuk menentukan harga sewa yang sesuai.

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

2. Hindari membeli mobil bekas

Dalam menyediakan mobil rental pastikan Anda membeli mobil baru untuk memulai bisnis ini. Hal ini karena, performa mobil bekas tidak akan sebaik mobil baru. Mobil bekas dapat memberikan ketidak nyamanan baik bagi Anda maupun konsumen Anda. Perawatan yang sulit dan rentan terhadap kerusakan, membuat mobil bekas akan sering berkunjung ke bengkel. Bukannya mengurangi modal, biaya pemeliharaan justru meningkat. Anda sebaiknya membeli mobil baru. Dealer biasanya menawarkan perawatan gratis selama masa garansi. Meski dengan biaya yang lebih besar mobil baru akan memberikan kepuasan pada pelanggan Anda.

3. Asuransikan mobil rental Anda

Tips selanjutnya adalah dengan mendaftarkan asuransi mobil rental Anda. Asuransi merupakan faktor penting dalam industri persewaan mobil. Anda tidak perlu khawatir dengan kejadian tak terduga yang merugikan, karena asuransi memberikan kontribusi perlindungan atas kerusakan unit, kecelakaan, dan kehilangan. Selain mendaftarkan asuransi bagi kendaraan Anda, asuransikan juga pengemudi jika tersedia. Risiko yang tidak dapat ditebak, membuat Anda perlu untuk melindungi aset bisnis yang dapat mengganggu operasional bisnis Anda. Apabila Anda memiliki modal yang kecil, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang banyak asuransi yang menyediakan premi yang kecil.

4. Lakukan promosi dan pelayanan terbaik

Setelah menyiapkan semua sumber daya dan usaha, maka selanjutnya Anda perlu menyiapkan strategi pemasaran. Dalam mengembangkan sebuah bisnis, pemasaran menjadi sebuah aspek yang penting. Mengetahui target pasar yang tepat untuk menawarkan jasa bisnis Anda dengan tepat. Tujuan dari pemasaran sendiri adalah untuk memperkenalkan perusahaan kepada khalayak luas. Saat ini Anda dapat memasarkan jasa Anda menggunakan media sosial, situs web, dan pendaftaraan bisnis dengan Google. Untuk menarik konsumen buatlah promosi semenarik mungkin. Berikan diskon, tawaran membership, atau hadia menarik bagi pelanggan Anda. Berikan pengalaman terbaik bagi pelanggan Anda dengan menggunakan bantuan software CRM otomatis. Sistem ini dapat membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

5. Bangun relasi dan jaringan untuk memperluas pasar

bisnis-rental-mobil
Source: freepik.com

Peluang yang menjanjikan tentunya membuat persaingan yang ketat dalam bisnis ini. Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, cakupan pasar bisnis yang luas dapat memberikan banyak bentuk bisnis rental mobil. Anda dapat menjalankan kemitraan dengan perusahaan taksi online atau dengan mengajukan penyewaan kendaraan operasional kepada perusahaan. Dengan solusi tersebut Anda dapat meminimalkan persaingan dan mendapatkan konsumen tidak hanya dari masyarakat umum saja. Dengan relasi jaringan yang luas, mudah bagi Anda untuk mendapatkan kepercayaan dari mitra atau investor.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Bagaimana Software Akuntansi Bantu Bisnis Anda Tingkatkan Keuntungan?

Dalam bisnis rental mobil hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Manajemen keuangan, terutama dalam bisnis persewaan merupakan hal penting. Anda dapat melacak setiap pendapatan baik keuntungan dan kerugian, sehingga Anda dapat membuat keputusan strategi bisnis selanjutnya. Membuat laporan keuangan tidaklah mudah diperlukan ketelitian agar tidak ada kesalahan dalam menginput data. Jika Anda tidak begitu memahami pembuatan laporan keuangan dengan baik, ada baiknya Anda membayar karyawan atau menggunakan bantuan sistem akuntansi terintegrasi bagi bisnis Anda. Dengan sistem Akuntansi profesional dapat Memberikan laporan keuangan secara akurat dan real-time

Sistem akuntansi yang dirancang khusus untuk memudahkan pencatatan transaksi bisnis, yang biasanya dilakukan secara manual. Dengan bantuan program ini Anda dapat melacak semua jenis transaksi untuk mengatur operasi bisnis Anda dengan lebih baik. Sistem akuntansi EQUIP ini memiliki berbagai jenis fitur yang dibutuhkan perusahaan dalam proses pengelolaan keuangannya, yaitu manajemen faktur dan pembayaran, manajemen  kredit dan debit, manajemen pajak lokal, berbagai pembuatan  laporan keuangan, manajemen multi-mata uang, pencocokan rekening bank, akun analitik, dan banyak lagi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Efisiensikan Bisnis Anda!

Kesimpulan

Memulai bisnis rental mobil dengan modal yang kecil tentunya akan sangat menarik minat Anda. Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya dengan menyewakan satu mobil yang dimiliki. Rental mobil yang ramai pada musim-musim tertentu akan menambah keuntungan berkali-kali lipat. Transaksi yang terjadi dalam bisnis rental mobil ini tentu saja harus Anda catat sedemikian rupa. Pencatatan ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan atau kerugian yang dialami selama berbisnis. Jika Anda merasa kesulitan dalam mencatat transaksi usaha Anda, Anda dapat menggunakan bantuan sistem untuk mempermudah pencatatan keuangan perusahaan. Dengan sistem akuntansi terintegrasi semua pengelolaan keuangan, arus kas, hingga pembuatan laporan keuangan akan lebih mudah. Sistem Akuntansi terbaik dari EQUIP dapat membuat laporan keuangan perusahaan secara lengkap, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan lainnya dalam hitungan menit saja. Demo gratis sekarang untuk merasakan sendiri kemudahan mengelola keuangan bisnis dengan sistem akuntansi dari EQUIP ERP.

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now