10 Aplikasi Keuangan Perusahaan untuk Efisiensi Bisnis Anda!

Manajemen keuangan merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dalam sebuah bisnis. Saat bisnis dapat mengelola keuangannya dengan baik maka bisnis tersebut merupakan bisnis yang sehat dan mungkin menjadi bisnis yang berkelanjutan. Bisa diibaratkan manajemen keuangan merupakan sebuah nadi dalam sebuah bisnis. Namun, mengatur dan mencatat keuangan bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan ketelitian yang tinggi, hal ini juga rentan akan kesalahan atau human error. Maka dari itu, di era modern sekarang banyak bisnis yang memanfaatkan aplikasi keuangan bisnis untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan.

Aplikasi keuangan adalah solusi untuk membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih efektif dan lebih optimal. Menjalankan bisnis dengan metode manual hanya akan membuat bisnis tertinggal dari yang lain. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi catatan keuangan akan membantu Anda dalam mengelola data keuangan dalam jumlah yang besar dengan cepat dan tepat. Manfaat lain dari aplikasi keuangan adalah laporan keuangannya memiliki akurasi yang tinggi, serta Anda dapat melakukan pengecekan secara real time. Karena banyaknya manfaat yang di rasakan dengan menggunakan aplikasi keuangan usaha, maka banyak perusahaan yang menawarkan software finansial untuk bisnis Anda.

Berikut ini merupakan 10 aplikasi keuangan perusahaan yang dapat Anda coba terapkan dalam bisnis:

aplikasi keuangan

1. Equiperp : Aplikasi Keuangan Terbaik

Aplikasi Keuangan EQUIP
sumber: equiperp.com

EQUIP adalah produk SaaS (Software as a Service) dari HashMicro, penyedia solusi ERP terkemuka di Indonesia. Aplikasi Keuangan Equip termasuk dalam software inovatif dengan fitur terlengkap, seperti software administrasi keuangan dan software inventory. Selain itu, juga dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda serta memiliki jumlah pengguna tanpa batas.

EQUIP memiliki produk aplikasi keuangan bisnis yang akan mengotomatiskan berbagai tugas keuangan dalam bisnis Anda. Sistem akuntansi EQUIP menawarkan banyak fitur-fitur yang dapat mengotomatiskan pembuatan laporan hingga pencatatan pembayaran dari pelanggan ataupun vendor dalam satu platform yang terintegrasi. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang ditawarkan oleh software EQUIP: 

  • Efaktur integration, pembayaran pajak untuk setiap pembelian jadi mudah karena software yang sudah terintegrasi dengan Efaktur.
  • Built in professional templates, menyediakan berbagai macam desain template untuk pembuatan invoice, struk dan voucher.
  • Otomatisasi pembuatan laporan, dapat membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan lainnya dalam hitungan menit. 
  • Riwayat transaksi, mengotomatiskan pencatatan transaksi bisnis Anda dan mempermudah penyimpanan dan pengecekan data setiap saat. 
  • Manajemen petty cash, mempermudah pengelolaan petty cash untuk mengetahui pengeluaran perusahaan dengan tepat dan cepat. 
  • Kemudahan pembayaran, mengotomatiskan pencatatan pembayaran dari pelanggan ataupun pembayaran ke vendor dalam satu platform yang terintegrasi. 

Baca juga: Aplikasi Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis

2. Aplikasi Keuangan HashMicro

software pembukuan HashMicro
sumber: hashmicro.com

HashMicro merupakan perusahaan penyedia solusi ERP dengan rangkaian software terlengkap untuk berbagai jenis industri. HashMicro berfokus melayani perusahaan-perusahaan besar atau enterprise yang memiliki model bisnis lebih kompleks. Sistem akuntansi terbaik dari Software accounting HashMicro akan membantu Anda dalam mengotomatiskan pengelolaan arus kas, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi bank, jurnal penyesuaian, pembuatan faktur, dan lain-lain.

Manfaat lain yang Anda dapatkan dengan mengimplementasikan aplikasi keuangan bisnis adalah dapat mengurangi proses akuntansi manual yang memakan banyak waktu, melihat informasi keuangan secara real-time, melakukan analisis keuangan mendalam dan estimasi pendapatan secara akurat. Serta dapat meningkatkan profitabilitas bisnis. Manfaat-manfaat tersebut dapat membantu Anda dalam pembuatan keputusan bisnis yang lebih baik.

Penggunaan HashMicro sebagai aplikasi keuangan perusahaan tentu akan membantu berbagai sektor bisnis dalam mengotomatiskan proses keuangan. Maka dari hal itulah yang membuat HashMicro menjadi penyedia software keuangan terbaik bagi seluruh perusahaan untuk mengotomatiskan bisnisnya.

3. Aplikasi Catatan Keuangan Wallet

rekomendasi software keuangan Wallet (https://dailysocial.id/post/aplikasi-pencatat-keuangan)
sumber: beebom.com

Selanjutnya adalah aplikasi keuangan bisnis bernama Wallet yang bisa juga mengatur keuangan dalam bisnis Anda. Aplikasi ini dapat menghubungkan segala jenis aktivitas finansial seperti transaksi dengan saldo bank yang Anda miliki. Selain itu, aplikasi Wallet mendukung berbagai jenis mata uang. Melalui fitur berbagi rekening dalam aplikasi ini, pengguna bisa berbagi rekening dengan pengguna lain secara aman dan mudah. Aplikasi akuntansi gratis ini akan memberikan laporan mendetail melalui grafik dan ikhtisar keuangan yang mudah dipahami memberikan wawasan dan kondisi keuangan Anda.

Software manajemen keuangan usaha dari Wallet memang memiliki beberapa fitur yang menarik. Namun, software ini tidak mampu terintegrasi dengan software lainnya. Aplikasi keuangan wallet hanya mampu menuliskan dan mencatat transaksi keuangan sesuai dengan yang Anda tuliskan. Hal itulah yang membuat Wallet kurang cocok untuk bisnis atau perusahaan.

Baca juga: Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

4. Aplikasi Catatan Keuangan Monefy

sumber: monefy.me

Aplikasi ini merupakan aplikasi harian dimana pengguna bisa mencatat pengeluaran berdasarkan kategorinya masing-masing. Aplikasi keuangan ini secara otomatis akan menghitung persentase pengeluaran tiap kategori hingga tiap tahun. Versi berbayar akan membebaskan Anda dari iklan yang mengganggu dan batasan kategori yang Anda pakai.

Aplikasi monefy adalah aplikasi keuangan bisnis yang cukup dikenal untuk mengelola keuangan. Namun, sebagai software manajemen keuangan usaha, Monefy memiliki fitur yang kurang lengkap untuk segala ukuran bisnis. Fiturnya yang sangat sederhana dan tidak dapat terintegrasi membuat aplikasi monefy jarang digunakan. Mereka kemudian beralih menggunakan software akuntansi dari EQUIP yang memiliki fitur lengkap dan mampu terintegrasi dengan berbagai software lainnya.

5. Level Money

sumber: insider.com

Level Money adalah aplikasi pembukuan keuangan untuk pengguna iOS yang terhubung dengan rekening bank. Selain itu, aplikasi keuangan usaha ini juga bisa membantu Anda mengatur uang yang masuk dan keluar baik pada kartu kredit dan rekening bank. Dengan fitur yang ada, Anda tidak perlu takut lagi karena aplikasi ini akan terus memberi informasi terkait berapa jumlah biaya yang telah Anda keluarkan. Keuntungan dari menggunakan aplikasi ini adalah keamanan yang terjamin dan kemudahan dalam penggunaannya.

Penggunaan Level Money sebagai software manajemen keuangan usaha tentu bukan tak asing bagi kalangan pebisnis. Aplikasi ini mudah untuk Anda gunakan dengan fitur yang sederhana. Namun, banyak pebisnis yang akhirnya mengeluhkan jika aplikasi ini tidak bisa digunakan secara aktif karena fiturnya yang terlalu kaku dan manual. Anda harus memasukkan keuangan bisnis secara manual sehingga memakan waktu. Hal itulah yang membuat para pebisnis di Indonesia jarang menggunakan aplikasi ini dan beralih menggunakan software akuntansi EQUIP.

6. QuickBooks

aplikasi keuangan quickbooks intuit (https://mekari.com/produk/laporan-keuangan-perusahaan/)
sumber: quickbooks.intuit.com

QuickBooks merupakan aplikasi keuangan perusahaan yang sangat berguna untuk membantu pengelolaan keuangan perusahaan. Sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika Serikat, QuickBooks menawarkan fitur-fitur untuk memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan perusahaan. QuickBooks menyediakan berbagai jenis laporan seperti laporan laba dan rugi, penjualan, neraca, dana pembelian, dan lain-lain. 

Selain itu, aplikasi keuangan bisnis ini mempunyai fitur lampiran foto yang tersedia untuk setiap pencatatan keuangan sehingga pengguna dapat dengan mudah mendokumentasikan struk belanja, kuitansi, atau nota, lalu menyimpannya bersama dengan catatan pengeluaran perusahaan. Dengan demikian, QuickBooks dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi pebisnis dalam mengelola keuangan perusahaan.

7. Teman Bisnis

Aplikasi keuangan Teman Bisnis dapat menjadi pilihan yang tepat bagi pebisnis yang membutuhkan aplikasi pembukuan keuangan yang mudah digunakan dan gratis. Aplikasi ini tidak memerlukan kemampuan khusus untuk mengoperasikannya. Selain itu, Teman Bisnis juga sudah terintegrasi dengan beberapa marketplace sehingga memudahkan pengguna dalam mencatat transaksi yang masuk. 

Fitur lain yang ditawarkan oleh aplikasi catatan keuangan ini antara lain, seperti pengelolaan catatan transaksi keuangan, laporan debit dan kredit yang mudah, serta pengelolaan barang yang di miliki. Software ini menyediakan fiturnya dengan gratis. Oleh karena itu, Teman Bisnis cocok digunakan untuk bisnis skala kecil hingga menengah. 

8. Expense Manager

Aplikasi pembukuan keuangan ini dapat membantu Anda untuk mencatat, memantau, dan mengelola pengeluaran secara efisien. Dalam praktiknya, Expense Manager dapat kita gunakan untuk menetapkan anggaran bulanan atau tahunan untuk setiap kategori pengeluaran. Aplikasi manajemen bisnis ini membantu mengidentifikasi dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu sehingga mencegah pemborosan.

Selain itu, format data yang di hasilkan melalui aplikasi keuangan bisnis ini mudah untuk dipahami. Anda dapat mengimpor dan mengekspor data pengeluaran ke dalam format yang berbeda. Mulai dari opsi visualisasi data melalui grafik hingga diagram sudah tersedia dengan Expense Manager. 

9. Aplikasi Catatan Keuangan Sage One

aplikasi keuangan Perusahaan (https://www.pajak.com/keuangan/10-aplikasi-pembukuan-laporan-keuangan-untuk-pemula/)
sumber: sageone.com

Sage One adalah sebuah aplikasi keuangan bisnis yang cukup sederhana dan tidak memerlukan pemahaman akuntansi yang cakap. Aplikasi ini di lengkapi dengan tutorial sehingga Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Dalam penggunaanya, Sage One dilengkapi dengan beberapa fitur seperti manajemen keuangan, pengaturan invoice, manajemen inventaris, dan laporan keuangan. 

Aplikasi keuangan bisnis ini sudah berbasis cloud, dan membuat Sage One dapat diakses secara online melalui berbagai perangkat seperti komputer, tablet, dan smartphone. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengakses data dan operasional bisnis di mana saja dan kapan saja. Sage One pun juga memiliki opsi paket dan harga yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. 

10. FreshBooks

Layaknya aplikasi keuangan perusahaan yang lainnya, FreshBooks sudah memberikan sistem berbasis cloud sehingga dapat diakses dengan mudah di mana dan kapan saja. Secara umum, FreshBooks menyasar pada para pengusaha berskala kecil hingga menengah. Sehingga dalam hal ini karena pengelolaan aplikasi laporan keuangan ini tidak terlalu rumit. 

FreshBooks memiliki fitur seperti pembuatan dan pengiriman faktur, manajemen pembayaran, pelacakan waktu, dan pengelolaan anggaran. Aplikasi keuangan usaha FreshBooks sudah terintegrasi dengan application luar negeri lain seperti Paypal, Stripe, dan Shopify. Hal ini akan memudahkan Anda apabila berusaha melebarkan bisnis hingga ke luar negeri. 

Baca juga: 3 Aplikasi Toko Terbaik dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Itu tadi adalah beberapa rekomendasi aplikasi keuangan yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda. Lalu, sistem manakah yang sebaiknya Anda pilih? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan dari bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan software yang Anda pilih memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda atau memilih aplikasi dengan fitur yang terlengkap.

aplikasi keuangan Perusahaan

EQUIP dari HashMicro menawarkan berbagai macam fitur terlengkap yang dapat membantu Anda dalam menyusun berbagai laporan keuangan. Software keuangan EQUIP menyediakan fitur yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pada pengelolaan keuangan untuk berbagai tipe bisnis dan industri. Profesionalkan bisnis Anda menggunakan EQUIP. Yuk segera jadwalkan demo gratis bersama kami untuk merasakan pengalaman baru dalam bisnis Anda!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now