Aplikasi Jurnal Akuntansi: Pengertian, Manfaat, dan Fiturnya

Melacak catatan keuangan merupakan bagian penting dari menjalankan bisnis yang sukses. Di masa lalu, bisnis mengandalkan metode pencatatan manual untuk mencatat transaksi dan menghasilkan laporan keuangan. Namun, dengan adanya teknologi, bisnis kini dapat mempermudah proses akuntansi mereka dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi. Salah satu software tersebut adalah aplikasi jurnal akuntansi.

Perkembangan teknologi yang cepat dan tiada hentinya membuat bisnis juga harus beradaptasi dan merubah sistem kerjanya. Disamping itu, kebutuhan manusia juga semakin berkembang. Maka dari itu, saat ini butuh sistem yang dapat meringankan serta membantu pekerjaan manusia, khususnya operasional dalam suatu bisnis. Semua bisnis pasti berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dan sustainable.

Dengan mengadaptasi teknologi ke dalam proses bisnis, maka akan meningkatkan kinerja perusahaan Anda dan menjadikan bisnis lebih efektif dan efisien. Banyak bisnis yang telah menggunakan teknologi dalam kegiatan bisnisnya. Salah satu teknologi yang digunakan yaitu software akuntansi. Sistem ini akan mengotomatiskan pengelolaan arus kas, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi bank, jurnal penyesuaian, pembuatan faktur, jurnal account payable dan lain-lain. Simak artikel berikut untuk mengetahui lebih dalam terkait aplikasi jurnal akuntansi.

DemoGratis 

Pengertian Aplikasi Jurnal Akuntansi

Dalam sebuah bisnis, keuangan merupakan salah satu aspek yang penting dalam kelangsungan perusahaan. Laporan keuangan yang baik dapat memudahkan Anda dalam mengambil keputusan. Namun, terkadang banyak perusahaan yang kesulitan dalam menyusun laporan keuangan diakibatkan banyaknya human error dan lamanya waktu yang mereka butuhkan dalam menyusun laporan keuangan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan bantuan aplikasi jurnal akuntansi untuk meminimalisir kesalahan tersebut. 

Pengertian aplikasi keuangan jurnal akuntansi merupakan sebuah software yang dapat membantu akuntan untuk memproses segala jenis aktivitas akuntansi seperti pembukuan, inventaris, laporan neraca, laporan laba rugi, arus kas masuk dan keluar dan invoice yang lebih mudah, sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dapat membantu keputusan bisnis. Hal itulah yang membuat sistem akuntansi menjadi sistem wajib untuk mengotomatiskan seluruh proses bisnis.

Baca juga: Software Akuntansi Terbaik di Indonesia

Fungsi Jurnal Akuntansi

manfaat aplikasi keuangan (https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/10-aplikasi-keuangan-digital/)

Jurnal akuntansi memiliki banyak fungsi yang dapat Anda gunakan dalam bisnis. Fungsi tersebut akan memudahkan Anda dalam pencatatan keuangan dan pengambilan keputusan dalam setiap planning strategi yang dibuat oleh perusahaan. Berikut ini merupakan fungsi-fungsi dari jurnal akuntansi.

1. Fungsi historis dari Jurnal Akuntansi

Jurnal memiliki fungsi historis yaitu dengan melakukan pencatatan setiap transaksi berdasarkan terjadinya transaksi tersebut. Jurnal menggambarkan kegiatan perusahaan secara berurutan dan terus menerus. Dengan pencatatan yang rutin akan memudahkan Anda dalam mengontrol kegiatan perusahaan.

2. Fungsi pencatatan dari Jurnal Akuntansi

Jurnal berguna untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi di dalam perusahaan. Setiap perubahan kekayaan, modal, biaya, dan pendapatan harus terlebih dahulu Anda catat ke dalam jurnal umum, jurnal utang, dan jurnal modal awal. Tujuan dari pencatatan ini adalah agar dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan dapat terselesaikan secara lengkap.

3. Fungsi analisis untuk Jurnal Akuntansi

Pencatatan dalam jurnal merupakan hasil analisis transaksi berupa pendebitan dan pengkreditan akun yang terpengaruh. Analisis ini mengenai penggolongan nama akun, pencatatan dalam pendebitan ataupun pengkreditan beserta jumlahnya. Jika gagal dalam melakukan fungsi analisis ini maka keuangan menjadi tidak balance dan akan membuat akuntan mengulang pekerjaannya. Hal tersebut dapat menghambat kinerja perusahaan.

4. Fungsi instruksi dari hasil Jurnal Akuntansi

Catatan dalam jurnal merupakan perintah untuk mendebit dan mengkredit akun sesuai dengan catatan dalam jurnal. Selain itu, pencatatan dalam jurnal umum bukan sebatas dokumen transaksi dalam perusahaan, tetapi juga bersifat instruksi atau perintah. Hal ini menegaskan bahwa jurnal umum berfungsi memberikan perintah atau petunjuk dalam proses memasukkan data ke dalam buku besar.

5. Fungsi informatif dari Jurnal Akuntansi

Catatan dalam jurnal memberikan penjelasan mengenai bukti pencatatan transaksi yang terjadi. Dengan kata lain, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan maupun kegiatan perusahaan dengan melihat catatan dalam jurnal. Maka dari itu, Anda dapat melakukan pengecekan setiap hari pada perusahaan.

Baca juga: 7 Kiat Sukses Memulai Bisnis Hidroponik di Perkotaan

Manfaat Aplikasi Jurnal Akuntansi

manfaat sistem akuntansi adalah (https://www.jurnal.id/id/blog/2017-pengertian-unsur-dan-contoh-sistem-akuntansi/)
Sumber: Freepik.com

Manfaat dari pembuatan jurnal bagi perusahaan adalah mengetahui jumlah yang tercatat di satu atau lebih perkiraan kegiatan transaksi perusahaan. Misalnya, muncul penambahan atau pengurangan suatu perkiraan kegiatan transaksi dan mengetahui jumlah yang ada pada debet atau kredit agar tetap seimbang. Jurnal umum juga dapat digunakan sebagai referensi atau tanda bahwa biaya suatu pengadaan maupun pengeluaran lainnya telah diposting ke dalam buku besar untuk selanjutnya menjadi laporan keuangan suatu perusahaan.

Di era yang sudah terdigitalisasi membuat jurnal umum dapat Anda gunakan melalui aplikasi jurnal akuntansi. Program Akuntansi EQUIP merupakan software akuntansi online yang mengotomatiskan pengelolaan keuangan perusahaan Anda. Berikut ini merupakan manfaat sistem akuntansi yang Anda dapatkan jika menggunakan Program Akuntansi dari HashMicro:

1. Efisiensi waktu 

Pencatatan akuntansi perusahaan biasanya dilakukan secara manual dan tentu saja akan memakan waktu yang lama karena akuntan harus menulisnya satu per satu setiap transaksi atau kegiatan dalam perusahaan. Sistem yang manual tersebut akan membuat perusahaan terlalu lama dalam pengambilan keputusan. Dengan menggunakan sistem ini Anda dapat mengurangi proses pencatatan akuntansi manual yang memakan waktu seperti pembukuan, kalkulasi depresiasi aset, dan lain-lain.

2. Real-time

Dengan menggunakan sistem ini Anda dapat melihat informasi keuangan secara real-time untuk membantu membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Dengan data yang sebenarnya maka Anda dapat membuat keputusan yang terbaik dan akan memberikan dampak yang nyata dalam memecahkan masalah yang terjadi dalam bisnis. Anda juga bisa melakukan pengecekan setiap waktu terkait kondisi keuangan perusahaan.

3. Akurasi tinggi

Human error merupakan kesalahan yang sering dialami saat melakukan pencatatan keuangan. Data akan menjadi tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya dan akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan. Fungsi aplikasi keuangan dalam hal ini, Anda dapat mengetahui kondisi pada setiap cabang bisnis dengan analisis yang mendalam dan estimasi pendapatan secara akurat.

4. Meningkatkan profitabilitas

Selain efektivitas kerja, fungsi aplikasi keuangan juga dapat meningkatkan Profitabilitas bisnis anda, karena perhitungan budget yang lebih tepat dan akurat. Dengan data yang akurat, Anda dapat membuat keputusan untuk memaksimalkan profit perusahaan. Jika terdapat masalah, Anda juga bisa meminimalisir hal tersebut menggunakan sistem ini. Selain meningkatkan profitabilitas bisnis, manfaat lainnya dari sistem akuntansi adalah dapat meningkatkan produktivitas anda diperusahaan.

5. Keamanan data

Manfaat sistem akuntansi berikutnya yang sangat penting dari aplikasi akuntansi adalah keamanan data keuangan. Karena data keuangan perusahaan merupakan informasi yang sensitif, maka diperlukan sistem keamanan untuk mencegah kebocoran data dan juga agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang. Sistem akuntansi memastikan bahwa informasi keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya dalam sistem terpusat yang dilindungi oleh firewall. Hanya orang tertentu yang memiliki hak akses yang dapat menjangkaunya.

6. Menghemat pengeluaran perusahaan

Setelah keamanan data yang terjaga, salah satu alasan penting perusahaan menggunakan aplikasi akuntansi adalah dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan. Kegiatan pencatatan, transaksi, dan laporan lainnya yang terkait dengan keuangan, akan sangat efektif serta efisien jika semua sudah terangkum dalam satu sistem aplikasi jurnal akuntansi.

Baca juga: Sistem Pembukuan Berpasangan: Pengertian, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Fitur Aplikasi Jurnal Akuntansi

fitur-fitur dan manfaat aplikasi keuangan (https://www.krjogja.com/angkringan/read/240211/simak-manfaat-aplikasi-keuangan-bagi-perusahaan/)

Aplikasi jurnal akuntansi juga memiliki fitur-fitur yang akan memudahkan Anda dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Sistem ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk mendukung Anda dalam proses pembukuan, keuangan, dan operasional melalui automasi dan integrasi. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi program akuntansi:

  • Financial dashboard

Financial dashboard dari aplikasi akuntansi adalah sebuah fitur yang menampilkan kondisi keuangan bisnis Anda secara menyeluruh. Fitur ini menampilkan pendapatan, saldo kas, accounts receivable, accounts payable, dan lain-lain. Selain itu, fitur ini akan memudahkan Anda dalam melihat kondisi keuangan perusahaan.

  • Cash flow forecasting 

Fitur ini akan membantu Anda mengetahui pendapatan dan biaya pengeluaran secara tepat dalam jangka waktu yang ingin Anda tentukan. 

  • Fast bank reconciliation

Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat secara otomatis mengimpor serta merekonsiliasi seluruh transaksi bank Anda secara aman.

  • Accrual and amortization

Sistem dalam aplikasi jurnal akuntansi akan meminimalkan terjadinya human error melalui pencatatan serta perhitungan akrual dan amortisasi secara otomatis yang akurat.

  • Budget management

Fitur budget management membantu Anda dalam mengelola anggaran dengan fitur budget management yang dapat diintegrasikan dengan purchasing management. Selain itu, Anda juga dapat mengatur approval matrix berdasarkan budget yang tersedia pada bisnis Anda.

  • Analytical reporting

Sistem ini dapat membuat laporan laba rugi, arus kas, neraca, perubahan modal, dan lainnya hanya dalam hitungan detik. Hal itu dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan bisnis Anda. Disamping itu, Anda juga dapat mengalokasikan waktu yang tersisa untuk hal lain yang lebih krusial demi kemajuan perusahaan. 

Pentingnya Aplikasi Jurnal Akuntansi Untuk Sebuah Perusahaan

Penggunaan aplikasi jurnal akuntansi akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Perkembangan teknologi menuntut para pelaku bisnis untuk mengadaptasi teknologi demi memudahkan kegiatan yang berjalan dalam bisnis, salah satunya dalam kegiatan akuntansi. Agar perusahaan Anda dapat bersaing dengan kompetitor, maka Anda dapat mengefisienkan proses pencatatan akuntansi dengan software akuntansi. 

Melalui penggunaan sistem tersebut, maka proses akuntansi dalam bisnis Anda akan berjalan lebih efisien dan terintegrasi dengan departemen lain. Di samping itu, Anda dapat melihat informasi keuangan secara real-time untuk membantu proses pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik dan mengacu pada data dengan akurasi tinggi. Dengan hal tersebut, maka profitabilitas bisnis Anda akan meningkat. Jika Anda masih melakukan proses akuntansi secara manual, maka akan memakan banyak waktu dan rentan mengalami human error. Selain itu, perusahaan Anda juga bisa tertinggal dengan kompetitor-kompetitor yang ada. 

Baca juga: Account Receivable Adalah: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Fungsinya

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai aplikasi jurnal akuntansi mulai dari pengertian, manfaat, fitur, dan pentingnya bagi bisnis Anda. Software akuntansi mengotomatisasikan pengelolaan arus kas, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi bank, jurnal penyesuaian, pembuatan faktur, dan lain-lain. Proses tersebut akan terintegrasi sehingga membuat bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan penggunaan aplikasi ini, maka proses akuntansi dalam bisnis Anda akan lebih efisien dan terintegrasi, mendapatkan informasi secara real-time dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga meningkatkan profitabilitas bisnis Anda.

EQUIP hadir untuk membantu memudahkan Anda dalam pencatatan akuntansi perusahaan. EQUIP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna yang tanpa batas. Dengan EQUIP, Anda dapat mengintegrasikan proses bisnis sehingga proses akuntansi akan lebih cepat. Yuk tunggu apalagi? Coba demo gratis sekarang!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now