7 Tips Sukses Berbisnis Pakaian Second!

Dalam bisnis fashion, terdapat istilah kata preloved yang dalam kosa kata bahasa inggris adalah barang yang sebelumnya sudah dimiliki namun menjadi milik orang lain. Baju bekas atau preloved merupakan jenis barang yang masih layak pakai dengan harga yang jauh lebih murah. Bahkan, terdapat baju-baju bekas dengan brand terkenal. Banyak anak muda yang ingin mempunyai tampilan fashion yang bermerek dengan membeli baju preloved sebagai alternatifnya. Pebisnis preloved biasanya telah menggunakan bantuan software pembukuan clothing. Catatan keuangan bisnis preloved dikenal sebagai proses yang memakan banyak waktu karena ada banyak transaksi yang harus di catat dan di hitung. Namun, dengan sistem akuntansi terbaik, semua catatan keuangan dapat di otomatiskan sistem, sehingga waktu pengerjaan dapat di persingkat.

Sistem akuntansi digunakan untuk mengelola dan mengintegrasikan keuangan, dan berbagai aktivitas operasional bisnis hariannya. Membeli baju preloved merupakan solusi yang tepat untuk menurunkan limbah pakaian serta mengurangi baju yang tidak terpakai dari lemari. Jenis bisnis ini juga sangat booming akhir-akhir ini terutama pada kalangan anak muda. Untuk mengetahui tips apa saja dalam membangun sebuah bisnis preloved, simak artikel berikut ini! 

preloved artinya

Daftar Isi

Tips-tips Menjual Baju Preloved

Karena barang preloved dan barang new tentu berbeda dari segi kualitas, maka berikut ini harus Anda perhatikan sebelum memasarkannya: 

1. Mengetahui kondisi barang preloved

Sebelum menjual barang bekas, tentunya Anda harus mengetahui kondisi baju-baju preloved tersebut. Apakah baju tersebut masih layak pakai atau tidak, karena baju tersebut akan digunakan oleh pemilik berikutnya. Lebih baik untuk terjun langsung ke pasar daripada membeli secara online, hal ini agar terhindar dari kualitas baju yang sudah tidak layak pakai. 

preloved artinya
Sumber: Freepik.com

Baca Juga: Thrift: Bisnis Masa Kini yang Patut Anda Coba!

2. Tulis deskripsi barang preloved secara lengkap dan jujur

Selanjutnya, ketika hendak memasarkannya di media sosial, e-Commerce, dan platform lainnya. Hendaklah untuk menuliskan deskripsi lengkap tentang baju preloved tersebut, seperti ukuran, kondisi barang, hingga merek. Untuk menulis deskripsi ini, tentu saja Anda harus menuliskan secara jujur tentang kondisi barang tersebut. 

Hal ini juga untuk menjaga kepercayaan konsumen Anda agar tidak kecewa jika nantinya deskripsi dengan produk ternyata berbeda. Keuntungan lainnya adalah kemungkinan pelanggan akan membeli kembali produk karena kepuasannya terhadap barang preloved yang Anda jual. 

3. Harga yang sesuai dengan kualitas

Permasalahan harga merupakan hal yang utama yang berkaitan dengan kesanggupan konsumen untuk membeli produk Anda. Jangan sampai Anda menjual dengan harga yang terlalu tinggi dengan kualitas yang standar. Berikanlah harga jual sesuai dengan barang dan kualitas barang bekas tersebut. 

Wajar saja jika produk Anda harganya tinggi bila merupakan baju bermerek ternama seperti Adidas, Nike, hingga merek mahal ternama lainnya. Karena harga tersebut mengikuti harga pasaran yang berlaku, namun pastinya akan lebih murah harga jualnya jika produk Anda tidak bermerek ternama. 

Untuk menarik banyak konsumen, usahakanlah bahwa harga jual Anda masih bisa dinegosiasikan antara penjual dan pembeli. Akan tetapi, dengan adanya negosiasi tersebut jangan sampai Anda tidak mendapatkan keuntungan. Anda bisa mempelajari strategi penetapan harga terlebih dahulu, sehingga harga jual tidak terlalu rendah namun dapat menghasilkan keuntungan. 

Baca Juga: Aplikasi Akuntansi Terbaik yang Mudahkan Proses Pembuatan Jurnal Penutup

4. Promosi media sosial

Selanjutnya, tentukan media pemasaran yang sesuai dengan target pasar produk Anda. Facebook atau Instagram merupakan pilihan yang tepat untuk memasarkan baju preloved yang Anda jual. Untuk menemukan calon konsumen, cobalah mem-posting produk dengan caption beserta hastag yang relate dengan preloved. 

Selain itu, Anda juga bisa mencoba iklan berbayar seperti IG Ads atau FB Ads. Lalu, yang perlu diperhatikan lagi adalah foto dalam feeds IG usahakan instagrammable sehingga dapat menarik calon konsumen yang berkunjung ke media sosial Anda. 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

5. Pemasaran e-Commerce

Setelah mempunyai media pemasaran seperti Instagram dan Facebook, cobalah untuk memperluasnya ke e-Commerce. Banyak program yang tersedia di e-Commerce, seperti salah satunya yaitu program gratis ongkir. Walaupun terdapat biaya admin yang mebebankan penjual, program ini sangat menguntungkan Anda. 

e-commerce
Source: freepik.com

Seringkali, konsumen tidak jadi membeli suatu produk karena harga ongkir yang terpaut mahal. Dengan permasalahan ini, Anda bisa memanfaatkan program gratis ongkir dari e-Commerce. 

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

6. Cuci dan setrika

Karena produk merupakan pakaian bekas atau preloved, wajib hukumnya untuk mencuci dan setrika terlebih dahulu sebelum Anda memasarkannya. Barang preloved yang keadaannya belum dicuci dan setrika kurang menarik mata konsumen, harga jualnya pun sudah pasti lebih murah. Selain itu, jika baju yang sudah bersih dan rapi, pelanggan pun nantinya akan memberikan kesan yang baik terhadap toko Anda.

7. Partisipasi dalam event 

Untuk menjangkau konsumen secara lebih luas lagi, Anda bisa berpartisipasi dalam event bazar dengan tema preloved. Biasanya dalam event tersebut, tenant yang berpartisipasi berjualan pakaian serupa seperti preloved. Dengan adanya event ini, biasanya antusiasnya jauh lebih besar bagi para pecinta barang preloved. Namun sebelum mengikut event ini, pastikanlah bahwa stok persediaan baju Anda sangat banyak dan mencukupi. 

Manfaat lainnya adalah Anda dapat menambah relasi dari komunitas tersebut. Melalui komunitas, Anda dapat memperluas jaringan pasokan persediaan bahkan mendapatkan informasi seputar barang preloved yang menguntungkan.

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai tips-tips sukses untuk berbisnis baju preloved atau bekas untuk Anda. Bisnis ini dapat meraih kesuksesan apabila dijalankan secara konsisten dengan usaha yang tinggi. Jika bisnis preloved Anda sudah sukses dan mempunyai jangkauan pasar yang besar, tentunya perlu sebuah sistem otomatis yang dapat mengelola keuangan dengan baik. 

preloved artinya

EQUIP adalah perusahaan penyedia Accounting Software terbaik untuk perusahaan bisnis Anda. Otomatiskan pengelolaan arus kas, pembuatan laporan keuangan, rekonsiliasi bank, jurnal penyesuaian, pembuatan faktur, dan lain-lainnya dengan Accounting Software terbaik kami. Coba sekarang!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now