Home POS Pengertian Toko Swalayan dan Trik Sukses Mengelolanya

Pengertian Toko Swalayan dan Trik Sukses Mengelolanya

0
628
toko swalayan

Toko swalayan memudahkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Bisnis minimarket memfasilitasi barang-barang yang lengkap dan disusun sesuai berdasarkan kategori yang tujuannya untuk memudahkan pembeli dalam mencari barang yang mereka butuhkan. Tentunya, seluruh aktivitas kegiatan dapat terlaksana secara cepat dan efisien dengan menggunakan software POS terintegrasi dari Equip. Software ini memudahkan proses transaksi dan manajemen inventory. Software POS yang tepat juga dapat memberikan kontrol yang cepat dan akurat pada stock inventory dan memberikan kemudahan dalam mencetak faktur atau nota. Berikut pengertian dan beberapa tips mengelola toko swalayan.

toko swalayan

Daftar Isi

  1. Pengertian Toko Swalayan
  2. Bangun Toko Swalayan di Lokasi Strategis
  3. Tampilan dan Penataan Ruang yang Nyaman dan Menarik
  4. Promosi Beli Lebih Banyak Lebih Murah
  5. Berikan Diskon dengan Waktu Terbatas
  6. Buy 1, Get 1
  7. Letakkan Produk yang Saling Melengkapi Berdekatan
  8. Tempatkan Produk Kebutuhan Harian di Bagian Belakang
  9. Letakkan Coklat dan Permen di Dekat Kasir
  10. Gunakan Software POS untuk Mengelola Transaksi Pelanggan
  11. Kesimpulan

Pengertian Toko Swalayan

Toko swalayan adalah sebuah toko ritel besar yang menawarkan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Toko ini biasanya memiliki berbagai departemen, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan rumah tangga, elektronik, dan banyak lagi. Keuntungan dari membeli produk di toko swalayan adalah konsumen dapat memperoleh berbagai pilihan dan harga yang bersaing.

Toko retail biasanya memiliki luas area yang besar dan memiliki sistem manajemen yang canggih. Ini memungkinkan mereka untuk menyimpan dan menjual jumlah produk yang besar pada satu waktu. Bisnis minimarket uga biasanya memiliki layanan bagi konsumen seperti bagian makan, tempat parkir, dan layanan bank.

Konsep minimarket sebenarnya merupakan gabungan dari berbagai toko ritel yang memungkinkan konsumen untuk membeli berbagai produk dalam satu tempat. Dengan sistem yang terintegrasi, minimarket dapat memastikan bahwa stok produk yang tersedia selalu up-to-date dan bahwa konsumen dapat memperoleh produk yang mereka inginkan dengan mudah.

Mengelola toko retail tentu bukan suatu hal yang mudah Anda lakukan. Banyak sekali tantangan yang terjadi keitka Anda menjalankan sebuah bisnis khususnya bisnis toko. Namun tak perlu khawatir, berikut ini beberapa tips sukses mengelola toko swalayan hingga menghasilkan keuntungan yang besar.

1. Bangun Toko Swalayan di Lokasi Strategis

toko swalayan adalah
Sumber: canva.com

Sebelum memulai usaha toko swalayan, Anda perlu menentukan lokasi yang strategis untuk penempatan bisnis Anda. Karena, penempatan yang tepat akan mempengaruhi keuntungan dari penjualan barang-barang bisnis minimarket Anda. Lokasi strategis yang perlu Anda temukan seperti lokasi yang banyak dilewati oleh banyak orang. Hal ini sangat penting Anda perhatikan, selain merupakan langkah awal, hal ini berkaitan dengan keuntungan dan keberhasilan bisnis toko swalayan Anda. 

2. Tampilan dan Penataan Ruang yang Nyaman dan Menarik

tata ruang
Sumber: watsonbatty.com

Anda perlu memperhatikan tampilan dari toko swalayan. Pembeli akan merasa nyaman jika Anda menata produk-produk di ruang yang nyaman dan menarik untuk dilihat pembeli. Hal ini membuat pembeli nyaman di ruangan tersebut dan akan mempertimbangkan membeli banyak produk dari toko Anda. Sehingga, produk dari toko Anda akan cepat terjual dan tentunya Anda akan menghasilkan keuntungan. 

3. Promosi Beli Lebih Banyak Lebih Murah

promosi produk
Sumber: scanharga.com

Promosi ini pasti banyak Anda jumpai di beberapa toko swalayan. Trik ini sering digunakan untuk membuat pelanggan berpikir untuk membeli produk  promo karena harganya yang lebih murah. Contohnya seperti gambar diatas, alfamart memberi diskon 30% untuk pembelian dari produk-produk tersebut.  Padahal, jika Anda perhatikan lebih teliti, promo dari harga ini tidak jauh selisih harganya. Namun, promo ini menguntungkan karena pembelian yang menjadi lebih banyak. 

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

4. Berikan Diskon dengan Waktu Terbatas

diskon produk
Sumber: canva.com

Trik diskon ini merupakan salah satu cara meningkatkan jumlah penjualan toko swalayan Anda. Sistem diskon ini dilakukan pada waktu tertentu seperti, diskon belanja midnight sale. Jika produk di toko swalayan Anda seperti buah-buahan, jus, roti, dan lainnya yang perlu habis terjual di hari yang sama Anda dapat menggunakan sistem diskon seperti, ‘diskon 40% produk jus untuk pembelian diatas jam 21.30’.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

5. Buy 1, Get 1

promosi produk
Sumber: canva.com

Trik ini banyak digunakan oleh beberapa toko swalayan dan menjadi cara umum yang sering digunakan. Bahkan banyak dari pembeli rela mengantri panjang untuk mendapatkan promo buy 1, get 1 ini. Promo ini juga terbukti dapat meningkatkan persenan volume penjualan. Selain itu, dari sisi profit akan meningkat pesat terutama jika Anda menggunakan promo buy 1, get 1 di pada weekend

6. Letakkan Produk yang Saling Melengkapi Berdekatan

toko swalayan adalah
Sumber: dreamstime.com

Anda perlu untuk meletakkan produk yang saling melengkapi dengan jarak yang tidak jauh atau bahkan berdekatan. Seperti jajaran roti perlu Anda dekatkan dengan jajaran selai-selai. Atau pasangan lainnya seperti, jajaran mie instan perlu Anda dekatkan dengan jajaran saus sambal dan lainnya. Hal ini, membuat pembeli untuk membeli produk sekaligus secara berpasangan, tanpa perlu mencari terlalu jauh yang akhirnya akan membuat pembeli hanya membeli salah satunya.

7. Tempatkan Produk Kebutuhan Harian di Bagian Belakang

kebutuhan harian
Sumber: canva.com

Meletakkan produk kebutuhan harian di bagian belakang merupakan trik yang dapat Anda gunakan. Karena dengan trik ini, pembeli perlu mengelilingi toko swalayan Anda sampai belakang dan menemukan produk harian yang mereka butuhkan. Sehingga saat pembeli mengelilingi toko, pembeli akan tertarik untuk membeli produk lainnya. Dengan kata lain, Anda perlu menata produk dengan rapi dan semenarik mungkin. 

Baca juga: Kiat Sukses Kelola Risiko Bisnis Buah dengan Software Procurement

8. Letakkan Coklat dan Permen di Dekat Kasir

kasir
Sumber: canva.com

Anda dapat meletakkan produk murah dan banyak disukai oleh pembeli di dekat kasir. Trik ini selalu ada di setiap minimarket Beberapa pembeli akan tertarik untuk membeli, selain harganya yang murah, peletakkan produk seperti coklat dan permen di dekat kasir merupakan trik yang efektif dan selalu berhasil terjual lebih banyak. Hal ini, sadar dan tak sadar saat pembeli mengantri untuk bayar maupun dalam proses pembayaran yang memakan cukup waktu, hal ini lah yang membuat pembeli tergoda dan mempertimbangkan untuk membeli produk yang ada di dekat kasir. 

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis F&B dengan Software POS

9. Gunakan Software POS untuk Mengelola Transaksi Pelanggan

software POS
Sumber: canva.com

Banyak trik sukses yang dapat Anda gunakan untuk melancarkan proses penjualan pada bisnis toko swalayan Anda. Para pebisnis, biasanya menggunakan software POS terbaik untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Selain itu, software POS dari EQUIP memberikan kemudahan dalam mengelola penjualan, memberikan kontrol yang cepat dan akurat pada stock inventory serta memberikan kemudahan dalam mencetak faktur atau nota. 

Baca juga: Kenali Software POS untuk Kemudahan Bisnis Anda

Kesimpulan

Toko swalayan merupakan bisnis yang akan terus mendatangkan pembeli karena produknya yang merupakan produk kebutuhan atau bahan sehari-hari. Banyak dari pebisnis toko swalayan menggunakan software POS terbaik untuk membantu dalam pencatatan, personalisasi promosi, dan pengelolaan inventaris hanya dalam satu sistem. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan sistem ini untuk memberikan semua kemudahan tersebut.

toko swalayan

Software POS dari EQUIP berbasis web yang dapat Anda gunakan kapanpun, baik itu online maupun offline. Selain itu, sistem ini juga dapat mensinkronisasi data secara mandiri saat tersambung dengan jaringan internet. Demo gratis Equip sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA