Cara Memulai Bisnis Bengkel Motor Menggunakan Software Retail

Bisnis bengkel motor saat ini menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan saat ini. Hal ini dilatarbelakangi karena banyaknya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang bertambah semakin banyak setiap tahunnya. Anda dapat menggunakan aplikasi CRM dari EQUIP untuk membantu bisnis Anda mengotomatiskan tim sales dan proses penjualan Anda.Berdasarkan data dari GAIKINDO, pada tahun 2020 lalu penjualan motor di Indonesia menembus hingga angka 1.043.017 unit dalam waktu setahun. Hal ini karena banyaknya masyarakat Indonesia yang rela melakukan kredit agar mendapatkan motor yang mereka inginkan. Anda bisa menggunakan software unggulan EQUIP ERP inventory untuk mengatasi permasalahan manajemen inventaris bisnis Anda. 

Oleh karenanya, kendaraan bermotor tidak selamanya memiliki performa mesin yang baik. Perlu adanya perawatan rutin untuk mengganti spare part dari motor tersebut dalam kurun waktu tertentu agar performa mesinnya tetap baik. Maka dari itu jika Anda berniat untuk membuka bisnis bengkel motor, Anda perlu menggunakan software retail terbaik dari EQUIP. Software ini memiliki keunggulan untuk mengelola berbagai aktivitas bisnis ritel Anda seperti management inventaris, eCommerce, dan aktivitas lainnya. Berikut adalah cara-cara untuk memulai bisnis bengkel motor menggunakan software retail terbaik di Indonesia:

Menentukan Lokasi Bengkel Motor yang Strategis

Lokasi adalah sebuah hal yang sangat penting dalam memulai usaha apapun itu. Karena jika Anda menginginkan toko fisik Anda memerlukan lokasi bisnis Anda pada tempat yang strategis. Terlebih jika Anda ingin membuka toko bengkel motor, Anda memerlukan lokasi yang berada pada pusat keramaian. Seperti tengah kota, dekat pasar, tepi jalan raya yang ramai, dan lain sebagainya. Yang terpenting masyarakat luas mampu melihat dan menemukan tempat bengkel Anda dengan mudah.

Jika modal yang Anda miliki tergolong minim, Anda dapat menjadikan bisnis ini menjadi bisnis rumahan. Anda juga bisa menggunakan garasi ataupun lahan di rumah Anda sebagai lokasi yang tepat untuk usaha bengkel Anda.

Mempersiapkan Modal untuk Memulai Usaha

Modal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha bengkel motor termasuk biaya pembangunan atau sewa tempat, biaya operasional, gaji karyawan, pembelian alat-alat, dan pembelian spare part. Anda juga dapat menghitung perkiraan pengeluaran yang akan Anda keluarkan setiap bulannya untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Maka dari itu Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi terbaik dari EQUIP yang dapat mengotomasikan berbagai aktivitas keuangan dari bisnis Anda.

Jika Anda sudah memiliki satu toko dan ingin menambah cabang dari toko Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi software Point of Sales paling unggul dari EQUIP yang dapat membantu bisnis Anda dalam pembuatan laporan keuangan, pengaturan promosi, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Pengertian Struktur Modal serta Faktor Penentunya dalam Perusahaan!

Cari Montir dan Tim yang Sesuai

Seorang montir menjadi pemeran utama dalam bisnis bengkel motor. Tanpa montir maka bisnis tersebut tidak dapat berjalan dengan baik dan lancar. Maka dari itu Anda harus mencari tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan keahlian yang baik dalam bidangnya. Anda dapat melakukan tes seleksi sebelum memilih montir untuk bisnis Anda. Beberapa tes yang bisa Anda lakukan adalah dengan bagaimana mereka menganalisis kerusakan motor, ganti oli, penggantian parts, dan reparasi motor. Selain itu keahlian saja tidak cukup untuk menentukan montir untuk bisnis Anda. Carilah montir yang ramah dan jujur karena kedua hal tersebut sangat berpengaruh pada bisnis Anda saat ini.

Menyediakan Equipment yang Lengkap dan Original

Peralatan yang Anda beli dan yang harus tersedia di tempat Anda haruslah peralatan atau spare parts yang paling banyak konsumen butuhkan. Pada tahapan awal membuka bengkel Anda harus memiliki peralatan seperti rantai keteng, rem, busi, kampas kopling, dan lain-lain. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya pemasukan yang nantinya akan Anda dapatkan, Anda bisa menambah berbagai macam spare parts lainnya. 

Baca juga: Equipment Adalah: Perbedaannya Dengan Supplies

Berikan Pelayanan Terbaik Hingga Pelanggan Tersanjung

Pelayanan berperan sangat penting untuk performa bisnis Anda. Karena dengan memiliki pelayanan terbaik maka hal ini yang nantinya akan menjadi penentu apakah konsumen atau pelanggan akan menggunakan jasa bisnis Anda kembali atau tidak. Anda bisa menerima segala kritik dan saran dari konsumen agar Anda bisa memperbaiki kualitas pelayanan yang Anda miliki.

Selain itu lakukan evaluasi kinerja karyawan Anda pada periode tertentu agar potensi yang mereka miliki dapat termaksimalkan. Selain itu Anda juga dapat menambah jasa service panggilan bagi mereka yang membutuhkan jasa bengkel namun dengan lokasi yang jauh dari perkotaan.

Kelola Dengan Software Retail dan Inventory Untuk Mengetahui Jumlah Stok Barang

Bisnis akan sukses jika Anda melakukan pengelolaan jumlah stok barang Anda dengan baik. Dengan mengetahui jumlah stok barang maka Anda tidak akan menghamburkan keuangan Anda kepada hal yang tidak perlu. Maka dari itu Anda bisa menggunakan aplikasi software retail paling unggul di Indonesia karena software ini mampu mengelola berbagai aktivitas bisnis ritel Anda seperti management inventaris, eCommerce, dan aktivitas lainnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi inventory terbaik dari EQUIP karena aplikasi ini mampu mengatasi berbagai masalah manajemen bisnis Anda dengan pemantauan stok, optimasi tingkat stok, dan operational dashboard.

Promosikan Jualan Anda dengan Baik

Promosi juga tidak kalah penting dalam memulai bisnis. Karena dengan melakukan promosi maka masyarakat luas akan kenal dengan apa itu bisnis yang sedang Anda jalankan. Strategi promosi yang dapat Anda gunakan bisa dalam bentuk online maupun offline. Dalam bentuk online Anda bisa memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda. Sedangkan dalam bentuk offline Anda dapat memasang baliho ataupun spanduk besar agar bengkel Anda mudah konsumen kenali. 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut maka penting bagi Anda jika ingin membuka usaha bisnis bengkel motor untuk mengikuti cara-cara dan tips di atas. Sebab cara tersebut dapat dikatakan sebagai langkah awal agar bisnis Anda mampu bertahan dan dikenali masyarakat pada zaman sekarang. Maka dari itu Anda dapat menggunakan aplikasi software retail paling unggul di Indonesia dari EQUIP. Karena dengan Anda menggunakan aplikasi ini untuk membantu usaha Anda, aplikasi ini membantu Anda untuk menyederhanakan pengelolaan bisnis, akurasi data tinggi, dan membuat pekerjaan bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now