10 Tips Sukses Membangun Toko Oleh-Oleh yang Ramai Wisatawan

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing setiap daerahnya. Ciri khas dapat terlihat dari bahasa, budaya, pakaian, hingga makanan daerah khas daerahnya. Makanan khas daerah ada yang bisa menikmati di daerah tersebut dan ada yang dibawa pulang atau biasa Anda kenal ‘oleh-oleh’. Hal tersebut yang menjadi peluang bagi para pebisnis untuk membuka toko oleh-oleh. Jika Anda tertarik membuka toko, gunakan sistem CRM terbaik untuk membantu manajemen saluran penjualan. 

Toko oleh-oleh adalah salah satu tempat yang paling banyak digemari semua kalangan turis domestik maupun mancanegara. Dengan adanya tempat tersebut, maka turis atau wisatawan dapat membeli makanan khas daerah untuk mereka bawa pulang ke wilayah asal mereka. Dengan bantuan aplikasi CRM dari EQUIP maka bisa dengan mudah untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. Simak beberapa strategi jika Anda ingin membuka usaha souvenir dan oleh-oleh!

toko oleh-oleh

Daftar Isi

  1. Bangun Ciri Khas Daerah yang Kental, Unik, dan Modern
  2. Tonjolkan Originalitas dan Kualitas Produk
  3. Bekerja Sama dengan Tour & Travel Agent
  4. Tentukan Lokasi Strategis
  5. Lakukan Promosi Endorse dengan Artis atau Influencer
  6. Selalu Kreatif, Inovatif, dan Adaptif
  7. Buat Strategi Branding dan Digital Marketing yang Menarik
  8. Tetapkan Harga yang Kompetitif
  9. Berikan Pelayanan Terbaik
  10. Optimalkan Penjualan dengan Toko Online
  11. Kesimpulan

1. Bangun Ciri Khas Daerah yang Kental, Unik, dan Modern

Hal pertama ketika Anda ingin membangun toko oleh-oleh tentunya harus menonjolkan produk yang menjadi ciri khas daerah yang terlihat. Bertujuan untuk menunjukkan identitas yang khas dari produk tersebut. Misalnya, Anda ingin membuka outlet oleh-oleh di Yogyakarta, maka ciri khasnya adalah bakpia, gudeg, lanting, dan sebagainya. Anda juga bisa mengikuti trend dan buat produk yang modern mengikuti perkembangan zaman tetapi tidak menghilangkan unsur daerah. Jadi, Anda dapat mempelajari produk-produk atau makanan khas berasal dari daerah tersebut sebelum Anda memilih untuk mendirikan outlet oleh-oleh.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

2. Tonjolkan Originalitas dan Kualitas Produk

Wisatawan tentunya berharap membawa pulang produk oleh-oleh yang original dan berkualitas. Jika produk itu makanan, maka harus Anda tonjolkan rasa yang khas dan autentik dari daerah tersebut. Wisatawan bukan hanya mengingat rasa makanan, tetapi juga pengalaman dan suasana ketika berkunjung ke darah tersebut. Sementara jika Anda menjual barang seperti kaos atau mainan daerah, gunakan bahan baku yang berkualitas agar menghasilkan barang yang bagus dan tahan lama. Anda juga perlu memikirkan motif corak atau desain yang berbeda serta unik untuk membedakan dengan yang lainnya.

3. Bekerja Sama dengan Tour & Travel Agent

Menjalin kerjasama dengan tour and travel agent merupakan salah satu cara yang perlu Anda coba. Tour and travel agent berperan penting dalam menunjukan wisatawan selain ke tempat wisata menarik, tetapi juga ke toko oleh-oleh. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi pemasaran Anda. Misalnya Anda dapat memberikan harga paket dengan travel agent dan memberikan potongan diskon pada paket wisata yang Anda sediakan.

Baca juga: 7 Strategi Sukses dalam Memulai Bisnis Batik untuk Pemula

4. Tentukan Lokasi Strategis

Sumber: tripadvisor.co.id

Strategi penting lainnya adalah penentuan lokasi. Pilihlah lokasi yang strategi seperti di pinggir jalan raya, dekat dengan tempat wisata daerah, serta memiliki lahan parkir yang cukup luas. Biasanya, lokasi dengan ketentuan yang sudah disebut sebelumnya memiliki biaya sewa yang relatif mahal. Namun Anda dapat mengalokasikan ke biaya awal modal saat merintis bisnis untuk meraih kesuksesan. Misalnya, Anda akan membuka toko oleh-oleh sekitar wilayah Jalan Malioboro yang menjadi daerah pusat wisatawan. Banyak wisatawan yang akan berkunjung ke daerah tersebut, maka Anda dapat memanfaat peluang dengan menyewa toko di  daerah tersebut. 

5. Lakukan Promosi Endorse dengan Artis atau Influencer

Selain menentukan ide bisnis, jangan lupa untuk mempromosikan dan memasarkan toko Anda. Untuk dapat menarik perhatian wisatawan, Anda perlu melakukan promosi yang menyeluruh seperti melakukan endorse dengan artis atau influencer. Cobalah Anda cari beberapa orang yang memiliki banyak followers di Instagram atau Twitter. Kebanyakan dari mereka akan mempromosikan melalui sosial media pribadi, sehingga akan semakin banyak orang melihat dan memiliki rasa penasaran. Mintalah mereka untuk memperkenalkan produk ke followers-nya menggunakan kalimat yang membuat penasaran. 

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

6. Selalu Kreatif, Inovatif, dan Adaptif

Pengunjung akan tertarik jika produk yang Anda pajang dengan tertata rapi. Anda perlu perbarui tampilan dan desain, warna, serta produk baru yang unik dan menarik. Produk yang Anda tawarkan harus merencanakannya untuk segala jenis acara promosi di setiap minggu, seperti iklan, sosial media, adanya launching produk baru sebulan sekali misalnya. Anda juga dapat mengadakan acara kecil untuk seru-seruan, misal memberikan games bagi pengunjung dan yang menang dari game akan mendapatkan voucher belanja.

unique value proposition
Source: freepik.com

Baca juga: 5 Ide Desain Agar Toko Kue Anda Menjadi Aesthetic

7. Buat Strategi Branding dan Digital Marketing yang Menarik

Produk oleh-oleh daerah juga memerlukan strategi branding dan digital marketing agar tetap bertahan dan bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Strategi branding adalah cara untuk mengkomunikasikan identitas produk Anda seperti logo, warna, kemasan produk, ikon, tagline, dan suara/lagu terkait brand. Sementara digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Misalnya Anda menjual produk bakpia, maka bisa Anda tonjolkan identitas branding unik dan berbeda yang membuat konsumen lebih ingat pada brand Anda dibandingkan kompetitor. 

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

8. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Harga kompetitif adalah strategi penetapan harga dengan mempertimbangkan harga produk kompetitor di pasar. Outlet oleh-oleh atau souvenir memberi harga yang relatif mahal untuk produk-produk yang seharusnya tidak semahal itu. Pastikan Anda memberikan harga yang sesuai, relevan, dan kompetitif. Sebelum Anda menentukan harga yang kompetitif, pastikan sudah riset harga pasar terlebih dahulu.

9. Berikan Pelayanan Terbaik

Sumber: freepik.com

Pelayanan menjadi salah satu kunci penilaian yang akan pelanggan terima. Anda dapat menawarkan kemudahan dan kenyamanan pengunjung saat berbelanja ke toko Anda. Anda harus tetap menjaga hubungan dan komunikasi dengan pelanggan menggunakan bantuan software CRM terintegrasi. Jika ada pelanggan yang menanyakan letak keberadaan produk yang mereka tanyakan, maka Anda perlu mengantar ke letak produk sampai pada tempatnya. Beberapa orang tidak hanya beli satu produk di toko oleh-oleh, namun Anda jangan paksa pengunjung untuk membeli lebih dari yang mereka mau. 

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

10. Optimalkan Penjualan dengan Toko Online

Biasanya pengunjung akan mencari di internet toko oleh-oleh terdekat di tempat mereka akan pergi. Website toko online akan memudahkan mereka untuk menemukan bisnis oleh-oleh Anda. Anda harus menyajikan informasi lengkap di website itu, mulai dari foto produk, deskripsi, informasi harga, lokasi, cara beli, dan sebagainya. Maka pengunjung dapat mengetahui informasi lengkap mengenai bisnis Anda dan dapat melakukan transaksi.

Baca juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!

Kesimpulan

Dari sepuluh strategi sukses yang telah tertulis, usaha membuka toko souvenir dan oleh-oleh merupakan peluang bisnis yang bagus. Dengan mengikuti strategi beserta tipsnya, bisnis Anda akan berjalan dengan lancar dan cepat mengalami perkembangan. Usaha oleh-oleh juga harus Anda imbangi dengan kedisiplinan dan konsisten dalam menjalankannya. Semakin toko Anda besar, maka akan semakin banyak wisatawan yang akan berkunjung. Untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda dapat menggunakan software CRM terpercaya. Berfungsi untuk meningkatkan kualitas prospek bisnis dan penjualan Anda. Maka Anda akan mendapatkan pelanggan yang loyal, sehingga target penjualan tercapai.

toko oleh-oleh

Demo gratis EQUIP ERP sekarang untuk mengembangkan bisnis Anda!

Dapatkan demo gratis dan nikmati fitur serta modul yang sudah tersedia oleh EQUIP. Mulai dari Rp 75.000/bulan Anda sudah dapat menggunakan fitur-fitur dari EQUIP untuk menaikkan level bisnis Anda!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA