Tips dan Strategi yang Perlu Anda Terapkan Sebelum Memulai Bisnis Bengkel Motor

sejalan dengan meningkatnya volume kendaraan sepeda motor di Indonesia, maka salah satu peluang bisnis yang dapat Anda ciptakan yaitu dengan memulai bisnis bengkel motor. Namun, memulai suatu bisnis khususnya bisnis bengkel motor bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum memulainya, seperti mengenai strategi yang harus Anda terapkan. Salah satu strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjalankan bisnis bengkel motor yaitu dengan menggunakan software POS terbaik.

Perkembangan zaman yang semakin maju menyebabkan gaya hidup masyarakat yang berubah. Dukungan sistem POS tercanggih memampukan Anda sebagai pelaku usaha bengkel motor untuk mengadirkan beragam metode pembayaran untuk memberikan pengalaman transaksi yang nyaman dan aman, baik lewat uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit.

Hal yang kerap berhubungan dengan usaha motor adalah penjualan produk mesin dan barang lainnya yang diperlukan. Sering kali kita menemukan pelanggan yang merasa kurang puas dengan barang yang telah di beli. Mungkin akan merepotkan bagi Anda untuk melakukan pergantian produk namun, dengan menggunakan sistem POS dari EQUIP semua dapat dilakukan dengan mudah.

Anda juga dapat membuat berbagai laporan administrasi yang mendetail dalam hitungan menit, seperti laporan penjualan harian, laporan ketersediaan stok, dan masih banyak lagi lainnya dengan software POS terlengkap.

bisnis bengkel motor

Pengertian Bengkel Motor

Bengkel motor adalah usaha yang bergerak pada bidang perbaikan sepeda motor dengan tujuan agar motor tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan pemilik atau bentuk asli dari sepeda motor tersebut. 

Pada umumnya, bengkel motor merupakan suatu usaha berjenis wirausaha kecil atau menengah. Selain memperbaiki sepeda motor, biasanya bengkel juga menjual berbagai spare part yang sepeda motor. 

Adapun fungsi dari bengkel secara umum yaitu sebagai tempat perbaikan, perawatan, dan penggantian komponen sistem sebuah mesin maupun peralatan yang lain. 

Baca juga: Aplikasi Gudang untuk Memudahkan Aktivitas Bisnis Anda

Strategi Bisnis Bengkel Motor

Dalam memulai usaha, tentunya terdapat beberapa strategi yang harus di terapkan. Pada jenis usaha bengkel motor, Anda dapat menerapkan strategi-strategi berikut untuk menciptakan bisnis bengkel motor yang sukses!

Punya konsep bengkel yang jelas

Konsep menjadi hal utama yang harus Anda pikirkan ketika akan memulai usaha bengkel motor. Adapun konsep yang dimaksud yaitu merujuk pada jenis motor apa yang dapat  bengkel Anda perbaiki dan layanan apa saja yang Anda sediakan. Dengan adanya konsep yang matang, maka Anda dapat mengenali segmen pasar Anda. 

Namun, biasanya keputusan ini menyesuaikan keahlian mekanik yang Anda miliki. Jika mekanik terbiasa dengan jenis motor bebek, maka konsep yang Anda tawarkan juga harus sesuai dengan keahlian mekanik. Hal tersebut nantinya akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Solusi lain dari permasalahan tersebut yaitu Anda harus memiliki mekanik yang menguasai kemampuan pada beberapa jenis sepeda motor sehingga bisnis berjalan dengan lebih fleksibel. 

Penentuan konsep bengkel juga menjadi salah satu yang berpengaruh pada besarnya modal yang harus Anda keluarkan. Jika konsep bengkel hanya untuk motor gede, maka biaya yang Anda keluarkan juga akan lebih tinggi. 

Lakukan promosi

Pada awal memulai bisnis, promosi dapat Anda lakukan dengan memberikan diskon dengan harga tertentu atau memberikan service gratis setelah pelanggan melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. Selanjutnya, pasang juga penanda atau spanduk pada bengkel motor Anda untuk menarik minat para pemilik sepeda motor. 

Selain itu, untuk membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan dan memasarkan jasa yang Anda tawarkan secara otomatis, Anda dapat menggunakan sistem retail yang terintegrasi. istem tersebut akan membantu Anda untuk melakukan penjualan dengan mudah melalui diskon dan loyalty program management. 

Mekanik profesional

mekanik profesional

Cara menghemat biaya dalam membangun usaha bengkel motor yaitu dengan merekrut mekanik yang berpengalaman dengan asisten yang masih pemula. Selain perusahaan dapat menghemat anggaran, pelanggan juga dapat merasa puas karena permasalahan pada motornya dapat tertangani dengan baik oleh orang yang tepat. 

Lebih lanjut, bagi staf yang belum begitu terlatih, Anda dapat memanfaatkan software manajemen training terbaik di Indonesia. Dengan sistem tersebut, Anda dapat mengefisienkan proses pelatihan peserta dan dapat memantau perkembangan peserta training dengan lebih mudah. 

baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Jangan lupakan after service

Pelayanan yang baik menjadi hal penting yang akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Salah satu pelayanan yang dapat Anda berikan setelah memperbaiki motor pelanggan yaitu dengan memberikan after service. Adapun maksud after service tersebut yaitu dengan menghubungi konsumen setelah dua atau tiga hari melakukan perbaikan sepeda motor. Tujuan dari hal tersebut yaitu untuk menanyakan bagaimana kondisi motor setelah diservis dan bagaimana kepuasan pelanggan akan pelayanan yang Anda berikan sehingga pelanggan akan lebih loyal. 

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat seperti saat ini, solusi yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses after service yaitu dengan menggunakan sistem CRM terbaik milik EQUIP. Sistem tersebut membantu Anda untuk melakukan pemantauan secara menyeluruh mengenai aktivitas penjualan, mulai dari rapat hingga follow-up klien. 

Manfaatkan komunitas

Bengkel motor sebagai usaha yang bergerak pada bidang jasa spesifik yaitu sepeda motor menjadikannya sebagai usaha yang harus merangkul berbagai pihak sehingga dapat menjadi pelanggan. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan koneksi dengan berbagai komunitas motor dengan cara ikut berpartisipasi dalam event yang komunitas selenggarakan.

Selain itu, Anda sebagai pemilik bisnis juga harus dapat memastikan bahwa motor yang Anda perbaiki dapat selesai pada waktu yang dijanjikan atau tepat waktu. Ketepatan waktu menjadi nilai positif di mata konsumen karena konsumen, karena tidak semua konsumen mau menunggu terlalu lama. 

Tips Usaha Bengkel Motor

Setelah memahami beberapa strategi sebelumnya, berikut terdapat tips-tips yang dapat Anda terapkan untuk membangun bisnis bengkel motor yang ideal:

Jaga relasi dengan karyawan

Menjaga relasi dengan karyawan menjadi hal penting dalam segala jenis bisnis, tak terkecuali bisnis bengkel motor. Dengan adanya relasi yang baik, maka karyawan merasa di hargai dan cenderung akan selalu jujur serta menjalankan pekerjaannya dengan baik. 

Adapun hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga relasi dengan karyawan yaitu dengan memberikan proteksi BPJS Kesehatan, proteksi pada kendaraan karyawan, hingga mengajak karyawan makan bersama. Beberapa hal tersebut dapat menjaga hubungan baik dengan karyawan karena karyawan mendapatkan keuntungan yang lebih dari sekadar gaji. 

Pisah pengelolaan keuangan pribadi dan bengkel

finance

Dalam mengelola usaha, penting untuk memisahkan keuangan dari bisnis dengan keuangan pribadi. Keuangan bisnis sebaiknya diperuntukkan bagi keberlangsungan bisnis agar terus berkembang. Jika bisnis sudah memiliki keuntungan, simpan terlebih dahulu keuntungan tersebut untuk kemudian Anda gunakan untuk menambah peralatan hingga karyawan. 

Untuk memudahkan proses pengelolaan keuangan bisnis Anda, salah satu yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan software akuntansi terbaik milik EQUIP. Sistem tersebut dapat membantu Anda untuk menghemat waktu karena informasi keuangan dapat Anda peroleh secara real-time dan dengan akurasi yang tinggi sehingga keuangan pada bisnis Anda dapat lebih terkontrol. 

Ketahui urusan bengkel

Meskipun dalam hal ini Anda berperan sebagai pemilik bisnis, namun Anda harus tetap memahami mengenai motor dan urusan bengkel. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi jika suatu hari mekanik yang Anda miliki tidak dapat bekerja kembali karena berbagai hal. Oleh karena itu, pada masa pencarian karyawan baru, Anda harus menggantikan perannya terlebih dahulu. Hal tersebut agar bengkel tidak berhenti beroperasi dan kehilangan keuntungan yang harusnya Anda peroleh. 

Manfaatkan Software POS

Di era teknologi saat ini, penggunaan berbagai software pada bisnis merupakan hal yang umum. Pada usaha bengkel motor, Anda dapat menerapkan sistem POS terbaik dan terlengkap dari EQUIP. Sistem tersebut dapat membantu Anda untuk mengefisienkan proses bisnis karena berjalan dengan otomatis. Adapun beberapa fitur yang terdapat pada sistem POS yaitu:

  • Inventory Tracking: Dapatkan laporan stok gudang secara berkala, kemudahan mencari produk, penjualan produk yang terkontrol, dan dapatkan notifikasi otomatis apabila stok hampir habis.
  • Customer & Promotion Management: Kelola ribuan data pelanggan dengan promosi yang terpersonalisasi dan manjakan pelanggan Anda dengan program promosi yang unik dan berbeda di setiap cabang.
  • Multi-payment Method: Hadirkan beragam metode pembayaran untuk memberikan pengalaman transaksi yang nyaman dan aman, baik lewat uang tunai, e-money, kartu kredit, atau kartu debit.
  • Comprehensive Reporting: Buat berbagai laporan administrasi yang mendetail dalam hitungan menit, seperti laporan penjualan harian, laporan ketersediaan stok, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Easy Billing & Reconciliation: Struk transaksi bisa dicetak dan di kirim ke pembeli via email/sms sesuai kebutuhan. Pencatatan log transaksi akurat dan aktual memudahkan proses rekonsiliasi bank.
  • Return, Refund, & Credit Management: Pelanggan ingin melakukan refund? Lakukan pergantian produk hingga pengembalian uang secara langsung atau di tukar menjadi poin dengan mudah menggunakan sistem POS Equip.

Kesimpulan

bengkel motor

Memulai usaha bengkel motor bukan merupakan hal yang mudah. Terdapat berbagai strategi yang harus Anda terapkan sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis tersebut. Namun, kini Anda tidak perlu begitu khawatir karena saat ini telah terdapat sistem POS terbaik dari EQUIP

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA