Mengenal QRIS yang Memudahkan Segala Transaksi Pelanggan

Perkembangan zaman yang semakin maju ini juga turut mengembangkan teknologi dalam bidang finance. Perkembangan ini seperti  jika dulu seseorang membayar sesuatu menggunakan uang tunai, saat ini segala jenis pembayaran dapat Anda lakukan hanya dengan telepon genggam Anda. Sebelumnya mungkin Anda sempat melihat jika Anda memasuki suatu toko terdapat banyak sekali metode pembayaran online dengan QR Code-nya masing-masing. Namun seiring berkembangnya teknologi sekarang Anda bisa membayar segala jenis metode transaksi online hanya menggunakan satu QR Code saja yang bernama QRIS. Kemunculan QRIS ini sangat memudahkan transaksi karena satu QR Code dapat Anda gunakan untuk segala metode pembayaran online. Dengan bantuan aplikasi akuntansi dari EQUIP mampu memudahkan berbagai kegiatan keuangan yang ada dalam bisnis Anda. Aplikasi CRM terbaik yang EQUIP sediakan juga mampu meningkatkan prospek bisnis Anda kedepannya.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan QRIS pada tahun 2020 lalu meningkat hingga sampai 3,64 juta pengguna. Ini berarti makin banyak masyarakat yang menggunakannya berarti teknologi ini memiliki banyak kegunaan bagi penggunanya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu QRIS dan kegunaannya. Sebelumnya Anda dapat menggunakan aplikasi POS terbaik yang mampu mengotomatiskan proses penjualan bisnis Anda. Dan inventory software nomor satu di Indonesia yang mampu memantau ketersediaan stok produk Anda secara real-time.

DemoGratis

Daftar Isi

Pengertian Quick Response Indonesia Standart (QRIS)

QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Indonesia Standart. Yang mana tujuan dari kehadiran QRIS itu sendiri adalah untuk menstandarisasi semua pembayaran digital yang ada di Indonesia dengan QR Code yang sudah Bank Indonesia berlakukan dengan menggandeng Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Sistem ini terdiri dari serangkaian kode yang berisi data juga informasi. Biasanya data itu merupakan data nama badan usaha, nominal yang harus dibayar, serta mata uang yang dapat dibaca sistem.

Penggunaan QRIS memang disambut baik oleh masyarakat karena proses penggunaannya yang mudah. Jadi semua QR Code akan terintegrasi dengan seluruh aplikasi pembayaran digital hanya dengan satu QR Code saja. Hal tersebut sama seperti slogan utamanya, yakni satu QRIS untuk seluruh pembayaran. Karakteristik dari QRIS ini adalah UNGGUL, yang artinya:

  1. Universal: QRIS mampu menerima seluruh pembayaran dengan satu QR Code saja, sehingga tidak memerlukan berbagai jenis aplikasi pembayaran yang menyulitkan.
  2. Gampang: transaksi yang menggunakan QRIS sangat mudah dilakukan, yakni hanya butuh satu kali pemindaian dengan menggunakan aplikasi ponsel pintar.
  3. Untung: setiap merchant dan juga konsumen yang hanya memerlukan satu jenis QR Code saja, sehingga tidak memerlukan adaptasi pada tarif pembayaran yang berbeda-beda.
  4. Langsung: Pembayaran digital dengan menggunakan QR code bisa dilakukan secara real time pada saat itu juga.
QRIS
Sumber: Canva

Baca juga: Ketahui Manfaat dan Jenis Digital Payment Demi Kepuasan Pelanggan

Manfaat Menggunakan QRIS

Setelah penjelasan tersebut tentunya sistem ini memiliki manfaat yang bukan hanya sebagai konsumen saja yang merasakan kemudahan akan manfaat dari teknologi ini. Tentunya sebagai penjual juga merasakan kemudahan dari manfaat QRIS. Berikut adalah manfaat dari kedua belah pihak baik penjual dan pelanggan:

Manfaat bagi penjual

Dengan menerapkan sistem ini tentunya proses transaksi akan menjadi lebih cepat karena konsumen tidak perlu menunggu perhitungan transaksi, dan Anda tidak perlu untuk menghitung uang yang Anda terima. Dari segi biaya penerapan sistem ini masih terjangkau karena saat ini pihak Bank Indonesia masih memperpanjang kebijakan gratis lewat pembayaran QRIS. Keuntungan lainnya adalah sistem ini juga aman dan mustahil untuk melakukan kecurangan dalam sistem ini karena terdapat bukti saat transaksi.

Manfaat bagi pelanggan

Bagi pelanggan hal ini sangat aman karena tidak perlu untuk memasukan PIN atau password untuk menggunakannya. Anda hanya perlu scan QR yang tersedia dari rekening bank Anda atau aplikasi e-wallet lainnya. Berikutnya jika dalam keadaan mobilitas tinggi penggunaan sistem ini sangat menghemat waktu selama ada koneksi internet. Dan yang terakhir Anda tidak harus menunggu kembalian dan menerima uang fisik ketika melakukan pembayaran.

Baca juga: Ketahui Fungsi Laba Sebagai Tolak Ukur Bisnis Anda!

Pembayaran Menggunakan QRIS

Sumber dana dalam transaksi ini adalah kartu debit, kredit, maupun uang elektronik lainnya yang telah Bank Indonesia setujui. Pembayaran dengan sistem ini bisa Anda lakukan dengan merchant presented mode yang mana QR akan dibuat oleh tempat transaksi dan biasanya ada pada struk atau alat pemindai lainnya yang disediakan oleh toko. Atau customer presented mode yang mana cara ini konsumen dapat menunjukan QR code pada ponselnya untuk di scan oleh kasir. Kedua cara ini sama-sama tidak membingungkan dan hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Quick Response Indonesia Standart
Sumber: Canva

Baca juga: Aplikasi Akuntansi Terbaik yang Mudahkan Proses Pembuatan Jurnal Penutup

Cara Membuat QRIS bagi Pembayaran Produk

  1. Pertama, masuk ke laman https://www.qris.id/homepage/qris-registrasi
  2. Kemudian isi seluruh data, lakukan pembayaran varian, dan unggah seluruh dokumen secara lengkap. 
  3. Merchant harus menandatangani formulir syarat dan ketentuan QRIS yang berlaku. Selanjutnya, sistem akan melakukan validasi data dan dokumen. 
  4. Apabila data yang Anda unggah benar, maka data tersebut akan terdaftarkan secara manual ke PT. Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN). 

Kemudian Anda harus menunggu National Merchant ID (NMID) dari PTEN. Setelah NMID keluar, sistem akan mengirimkan username dan password ke email yang sudah terdaftar. QRIS yang sudah keluar akan tim InterActive cek. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan QR Code dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Apabila NMIS dan QRIS telah lulus kontrol, tahap berikutnya yaitu proses design. Tahap ini bertujuan agar tampilan InterActive QRIS bisa sesuai dengan tampilan standar QRIS yang sudah ASPI atur. Setelah proses design selesai, QRIS tersebut akan muncul di dashboard. Anda langsung mengunduh file tersebut.

Baca juga: Manfaat E-Invoice untuk Kelancaran Dalam Berbisnis

Syarat Pendaftaran QRIS

Syarat untuk mendaftar QRIS pun sangat mudah, Anda hanya harus mengunjungi https://www.qris.id/homepage/qris-registrasi dan prosesnya dapat Anda lakukan secara online. Umumnya hanya memerlukan waktu 14 hari kerja dan paling lama 30 hari kerja setelah semua dokumen tervalidasi. Pada dasarnya, QRIS adalah metode pembayaran yang bukan hanya bisa digunakan dalam transaksi bisnis. QR Code bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Terdapat beberapa kategori penggunanya, seperti kelompok perorangan, badan usaha, pendidikan, SPBU, dan yayasan atau donasi.

Syarat bagi individu

  1. Foto atau scan KTP 
  2. Nomor kartu keluarga (KK) sesuai dengan KTP. 

Syarat bagi pelaku usaha

  1. Scan KTP pemilik usaha. 
  2. Nomor kartu keluarga sesuai KTP yang terdaftar. 
  3. Akta perusahaan sesuai nama badan usaha. 
  4. NPWP Perusahaan sesuai badan usaha. 
  5. Foto Surat Kuasa Asli

Baca juga: Sistem POS Restoran: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

POS

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka penggunaan QRIS merupakan cara terbaru kekinian untuk membayar suatu tagihan. Hanya dengan melakukan scanning terhadap QR Code yang diberikan, pelanggan dengan mudah dan aman untuk melakukan suatu transaksi walaupun mobilitas dalam keadan membayar cukup ramai. Dengan ini Anda bisa menggunakan software POS terbaik yang EQUIP tawarkan, aplikasi ini mampu memudahkan pembayaran transaksi pelanggan menjadi lebih efisien. Coba demo gratis sekarang!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now