Sistem POS Restoran: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Bisnis restoran merupakan bisnis yang memiliki perkembangan yang cepat dan sangat diminati oleh banyak orang. Kemenparekraf/Baparekraf RI menyebutkan bahwa pada tahun 2018 jumlah usaha penyedia makanan dan minuman atau restoran berskala besar sejumlah 11.001 yang mana sekarang ini pasti mengalami peningkatan jumlah usaha. Dengan adanya hal tersebut, membuat persaingan bisnis akan semakin meningkat. Untuk itu sebagai pemilik bisnis, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mengefisiensikan bisnis khususnya pada bidang transaksi menggunakan Sistem POS restoran.

Software Point of Sales dapat membantu Anda dalam mempermudah proses transaksi dan mengurangi permasalahan human error pada kasir. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi antrian pelanggan karena sistem POS ini akan mempercepat proses transaksi yang berlangsung. Jika Anda belum menerapkan sistem point of sales pada restoran Anda, artikel ini tepat untuk Anda baca karena artikel ini juga akan membahas tips memilih sistem POS untuk bisnis Anda

Sistem POS Restoran

Daftar Isi

Pengertian Sistem POS Restoran

Software POS (Point of Sales) restoran merupakan seperangkat sistem yang digunakan untuk memudahkan proses transaksi penjualan di kasir. Sistem POS untuk restoran ini biasanya terdiri dari beberapa komponen yaitu software dan hardware, termasuk komputer, cash register (mesin kasir) serta printer. Namun seiring perkembangan zaman, kasir dapat mengoperasikan sistem point of sales menggunakan tablet atau smartphone berbasis android atau iOS. Penggunaan tablet atau smartphone ini dinilai lebih praktis karena dapat meringkas tempat dan tidak perlu menggunakan kabel. 

Dengan bantuan software POS Anda dapat mengelola rumah makan, kafe, atau warung menjadi lebih mudah karena berbagai otomasi pekerjaan administrasi yang diambil alih oleh sistem ini. Sistem POS terbaik dari EQUIP akan membantu Anda mulai dari menyederhanakan transaksi, mengelola inventaris, sampai dengan mengatur jadwal kerja karyawan. 

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

Manfaat Sistem POS Restoran

sistem POS

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa sistem ini memiliki banyak manfaat dan dapat membantu Anda dalam mengelola transaksi pada bisnis. Selain itu, berikut ini merupakan beberapa manfaat mengimplementasikan sistem POS dalam bisnis: 

1. Sistem mudah digunakan

Sistem POS restoran modern saat ini sudah terdapat fitur multi platform yang akan memudahkan penggunanya. Berbagai device seperti smartphone maupun tablet dapat terintegrasi dengan sistem ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi jika tidak dapat melakukan pengecekan pada transaksi harian saat Anda sedang berada di luar restoran. Selain itu, sistem point of sales juga menggunakan user interface yang mudah karyawan pahami untuk mempermudah proses transaksi di semua cabang bisnis restoran Anda. 

2. Retensi pelanggan meningkat

Sistem ini juga dapat membantu Anda pengelolaan data pelanggan, loyalitas program, reward, dan kalkulasi program yang mudah dan otomatis. Hal tersebut dapat terjadi karena sistem ini akan membuat transaksi menjadi lebih singkat dan cepat, sehingga dapat menghindari adanya antrian pelanggan. Saat tidak ada antrian, pelanggan akan lebih nyaman dan akan meningkatkan retensi pelanggan pada bisnis restoran Anda.

3. Laporan penjualan akurat

Dengan mengimplementasikan sistem POS dalam bisnis, Anda dapat menganalisis penjualan pada setiap cabang bisnis secara real-time karena data penjualan akan tercatat secara mendetail serta dapat Anda akses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, proses transaksi ini rentang akan kecurangan para karyawan. Akan tetapi, dengan sistem ini Anda bisa melacak dan mencatat seluruh transaksi di restoran sehingga meminimalisir tingkat kecurangan. 

4. Proses cooking terpantau

Manfaat lain dari sistem ini yaitu meningkatkan efisiensi penyajian dan dapat menghindari kesalahan pembuatan makanan dengan mengintegrasikan ke sistem kitchen display. Dengan integrasi tersebut akan mengurangi kesalahan karyawan dan akan membuat pelanggan puas. Anda juga bisa melakukan monitoring bahan baku dengan otomatis sehingga proses produksi akan tetap berjalan dengan baik. 

Baca juga: POS (Point of Sales) Sistem Canggih yang Membantu Proses Jual Beli Bisnis Anda

Fitur-fitur yang Wajib Ada pada Sistem POS Restoran Anda

Manfaat-manfaat tersebut bisa Anda peroleh karena adanya fitur-fitur canggih yang sudah sistem POS sediakan. Fitur-fitur berikut harus ada pada sistem POS yang ingin Anda implementasikan. Berikut ini merupakan fitur-fitur yang ada pada sistem POS :

Complete transaction features

Fitur complete transaction features akan mempercepat proses transaksi dengan berbagai metode pembayaran dan pricelist. Selain itu, fitur ini juga akan membantu Anda dalam melakukan rekonsiliasi mesin kasir dengan mudah. 

Membership management

Fitur ini membantu Anda dalam mengelola informasi mengenai pelanggan Anda. Selain itu, fitur ini dapat membuat segmentasi dan program promosi secara otomatis dan mempermudah komunikasi Anda dengan pelanggan. Tingkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis Anda dengan menggunakan membership software. 

Program and loyalty management

Dengan fitur ini Anda dapat membuat program dan reward yang bersifat personal sesuai kategori tertentu. Sifat personal ini akan membuat pelanggan teristimewakan dan meningkatkan penjualan bisnis. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kalkulasi dalam transaksi bisnis secara otomatis.

loyalty an program management
Source: freepik.com

Meal combo management

Banyak restoran yang melakukan strategi berikut untuk menarik pelanggan, biasanya restoran-restoran akan menghadirkan paket-paket menu spesial yang biasanya menyesuaikan hari-hari besar. Salah satu contohnya yaitu paket buka puasa di bulan Ramadhan. Fitur ini akan membantu Anda dalam mengelola berbagai paket makanan mulai dari harga, variasi rasa, hingga jejak penjualan secara efektif.

Kitchen and ordering station

Fitur ini akan menampilkan pesanan pelanggan ke kitchen display/station secara otomatis untuk memantau status dan durasi masak koki di dapur. Jika proses ini Anda lakukan secara manual, maka tentu saja akan rentan terhadap kesalahan human error. Fitur ini juga membantu Anda dalam mendapatkan loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru karena pelayanan dalam bisnis Anda menjadi sangat baik.

Sales report generation

Sales report generation akan membuat laporan profit dan loss, margin, dan laporan tiap cabang bisnis secara akurat dan cepat hanya dalam beberapa klik saja. Dengan laporan keuangan yang akurat maka keputusan dan strategi bisnis yang Anda buat dapat lebih berdampak pada bisnis Anda. 

Baca juga: Kenali Software POS untuk Kemudahan Bisnis Anda

Tips Memilih Sistem POS Terbaik untuk Bisnis Restoran Anda

Sebagai pemilik bisnis, Anda pasti akan memilih software terbaik yang akan Anda gunakan pada bisnis. Software terbaik akan memberikan manfaat yang besar bagi bisnis restoran Anda. Berikut ini merupakan tips memilih sistem POS terbaik untuk bisnis restoran: 

1. Catat kebutuhan POS restoran Anda

Banyaknya sistem POS yang ada membuat Anda terkadang bingung untuk memilih sistem yang cocok untuk bisnis Anda. Ada banyak fitur dan keunggulan yang mereka tawarkan dan mungkin Anda akan memilih yang terbaik tanpa memikirkan apa yang benar-benar Anda butuhkan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar mengerti apa yang bisnis butuhkan sebelum membelinya. 

Jika Anda sedang mencari sistem POS untuk restoran, sebaiknya Anda harus memikirkan fitur yang restoran Anda butuhkan. Misalnya, jika bisnis Anda perlu memperbarui sistem inventaris dan akuntansi secara real-time melalui sistem ini, melacak riwayat penjualan, return sale, pencarian produk, atau tampilan interface yang menarik.

2. Sesuaikan dengan fungsi POS yang ingin diterapkan di restoran Anda

Setelah membuat daftar kebutuhan, langkah selanjutnya Anda dapat mempertimbangkan kapabilitas software yang ingin Anda terapkan. Carilah perangkat lunak yang dapat mempermudah kegiatan bisnis, bukan malah memperburuk keadaan restoran Anda. Pastikan produk yang Anda inginkan memberikan fungsi pembayaran yang sederhana, tidak bertele-tele dan transparan. Selain itu, Anda juga mungkin ingin memiliki perangkat lunak yang dapat Anda akses jarak jauh. 

Hal lain yang harus Anda pertimbangkan adalah kemudahan pengintegrasian untuk restoran tersebut. Tentu saja, ketika berbicara tentang industri makanan dan minuman, maka Anda akan mempertimbangakan untuk mengintegrasikan software tersebut dengan beberapa modul penting lainnya seperti Sistem Akuntansi, Inventaris, Manajemen Restoran, CRM Loyalty Management, Central Kitchen dan lain-lain.

Baca juga: Supply Chain Management adalah: Tujuan, Manfaat, dan Penerapannya

3. Lakukan riset sistem POS restoran terbaik 

Selanjutnya yaitu lakukan riset terhadap sistem POS yang akan Anda gunakan karena tidak semua produk yang mahal itu bagus, tetapi sebagian besar produk yang berkualitas memiliki harga yang tinggi. Anda harus mempertimbangkan apakah produk yang Anda beli benar-benar setimpal dengan biaya yang Anda keluarkan. Pastikan sistem POS untuk restoran menawarkan lisensi tidak terbatas, layanan gratis, dan sebagainya. Selanjutnya baca seluruh review untuk mengetahui pengalam orang lain saat menggunakan produk tersebut. 

riset pelanggan
Source: freepik.com

Software EQUIP merupakan solusi terlengkap untuk mengelola restoran. Dengan software ini Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan stok bahan, sistem POS yang mudah digunakan, hingga e-menu untuk meningkatkan retensi pelanggan. 

4. Jadwalkan demo sistem POS untuk mengetahui performanya terhadap restoran Anda

Jika Anda merasa perusahaan tersebut antusias dengan pertanyaan Anda, mintalah demo atau masa percobaan. Sampaikan apa yang ingin Anda lihat dan apakah mereka mampu mengimplementasikan apa yang menjadi keinginan atau kebutuhan Anda. Jika terjadi masalah, segera catat dan tanyakan pada mereka bagaimana mereka menyelesaikan masalahnya. Selama proses berlangsung Anda juga bisa menanyakan beberapa detail penting lainnya. EQUIP menawarkan demo gratis kepada konsumen jika ingin mencoba produknya. 

5. Pertimbangkan keputusan

Hal pertama yang Anda butuhkan dalam membuat keputusan adalah menyusun daftar pro dan kontra. Hal ini bisa Anda lakukan selama proses demo dan masa percobaan. Kemudian catatlah pertanyaan yang muncul dan pastikan mereka dapat menjawab pertanyaan yang Anda ajukan. 

Baca juga: Aplikasi Kasir untuk Kemudahan Bisnis Anda

Kesimpulan

Dalam mengelola restoran memang memerlukan sistem POS untuk mempermudah pengelolaan restoran. Sistem POS ini akan membantu Anda dalam membuat proses transaksi menjadi lebih singkat dan cepat, serta laporan penjualan dapat Anda akses secara real-time. Data penjualan dapat tercatat dengan detail, monitoring bahan baku secara otomatis, dan melakukan perubahan  harga dengan cepat dan mudah. 

software pos restoran

EQUIP hadir untuk melayani industri food and beverage dalam menyederhanakan pengelolaan bisnis restoran atau cafe Anda. Efisiensikan pengelolaan inventaris stok bahan, permudah pemesanan pelanggan, dan dapatkan laporan real-time dari seluruh cabang menggunakan satu software saja. Yuk tunggu apalagi? Coba demo gratis sekarang!

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA