Sistem Informasi Restoran: Definisi & Integrasinya dengan POS

Usaha kuliner memang dari dulu termasuk usaha yang memberikan prospek terbaik dan menjanjikan. Kita banyak menjumpai kafe-kafe dan restoran yang terus bertambah hampir setiap bulan. Untuk memudahkan kelancaran dalam berbisnis kuliner, kini banyak bisnis kuliner yang mengandalkan sistem informasi restoran, melalui bantuan program POS berbasis cloud.

Pengelolaan software restoran tentu saja membutuhkan integrasi ke berbagai sistem guna memaksimalkan proses manajemen restoran. Ada beberapa jenis sistem manajemen data di dalam sistem informasi ini, antara lain akuntansi, point of sales, dan back office.

sistem informasi restoran

Sistem Informasi Restoran Untuk Bisnis FnB

Sistem informasi restoran merupakan sebuah sistem untuk mengelola sekaligus memfasilitasi aktivitas operasional pada restoran. Pada sistem ini, biasanya mencakup proses pengelolaan pesanan, manajemen stok, manajemen inventaris, pelaporan dan manajemen keuangan.

Hal tersebut bertujuan untuk dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi restoran, juga dapat mempermudah manajemen pengambilan keputusan dengan lebih baik.

Melalui sistem informasi ini, pihak pengelola restoran bisa memantau kinerja usahanya dengan cara real time, dan dapat meningkatkan kualitas terhadap pelayanan. Selain itu juga, dapat mengoptimalkan pemesanan dan persediaan, serta dapat mengambil keputusan terbaik dan tercepat untuk menghadapi setiap tantangan bisnis.

Melalui sistem informasi bisnis restoran ini menandakan bahwa industri FnB memang harus sudah beralih dalam digitalisasi. Hal tersebut bertujuan agar dapat mempercepat sekaligus meningkatkan efisiensi operasional, mempermudah pengambilan keputusan, dapat meningkatkan pengalaman customer, dan meningkatkan visibilitas serta keberadaan bisnis restoran itu sendiri. Hal terpenting adalah dapat menyesuaikan diri terhadap tren pasar.

Sistem informasi restoran bisa kita maksimalkan melalui software POS (point of sale). Ini adalah aplikasi khusus untuk dapat membantu usaha FnB dalam melakukan pengelolaan transaksi pembayaran dan penjualan berbasis digital. Melalui sistem POS, dapat meingkatkan akurasi dan efisiensi transaksi bisnis.

Definisi Sistem Informasi Restoran

Pengertian dari Sistem Informasi Restoran yaitu sebuah rangkaian sistem bagi bisnis restoran untuk dapat membantu pengelolaan berbagai macam penyimpanan data bisnis restoran itu sendiri. Tujuan utama dari sistem ini yaitu memberikan kemudahan untuk pemilik restoran dalam mencakup sistem manajemen produk kuliner serta pengelolaan antrian terhadap pesanan. Dengan demikian, bisa memaksimalkan manajemen dan pelayanan restoran.

Program restoran biasanya melibatkan pemesanan online, menu restoran, sistem meja, sistem kasir, laporan manajemen restoran, kinerja karyawan, dan analisa penjualan restoran.

Bagaimana Software POS Dapat Memaksimalkan Sistem Informasi Restoran?

sistem informasi restoran

Software POS merupakan software atau aplikasi bagi bisnis restoran dan ritel dalam mengatur manajemen persediaan dan mengatur transaksi penjualan. Untuk konteks restoran, aplikasi POS bisa memaksimalkan program restoran melalui cara berikut :

1. Membuat Efisiensi Operasional Meningkat

Program POS bisa memungkinkan restoran dalam memproses pesanan secara lebih akurat dan cepat. Hal tersebut bisa membantu restoran meminimalisir waktu tunggu sekaligus membuat kepuasan pelanggan meningkat.

2. Manajemen Persediaan

Aplikasi POS bisa memantau persediaan pada restoran dengan cara real time, untuk membantu restoran memperkirakan perkiraan customer sekaligus dapat mengurangi limbah. Melalui pemantauan persediaan dengan cara akurat, pihak restoran bisa mengetahui waktu pemesanan stok yang baru sekaligus jumlah yang perlu dipesan.

3. Analisis Data

Aplikasi POS membuat restoran dapat melakukan analisis data penjualan, antara lain jenis makanan terpopuler, pelanggan yang paling sering datang, dan juga waktu paling ramai dikunjungi. Hal tersebut bisa membantu restoran membuat keputusan lebih baik, antara lain menetapkan waktu operasional, menyesuaikan menu sekaligus dapat melakukan strategi marketing secara efektif.

4. Integrasi Pada Sistem Pembayaran

Software POS bisa anda integrasikan bersama sistem pembayaran, antara lain pembayaran e-wallet, kartu kredit, hingga mobile banking. Tentu saja hal tersebut bisa mempermudah pelanggan melakukan pembayaran, dan membantu restoran dalam mempercepat transaksi sekaligus meningkatkan keamanan.

Sistem Informasi Restoran Vs Restoran Konvensional

Cara kerja dari bisnis restoran dengan sistem informasi bisnis restoran dengan bisnis yang tidak memakai sistem informasi tersebut jelas berbeda. Restoran yang manajemennya dilakukan dengan cara manual sudah tentu memerlukan lebih banyak karyawan serta proses panjang untuk mengelolanya. Ini dia, ada beberapa dampak yang terjadi jika tanpa mengandalkan sistem informasi bisnis restoran, antara lain :

  • Anda akan sulit mencatat dan mengelola pembayaran, entah itu secara cashless atau tunai.
  • Akan kesulitan mengetahui menu makanan yang terlaris.
  • Karyawan yang anda butuhkan dalam mengelola restoran menjadi lebih banyak.
  • Waktu yang anda butuhkan untuk membuat laporan akuntansi perusahaan lebih lama.
  • Kesulitan dalam melakukan pengecekan kinerja karyawan, inventaris perusahaan, stok barang, dan aset.

Fitur Penting Sistem Informasi Restoran

Untuk memaksimalkan sistem informasi ini, tentu saja anda harus lebih paham terkait fitur-fitur yang dimilikinya. Langkah yang harus anda terapkan pertama kali adalah temukan vendor yang menyajikan fitur terlengkap, serta terintegrasi ke berbagai macam modul. Oleh karenanya, bisa anda kostumisasi sesuai kebutuhan bisnis restoran. Maka dari itu, ada beberapa fitur yang wajib ada pada program restoran ini, antara lain :

  • Loyalty point & analysis customer
  • Penyesuaian produk berdasarkan pesanan
  • Manajemen untuk pemesanan dapur
  • Daftar antrian dan alokasi meja
  • Pengelolaan tanda terima untuk dapur
  • Laporan terkait berbagai analisis menggunakan presentasi grafis.
  • Integrasi inventaris, sistem e-menu dan juga akuntansi.
  • Manajemen time tracking dan kehadiran pelayan.

Kelebihan Sistem Informasi Restoran

Ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan sistem informasi untuk bisnis restoran, berikut ini :

1. Lebih Efisien

Software untuk restoran memungkinkan para pengguna dapat mengelola segala aspek operasional bisnis restoran dengan efisien dan juga terkoordinasi, seperti manajemen stok, manajemen keuangan dan pengelolaan pesanan. Melalui sistem ini, maka restoran bisa mengurangi biaya operasional dan waktu, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan meningkatkan produktivitas.

2. Meningkatkan Kepuasan Customer

Sistem informasi bisa meningkatkan kepuasan terhadap customer melalui penyediaan pelayanan lebih akurat, terkoordinasi dan tentu saja lebih cepat. Customer bisa memesan minuman dan makanan dengan cara online, langsung melihat menunya pada layar, serta dapat memilih pembayaran dengan mudah. Tentu saja hal tersebut bisa meningkatkan pengalaman customer serta dapat meminimalisir waktu tunggu.

3. Meminimalisir Risiko Kesalahan

Anda juga dapat meminimalisir risiko kesalahan apabila menggunakan software restoran. Antara lain seperti kesalahan mengambil pesanan, melakukan perhitungan tagihan, hingga manajemen stok. Tentu saja, hal tersebut bisa membantu anda untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan sekaligus dapat menekan pengeluaran biaya yang kurang begitu penting.

4. Meningkatkan Keamanan

Program restoran juga bisa meningkatkan sistem keamanan untuk mengelola akses para pengguna, transaksi keuangan dengan aman dan data pelanggan. Melalui sistem yang satu ini, maka restoran bisa melindungi data yang bersifat sensitif sekaligus dapat meminimalisir risiko terjadinya kebocoran data atau pencurian.

5. Menyajikan Data dengan Akurat

Program restoran menawarkan data secara akurat dengan cara real time terkait stok, penjualan dan tentang operasional bisnis lainnya. Sehingga bisa membantu pihak manajemen restoran dalam membuat keputusan lebih strategis dan cepat dalam meningkatkan profitabilitas dan efisiensi.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Sistem Informasi Restoran

restoran

Saat anda memilih program restoran ini, maka ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan, antara lain :

1. Integrasi

Pastikan software manajemen restoran telah terintegrasi dengan software maupun hardware lainnya. Sistem yang anda pilih harus bisa berintegrasi dengan scanner dan printer maupun software lainnya, antara lain seperti sistem untuk menajamen keuangan.

2. Kemampuan Manajemen Stok dan Menu

Sistem informasi untuk restoran juga harus bisa mengelola sekaligus dapat memperbarui menu secara efisien dan mudah, sekaligus bisa memantau stok persediaan bahan baku.

3. Kemampuan Melacak Pesanan

Software informasi sebaiknya bisa melacak orderan pelanggan dan statusnya, entah itu untuk pesanan take away maupun dine in.

4. Kemampuan Analisis Data

Sistem informasi harus bisa mengumpulkan serta dapat menganalisis data inventaris, penjualan, serta pelanggan agar dapat membantu manajemen bisnis restoran dalam proses pengambilan keputusan dengan cepat.

5. Kemampuan Mengelola Reservasi dan Meja

Sistem informasi bisnis restoran harus bisa mengelola reservasi secara efisien dan mudah.

6. Dukungan Maintenance dan Pelanggan

Program restoran juga wajib disertai dukungan pelanggan secara memadai sekaligus pemeliharaan dengan cara berkala demi memastikan sistem dapat berjalan dengan baik.

7. Kemudahan Penggunaan

Sistem ini juga harus dapat diakses oleh seluruh karyawan restoran, seperti kasir, staf dapur dan juga manajemen.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa sistem informasi restoran sangat penting dalam manajemen bisnis restoran dan pengelolaan keuangan dengan baik. Sehingga bisnis restoran anda bisa berjalan dengan lancar. Salah satu contoh dari sistem informasi untuk restoran  adalah software restoran dari EQUIP yang telah terintegrasi ke berbagai perangkat. Segera daftarkan demo gratis disini!

sistem informasi restoran

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now