Aplikasi E-Menu : Meningkatkan Kualitas Bisnis F&B Waralaba Anda

Aplikasi e-menu memiliki peranan penting bagi bisnis. Apakah anda membuka bisnis restoran atau F&B? Jika ya, maka anda bisa menggunakan software e-menu yang dapat membantu bisnis restoran, karena bisa menawarkan kemudahan untuk konsumen. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan manajemen pembayaran yang ada di kasir dan juga koki di dapur.

Bisnis restoran sama seperti bisnis lainnya, yang membutuhkan aplikasi untuk mempermudah jalannya bisnis. Apalagi dalam bisnis restoran biasanya harus menyertakan list menu makanan yang nantinya diakses oleh pemilik bisnis restoran itu sendiri hingga konsumen.

Adanya aplikasi e-menu juga bisa menjadi strategi usaha modern pada bisnis restoran anda, karena menyajikan daftar menu makanan melalui cara yang baru. Mungkin daftar menu berbentuk lembaran kertas atau buku sudah biasa, dan saat ini terkesan tidak efisien, bahkan mudah rusak. Hingga akhirnya bisa menambah biaya operasional pada usaha restoran anda apabila terus mencetak daftar menu berulang kali.

Belum lagi, pihak manajemen kesulitan dalam mempromosikan menu makanan baru, diskon atau bundling package. Oleh sebab itu, agar konsumen lebih mudah memesan menu makanan yang mereka inginkan, dan dapat memberikan dinning experience menarik, wajib memanfaatkan aplikasi e-Menu.

DemoGratis

Keuntungan Fitur Aplikasi e-Menu dari Sistem ERP FnB

Baca Juga : Mengenal Pentingnya Sistem POS Kasir untuk Sukseskan Bisnis Retail Anda

Software e-menu hadir dengan berbagai keuntungan. Berikut ini keuntungen e-menu dari sistem ERP FnB yang perlu anda ketahui, antara lain :

1. Kelola Harga Menu dan Diskon dengan Aplikasi e-Menu

Melalui e-menu, maka pengelola restoran bisa mengatur harga setiap item menu dengan mudah, sekaligus dapat mengelola diskon kepada pelanggan. Biasanya, aplikasi ini telah memiliki fitur untuk menginputkan daftar harga menu, serta bisa mengubahnya tergantung kebutuhan.

Di samping itu, dengan e-menu juga bisa memungkinkan para pengguna membuat penawaran harga khusus atau diskon untuk pelanggan. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan diskon di tiap item menu maupun pada jumlah total orderan pelanggan. Potongan harga diskon ini bisa menentukan lamanya waktu diskon, batas pemakaian diskon atau jumlah minimum orderan yang wajib anda beli.

Melalui aplikasi ini, anda bisa mengatur diskon dan harga menu dalam mengoptimalkan penjualan bisnis restoran dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

2. Menghemat Pengeluaran

Fitur e-menu berbasis ERP FnB bisa membantu restoran untuk lebih menghemat pengeluaran. Mengingat sistem ERP F&B ini merupakan platform yang terintegrasi untuk mengelola segala aspek operasional restoran, antara lain persediaan, pengadaan, pemasaran, manajemen keuangan dan sebagainya.

Melalui sistem e-menu yang sudah terintegrasi pada ERP FnB, membantu restoran untuk mengelola segala aspek bisnis dengan  efisien. Hal ini karena dengan adanya sistem e-menu, membuat pengelolaan persediaan menjadi lebih efisien, dapat menghemat tenaga kerja, efisiensi operasional meningkat, dan dapat meningkatkan pengelolaan keuangan.

Sehingga, aplikasi ini bisa membantu pengeluaran restoran lebih hemat, sekaligus meningkatkan efisiensi dari operasional mereka.

3. Meningkatkan Promosi

Aplikasi ini juga bisa meningkatkan promosi, sekaligus dapat membantu restoran untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pelanggan. Hal ini dikarenakan, melalui e-menu maka restoran bisa memperluas jangkauan lewat platform media sosial atau pemesanan online. Sehingga bisa menjangkau pelanggan baru bahkan dapat meningkatkan penjualan.

E-menu juga bisa mempermudah konsumen untuk melakukan orderan, entah lewat aplikasi pemesanan online maupun secara langsung dengan pergi ke restoran. Hal tersebut bisa semakin mempermudah akses sekaligus kenyamanan pelanggan, alhasil mereka cenderung memilih memesan makanan di restoran itu sendiri.

4. Meningkatkan Sales

Dengan e-menu, maka bisa meningkatkan sales atau penjualan di restoran. Sebab aplikasi ini bisa memilki banyak keuntungan daripada menu tradisional yang berbentuk kertas. Melalui e-menu, bisa menambahkan rekomendasi minuman atau makanan sekaligus dapat menampilkan menu promosi khusus atau tambahan. Hal tersebut bisa meningkatkan penjualan sekaligus membantu meningkatkan omset atau pendapatan restoran.

5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

e-Menu bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dalam bisnis anda. Ada beberapa alasan kenapa e-fitur bisa meningkatkan pengalaman pelanggan, antara lain :

  • Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa melihat list daftar menu sekaligus menentukan pesanan yang ingin mereka pesan. Sehingga bisa lebih menghemat banyak waktu dan meminimalisir tingkat frustasi pelanggan sebab tidak perlu lagi menunggu pelayan mendatangi meja pelanggan.
  • e-Menu bisa memberikan rekomendasi menu secara personal bagi pelanggan sesuai preferensi mereka. Tentu saja, hal tersebut bisa membantu menemukan menu makanan baru yang pelanggan sukai, sehingga bisa menambah kepuasan pelanggan.
  • Sistem e-Menu bisa memberikan pengalaman secara menarik dan interaktif kepada pelanggan, antara lain seperti deskripsi dan foto makanan, hingga pilihan menyesuaikan orderan pelanggan.
  • Sistem ini juga bisa menawarkan tambahan informasi mengenai minuman dan makanan, antara lain berdasarkan nilai gizi atau asal usul bahan. Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan Customer terhadap restoran.
  • Melalui e-menu, maka pelanggan bisa memesan minuman maupun makanan degan mudah dan cepat.

6. Call Service

Banyaknya pengunjung restoran saat makan siang maupun makan malam, seringkali menyebabkan ketidak optimalan pelayan ketika memberikan pelayanan. Hal tersebut tentu saja bisa diatasi oleh pelaku usaha restoran melalui fitur e-menu yang bisa pelanggan akses ketika memesan makanan. Di samping itu, fitur call service dapat membantu pelanggan memanggil pramusaji jika memerlukan bantuan.

7. Sistem Antrian Terorganisir dengan Aplikasi e-Menu

e-Menu bisa membantu manajemen restoran untuk mengantisipasi keramaian pelanggan atau pengunjung yang datang. Pembeli yang datang bisa memilih meja untuk mengurangi waktu tunggu, sehingga tidak terkesan membosankan.

Pentingnya Aplikasi e-Menu Untuk Bisnis Restoran

Baca Juga : Cloud Kitchen: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Strategi

Aplikasi e-menu membuat bisnis restoran anda menjadi banyak terbantu. aplikasi ini membuat pelayanan restoran akan menjadi lebih efisien, karena pelanggan bisa memesan minuman dan makanan langsung. Karenanya dapat mengurangi lamaya waktu tunggu.

Pelanggan juga bisa memilih menu menggunakan aplikasi ini secara rinci dan jelas. Bahkan bisa mengubah pesanan dari aplikasi secara langsung. Oleh karea itu bisa mengurangi risiko kesalahan saat pemesanan.

e-menu bisa memungkinkan Customer memberikan feedback tentang minuman dan makanan yang pelanggan pesan. Maka dari itu, bisnis restoran bisa meningkatkan kualitas terhadap layanan sekaligus dapat menarik Customer loyal lebih banyak.

Kesimpulan

FnB
Kunci utama keberhasilan membangun bisnis restoran yaitu memberikan kepuasan kepada konsumen, sehingga mereka menjadikan bisnis resto anda sebagai solusi saat lapar atau mencari makanan. Hal inilah yang membuat pelanggan merasa loyal dan ingin kembali datang, karenanya anda bisa mempunyai lebih banyak kosumen.

Selain menjaga kualitas rasa makanan, strategi paling tepat bagi pemilik usaha restoran yaitu manajemen menu. Desain dan tata letak menu untuk restoran bisa anda buat dengan menarik. Tujuannya adalah dapat menarik konsumen sekaligus memberikan kesan menyenangkan kepada konsumen.

Dengan memakai aplikasi e-Menu dapat memberikan kesan terbaik kepada konsumen. Apalagi jika anda memilih e-Menu yang menawarkan layanan call service untuk meningkatkan performa dan kinerja pelayan restoran supaya bisa melayani pelanggan dengan tepat. Otomatisasikan bisnis resto anda sekarang juga dengan menggunakan sistem ERP FnB dari EQUIP untuk melakukan manajemen bisnis restoran anda! Segera dapatkan demo gratis disini!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now