7 Tips Usaha Fried Chicken Modal Kecil Untung Besar Sampai 50 Juta

Usaha fried chicken adalah salah satu jenis usaha kuliner yang banyak diminati para pelaku usaha. Hal ini karena, usaha ini tidak pernah sepi peminat, bahkan selalu menjadi favorit masyarakat karena menawarkan produk makanan cepat saji.

Tidak hanya banyak peminat, tetapi bisnis fried chicken juga menawarkan modal yang cukup terjangkau dengan bahan baku yang mudah anda dapatkan. Hanya saja, tantangannya adalah bisnis ini memang memiliki tingkat persaingan yang tinggi, sehingga memerlukan persiapan strategi yang matang.

DemoGratis

Peluang Usaha Fried Chicken

Daging ayam memang sangat mudah kita olah ke dalam berbagai jenis makanan serta dapat kita masak lewat berbagai macam proses, antara lain melalui proses pemanggangan, pengukusan, penggorengan dan lainnya.

Olahan daging ayam memang banyak digemari oleh seluruh kalangan sebab menawarka cita rasa yang gurih dan lezat, dengan kandungan protein dan gizi yang baik bagi tubuh. Menu olahan daging ayam yang paling banyak masyarakat sukai saat ini adalah fried chicken alias ayam goreng.

Fried chicken adalah olahan daging ayam goreng dengan balutan tepung krispi yang sangat renyah, sehingga sangat cocok sebagai pendamping nasi. Belakangan ini, memang ada banyak para pelaku usaha ayam goreng berbalut tepung ini. Maka dari itu, wajar jika masyarakat dapat menjumpainya dengan mudah.

Peluang usaha fried chicken sendiri masih sangat baik utuk kita jalankan, karena target pasarnya kian meluas. Meskipun kita bisa menjumpai banyak penjual fried chicken, tetapi peminat makanan ayam goreng ini juga sagat banyak dari berbagai kalangan.

Jika anda tertarik mencoba peruntungan dengan membuka usaha fried chicken, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips usaha chicken dengan modal kecil dan untung besar di sini!

7 Tips Usaha Fried Chicken Modal Kecil Untung Besar Sampai 50 Juta

Usaha Fried Chicken

Walaupun usaha ayam goreng seolah tidak pernah mati. Tapi, anda juga harus ingat bahwa pesaing yang menjalankan usaha ini juga jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu, perlu strategi jitu untuk menarik perhatian konsumen sekaligus dapat meningkatkan omset penghasilan.

Silakan simak strategi menarik usaha fried chicken yang perlu anda praktekkan di bawah ini :

1. Konsep Usaha

Ketika memulai bisnis jualan ayam goreng krispi ini, langkah awal yang harus anda lakukan adalah menentukan konsep bisnis terlebih dahulu. Sebenarnya, ada banyak jenis konsep usaha ayam goreng yang bisa anda jadikan referensi, contohnya saja menu Wanna Be Fried Chicken dari MCD atau KFC, serta pemilihan konsep yang otentik.

Jika anda merasa kesulitan dalam menentukan konsep usaha ini, sesuaikan dengan lokasi gerai dan target konsumen. Contohnya, apabila anda tertarik membuka gerai fried chicken di sekitar kampus misalnya, maka target pasar anda yaitu mahasiswa dan anak kost-an di sekitarnya. Dengan demikian, kosep yang anda hadirkan menyesuaikan selera kaum muda.

Lantas, konsep seperti apa yang bisa dibuat? Anda bisa mencoba konsep ayam goreng krispi one bit yang menawarkan berbagai pilihan saus. Misalnya, fried chicken ala Korea saus Gochujang.

Untuk lebih bervariasi, bisa juga menawarkan menu sederhana yang kini banyak masyarakat gemari, yaitu ayam geprek. Anda juga bisa menawarkan beberapa pilihan porsi fried chicken dengan harga bervariasi, mulai dari Rp15 ribu sampai Rp30 ribu misalnya.

Jika anda ingin memperluas jangkauan untuk pejualan, maka tidak perlu fokus melakukan pengelolaan terhadap penjualan secara offline, melainkan bisa dengan menyediakan layanan penjualan online.

2. Melakukan Analisis Usaha

Untuk menjalankan bisnis fried chicken, anda tentu saja harus menghitung peluang profit dan kendala apa saja yang akan bisnis anda hadapi.

Maka dari itu, penting untuk melakukan analisa usaha. Salah satu pilihan metode analisa usaha yang bisa anda terapkan yaitu metode SWOT atau Strength, Weakness, Opportunities, and Threats.

Dengan metode SWOT ini memungkinkan anda dapat menyusun strategi usaha lebih efisien dan efektif dengan cara mempertimbangkan banyak faktor.

3. Modal Usaha

Apabila anda perhatikan, kebanyakan orang yang memulai sebuah usaha biasanya tidak mempunyai uang pribadi. Maka dari itu, mereka seringkali mencoba berbagai macam cara demi memperoleh modal awal, seperti meminjam modal usaha baru.

Tidak hanya meminjam dana, metode lain yang bisa anda coba adalah menemukan mitra atau investor untuk kemajuan usaha chicken yang anda jalankan. Perlu diingat, bahwa guna menghasilkan profit atau keuntungan biasanya memerlukan waktu cukup lama. Maka dari itu, kelola finansial usaha anda dengan optimal.

4. Cari Supplier Bahan Baku

Walaupun anda dapat memperoleh bahan baku bisnis fried chicken dengan mudah. Tapi, tetap saja harus benar-benar selektif ketika memilih supplier bahan baku.

Hal ini karena ada banyak pertimbangan yang perlu anda perhatikan, seperti anggaran transportasi dari tempat supplier atau usaha ayam potong, kualitas ayam, dan juga harga jual bahan baku itu sendiri.

Karena kita tahu bahwa kualitas dan harga bahan baku ini nantinya memberikan pengaruh besar terhadap harga jual fried chicken dan juga cita rasa ayam goreng anda.

Jika memilih supplier bahan baku yang tepat, tentu saja anda dapat memaksimalkan anggaran biaya operasional sekaligus dapat menghidangkan menu ayam goreng yang renyah dan lezat untuk konsumen.

5. Menyusun Sistem Operasional

Sebelum anda menjalankan sebuah usaha, penting sekali menyusun kegiatan operasional yang efektif dan rapi agar pelanggan tidak kecewa. Anda bisa menyusun sistem operasional seperti merencanakan pemesanan pre order, penerapan standar kebersihan, layanan pesan antar dan juga ticketing.

Agar pelanggan lebih mudah, anda dapat menyediakan berbagai macam opsi pemesanan serta pembayaran. Selain itu, agar kegiatan operasional lebih terstruktur, bisa juga mengandalkan aplikasi yang mempunyai sistem terintegrasi supaya lebih efektif.

6. Tetapkan Harga Menu

Untuk bisnis fried chicken, sebenarnya harga menu dapat menyesuaikan harga dan ketersediaan bahan baku, juga konsep bisnis yang anda terapkan. Anda juga dapat menerapkan harga standar dalam usaha ayam goreng yang sederhana, mulai dari Rp15 ribu per porsinya.

Selain itu, jika ingin meningkatkan omset untuk penjualan bisnis fried chicken, tawarkan pula aneka variasi topping. Tips lainnya bisa juga dengan membuat menu untuk paket hemat.

Contohnya saja, ada paket nasi+fried chicken, dengan tambahan es teh manis atau es jeruk. Supaya lebih menarik, anda bisa menghargai paket hemat dengan harga lebih terjangkau.

Tawarkan pula paket kombo untuk keluarga atau paket makan berdua. Sehingga, pelanggan bisa menikmati fried chicken yang lezat dengan harga yang bersahabat.

7. Terapkan Strategi Marketing

Salah satu kunci sukses untuk mendatangkan sekaligus meningkatkan penjualan adalah dari promosi. Anda dapat mempromosikan usaha ayam goreng ini secara online, bisa lewat sosial media atau bisa juga mendaftar dalam layanan delivery order yang populer.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan sosial media untuk sarana branding usaha chicken. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melakukan registrasi atau pendaftaran memakai nama usaha anda. Jika sudah, mulai posting menu andalan anda berikut promo dan ulasan pemberi.

Anda juga dapat mengadakan giveaway untuk menguntungkan bisnis ayam goreng yang anda jalankan. Sementara itu, strategi marketing lainnya yang bisa diterapkan dengan menawarkan voucher pembelian atau diskon.

Resep Makanan Fried Chicken

Sebenarnya ada banyak pilihan resep makanan fried chicken, tapi tentu saja tetap tidak jauh dari resep yang originalnya. Namun jangan khawatir, cara memasak fried chicken sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti resep berikut :

1. Bahan yang Digunakan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk 1 ekor daging ayam :

  • Kunyit 1/2 ruas, ditumbuk
  • Bawang putih 6 siung, ditumbuk
  • Garam 2 sdt
  • Lada bubuk 1/2 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk 1 1/2 sdt

Adonan tepung :

  • Lada bubuk 1 1/2 sdt
  • Terigu berprotein tinggi 1 kg
  • Kaldu ayam bubuk 9 gram
  • Baking powder 1 sdt
  • Vetsin 2 sdt
  • Garam 2 sdt
  • Bawang putih bubuk 2 sdt

Bahan yang digunakan untuk rendaman ayam :

  • Air putih 1 1/2 liter
  • Susu bubuk 1 sdm

Bahan yang digunakan lainnya :

  • Daging ayam 1 ekor
  • Minyak goreng 3 liter

2. Cara Membuat Ayam Fried Chicken

  • Silakan potong ayam ke dalam beberapa bagian, dada, sayap dan paha. Selajutnya cuci sampai bersih, lalu simpan ke dalam wadah.
  • Masukkan semua bahan bumbu ayam ke mangkuk yang sudah berisikan daging ayam potong tadi. Silakan ratakan bumbu sembari memijat-mijat daging ayam sampai meresap.
  • Biarkan selama 3 jam minimal dalam wadah tertutup. Selanjutnya simpan pada freezer untuk memaksimalkan proses marinasi. Diamkan sampai 24 jam jika perlu, supaya bumbunya semakin meresap.
  • Persiapkan semua bahan tepung ayam.
  • Selanjutnya larutkan susu menggunakan air hangat, lalu campurkan air putih.
  • Lakukan penepungan yang pertama. Kemudian masukkan daging ayam potong pada wadah tepung, dan pastikan semua sisi pada daging ayam telah terlapisi oleh tepung.
  • Setelah itu, masukkan daging ayam potong tadi ke dalam larutan susu sebelumnya. Lalu tiriskan, masukkan lagi daging ayam potong tadi ke dalam adonan tepung.
  • Lapisi kembali daging ayam dengan tepung. Kemudian masukkan lagi ke rendaman air susu tadi.
  • Tiriskan daging ayam kemudian lapisi lagi menggunakan tepung. Untuk satu potongan ayam dimasukkan pada adonan tepung hingga 3 kali kemudian lakukan perendaman 2 kali.
  • Selanjutnya goreng ayam menggunakan minyak goreng pada kisaran suhu sekitar 150-160 derajat celcius, selama 12 menit sampai berwarna keemasan.
  • Jika sudah angkat lalu tiriskan jika sudah matang. Setelah matang, sajikan fried chicken.

Tips Agar Usaha Ayam Goreng Laku

Usaha fried chicken bisa menghadirkan banyak profit setiap hari dan setiap bulannya, apalagi jika dalam sehari produk fried chicken anda banyak terjual. Berikut tips agar usaha ayam goreng anda laku :

1. Lakukan Promosi lewat Media Digital

Dengan media digital sosial media dan internet tentu saja mempermudah manusia untuk mengakses banyak informasi dengan efektif dan cepat. Karea itu, anda dapat menggunakan kecangghan teknologi media digital untuk mempromosikan fried chicken.

Silakan lakukan promosi lewat media sosial pribadi, atau bisa juga dengan meminta bantuan orang terdekat menyebarluaskan atau mempromosikan usaha chicken anda. Anda juga bisa menggunakan jasa food blogger dan influencer agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli fried chicken anda.

2. Lakukan Inovasi

Melakukan inovasi produk penting sekali agar konsumen tidak merasa bosan dengan menu fried chicken yang tersaji. Ada banyak pilihan varian fried chicken, antara lain chicken katsu, ayam geprek, ayam ala Korea, Taiwan dan lainnya.

Saat berinovasi dengan produk ayam goreng, sebaiknya tidak terlalu melenceng dengan konsep bisnis anda agar ciri khas usaha anda tetap ada.

3. Menjaga Higienitas Tempat Berjualan

Higienitas dan kebersihan tempat untuk berjualan sangat penting untuk memberikan kenyamanan kepada pembeli saat memesan ayam goreng. Sehingga mereka akan melakukan pemesanan hingga berkali-kali. Sebab menyajikan tempat usaha yang bersih dan higienis, membuat orang-orang lebih tertarik berkunjung kembali untuk membeli produk anda.

4. Pelayanan Ramah

Kualitas pelayanan juga sangat berpengaruh penting pada peningkatan penjualan, yang tentunya bisa memberikan keuntungan besar. Pastikan anda memberikan pelayanan yang ramah, sopan dan juga selal tersenyum saat memberikan pelayanan agar pelangga merasa lebih nyaman dan merasa dihargai.

Analisa Usaha Fried Chicken

Usaha ayam goreng ini memang tergolong simpel dan mudah, karenanya peluang usahanya sangat menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis fried chicken tentu saja tidak bisa asal, karenanya anda harus mengetahui analisa usahanya terlebih dahulu.

Rincian Untuk Modal Awal

  • Deep Fryer                          Rp1.400.000,-
  • Etalase                                Rp700.000,-
  • Peralatan memasak             Rp500.000,-
  • Kursi dan meja                    Rp750.000,-
  • Peralatan makan                 Rp300.000,-
  • Perlengkapan tambahan      Rp250.000,-
  • Promosi                             Rp200.000,-

Jumlah Modal Awal              Rp4.100.000,-

Biaya Operasional

Biaya Tetap

Penyusutan deep fryer Rp1.400.000 x 1/36                         Rp38.889

Penyusutan etalase Rp700.000 x 1/48                                 Rp14.583

Biaya penyusutan peralatan memasak Rp500.000 x 1/36     Rp13.889

Biaya Penyusutan kursi dan meja Rp750.000 x 1/36             Rp16.304

Penyusutan peralatan makan Rp300.000 x 1/24                    Rp12.500

Total penyusutan perlengkapan tambahan Rp250.000 x 1/36 Rp6.944

Biaya Tetap                                                                         Rp103.109

Biaya Variabel

Bumbu 26 hari x Rp50.000                                       Rp1.300.000

Daging ayam 26 hari x 10 kg x Rp30.000                 Rp7.800.000

Tepung  26 hari x Rp100.000                                   Rp2.600.000

Saus sambal dan tomat 26 hari x Rp20.000             Rp 520.000

Minyak goreng 26 hari x 5 liter x Rp16.000              Rp2.080.000

Plastik kresek                                                         Rp 100.000

Kemasan                                                               Rp  500.000

Sewa tempat                                                         Rp 600.000

Gas LPG 3 kg 4 tabung x Rp25.000                       Rp 100.000

Air dan Listrik                                                        Rp500.000

Promosi                                                               Rp200.000

Biaya tambahan                                                   Rp100.000

Total Jumlah Biaya Variabel                             Rp16.400.000,-

Maka, total dari biaya operasional setiap bulan yang wajib anda keluarkan adalah sebagai berikut :

Biaya variabel + biaya tetap = Rp16.400.000 + Rp103.109 = Rp16.503.109,-

Omset Rata-rata Setiap Bulan

Kita asumsikan penjualan harian rata-rata sebanyak 50 potong ayam seharga Rp15.000, jadi omset penjualan yang dapat kita peroleh adalah sebagai berikut ini :

Rp15.000 x 50 potong ayam = Rp750.000

Rp750.000 x 26 hari = Rp19.500.000

Keuntungan yang didapat per bulan

Total keuntungan = Omset – Jumlah Biaya Operasional

= Rp19.500.000 – Rp16.503.109 = Rp2.996.891

Total Break Event Point

Dapat kita simpulkan, nilai break event point atau titik impas dari modalnya adalah sebagai berikut :

BEP = Total Modal Awal : Keuntungan = Rp4.100.000 : Rp2.996.891 = 1,37 bulan = 41 hari.

Itulah perhitungan analisa bisnis yang perlu diperhatikan jika anda ingin memulaiusaha ayam goreng. Kita tahu bahwa persaingan bisnis tetap selalu ada. Akan tetapi, peluang untuk membangun bisnis kuliner yang populer, pastinya terbuka dengan lebar apabila anda mempunyai komitmen tinggi dan konsisten untuk menjalankan bisnis ini.

FnB

Kesimpulan

Selain membuka usaha fried chicken dari awal, anda juga dapat menjalankan bisnis franchise fried chicken dari brand-brand ayam goreng ternama, baik KFC atau MCD. Hanya saja, modal yang harus dikeluarkan lebih besar karena biaya untuk ikut waralaba KFC atau MCD juga sangat besar.Namun kelebihannya, produk yang anda jual sudah memiliki nama besar, jadi potensi keuntungannya juga sangat besar.

Namun, jika anda tidak memiliki modal besar maka bisa mencoba usaha ayam goreng sendiri dengan membukanya sendiri. Dengan catatan, anda harus melakukan promosi dan memperkenalkan produk ayam goreng ke masyarakat luas dengan strategi marketing yang tepat.

Kami menghadirkan kemudahan dalam mengelola usaha fried chicken Anda dengan aplikasi pos. Dengan fitur yang intuitif dan user-friendly, aplikasi pos kami membantu Anda dalam mengoptimalkan operasional bisnis, mengelola persediaan dengan efisien, serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Dapatkan demo gratis Equip POS disini!

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now