Perbedaan Utama Expired Date, Best Before dan Use by Date dalam Kemasan

Dalam kemasan makanan dan minuman, terdapat berbagai macam tanggal kadaluwarsa yang tercantum, mulai dari expired date, best before, dan use by date. Meskipun sering memiliki anggapan yang sama, tanggal kadaluwarsa ini memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda. Perbedaan ini terletak pada batas aman mengonsumsi makanan atau minuman yang perusahaan produksi. 

Setiap jenis produk, baik itu makanan atau minuman memiliki jenis-jenis tanggal kadaluwarsa yang berbeda. Hal ini penting mengingat setiap produk tersebut memiliki bahan baku, kemasan, serta bahan pengawet yang berbeda. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan ketiga jenis kadaluwarsa yang dapat Anda lihat pada berikut ini!

DemoGratis

Pengertian Expired Date

Expired date adalah tanggal kadaluwarsa produk yang menunjukkan kapan produk tersebut tidak lagi aman atau efektif untuk konsumen konsumsi. Jenis kadaluwarsa ini biasanya berada pada kemasan produk makanan, minuman, obat-obatan, dan kosmetik. Penentuan tanggal kadaluwarsa ini berdasar oleh hasil uji stabilitas dan tertulis dalam format bulan/tanggal/tahun dan penggunaan kode khusus.

Setelah melewati tanggal yang tertulis, produk tersebut menjadi tidak aman untuk manusia konsumsi. Hal ini karena bahan kimia dalam produk dapat mengalami perubahan dan mengurangi kualitas atau keamanan produk. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memperhatikan expired date pada produk dan tidak menggunakan produk yang sudah kadaluwarsa.

Cara Membaca Expired Date

Expired date pada produk biasanya tertulis dengan format bulan/tanggal/tahun atau menggunakan kode khusus. Kode khusus ini sesuai dengan perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Berikut ini adalah cara membacanya dengan dua format tersebut:

1. Format bulan/tanggal/tahun

Contohnya adalah pada suatu produk tertulis 10/30/2023. Angka pertama menunjukkan bulan, angka kedua menunjukkan tanggal, dan angka ketiga menunjukkan tahun. Dalam contoh di atas, cara membacanya adalah adalah tanggal 30 Oktober 2023.

2. Kode khusus

Misalnya, pada suatu produk tertulis kode EXP2309. Kode ini dapat berbeda-beda tergantung pada produsen. Pada contoh di atas, huruf ‘EXP’ menunjukkan kata ‘expired’, sementara ‘23’ menunjukkan tahun 2023 dan ‘09’ menunjukkan bulan September. Oleh karena itu, cara membaca untuk contoh ini adalah bulan September tahun 2023.

Pengertian Best Before

expired date

Best before adalah tanggal atau periode waktu dalam sebuah produk makanan atau minuman yang masih dalam kondisi terbaik dan optimal untuk dikonsumsi. Istilah ini biasanya berada pada kemasan produk dengan format bulan/tahun atau menggunakan kode khusus. Best before berbeda dengan expired date, karena best before menunjukkan periode waktu di mana produk masih dalam kualitas terbaiknya dan masih layak konsumsi.

Meskipun konsumsi produk masih aman setelah tanggal best before, kualitas produk bisa berkurang dan rasanya mungkin tidak lagi segar seperti pada saat produk masih baru. Oleh karena itu, penting bagi konsumen untuk memperhatikan tanggal best before pada produk dan menggunakan produk sebelum melewati tanggal tersebut. Khususnya, produk yang memiliki kandungan bahan-bahan yang mudah rusak, seperti makanan dan minuman. Hal ini karena gudang penyimpanan sendiri sudah menyesuaikan jenis kandungan bahan makanannya.

Cara Membaca Best Before

Cara membaca jenis kadaluwarsa ini, biasanya terdapat informasi yang tercetak berbentuk tangggal atau barcode pada kemasan produk. Format penulisan tanggal kadaluarsa dapat bervariasi tergantung pada negara atau produsen, tetapi umumnya akan terdapat tiga informasi yaitu tanggal (hari), bulan, tahun. Sebagai contoh, best before pada kemasan produk dapat tertulis sebagai ‘Best before: 31/12/2023’ yang berarti tanggal kadaluwarsa produk tersebut pada akhir bulan Desember 2023.

Penting bagi konsumen untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa ini karena mengonsumsi produk yang sudah kadaluwarsa dapat berisiko bagi kesehatan. Produk yang sudah kadaluwarsa dapat menjadi tidak layak konsumsi dan kehilangan rasa, aroma, dan nutrisi yang mereka miliki. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa sebelum mengonsumsi produk makanan atau minuman.

Pengertian Use by Date

Use-by date adalah tanggal terakhir yang direkomendasikan oleh produsen untuk konsumsi atau penggunaan produk dengan aman. Tanggal ini berada pada produk makanan atau minuman berdasarkan hasil uji laboratorium dalam memproduksi dan mengemas produk tersebut. Produk makanan dan minuman biasanya memiliki batas waktu konsumsi atau penggunaan yang berbeda-beda tergantung faktor-faktornya, seperti suhu penyimpanan dan kondisi lingkungan.

Penting untuk memperhatikan tanggal ini pada produk makanan atau minuman sebelum membeli dan mengonsumsinya. Jika tanggal kadaluwarsa sudah lewat, maka kemungkinan besar produk tersebut sudah tidak aman lagi untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluwarsa dan menghindari mengonsumsi atau menggunakan produk yang sudah melewati tanggal tersebut.

Cara Membaca Use by Date

Untuk membaca use-by date pada produk makanan atau minuman, perhatikan label yang terdapat pada kemasan produk. Use-by date biasanya ditulis dalam format bulan/hari/tahun, misalnya 05/31/2023. Beberapa produsen juga mencantumkan informasi tambahan seperti “best before” atau “exp” yang memiliki arti sama dengan use-by date.

Untuk membaca tanggal kadaluwarsa jenis ini juga hampir sama dengan jenis yang lain. Misalnya, Anda membeli di supermarket sebuah ikan dengan use by date tanggal 14 Februari 2023. Berdasarkan hal ini, pastikan Anda mengolah atau mengonsumsinya sebelum tanggal 14 Februari 2023 karena bakteri patogen yang ada pada ikan akan berkembang. 

Perbedaan Utama Expired Date, Best Before, dan Use by Date

expired date

Perbedaan mendasar antara kedua istilah ini adalah bahwa expired date menandakan bahwa produk tersebut sudah tidak aman untuk dikonsumsi atau digunakan, sedangkan best before menunjukkan kualitas terbaik produk dan masih bisa dikonsumsi atau digunakan setelah tanggal tersebut. Oleh karena itu, produk dengan tanggal expired harus dibuang, sedangkan produk dengan best before masih aman konsumsi dengan risiko kualitas produk yang sudah menurun.

Sedangkan perbedaannya dengan use by date, menunjukkan batas waktu terakhir di mana produk masih aman untuk dikonsumsi atau digunakan. Oleh karena itu, produk dengan expired date harus segera dibuang atau dipindahkan dari gudang, sedangkan produk dengan use by date harus dikonsumsi atau digunakan sebelum tanggal tersebut untuk menghindari bahaya kesehatan.Inventory

Kesimpulan

Pada intinya, perbedaan mendasar antara ketiga istilah ini adalah bahwa expired date menandakan bahwa produk tersebut sudah tidak aman untuk konsumsi. Best before menunjukkan kualitas terbaik produk dan masih layak konsumsi setelah tanggal tersebut. Sedangkan, use by date menunjukkan batas waktu terakhir di mana produk masih aman untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, produk dengan expired date harus dibuang, sedangkan produk dengan best before masih layak konsumsi dengan risiko kualitas produk yang sudah menurun, dan konsumsi produk dengan use by date harus sebelum tanggal tersebut untuk menghindari bahaya kesehatan.

Ketiga istilah ini sangat penting, karena mengonsumsi atau menggunakan produk makanan atau minuman yang sudah melewati masa kedaluwarsa dapat menyebabkan bahaya kesehatan. Bahayanya pun tidak main-main, mulai dari keracunan hingga menimbulkan penyakit mematikan yang lain. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan expired tracking pada kemasan produk makanan atau minuman sebelum membeli dan mengonsumsinya. Gunakan product dari EQUIP untuk mempermudah bisnis inventory Anda! Segera jadwalkan demo gratis disini!

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now