Pentingnya Software Manajemen Produksi dalam Industri Manufaktur

Industri manufaktur merupakan salah satu industri esensial dalam mengembangkan perekonomian Indonesia. Industri manufaktur membutuhkan sumber daya yang cukup besar untuk menangani berbagai kebutuhan dalam pengelolaannya. Saat ini telah banyak perusahaan manufaktur beralih menggunakan software industri ERP yang terintegrasi untuk melancarkan berbagai proses pengelolaan bisnisnya. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk mencari sistem ERP terbaik dalam membantu proses produksi manufaktur.

Dalam mengelola produksi manufaktur, penggunaan software produksi manufaktur yang unggul sangat dibutuhkan karena memiliki banyak fitur untuk mengatasi berbagai permasalahan manajemen dalam produksi manufaktur. Oleh sebab itu, penggunaan software produksi yang unggul dan tepat dapat mempermudah proses pengelolaan bisnis. Untuk memahami lebih lanjut mengenai software produksi manufaktur, Anda dapat menyimak artikel berikut ini!

Software industri

Apa Itu Software Perusahaan Produksi?

software industri manufaktur

Perusahaan produksi merupakan badan usaha yang beraktivitas dalam mengelola material mulai dari bahan mentah sampai menjadi barang jadi, setelah itu dijual kepada konsumen. Dalam kegiatan operasionalnya memiliki standar dasar yang digunakan oleh karyawannya. Standar dasar tersebut yaitu Standar Operasional Prodsedur (SOP)

Software perusahaan produksi adalah salah satu teknologi yang penggunaannya berguna untuk mendigitalisasi operasional produksi industri manufaktur. Software produksi ini dapat membantu mengotomatiskan segala aktivitas dan pekerjaan secara real-time, mencatat progress, mendata inventaris, dan aktivitas industri manufaktur lainnya. Selain itu, software ini  dapat meminimalisir kesalahan yang biasanya dilakukan secara manual. Sehingga, segala proses manufaktur dapat meningkat dan berkembang dengan baik. 

Baca juga: Software inventori: Pengertian, Manfaat, Fitur, serta Rekomendasi Terbaik

Jenis-jenis Software Manajemen Produksi

manufaktur

Tentunya banyak jenis dari software manajemen produksi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Mengingat pesatnya perkembangan zaman, menggunakan software pada perusahaan merupakan solusi yang tepat. Berikut jenis-jenis software manajemen produksi: 

Modul ERP manufaktur

Jenis software manajemen produksi inidapat memfasilitasi aktivitas dalam kontrol produksi, sumber bahan baku, koordinasi proses kerja, evaluasi kualitas bahan baku, perencanaan produk, dan lainnya. Sehingga membuat proses dalam produksi menjadi lebih efisien. Selain itu, software ERP terintegrasi juga dapat menyederhanakan proses kerja manufaktur secara  akurat sehingga perusahaan dapat mengurangi down time. Software produksi manufaktur jenis ini,memiliki beberapa fitur untuk menunjang aktivitas perusahaan seperti, kontrol material dan lean, just in time, configure to order, make to order, dan make to stock.

Supply Chain Management (SCM)

Jenis software ini lebih berfokus dalam menjaga komunikasi logistik sehingga segala proses perpindahan barang dapat terpantau dengan baik. Software ini juga dapat melacak kondisi perjalanan pada barang serta proses retur jika terjadi kecacatan pada barang  yang masuk ke dalam inventory. Fitur yang ada pada supply chain management juga dapat meramalkan pasokan, manajemen pengembalian, serta mengatur dan mempermudah pemrosesan pesanan. 

Manajemen inventory

Inventory management berperan untuk mencatat perpindahan barang, barang proses dan telah diproses, serta forecasting pembelian ulang. Tentunya proses ini membantu segala aktivitas kerja terutama proses procurement yang sulit dalam memproses pesanan jika harus mengecek inventory secara manual. Maka dari itu, penggunaan software inventory terbaik dapat mengatasi berbagai masalah yang akan terjadi. Selain itu penggunaan software inventory juga dapat menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, serta dapat keuntungan bisnis secara nyata.

Manajemen purchasing

Software management Purchasing merupakan sistem yang berguna untuk mengontrol segala proses pembelian yang terjadi di perusahaan secara efisien. Software ERP manajemen purchasing ini dapat membantu bisnis dalam mengelola pesanan pembelian, pengadaan bahan baku, update stock, permintaan penawaran, dan lainnya. Selain itu, Segala proses pembelian dan transaksi lainnya dapat terpantau secara digital. 

Software akuntansi

Software akuntansi merupakan sistem yang dirancang untuk para akuntan perusahaan agar mudah dalam melakukan pencatatan transaksi bisnis yang umumnya berjalan secara manual. Penggunaan software akuntansi dapat melacak segala jenis transaksi yang terjadi sehingga operasional bisnis akan terorganisir dengan lebih baik. Selain itu, software ini juga dapat mempermudah dalam menyusun laporan akuntansi yang meliputi, balance sheet, cash flow, laporan akhir, dan laporan laba rugi. 

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

Peran Software Manajemen Produksi dalam Industri Manufaktur

manufaktur

Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari aspek manajemen yang terdapat peran penting dalam mengkoordinir serta mengatur berbagai kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan. Berikut beberapa peran software produksi dalam industri manufaktur:

Menyederhanakan proses kolaborasi

Dalam manajemen produksi industri, tentu karyawan tidak akan bekerja seorang diri. Perlu kerjasama dan kolaborasi beberapa bahkan banyak karyawan dari berbagai tim. Seperti dari tim pemasaran dengan tim gudang, tim finance dengan tim pengadaan dan tim lainnya.

Memudahkan pemantauan

Proses yang terjadi di perusahaan harus terpantau sehingga dapat berjalan dengan baik dan tepat. Tetapi, selalu ada terjadi kesalahan yang mengacaukan kinerja dan kerja pada seluruh divisi karena  terdapat satu hal yang terlewat atau tidak terpantau. Maka dari itu, penggunaan software sangat dibutuhkan karena dapat melakukan pemantauan dan mendata segala hal kemudian memunculkan notifikasi peringatan jika terdeteksi suatu masalah. 

Membantu merawat hubungan dengan klien

Membangun hubungan dan kepuasan klien perlu Anda perhatikan. Anda perlu melakukan yang terbaik untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan klien sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Bantuan software Customer Relationship Management (CRM) yang unggul adalah solusi tepat yang dapat Anda gunakan, software CRM dapat mencatat daftar masalah yang terjadi pada proses kontrak antara klien, sehingga minim kemungkinan akan salah dalam pengambilan keputusan. Sehingga tim marketing dan sales tidak perlu khawatir dengan progress klien.

Kesimpulan

Software industri

Seiring dengan berkembangnya zaman dan digital yang semakin canggih, Anda perlu memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan perusahaan Anda. Kini banyak perusahaan besar yang telah menggunakan software ERP untuk mengotomatiskan serta memajukan bisnisnya. Selain itu, telah banyak software ERP yang unggul hadir untuk menjadi solusi bisnis Anda. Untuk itu, agar tidak tertinggal dengan para pesaing, Anda perlu beralih menggunakan software ERP terbaik dari EQUIP. Selain cocok untuk UMKM, software ERP dari EQUIP juga dapat membantu segala proses bisnis Anda menjadi lebih baik dan efisien. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA