Manufacturing Execution System (MES): Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Manufacturing execution system adalah salah satu jenis software manajemen produksi yang berguna untuk mengambil data secara otomatis dan real time. Dalam sebuah perusahaan, hasil dari proses produksi adalah hal yang utama. Berkembangnya dunia bisnis yang semakin terintegrasi dan terdigitalisasi membuat Anda, sebagai pelaku bisnis harus menggunakan berbagai macam software untuk mengefisiensikan bisnis. Dari banyaknya software management produksi yang ada, MES adalah software yang tepat untuk memantau proses dan hasil semua aktivitas bisnis Anda.

Simak artikel ini agar Anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai pengertian MES, manfaat, fitur-fitur yang ada dalam MES.

CTA Banner EQUIP Implementasi Kilat

Pengertian Manufacturing Execution System (MES)

Manufacturing Execution System (MES) merupakan sistem informasi yang memantau dan melacak proses produksi barang manufaktur di pabrik. Tujuan keseluruhan dari sistem ini adalah untuk memastikan bahwa operasi manufaktur dapat berjalan secara efektif untuk meningkatkan hasil produksi perusahaan. Cara untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan melacak dan mengumpulkan data real time dan akurat tentang siklus hidup produksi secara lengkap. 

MES system adalah sistem komprehensif yang mengontrol semua aktivitas yang terjadi di perusahaan. Aktivitas-aktivitas tersebut antara lain seperti pesanan pelanggan, sistem MRP, jadwal induk, dan sumber perencanaan lainnya. Kemudian perusahaan akan membuat produk dengan cara yang paling efektif, biaya rendah, dan kualitas yang tinggi. Software MES yang Anda butuhkan harus terintegrasi dengan peripheral tertentu dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Dalam perusahaan manufaktur, jika output tidak sesuai dengan perhitungan awal dan bahan baku maka potensi masalah akan semakin besar untuk terjadi. Salah satunya adalah dampak terhadap cash flow perusahaan yang menjadi tidak sesuai. Hal tersebut tentu saja dapat terjadi karena barang baku yang masuk tidak sesuai dengan hasil yang diproduksi. Oleh sebab itu, peran sistem gudang sangat berguna dan dapat menjadi solusi untuk permasalahan tersebut.

Baca juga: Aplikasi Gudang Online Terbaik dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Manfaat Manufacturing Execution System (MES)

Manfaat MES

Melihat betapa krusialnya masalah di atas bagi perusahaan manufaktur, maka MES bisa menjadi solusi bagi Anda dalam memantau hasil laporan produksi perusahaan. Semua proses dan hasilnya akan tercatat secara otomatis sehingga efisiensi dalam kegiatan produksi akan semakin meningkat. Berikut ini lima manfaat penerapan MES dalam bisnis Anda: 

1. MES mengotomatisasikan laporan produksi

Pencatatan data secara manual dari lapangan ke komputer tentu akan memakan waktu yang cukup lama dan besarnya rasio kesalahan pencatatan yang dapat terjadi. Oleh karena itu, MES software dapat membantu perusahaan untuk melakukan pencatatan produksi secara real time tanpa adanya delay input dari SDM ke komputer. Hal tersebut juga akan meningkatkan presisi dari data yang diinput serta dapat mengefisiensikan waktu.

2. Membantu mengoptimalisasi data dan informasi

MES membantu Anda meng-input data secara otomatis, data tersebut akan lebih beragam tanpa perlu menambah waktu atau SDM yang diperlukan. Data yang ada dalam perusahaan pun menjadi semakin optimal dan Anda akan lebih mudah untuk mengetahui titik lemah dari proses produksi. Dengan mengetahui kelemahan yang ada, maka Anda dapat membuat keputusan yang paling sesuai untuk memperbaiki proses produksi sehingga bisa berjalan secara optimal.

3. Monitor output produksi secara real time

Data yang diinput secara otomatis akan membuat pengecekan output produksi pun bisa langsung dilakukan di tempat tanpa perlu menunggu proses penginputan data terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda dapat secara langsung melakukan pengecekan terhadap data produksi yang masuk ke dalam MES dan ERP apakah sesuai dengan hasil yang ada di lapangan atau tidak. Bila terdapat masalah, tim bisa langsung melakukan tindakan yang dianggap perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada.  

4. Mengidentifikasi performa mesin/proses

Dalam proses produksi perusahaan manufaktur, masalah mesin bukanlah masalah yang bisa diabaikan. Jika mesin bermasalah akan berakibat pada kualitas hasil produksi dan tentunya akan berdampak pada perusahaan. Banyak konsumen yang melakukan komplain yang perusahaan dapat mengalami kerugian. 

Oleh karena itu, MES bisa membantu perusahaan untuk memonitor dan menemukan potensi masalah yang bisa timbul selama proses produksi. Kemudian perusahaan dapat mengambil langkah langsung tanpa perlu menunggu. Hal ini tentu akan meningkatkan efisiensi dalam produksi perusahaan. 

5. Meningkatkan akurasi perencanaan produksi

Dengan data yang presisi dan otomatis, maka tim dapat membuat perencanaan produksi secara lebih akurat. Semua data dari MES dapat terintegrasi dengan sistem ERP. Kemudian Anda bisa mendapatkan prediksi dalam produksi berikutnya. Prediksi ini berguna agar jumlah produksi sesuai dengan demand pasar sehingga proses produksi akan lebih efisien. 

Fitur-fitur Utama dalam Manufacturing Execution System

Seperti yang Anda ketahui bahwa MES memberikan banyak manfaat bagi proses produksi dalam bisnis. Solusi software MES modern menyediakan banyak fitur berguna yang mencakup siklus hidup produk bisnis. Berikut ini adalah fitur-fitur yang disediakan oleh software ini: 

  • Pengumpulan data 

Tanggung jawab utama perangkat lunak MES adalah mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk memberikan visibilitas waktu nyata ke dalam peralatan dan proses perusahaan.

  • Rencana produksi 

Dengan pembaharuan inventaris secara real time dan pelacakan bahan baku. Perangkat lunak MES membantu mengalokasikan bahan untuk memastikan kelancaran produksi bahkan selama periode permintaan tinggi. 

  • Analisis kinerja 

Perangkat lunak MES dapat menganalisis indikator kinerja utama untuk membantu mempertahankan tingkat kinerja yang memuaskan dan mengungkapkan bagaimana indikator tersebut dapat ditingkatan.

  • Manajemen pemeliharaan

Software MES membantu secara akurat dalam merencanakan perawatan mesin preventif, mengurangi waktu henti, dan meminimalkan gangguan produksi.

  • Manajemen perubahan

Mengingat kompleksnya permasalahan dalam proses produksi maka penyelesaian dari setiap masalah itu akan berbeda-beda. MES memberikan fleksibilitas untuk memodelkan, mengubah, dan menerapkan proses kompleks secara tepat waktu. 

Baca juga: Mengenal Software ERP dan Tips Memilihnya

Apa Hubungan Manufacturing Execution System (MES) dan ERP?

MESManufacturing Execution System (MES) dan Enterprise Resource Planning (ERP) memiliki kemampuan untuk bekerja sama. Karena keduanya merupakan perangkat lunak yang membawa kemampuan yang berbeda, penggunaan secara bersamaan dapat membantu bisnis Anda memperoleh hasil yang lebih menyeluruh. 

ERP software berfokus pada pembuatan dan pengelolaan jadwal pabrik termasuk produksi, penggunaan material, pengiriman, serta mengumpulkan informasi terkait bisnis. Sedangkan MES software berfokus pada pengelolaan dan pemantauan operasi manufaktur dan pelaporan aktivitas lini produksi secara real time

Penerapan ERP dan MES secara bersama-sama akan menciptakan ekosistem terintegrasi, menawarkan pandangan holistik tentang keuangan, pengadaan, manajemen rantai pasokan, logistik manufaktur, dan masih banyak lagi. Dengan menggabungkan informasi tersebut maka akan meningkatkan kelincahan dan menyediakan data akurat yang akan meningkatkan perkiraan pada segala hal mulai dari penjualan hingga pemanfaatan aset hingga manajemen manufaktur.

Sistem ERP akan memberikan Anda data untuk menentukan apa yang akan perusahaan produksi, sementara MES mengintegrasikan data ERP dengan informasi lantai pabrik untuk menentukan cara memproduksi produk tersebut dengan lebih sedikit limbah dan lebih banyak keuntungan. 
CTA Banner EQUIP Pengelolaan Bisnis yang Terintegrasi

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai manufacturing execution system (MES) mulai dari pengertian, manfaat, fitur, dan integrasi antara MES dan ERP. Software ini akan membantu Anda dalam proses produksi perusahaan dan hasilnya akan tercatat secara otomatis sehingga efisiensi dalam kegiatan produksi akan semakin meningkat.

Perlu Anda ketahui sistem ini akan sangat membantu Anda dalam proses produksi dan meminimalisir kesalahan human error dalam bisnis Anda. Proses produksi ini akan berdampak langsung kepada produk dan konsumen sebagai pemakai akhir produk. Untuk itu Anda dapat menggunakan bantuan EQUIP dari HashMicro untuk mengotomatiskan kegiatan bisnis Anda. Dengan menggunakan satu software ini, Anda tidak perlu menggunakan banyak software untuk mengotomatiskan proses bisnis Anda. Yuk tunggu apa lagi? Coba demo gratis sekarang!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now