Tips Sukses Membangun Usaha Toko Bangunan dengan Software Retail

Menurut katadata, realisasi anggaran infrastruktur di Indonesia mengalami peningkatan 31,1% dari tahun 2020 ke 2021. Angka tersebut menunjukan bahwa Indonesia sedang melakukan perluasan pembangunan infrastruktur. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi Anda yang sedang bingung untuk membuka usaha baru. Anda dapat membuka sebuah toko bangunan karena selain alasan diatas, bisnis ini juga akan selalu masyarakat butuhkan. Usaha toko bangunan bergerak di bidang penjualan ritel. Dalam pengelolaannya memang tidak mudah, maka dari itu permudah pengelolaan usaha toko bangunan Anda dengan software retail terbaik. 

Namun pasti sudah banyak orang yang telah memulai usaha ini sehingga persaingan dalam industri ini cukup tinggi. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini telah banyak sistem yang bisa membantu Anda untuk memenangkan persaingan dengan menggunakan sistem ERP retail terlengkap dari EQUIP. Anda dapat mengurangi pekerjaan manual yang memakan waktu sehingga pekerjaan menjadi efektif dan efisien dengan software retail terbaik di Indonesia. Selain menggunakan software retail untuk membantu mengefisiensikan bisnis Anda, simak beberapa tips sukses usaha toko bangunan berikut ini.

DemoGratis

Daftar Isi

  1. Tentukan Lokasi yang Strategis
  2. Menentukan Supplier yang Memiliki Kualitas Barang Bagus Namun Harga Murah
  3. Miliki Barang Bangunan yang Lengkap
  4. Jual dengan Harga yang Terbaik
  5. Gunakan Software Retail untuk Mengelola Usaha Toko Bangunan Anda
  6. Promosikan Bisnis Toko Bangunan Anda
  7. Berikan Pelayanan Terbaik
  8. Kesimpulan

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi usaha merupakan salah satu indikator yang penting dan harus Anda perhatikan ketika ingin membuka sebuah usaha baru. Lokasi usaha yang baik biasanya berada di jalan raya yang ramai dan dilalui banyak orang. Selain itu, biasanya terletak di pusat kota dan tidak jauh dari pemukiman sehingga orang-orang akan lebih mudah untuk menjangkau toko Anda. 

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan-bahan bangunan sangat banyak jenisnya dan ada juga yang berukuran besar. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyiapkan tempat yang luas dan memadai untuk menyimpan bahan bangunan dan lahan untuk tempat parkir. Tempat parkir yang luas biasanya digunakan untuk bongkar muat material seperti pasir, batu bata, dan sebagainya. Selain itu, usaha toko bangunan pasti berkaitan dengan mobil pick up atau truk sebagai sarana transportasinya yang tentunya membutuhkan akses yang memadai. Dalam mengelola sarana transportasi Anda dapat menggunakan bantuan fleet management system agar lebih mudah dan efisien. 

Lokasi strategis usaha toko bangunan

Baca juga: Bisnis Retail Adalah: Bisnis yang Menguntungkan untuk Masyarakat

2. Menentukan Supplier yang Memiliki Kualitas Barang Bagus Namun Harga Murah

Dalam pembangunan sebuah bangunan baik rumah maupun gedung membutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih mencari toko bangunan yang memberikan harga yang lebih murah. Untuk mendapatkan harga jual yang murah, Anda dapat mencari pemasok yang memberikan harga yang lebih rendah. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menjual harga yang lebih rendah pula kepada pelanggan. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa persaingan dalam industri ini tinggi untuk itu Anda tidak boleh menganggap remeh persaingan harga antar toko bangunan. Toko bangunan yang menawarkan harga yang lebih tinggi kebanyakan tidak disukai oleh masyarakat. Hal tersebut akan menyebabkan toko bangunan akan mengalami kerugian. Untuk memudahkan menentukan harga dan pengelolaan keuangan toko bangunan, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi terbaik. 

3. Miliki Barang Bangunan yang Lengkap

Tips selanjutnya yaitu toko bangunan Anda sebaiknya memiliki persedian barang yang lengkap. Pelanggan akan menilai toko Anda dengan baik karena dapat memenuhi kebutuhan mereka. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pelanggan yang loyal. 

Dalam sebuah pembangunan rumah atau gedung, mereka akan membutuhkan sangat banyak material mulai dari semen, pasir, batu bata, besi pondasi, cat, keramik, kayu, dan lain-lain. Usahakan untuk selalu menyediakan bahan bangunan yang lengkap. Hal ini akan memudahkan konsumen dalam berbelanja dan tidak perlu berpindah toko. Mengelola persediaan bahan bangunan dalam toko Anda pasti tidak mudah karena banyak sekali ragam dan macamnya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan sistem manajemen inventory untuk memudahkan dalam mengelola bahan bangunan dalam toko Anda. 

Baca juga: Mengapa Bisnis Grosir Merupakan Jenis Usaha yang Banyak diminati?

4. Jual dengan Harga yang Terbaik

Dalam menjalankan sebuah bisnis selain berorientasi pada profit, sebagai pengusaha kita juga harus memperhatikan preferensi konsumen. Konsumen biasanya sangat mempertimbangkan harga dalam membeli suatu produk, termasuk bahan bangunan. Mereka akan memilih untuk membeli bahan bangunan dengan harga murah dengan kualitas yang sama. 

Dalam menentukan harga jual Anda dapat mengamati harga jual yang ada di pasar dengan mengamati harga para kompetitor. Setelah itu, Anda dapat menjual barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pesaing. Hal tersebut dilakukan agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli di toko Anda. Walaupun Anda mendapatkan untung yang lebih kecil, namun jika pelanggan ramai maka jumlahnya mungkin akan lebih banyak dibandingkan dengan pesaing.

5. Gunakan Software Retail untuk Mengelola Usaha Toko Bangunan Anda

Software retail

Cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan sistem ERP retail untuk mengelola toko bangunan Anda. Sistem ini dapat mengelola berbagai aktivitas bisnis retail seperti manajemen inventaris, e-commerce, pengelolaan pelanggan, dan aktivitas lainnya. Sistem ini memiliki fitur lengkap dan terintegrasi sehingga dapat meningkatkan daya saing dari toko Anda.

Software ERP retail dari EQUIP akan memberikan banyak manfaat bagi Anda mulai dari menyederhanakan proses bisnis yang kompleks seperti inventory management dan pembuatan laporan sampai membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, EQUIP akan memastikan data yang dihasilkan adalah data yang aktual, akurat, dan real time

Baca juga: Retail Software: Pengertian, Fungsi dan Manfaat, Keuntungan, dan 5 Rekomendasi

6. Promosikan Bisnis Toko Bangunan Anda

Layaknya sebuah bisnis yang membutuhkan banyak pelanggan, usaha bisnis toko bangunan harus Anda promosikan agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Semakin gencar promosi yang Anda lakukan maka akan semakin banyak pula pelanggan yang akan datang. Promosi yang Anda lakukan harus dapat menarik dan membuat orang merasa terpanggil untuk berbelanja di toko Anda. 

Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti promosi melalui spanduk dan reklame di tepi jalan raya. Sehingga orang-orang akan melihat promosi toko bangunan Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan promosi melalui media sosial. Anda dapat membuat konten-konten unik atau membuat konten viral yang bisa Anda hubungkan dengan materi promosi dari toko bangunan Anda. Jika memungkinakan Anda juga dapat membuat website untuk mempromosikan toko. Website ini akan membuat toko bangunan Anda terlihat lebih profesional. 

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik

Bagi Anda yang ingin membuka toko bangunan, Anda harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Pelayanan yang ramah akan memuaskan pelanggan Anda sehingga mereka akan loyal dan selalu datang ke toko Anda saat membutuhkan bahan bangunan. Selain itu, sebaiknya Anda menginformasikan kualitas barang kepada konsumen secara jujur. 

Jika ada orang yang datang hanya untuk melihat-lihat dan bertanya mengenai produk, maka Anda juga harus melayaninya dengan baik dan ramah. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen juga akan bisa meningkatkan kualitas dari toko bangunan yang Anda miliki. Untuk lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, Anda dapat memanfaatkan sistem Customer Relationship Management (CRM) terintegrasi dalam toko Anda. 

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin membuka usaha toko bangunan. Usaha toko bangunan merupakan salah satu usaha yang memiliki banyak peluang karena pembangunan akan terus ada dan tiada henti. Memang persaingan dari usaha ini cukup tinggi sehingga Anda harus menjadi market leader dalam pasar. Untuk menjadi market leader, usaha toko bangunan Anda harus berbeda dengan yang lain. Efisiensikan usaha toko bangunan Anda dengan software retail dari EQUIP. 

Retail

Software ini memiliki banyak modul-modul mulai dari CRM hingga pengelolaan inventory sehingga dapat menyederhanakan pengelolaan bisnis retail Anda. Keuntungan lain menggunakan software ERP retail EQUIP adalah Anda dapat melacak pesanan secara otomatis, mendapatkan laporan keuangan yang akurat, serta mudah untuk memantau persediaan bahan bangunan. Segera jadwalkan demo gratis dengan tim kami untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola usaha toko bangunan Anda. 

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now