Fakta Penting Menentukan Target Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

Tujuan utama dalam menjalankan sebuah bisnis pasti ingin menghasilkan profit yang tinggi tetapi harus tetap sesuai dengan etika dalam meraihnya. Salah satu cara untuk mendapatkan profit tinggi yaitu dengan penentuan target pasar yang tepat. Target pasar adalah sekumpulan orang yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produknya. Dengan target pasar yang tepat maka dalam melakukan strategi pemasaran akan lebih efisien dan tepat sasaran. Namun terkadang banyak orang yang kesulitan dalam menentukan target market sehingga menimbulkan lebih banyak kerugian daripada keuntungan. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada sistem canggih Customer Relationship Management (CRM)

Sistem CRM terbaik akan membantu Anda dalam menentukan target market secara lebih mudah. Selain itu, sistem CRM terlengkap ini dirancang untuk mengotomatiskan pengelolaan prospek dan klien atau customer perusahaan. Anda juga dapat memanjakan pelanggan dengan sistem loyalty points serta buat segmentasi pelanggan untuk hadirkan loyalty program yang dipersonalisasi dengan menggunakan software CRM terunggul ini. Dengan hal tersebut, Anda akan mendapatkan pelanggan yang loyal sehingga pendapatan bisnis Anda akan meningkat. 

target pasar

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui secara lebih mendalam terkait target pasar mulai dari pengertian hingga strategi sukses mengidentifikasi target pasar! 

Daftar Isi

Pentingnya Mengetahui Target Pasar dalam Bisnis Anda

Target pasar bukan semata-mata hal yang harus ada dalam bisnis tetapi hal ini lebih penting dari hanya sekedar itu. Dengan memahami target pasar, Anda bisa memastikan bahwa pemasaran yang Anda lakukan sudah tepat sasaran atau belum. Hal ini penting karena akan berdampak pada penjualan bisnis Anda. Oleh karena itu, kami menyajikan beberapa manfaat mengetahui target pasar bagi Anda yaitu sebagai berikut: 

1. Meningkatkan penjualan bisnis

Dengan berfokus dan memahami target pasar Anda maka akan membuat dan memasarkan produk lebih cepat dibandingkan dengan para kompetitor. Hal tersebut akan membuat penjualan Anda meningkat. Selain itu, Anda dapat dengan mudah melakukan pengembangan produk dari data terkait target pasar yang Anda peroleh. Tidak hanya itu saja, kemampuan bisnis dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik akan menaikkan customer loyalty. Terdapat sebuah fakta yang harus Anda ketahui bahwa 65% keuntungan sebuah perusahaan berasal dari pelanggan setianya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui target pasar dari sebuah produk. 

Baca juga: Apa Itu Forecasting Penjualan?

2. Membantu proyeksi budget yang dibutuhkan

Dalam melakukan kegiatan pemasaran pasti membutuhkan biaya, seperti biaya iklan atau pembuatan banner dan poster. Jika Anda tidak menetapkan siapa target pasar produk artinya Anda menargetkan semua orang untuk membeli produk. Hal tersebut akan membuat biaya pemasaran semakin membengkak. Walaupun pada akhirnya hasil penjualan banyak tetapi keuntungan yang Anda dapatkan relatif kecil akibat biaya pemasaran yang besar.

Baca juga: Apa itu Budget? Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Menyusunnya

3. Memudahkan dalam merancang strategi pemasaran

Di era yang penuh dengan penggunaan teknologi, strategi pemasaran lebih banyak menggunakan konten-konten di sosial media. Jenis dan ragam konten juga banyak sekali. Oleh karenanya dengan target pasar yang tepat, Anda akan lebih mudah dalam merancang strategi pemasaran yang tepat dan tepat sasaran. Contohnya, jika Anda menargetkan konsumen di umur lansia apakah penggunaan sosial media sebagai strategi pemasaran masih tepat? Maka dari itu, dalam perancangan strategi pemasaran membutuhkan pertimbangan berdasarkan data dari target pasar.

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

4. Membantu membangun hubungan baik dengan target pasar

Dengan mengetahui target pasar, maka Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan karena Anda sudah memahami kebutuhannya. Komunikasi yang Anda lakukan bisa dengan cara survey atau metode lain. Karena sudah mengetahui target pasar, Anda tahu siapa saja yang layak Anda libatkan dalam kegiatan tersebut. Informasi yang diperoleh pun akan sangat presisi atau menggambarkan keadaan yang lebih nyata. Hal ini penting untuk menentukan produk baru yang akan Anda ciptakan. Hal tersebut menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Strategi dalam Target Pasar

Strategi dalam target pasar

Setelah mengetahui manfaatnya bagi perkembangan bisnis Anda. Sekarang Anda juga harus mengetahui strategi yang tepat untuk menentukan target pasar. Dalam sebuah bisnis, terdapat empat strategi untuk menentukan target pasar, antara lain: 

1. Mass marketing

Mass marketing merupakan strategi pemasaran secara massal atau besar-besaran yang menyasar semua orang. Strategi ini sangat cocok untuk memasarkan produk jenis barang umum yang menjadi kebutuhan semua orang, seperti beras, sabun gigi, shampoo, dan lain sebagainya. Dalam strategi mass marketing, Anda akan lebih fokus pada cara penjualan agar lebih banyak orang mengetahui produk dan membelinya. 

2. Differentiated Marketing

Strategi ini membuat perusahaan memilih untuk menargetkan beberapa segmen pasar dan merancang bauran pemasaran yang berbeda dan efektif untuk setiap bagiannya. Pendekatan strategi ini cenderung menciptakan lebih banyak penjualan daripada strategi undifferentiated market. Namun karena bauran pemasaran yang berbeda menjadikan biaya promosi juga meningkat. Sehingga, peningkatan penjualan harus Anda seimbangkan dengan peningkatan biaya.

3. Undifferentiated Market

Undifferentiated market merupakan strategi yang mengejar pasar secara keseluruhan. Dalam strategi ini mengabaikan adanya segmentasi dan menganggap pembeli sebagai kelompok yang seragam. Selain itu, strategi ini juga terkenal sebagai pemasaran massal sehingga perusahaan tidak memproduksi produk yang berbeda untuk tiap unit yang berbeda. Biasanya perusahaan menggunakan strategi ini untuk menarik audiens yang lebih luas berdasarkan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang sama. 

4. Niche marketing

Jika pebisnis melakukan strategi niche marketing maka mereka akan menyasar target pasar yang cukup spesifik dengan karakteristik konsumen khusus, misalnya gula untuk penderita diabetes. Walaupun targetnya relatif kecil tetapi strategi ini memungkinkan pebisnis untuk melakukan penetrasi pasar dengan baik. Bahkan apabila produk tersebut benar-benar unik, memiliki manfaat, serta memiliki strategi pemasaran yang baik, bukan tidak mungkin produk Anda menjadi market leader dalam pasar niche market ini.

5. Micro Marketing

Strategi yang terakhir yaitu strategi micro marketing. Anda bisa menerapkan strategi ini jika ingin memasarkan produknya pada segmen yang sangat spesifik. Biasanya pebisnis yang melakukan strategi ini memiliki keterbatasan dari sisi jenis barang, lokasi, dan juga waktu. Misalnya, susu kedelai yang alergi terhadap susu sapi di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Strategi Sukses Mengidentifikasi Target Pasar

Target pasar merupakan hal yang penting atau krusial bagi bisnis. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam menentukannya. Lalu, bagaimana caranya untuk menentukan target market yang tepat? Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengidentifikasi target pasar: 

1. Lakukan riset pasar sebelum menentukan target pasar 

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan riset pasar. Dalam melakukan riset pasar Anda dapat menggunakan cara berikut ini: 

  • Membuat asumsi

Jika Anda telah memiliki bisnis dengan produk yang siap untuk dipasarkan, maka Anda dapat mengasumsikan kira-kira seperti apa target pasarnya? Misalnya Anda adalah produsen sepatu kulit, biasanya Anda menjualnya melalui sosial media. Maka target pasar Anda ada seseorang baik pria atau wanita yang memiliki gaya trendy, pekerja kantoran, atau pengoleksi sepatu kulit. 

  • Melakukan survey pelanggan 

Strategi sukses mengidentifikasi target pasar

Selain membuat asumsi, Anda juga bisa melakukan survey langsung kepada pelanggan untuk mengetahui bagaimana selera masyarakat yang akan masuk dalam target Anda. Cara ini juga dinilai lebih efektif atau Anda bisa menyesuaikan apakah asumsi yang Anda buat sudah sesuai dengan keadaan pasar. 

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

  • Google analytics tools

Salah satu cara untuk menentukan target pasar adalah dengan menggunakan bantuan teknologi analytics tools seperti google trends. Teknologi ini memiliki data yang berkaitan dengan kebiasaan atau pola tingkah laku pengguna internet. Hanya dengan memasukkan keyword dari produk, Anda dapat mengetahui berapa orang yang memiliki minat terhadap produk Anda. 

Baca juga: Dapatkan Riset Pasar yang Aktual dengan Bantuan Google Trends

2. Tentukan buyer persona dan pasar yang ingin Anda layani

Buyer persona merupakan sebuah representasi pelanggan. Anda menggambarkan sosok calon pembeli Anda dengan berdasar pada ciri fisik, demografi, dan lainnya. Dalam membangun buyer persona, Anda dapat memulainya dengan menentukan jenis kelamin, usia, gaya hidup, dan lainnya. Dengan data yang spesifik, maka target pasar Anda akan lebih unik. Data untuk buyer persona bisa Anda dapatkan dari berbagai analytic tools. Jika Anda memiliki website, Google Analytics adalah salah satu tools yang tepat. Tools ini mampu mencatat informasi pengunjung website Anda mulai dari lokasi, lama akses, bahkan profilnya.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

3. Perhatikan kompetitor

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor baik itu bisnis yang masih kecil maupun yang sudah berkembang. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memahami persaingan. Hal tersebut akan membuat Anda mendapatkan celah untuk memenangkan hati pelanggan agar membeli produk. Anda dapat menghadirkan solusi yang belum terjawab oleh produk pesaing. Dengan mempelajari bagaimana pasar merespon produk Anda dan bagaimana kompetitor menawarkan produk yang serupa, Anda dapat menciptakan atau mengembangkan produk terbaik Anda.  

4. Buat strategi branding dan marketing  sesuai dengan target pasar

Salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis yaitu strategi branding dan marketing. Branding bertujuan untuk menciptakan persepsi sebuah produk bagi pelanggan. Peran branding sangat penting bagi penjualan suatu produk. Faktanya, 91% konsumen cenderung membeli produk dari brand ternama. Oleh karena itu, Anda perlu menciptakan brand positioning dengan baik. Selanjutnya Anda juga harus menjaga brand tersebut untuk mendapatkan potensi pasar yang lebih maksimal. 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan mengenai target pasar yang merupakan elemen penting bagi bisnis Anda karena dapat memastikan strategi pemasaran yang Anda lakukan sudah tepat. Pemahaman yang baik juga dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda, oleh karena itu Anda harus cermat dalam menentukan target market bisnis. Tentukan target bisnis secara lebih mudah dengan menggunakan software CRM terbaik

Software CRM tercanggih dari EQUIP akan membantu Anda dalam manajemen pelanggan dan penjualan. Selain itu, Anda dapat mendapatkan analisis secara mendalam seputar prospek dan target market Anda. Dengan hal tersebut, Anda dapat meningkatkan retensi pelanggan pada bisnis Anda.

target pasar

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Banyaknya manfaat dari software EQUIP pasti membuat Anda tertarik untuk mengimplementasikan dalam bisnis Anda. Segera jadwalkan demo gratis dengan kami agar Anda dapat merasakan secara langsung kemudahan penggunaan software EQUIP untuk efisiensikan bisnis Anda.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA