Apa itu PABX? Pengertian, Jenis, Fitur & Cara Kerjanya

Problematika yang sering terjadi pada perusahaan adalah komunikasi antara bisnis dengan pelanggan dan karyawan dengan karyawan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, munculnya suatu sistem yang bernama PABX yang banyak dikenali oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Sistem ini memiliki tingkat efektivitas yang cukup baik sehingga terus mengalami perkembangan hingga saat ini.

PABX menjadi salah satu sarana komunikasi yang cukup hemat biaya dan mengurangi adanya tabrakan jaringan telepon. Oleh karena itu, sistem ini menjadi sangat populer. Untuk mengetahui lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini!

DemoGratis

Pengertian

PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah sistem telepon di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Sistem ini berfungsi untuk menghubungkan antara satu bagian dengan bagian lainnya di dalam suatu gedung atau kantor dengan menggunakan jaringan internal telepon. Dengan menggunakan sistem ini, pengguna dapat melakukan panggilan telepon secara internal tanpa harus menggunakan jaringan telepon umum atau PSTN (Public Switched Telephone Network). 

Selain itu, Sistem ini juga memungkinkan untuk melakukan panggilan keluar maupun masuk dari jaringan telepon umum. Hal ini dapat melalui satu atau beberapa jalur telepon eksternal yang terhubung ke PABX. Dalam konteks fitur, sistem ini juga menyediakan berbagai fitur seperti transfer panggilan, panggilan tunggu, konferensi panggilan, dan lain-lain.

Baca juga: Contact Management Software: Definisi, Fitur, & 10 Rekomendasi

Jenis-jenis PABX

pabx adalah

Dalam penggunaannya, sistem telepon ini memiliki berbagai macam jenis yang memiliki karakteristik berbeda. Beberapa jenis tersebut mulai dari digital, analog, hingga hybrid. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

1. PABX analog

Jenis ini menjadi yang pertama kali hadir dalam pasaran. Sebagai generasi pertama, PABX analog masih memiliki teknologi yang tergolong tradisional sehingga tidak terlalu banyak fitur-fitur. Namun, untuk suara sudah sangat mumpuni dengan harga yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, meskipun tergolong tua, jenis ini sudah memiliki kualitas yang cukup baik.

2. PABX digital

PABX digital adalah jenis yang menggunakan teknologi digital untuk mengelola panggilan telepon. Digitalisme dari sistem ini berhasil menggantikan sistem analog yang sebelumnya sudah sangat populer. Cara kerja sistem ini menggunakan sirkuit terpadu yang lebih canggih dan lebih kompleks daripada sistem analog. Oleh karena itu, sistem ini memiliki kualitas suara yang lebih baik, lebih efisien, dan konfigurasi yang lebih mudah.

3. IP PABX

Sesuai namanya, Internet Protocol Private Automatic Branch Exchange adalah sistem telepon yang menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) untuk mengelola panggilan telepon. IP PABX menghubungkan beberapa telepon di dalam suatu organisasi atau perusahaan melalui jaringan internet protocol. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem komputer dan aplikasi bisnis lainnya sehingga dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dengan menggunakan aplikasi di komputer atau smartphone

4. PABX hybrid

Setelah generasi analog pertama tergantikan oleh digital, sistem PABX kemudian berkembang dengan menggabungkan keduanya. Sistem hybrid ini adalah jenis yang menggabungkan teknologi analog dan digital untuk mengelola panggilan telepon. Dalam praktiknya, sistem ini menggabungkan fitur dan keuntungan dari sistem analog dan sistem digital menjadi satu. Hal ini membuat sistem ini memiliki fitur yang cukup lengkap.

Fitur-fitur PABX

Sebagai sebuah sistem telepon internal, PABX sudah dirancang untuk memberikan pelayanan jaringan telepon internal yang tidak terganggu dengan jaringan luar. Namun, tidak hanya fitur itu saja yang terdapat pada sistem ini. Simak fitur lengkap lainnya pada PABX berikut ini!

  1. Panggilan internal: fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungi satu sama lain secara internal tanpa perlu melalui operator.
  2. Panggilan keluar: pengguna dapat melakukan panggilan ke nomor telepon di luar organisasi melalui jaringan telepon publik.
  3. Konferensi: Sistem ini memungkinkan untuk melakukan konferensi audio atau video dengan beberapa pengguna dalam waktu yang sama.
  4. Sistem pesan suara: PABX dapat dilengkapi dengan sistem pesan suara yang memungkinkan pengguna meninggalkan pesan jika tidak ada orang yang menjawab panggilan.
  5. Pemanggilan grup: Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan ke sekelompok orang secara bersamaan.

Baca juga: Pentingnya Database Pelanggan & Rekomendasi Aplikasi Penyimpanannya

Bagaimana PABX Bekerja?

pabx adalah

Private Automatic Branch Exchange bekerja dengan menghubungkan telepon yang terhubung dengan sistem PABX dengan menggunakan sambungan telepon internal. Sistem ini juga berfungsi sebagai operator telepon internal yang mengarahkan panggilan dari satu telepon ke telepon lainnya. Secara keseluruhan, sistem ini bekerja dengan menyediakan jaringan telepon internal yang terhubung dengan jaringan telepon publik untuk menghubungkan telepon dengan sistem tersebut

Ketika seseorang melakukan panggilan, sinyal suara akan dikirim melalui telepon menuju sistem ini. Kemudian akan diperiksa oleh sistem tersebut apakah sebuah panggilan internal atau eksternal. Jika panggilan tersebut adalah panggilan internal, sistem ini akan meneruskan sinyal suara ke telepon penerima melalui saluran internal. Namun, jika panggilan tersebut adalah panggilan eksternal, PABX akan mengarahkannya ke jaringan telepon publik.

CRM

Kesimpulan

PABX adalah sistem telepon yang  berfungsi untuk menghubungkan antara satu bagian dengan bagian lainnya dalam suatu gedung dengan menggunakan jaringan internal telepon. Sistem ini dapat memiliki berbagai fitur, seperti konferensi, panggilan tunggu, transfer panggilan, sistem pesan suara, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini juga dapat terkonfigurasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Secara keseluruhan, penggunaan PABX sangat penting bagi bisnis karena dapat meningkatkan efisiensi dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan sistem telepon ini, panggilan telepon dapat langsung diteruskan ke staf yang tepat dan pada waktu yang tepat. Hal ini dapat mengurangi waktu untuk melakukan panggilan dan meningkatkan efisiensi komunikasi di antara staf dan pelanggan.

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now