10 Media Promosi untuk Mengembangkan Bisnis

Promosi adalah tahapan terpenting untuk memperkenalkan perusahaan atau produk yang anda jual kepada calon konsumen. Perkembangan era digital tentu saja telah menambah pilihan media promosi yang dapat membantu perusahaan untuk mempromosikan bisnis mereka dengan mudah.

Walaupun demikian, setiap perusahaan atau bisnis cukup kesulitan dalam memilih media yang tepat untuk berpromosi. Dari sinilah, anda sebagai pemilik bisnis harus lebih memahami jenis dan fungsi dari media promosi itu sendiri.

DemoGratis

Apa Itu Media Promosi?

media promosi

Media promosi adalah sebuah fasilitas atau sarana yang perusahaan gunakan untuk memperkenalkan jasa maupun produk mereka kepada target audiens atau calon konsumen. Peran media ini adalah guna memberikan gambaran mengenai produk maupun jasa bisnis.

Dengan strategi marketing yang tepat, maka pemakaian media promosi dapat menunjang aktivitas pemasaran bisa berjalan efektif. Hal tersebut mengingat media ini telah menjadi media yang efektif untuk mempromosikan bisnis atau produk anda.

Apa Tujuan Media Promosi?

Media promosi tentu saja bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau usaha ke pelanggan atau target konsumen. Selain itu juga bertujuan untuk memperkenalkan sebuah produk terbaru dan dapat memperkuat citra produk yang telah ada.

Ada beberapa tujuan lain memakai media untuk berpromosi, antara lain :

  • Menggambarkan informasi terkait jasa atau produk yang anda tawarkan kepada calon pelanggan atau konsumen.
  • Memperoleh pelanggan baru, lalu mengubahnyab menjadi pelanggan yang loyal.
  • Dapat meningkatkan pendapatan dan penjualan bisnis.
  • Menstabilkan penjualan.
  • Meningkatkan citra atau reputasi yang baik bagi pelanggan.
  • Menonjolkan usaha atau produk yang anda tawarkan, agar bisa tetap bersaing dengan para kompetitor.

Fungsi Media Promosi

Setiap bisnis tentu saja memerlukan beberapa media untuk promosi. Hal ini mengingat banyaknya manfaat atau fungsi yang dimiliki oleh media promosi itu sendiri. Berikut fungsi dari media iklan atau promosi yang perlu anda ketahui :

1. Menjangkau target pasar lebih luas

Adanya media iklan ini bisa membantu bisnis untuk meraih target pelanggan yang anda inginkan. Karena melalui sarana iklan yang memadai umumnya mempunyai spesifikasi pasar tersendiri sesuai jenisnya. Sehingga, calon konsumen menjadi lebih mudah mengetahui produk maupun jasa yang terbaru.

2. Membangun brand awareness

Media iklan juga dapat meningkatkan brand awareness. Fungsi media promosi lainnya adalah memberikan informasi mendetail terkait layanan maupun produk yang anda tawarkan.

Beberapa konsumen yang hanya mendengarkan, bisa saja belum begitu memahami produk anda. Akan tetapi, berbeda jika mereka langsung melihat bentuk layanan atau produk yang anda tawarkan. Hal tersebut tentu bisa meningkatkan potensi ketertarikan konsumen dalam membeli produk maupun jasa anda. Ketahui pentingnya brand awareness bagi bisnis di sini!

3. Media penawaran

Fungsi lainnya dari media promosi adalah sebagai sarana untuk menawarkan produk maupun jasa secara efektif kepada konsumen. Media iklan ini juga termasuk metode paling efisien dalam menawarkan produk langsung ke target pembeli dengan jangkauan lebih luas. Tentu saja, hal tersebut bisa membantu usaha untuk berjalan lebih cepat dan lancar.

4. Memperbaiki kesalahan

Ketika layanan atau produk yang anda tawarkan terjadi kesalahan, maka anda bisa mendapatkan solusinya lewat media promosi terbaik untuk membantu mengatasi kesalahan tersebut. Melalui informasi secara rinci yang tertuang dalam media iklan yang anda pilih, maka anda bisa memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Macam Macam Media Promosi Produk

Ada banyak sekali contoh media promosi untuk memasarkan produk anda secara efektif. Oleh karena itu, anda sebagai pemilik bisnis bisa menentukan mana media yang paling tepat sesuai budget dan kebutuhan. Berikut ini beberapa media iklan yang bisa digunakan di era digital seperti sekarang ini :

1. Media promosi internet

Media promosi ini termasuk yang paling sering dipakai para pebisnis saat ini. Hal inilah yang membuat para pebisnis startup banyak memilih media internet ke dalam strategi pemasaran mereka ketika pertama kali.

Keunggulan media ini terletak dari jangkauannya yang luas dan tentu saja menawarkan modal promosi low budget. Sebab pemanfaatan media internet cenderung lebih murah dari media iklan konvensional atau yang lainnya.

Selain itu, sarana beriklan di internet atau saat ini disebut digital marketing juga memungkinkan usaha dapat menargetkan audiens atau konsumen tertentu secara akurat. Misalnya saja, penggunaan tool Facebook Ads dan Google Ads pada bisnis, membuat usaha anda bisa menargetkan iklan ke pengguna dengan perilaku dan minat tertentu.

Menariknya lagi, dengan media ini memungkinkan usaha anda dapat berinteraksi secara langsung bersama calon konsumen.

2. Media promosi brosur

Media promosi brosur sebenarnya termasuk media iklan tradisional, namun sampai saat ini masih banyak bisnis yang menggunakannya. Sarana untuk promosi ini juga menawarkan beberapa kelebihan.

Dengan menggunakan media iklan lewat brosur, tentu saja meawarkan ketertarikan dari segi visual karena bisa menampilkan desain, grafik dan juga gambar menarik. Sehingga bisa membantu memikat calon pelanggan agar mereka penasaran dengan produk maupun layanan anda.

Selain itu, media beriklan dengan brosur juga bisa konsumen bawa dan simpan dengan mudah, sehingga mereka bisa membaca informasi mengenai layanan atau produk anda suatu saat nanti.

3. Contoh media promosi spanduk

Media iklan selanjutnya adalah menggunakan spanduk. Media ini biasanya dipasang di area yang padat pengunjung untuk memikat perhatian lebih banyak orang. Keunggulan dari sarana promosi ini adalah bisa terlihat dengan jelas di tempat pemasangan.

Di samping itu, keuntungan dari sarana promosi ini adalah bisa menjangkau target konsumen yang cukup banyak sebab spanduk biasanya berada di tempat strategis. Seperti di perempatan jalan dekat lampu merah, maupun di beberapa fasilitas umum yang ramai pengunjung.

4. Baliho

Contoh dari media iklan selanjutnya yaitu dengan cara memasang baliho. Jenis media ini juga seringkali terletak di area strategis yang banyak orang lewati. Cotohnya di pinggir jalan, dan memiliki ukuran cukup besar. Hal ini bertujuan agar calon konsumen dapat melihat baliho secara langsung dan tertarik dengan jasa atau produk yang anda tawarkan lewat baliho itu sendiri.

5. Contoh media promosi email

Anda juga kini bisa memanfaatkan media iklan dalam bentuk email, atau nama lainnya adalah email marketing. Tidak sedikit pebisnis yang mengirimkan email-email promosi produk atau jasa kepada para pelanggannya, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Di samping itu, beriklan dengan menggunakan email marketing bisa memikat perhatian konsumen agar mereka mengenali produk yang anda tawarkan, serta bisa membeli atau menggunakan produk tersebut.

Media iklan ini juga sangat efektif untuk menjalin kedekatan bersama konsumen dan calon konsumen.

6. Media promosi online

Media iklan lainnya yang begitu populer adalah sarana promosi online. Contohnya dengan memanfaatkan website atau Facebook Ads. Selain itu, ada pula media lainya yang konsumen sukai yakni dengan memakai pemasaran lewat media sosial.

Beriklan dengan media sosial tentu saja bisa menjangkau target pembeli atau audiens lebih luas lagi. Hal tersebut mengingat media beriklan online ini tidak terbatas dalam menjangkau target audiens yang anda inginkan.

7. Banner

Ada pula sarana promosi menggunakan banner untuk memungkinkan banyak orang lebih mengenal bisnis mereka. Media yang satu ini umumnya berada di kawasan yang ramai dengan desain lebih atraktif. Karenanya banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan produk yang anda tawarkan setelah melihat banner.

Pemakaian banner sendiri ada beberapa jenis. Anda bisa memilih banner sesuai dengan budget atau modal yang ada. Banner konvensional cenderung menawarkan harga cukup murah. Akan tetapi, ada beberapa perusahaan berskala besar yang lebih menyukai menggunakan banner berbasis digital, karena cenderung lebih atraktif, dan harganya juga lebih mahal.

8. Majalah

Media iklan yang bisa membantu para pebisnis dalam mempromosikan layanan dan produk adalah majalah. Biasanya majalah memuat beberapa halaman iklan produk yang bisnis tawarkan. Sehingga para pebisnis bisa membidik target audiens atau konsumen tertentu yang membaca majalah tersebut.

9. Merchandise

Selai itu ada pula media iklan yang mampu memikat konsumen, yaitu dengan memakai souvenir atau merchandise sebagai sarana promosi yang berbeda dan unik. Banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi pemasaran ini ketika mengadakan event atau acara-acara tertentu.

Souvenir atau merchandise biasanya diberikan khusus untuk para pengunjung yang beruntung dan mengikuti event yang bisnis selenggarakan. Sehingga tidak hanya memikat perhatian target konsumen saja, melainkan juga memberikan informasi akurat terkait layanan dan produk yang bisnis tawarkan.

Pastinya ada beberapa macam souvenir yang dapat anda berikan untuk kebutuhan promosi. Contohnya berbentuk jam dinding, mug keramik, payung, ballpoint dan sebagainya. Bentuk souvenir bisa anda sesuaikan tergantung modal atau budget yang tersedia. Di samping itu, informasi dan desain yang anda buat dalam souvenir tersebut juga dapat anda rancang sebaik mungkin, dan tentu saja menampilkan brand atau logo produk/bisnis anda.

10. Media promosi video

Media iklan yang tidak kalah efektif lainnya adalah dengan memanfaatkan video marketing. Tidak sedikit pengguna Youtube kini memanfaatkan media video untuk memperkenalkan sesuatu dan mempromosikannya. Jadi wajar jika tidak sedikit bisnis yang mulai melirik pemakaian video lewat Youtube.

Tidak sedikit pihak menganggap jika platform Youtube adalah konverter usaha terbaik. Maka dari itu para pebisnis ramai-ramai memilih Youtube demi memperoleh target pembeli secara lebih maksimal.

Akan tetapi, untuk menggunakan media Youtube memerlukan ide dan kreativitas tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan planning yang benar-benar matang sebelum anda membuat video Youtube.

Tips Menggunakan Media Promosi yang Tepat

Tips

Meskipun ada banyak pilihan sarana promosi yang bisa anda gunakan, tentu saja anda tidak boleh asal mempromosikan bisnis atau produk yang anda tawarkan. Ketika memanfaatkan media iklan ini, tentu saja anda harus mempersiapkannya dengan matang.

Di bawah ini ada beberapa cara memakai media iklan, supaya bisa membidik target konsumen dengan tepat.

1. Kenali produk

Sebelum anda mempromosikan produk menggunakan media iklan, tentu saja anda harus benar-benar mengenali produk atau bisnis yang dijual. Pastikan anda benar-benar mengetahui informasi produk secara detail, seperti bahan baku, keunggulan, manfaat dan lainnya. Dengan informasi yang anda tampilkan bisa memberikan nilai jual tersendiri.

2. Tentukan target pasar

Menetapkan target pasar memiliki peranan sangat penting saat anda memakai media promosi dalam mempromosikan layanan atau produk anda. Anda bisa memilih target pasar yang sesuai dengan kelebihan produk yang ditawarkan.

Contohnya, anda mempromosikan produk tas kerja wanita, dengan demikian target pasar yang anda bidik yaitu wanita yang berada di kisaran usia sekitar 25 sampai 40 tahun. Selanjutnya anda hanya perlu mengejar target market tersebut untuk memperoleh hasil maksimal.

Ada beberapa langkah dalam menentukan target market yang tepat, antara lain :

  • Tentukan atau identifikasi karakteristik umum target market anda, seperti jenis kelamin, usia, penghasilan dan lokasi. Hal tersebut bisa membantu menemukan sarana promosi paling tepat dengan audiens yang anda bidik.
  • Identifikasi keinginan dan kebutuhan target market anda. Pastikan untuk megetahui apa yang konsumen cari dalam layanan atau produk. Sehingga produk anda dapat membantu mereka untuk memenuhi keinginan atau memecahkan masalah mereka.
  • Silakan pelajari mengenai kebiasaan audiens anda. Ketahui, apakah mereka selalu aktif menggunakan media sosial, atau justru lebih memilih surat kabar atau majalah? Hal ini bisa membantu anda untuk menemukan media iklan yang efektif.
  • Pelajari kompetitor yang telah berhasil di pasar. Pastikan apa saja yang telah mereka lakukan demi audiens mereka, dan media promosi apa yang mereka pilih.

3. Pilih media promosi yang tepat

Biasanya media iklan mempunyai segmen pasar berbeda. Oleh karena itu, apabila anda meluncurkan produk untuk anak muda, maka lebih baik untuk memilih sarana promosi media sosial seperti Tiktok atau Instagram.

Pentingnya memilih media promosi yang tepat adalah agar dapat mencapai audiens dengan tepat, dapat meningkatkan konversi dan keterlibatan, dapat mengoptimalkan modal untuk promosi dan dapat memperkuat brand image.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa memilih media beriklan yang tepat penting sekali untuk meningkatkan konversi dan keterlibatan, mencapai audiens, memperkuat brand image dan mengoptimalkan budget untuk promosi.

4. Buat promo semenarik mungkin

Langkah terakhir dalam menggunakan media iklan yang tepat adalah harus menciptakan konten pemasaran yang menarik bagi konsumen. Konte yang anda buat harus memuat informasi yang konsisten dan relevan supaya customer untuk melakukan pembelian produk anda.

Tingkatkan Penjualan dengan Memilih Media Promosi Efektif

Memilih sarana untuk berpromosi yang tepat dan efektif bisa membantu meningkatkan jumlah penjualan anda. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat anda coba untuk memilih sarana promosi yang ideal dalam meningkatkan penjualan :

1. Kenali dan pelajari audiens

Pastikan untuk mempelajari siapa calon konsumen atau audiens anda, serta apa saja keinginan dan kebutuhan mereka. Hal tersebut bisa membantu anda dalam menentukan sarana promosi paling efektif dalam menjangkau calon konsumen.

2. Manfaatkan data dan analitik

Anda bisa melacak kinerja dari kampanye marketing anda dengan memanfaatkan analisis dan data. Selain itu juga, anda bisa mengetahui sarana promosi paling efektif yang dapat meningkatkan penjualan.

Anda juga bisa memanfaatkan beberapa media promosi yang sudah dijelaskan di atas. Karena dengan media iklan yang sesuai, selain bisa menjangkau audiens dengan tepat, juga bisa meningkatkan konversi. Hal tersebut biasanya dikarenakan audiens lebih mungkin terlibat dalam kampanye promosi sekaligus dapat mempertimbangkan untuk menggunakan layanan atau produk yang anda awarkan.

CRM

Kesimpulan

Dengan penjelasan di atas, kita dapat simpulkan bahwa media promosi memiliki peranan yang sangat penting bagi bisnis. Dengan menggunakan media yang tepat, dapat membantu anda menjangkau audiens lebih banyak, bisa meningkatkan konversi, karena membuat audiens atau target konsumen cenderung tertarik dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

 

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now