Loyalty Program: Strategi Efektif Perusahaan untuk Menarik Pelanggan

Kepuasan dan kesetian pelanggan dalam membeli produk perusahaan merupakan salah satu kunci terpenting untuk perusahaan agar terus berkembang. Loyalty program salah satu solusi sukses untuk perusahaan dalam mempertahankan pelanggannya. Software CRM yang tepat perlu perusahaan terapkan karena aplikasi CRM dapat meningkatkan retensi pelanggan.

Maka dari itu, loyalty program perlu Anda terapkan pada perusahaan. Karena, tanpa adanya pelanggan,  perusahaan tidak akan mendapatkan pemasukan dan keuntungan. Software CRM dari EQUIP merupakan solusi untuk perusahaan menerapkan loyalty program. Untuk itu, simak artikel ini untuk memahami penerapan dari loyalty program!

loyalty program

 

Apa itu Loyalty Program?

loyalty program
Sumber: canva.com

Secara umum, loyalty program adalah program loyalitas atau kesetiaan, program ini perusahaan buat untuk menjaga kesetiaan dan menjadikan pelanggan tetap bertransaksi di perusahaan. Program ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang banyak diterapkan dan diselenggarakan oleh tiap perusahaan. Tujuannya, untuk mempertahankan serta meningkatkan kesetiaan pelanggan untuk tetap bertransaksi.

Sehingga, loyalty program ini menjadi salah satu strategi perusahaan untuk menjadikan pelanggan agar tetap berinteraksi dan terus melakukan pembelian produk perusahaan. Agar sukses, perusahaan perlu menerapkan program loyalti ini dengan tepat, software CRM EQUIP merupakan solusi yang tepat karena dapat memanjakan pelanggan dengan sistem loyalty points yang membuat segmentasi pelanggan untuk menghadirkan loyalty program yang telah dipersonalisasi.

 

 Cara Kerja Loyalty Program

loyalty program
Sumber: canva.com

Perusahaan dapat menawarkan poin atau manfaat lainnya kepada pelanggan ketika mereka membeli produk Anda. Sebagai imbalannya, pelanggan akan menukarkan poin dengan diskon, produk gratis, hadiah, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk memotivasi pembelian berulang dan membangun kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan. Dalam menjalankan program loyalitas, Anda perlu memberikan sesuatu untuk pelanggan. Seperti, diskon, produk gratis, dan lainnya. 

Jika Anda memiliki program hadiah loyalitas yang baik, pelanggan Anda akan memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang hal itu. Sehingga retensi pelanggan akan lebih tinggi. Jika Program Anda berjalan dengan baik, maka ada kemungkinan pelanggan tetap akan bertahan lebih lama. Anda dapat menggunakan software CRM terintegrasi dari EQUIP yang dapat membantu bisnis mendesain program loyalitas serta meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan. 

Baca juga: Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

 

Keuntungan dari Loyalty Program

loyalitas point
Sumber: canva.com

Banyak perusahaan yang telah menerapkan program loyalitas untuk memastikan pelanggan puas dan senang. Saat pelanggan merasakan hal tersebut, hal ini yang pada akhirnya mereka akan beralih menjadi pelanggan tetap. Anda dapat memanfaatkan penggunaan dari software CRM terbaik dari EQUIP yang dapat membantu Anda menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan produktivitas dan membuat bisnis Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut beberapa keuntungan perusahaan jika menerapkan program loyalitas:

  1. Pelanggan loyal dan puas akan membantu perusahaan untuk membawa pelanggan baru
  2. Program ini juga membantu mempertahankan pelanggan yang baik
  3. Pelanggan tetap dapat membantu dalam mendorong bisnis yang berulang
  4. Program loyalitas membantu komunikasi merek menjadi lebih baik dan membuat konsumen tetap terhubung dan terlibat
  5. Program ini membantu mengurangi pelanggan yang tidak diinginkan perusahaan atau pelanggan yang sembrono
  6. Loyalty program merek yang baik dapat membantu menciptakan lebih banyak kesadaran merek. 

 

Poin Penting yang Harus Diperhatikan

Dalam menerapkan program loyalitas, tentunya terdapat poin penting yang perlu perusahaan perhatikan. Penawaran dari loyalty program perusahaan merupakan cara untuk mempertahankan pelanggan. Program ini menawarkan diskon, hadiah, insentif dan lainnya yang dirancang sebagai hadiah untuk loyalitas sebuah merek. Program ini menguntungkan perusahaan, bukan hanya dapat mengembangkan loyalitas pelanggan, tetapi program ini juga dapat memberikan informasi penting tentang pelanggan saat berbelanja dan jenis penawaran apa yang paling menarik.

Anda dapat menggunakan software CRM terintegrasi untuk membantu perusahaan dalam mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan dan lainnya. Selain dapat memudahkan mendesain program loyalitas, software ini juga telah dilengkapi fitur pengelolaan tim sales, manajemen sales pipeline, revenue forecast, hingga pembuatan laporan penjualan secara otomatis. 

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

 

Beberapa Tipe dari Loyalty Program

Perusahaan perlu mendesain dengan sangat baik akan program loyalitas yang akan mereka tawarkan kepada pelanggan. Berbagai perusahaan telah menggunakan software CRM terbaik untuk memberikan kemudahan dalam membuat atau mendesain serta melaksanakan program loyalti. Tetapi, sebelum itu perusahaan perlu memikirkan tipe-tipe apa saja yang perlu ada di program loyalitasnya. Berikut beberapa tipe yang perlu Anda ketahui: 

Point-based loyalty

Program poin ini merupakan jenis program hadiah yang paling umum. Pelanggan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yang nantinya dapat mereka tukarkan dengan gratis seperti, cashback, fasilitas dan lainnya. Pelanggan tidak hanya mendapatkan poin dari pembelian, tetapi mereka juga bisa mendapatkan poin dari berbagai lainnya di social media seperti dari memberikan ulasan tentang produk yang mereka beli, saat pelanggan berulang tahun, dan lainnya. Anda dapat menggunakan software CRM yang tepat untuk meningkatkan retensi pelanggan dan hadirkan program loyalti yang dipersonalisasi, 

Tiered loyalty

Program loyalitas ini merupakan jenis keanggotaan yang mana pelanggan akan mendapatkan manfaat yang berbeda setelah membeli produk, tergantung pada peringkat mereka pada program loyalitas ini. Dalam membuat program loyalitas, perusahaan biasanya memberi peringkat keanggotaan pelanggan ke dalam grup, tergantung dengan penentuan keterlibatan pelanggan melalui apakah pelanggan tersebut terus menerus membeli produk ataupun yang hanya sesekali. Program ini membuat pelanggan ingin terus membeli produk Anda, karena semakin tinggi dan eksklusif mereka, maka semakin baik hadiah yang akan mereka terima. 

Paid loyalty

Program loyalitas berbayar memberi pelanggan manfaat langsung dan manfaat yang berkelanjutan karena adanya biaya partisipasi. Biaya ini dapat dibayar berulang atau bahkan hanya sekali. Program berbayar mungkin memerlukan biaya untuk pendaftaran, tetapi dengan program ini, bisnis dapat memperoleh nilai pelanggan yang menjadi lebih tinggi dari pelanggan yang hanya menjadi anggota biasa. Menurut MCkinsey, data menunjukkan bahwa konsumen 62% lebih mungkin untuk belanja dalam jumlah yang banyak untuk suatu merek setelah mereka bergabung dengan program loyalitas berbayar. 

Value loyalty

Ide dibalik program loyalitas berbasis value merupakan program yang terhubung dengan pelanggan pada tingkat yang lebih dalam. Hal ini melibatkan hasil sumbangan persentase dari pembelian yang diberikan untuk amal atau program kesejahteraan. Perusahaan dapat menawarkan beberapa opsi untuk berbagai badan amal yang perlu dipilih atau memiliki hal yang selaras dengan value pelanggan Anda. Program ini sebenarnya tidak memberikan penghargaan kepada pelanggan. Tetapi, program ini memiliki hal khusus bagi mereka. Karena hadiah ini digunakan untuk memberi manfaat bagi masyarakat. 

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

 

Contoh Loyalty Program Terbaik yang Dilakukan Perusahan Terkenal

Setelah Anda memahami pengertian, cara kerja, keuntungan, poin penting, dan beberapa tipe dari loyalty program, kini terdapat contoh loyalty program terbaik yang telah dilakukan perusahaan besar dan terkenal. Salah satunya perusahaan tersebut yaitu Starbucks. Saat ini Starbucks menjadi salah satu perusahaan terkenal di kalangan millenial. Siapa yang tidak mengetahui Starbucks? gerai ini sudah tersebar luas di seluruh indonesia bahkan dunia.

Starbucks memanfaatkan aplikasi mobile miliknya yang mana pelanggannya memakai aplikasi tersebut. Dari aplikasi ini, pelanggan mendapatkan reward yang berupa poin setelah melakukan transaksi melalui aplikasi tersebut. Dengan program ini, starbucks dapat mengetahui informasi apa saja yang pelanggan mereka selalu beli. Starbucks dapat memberikan reward atau promosi yang sesuai dengan perilaku dari masing-masing pelanggannya.

Anda dapat menggunakan software CRM yang tepat untuk mendesain dan memudahkankan Anda dalam membuat program loyalitas. Selain itu, dengan bantuan software ini, Anda akan meningkatkan retensi pelanggan dengan memanjakan pelanggan Anda dengan sistem loyalty points. Sistem CRM ini dirancang untuk mengotomatiskan pengelolaan prospek dan klien dari berbagai tipe industri dan perusahaan.

 

Tips Persiapan Membuat Loyalty Program

tips menarik pelanggan
Sumber: canva.com

Sampai sini tentunya Anda tertarik untuk menggunakan loyalty program pada perusahaan Anda. Tentu, Anda perlu mengetahui tips apa saja untuk mulai mempersiapkan membuat program loyalti. Dalam mempersiapkan program loyalitas, tentunya Anda memerlukan software CRM terbaik untuk membuat segmentasi pelanggan dalam menghadirkan loyalty program yang dapat memudahkan CRM perusahaan. Berikut beberapa tips dalam membuat program loyalitas:

  • Menentukan target untuk program yang akan Anda buat, pastikan budget cocok dan pisahkan budget untuk meningkatkan retensi dengan mencari pelanggan baru
  • Anda perlu untuk mempelajari pelanggan terlebih dahulu, karena dapat membantu Anda dalam memilih keputusan yang tepat untuk mendesain program
  • Menentukan pelanggan yang ingin masuk dalam program loyalti Anda, seperti membuat kategori pelanggan yang tepat.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

 

Kapan Saat yang Tepat Memulai Loyalty Program?

loyalty program adalah
Sumber: canva.com

Saat ini, berbagai bisnis bersaing untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan ini adalah melalui rasa terima kasih dan memberikan pengalaman yang tidak dapat mereka temukan di tempat lain. Daripada Anda menghabiskan waktu Anda untuk menemukan pelanggan baru, Anda dapat memulai program loyalitas untuk membangun dan menumbuhkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.

Berbagai perusahaan saat ini banyak yang telah menggunakan software CRM dari EQUIP untuk mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dana membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi pelanggan lengkap disimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik. 

 

Kesimpulan

Program loyalitas merupakan salah satu program yang ada pada tiap perusahaan. Karena dengan adanya program ini, perusahaan akan menaikan penjualan hingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Loyalty program juga bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan dari pelanggan. Program ini mendorong pelanggan untuk tetap berinteraksi dengan perusahaan dan melakukan pembelian produk. Perusahaan akan sukses jika penyusunan dan desain dari program loyalitas berjalan dengan baik.

loyalty program

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan software CRM dari EQUIP yang hadir dengan desain yang ramah pengguna. Sistem ini dapat memudahkan Anda dalam mengoperasikan pengelolaan saluran penjualan bisnis termasuk manajemen pelanggan hingga leads dengan fitur lengkap yang mudah untuk Anda gunakan. Demo gratis! dapatkan kemudahan pengelolaan proses bisnis Anda dengan software ERP dari EQUIP. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA