Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

CRM Software merupakan salah satu sistem informasi konsumen maupun calon konsumen yang terintegrasi untuk menjadwalkan, merencanakan, hingga mengendalikan aktivitas sebelum maupun pasca penjualan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Dengan perusahaan memiliki sistem ini maka hubungan yang terjadi antara perusahaan dan konsumen akan berjalan dengan baik, dengan hal ini maka penjualan akan bertambah karena konsumen tersebut menjadi konsumen tetap maupun turut mempromosikan melalui word-of-mouth. Maka dari itu berikut adalah manfaat, kegunaan, dan pentingnya CRM software bagi sebuah perusahaan atau organisasi:

Baca juga: Apa Itu CRM? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda!

Software CRM

Manfaat CRM Software bagi Bisnis

Customer Retention Management atau CRM adalah alat yang dirancang untuk membantu organisasi Anda menyediakan pelanggan dengan pengalaman yang unik dan mulus dan membangun hubungan yang lebih baik dengan memberikan gambaran lengkap dari semua interaksi pelanggan. CRM memiliki beberapa manfaat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat CRM software bagi perusahaan Anda:

Meningkatkan penjualan

Aplikasi ini mampu untuk melacak prospek pasar yang berkualitas sehingga dapat lebih menghemat waktu. Selain itu perusahaan mampu untuk mengidentifikasi konsumen potensial untuk dilakukan kegiatan upselling maupun repeat order melalui riwayat pembelian. CRM software yang baik adalah software yang mampu membedakan konsumen yang memiliki nilai yang tinggi dan menerapkan komunikasi personal untuk meningkatkan engagement dan konversi. Selain itu aplikasi ini mampu membantu untuk melacak sales untuk melihat konsumen mana yang harus di follow-up.

Keuntungan bisnis yang lebih mudah

Keuntungan ini bukan perihal mengenai penjualan, tetapi juga membuat operasional bisnis menjadi lebih mudah untuk memaksimalkan penjualan dan mengurangi biaya. Aplikasi CRM mampu membantu Anda untuk memastikan standar saat proses dijalankan. Dengan ini tim akan mampu untuk memenangkan transaksi dan tidak membuang waktu untuk mengotomatiskan aktivitas rutin.  

Memudahkan untuk mengambil keputusan

Aplikasi ini mampu memberikan insight data yang akurat dari perusahaan Anda, sehingga Anda dapat bereaksi terhadap tren pasar dengan keputusan yang lebih baik. Laporan akan terperinci dan menunjukan bagaimana tim dapat bekerja untuk perbaikan. 

Memiliki keamanan yang terjamin

Data konsumen yang bersifat rahasia dapat tersimpan dalam sistem CRM pusat dengan aman. Hal ini tentunya menjadi pilihan jika dibandingkan data rahasia tersebut tersimpan pada tempat yang berbeda. Dengan sistem CRM, perusahaan Anda dapat fokus ke pembiayaan seperti sumber daya dan infrastruktur dalam satu platform.

Dapat diakses dengan mudah

Dengan menggunakan aplikasi CRM maka tim dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun. Selain itu tenaga penjualan lapangan juga dapat menarik informasi mengenai pelanggan terdekat dengan mudah melalui aplikasi mobile mereka. Fitur ini juga bisa melacak kinerja tim lapangan dengan melakukan check-in dan check-out pada setiap lokasi.

Kegunaan CRM Software bagi Bisnis

CRM

CRM software memiliki beberapa kegunaan bagi sebuah perusahaan, beberapa diantaranya mampu menciptakan loyalitas pelanggan, efisiensi operasional, optimalisasi time market dan efisiensi biaya. Kegunaan dari aplikasi CRM dapat mewujudkan langkah demi langkah operasional bisnis sehingga mampu menjangkau pelanggan baru, mempertahankan loyalitas pelanggan, dan menambah nilai pelanggan. 

Mempertahankan konsumen merupakan hal yang sulit untuk dipertahankan karena banyaknya pesaing yang juga menawarkan produk yang sama dengan harga dan kualitas yang beragam. Oleh karenanya, menggunakan CRM software sangat Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Karena mustahil untuk mencapai target tanpa adanya strategi dan sarana yang tepat.

Pentingnya untuk Bisnis

CRM memiliki peran yang penting bagi suatu bisnis, karena CRM dapat meningkatkan bisnis perusahaan. Selain itu CRM juga memiliki peran penting lainnya bagi perusahaan, yaitu:

  1. Bahan pembelajaran. CRM adalah cara bagi perusahaan untuk memahami pelanggan mereka dan tren pembelian mereka. Melalui penelitian, perusahaan dapat memprediksi kebutuhan pelanggannya dengan tepat.
  2. Mengorganisir. CRM memungkinkan bisnis untuk mengatur dan mengotomatisasi aspek-aspek tertentu secara lebih efisien. Misalnya dengan mengotomatisasi dan merampingkan proses dari penjualan, kampanye pemasaran, analisis bisnis hingga data pelanggan.
  3. Optimalisasi. CRM mampu Memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan dengan merampingkan dan merampingkan proses interaksi pelanggan yang lebih kompleks.

Baca juga: 4 Rekomendasi Software CRM Terbaik di Indonesia

Fitur Utama dari CRM Software

Sistem CRM dari EQUIP ini memiliki fitur untuk mengotomatiskan pengelolaan prospek dan konsumen dari berbagai tipe industri dan perusahaan yang ada di Indonesia. Berikut adalah fitur-fitur utama yang Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi CRM dari EQUIP;

  1. Manajemen saluran penjualan, dengan fitur ini Anda mampu memantau perkembangan calon pelanggan Anda dari satu tahap ke tahap berikutnya dengan mudah menggunakan fitur drag and drop.
  2. Loyalty point, fitur ini dapat meningkatkan penjualan dan retensi konsumen dengan sistem reward untuk setiap konsumen perusahaan Anda.
  3. Proyeksi target penjualan, fitur ini mampu menghasilkan proyeksi keuntungan dari setiap penjualan dengan hanya satu klik menggunakan software CRM EQUIP terbaik di Indonesia.
  4. Customer profiling filters, fitur ini mampu menyederhanakan kegiatan pelanggan dengan sistem profiling berdasarkan pemetaan gender, kelompok umur, tingkat pembelian, dan lokasi.
  5. Leads management integration, fitur ini dapat membantu perusahaan Anda untuk mengelola prospek secara online yang terintegrasikan dengan form di website dan database untuk kebutuhan penjualan dan promosi.
  6. Laporan CRM terlengkap, dan yang terakhir fitur ini membantu perusahaan Anda untuk menghasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam, mulai dari keuntungan dan kerugian, kinerja tim, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

CRM Software

Berdasarkan penjelasan tersebut, CRM software atau aplikasi CRM sangat penting bagi perusahaan untuk memilikinya. Karena selain membantu penjualan perusahaan Anda, aplikasi ini juga mampu untuk memberikan keuntungan, manfaat, dan fitur penting lainnya yang dapat membantu perusahaan Anda berkembang lebih baik. Dengan ini Anda dapat menggunakan aplikasi CRM dari EQUIP yang mana dapat menjawab dan membantu semua kebutuhan CRM perusahaan Anda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA