Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

Pernahkah Anda merasa teringat akan suatu merek sehingga jika Anda pergi ke pusat perbelanjaan maka produk dari brand itulah yang akan Anda beli. Hal itu dikarenakan merek tersebut berhasil menciptakan brand awareness. Software CRM terbaik kerap menjadi pilihan pelaku usaha untuk membangun produk dari merek yang Akan mereka pasarkan. Kesadaran merek selalu berkaitan dengan pengenalan sebuah brand kepada pembeli ataupun calon pembeli. Brand awareness adalah salah satu konsep dalam pemasaran yang juga harus Anda ketahui dan dipelajari dengan baik sebab brand awareness merupakan kunci penting bagi kesuksesan suatu bisnis. Sistem CRM terlengkap memiliki fitur yang dapat membantu Anda untuk mengelola promosi dan penjualan sehingga dapat meningkatkan kesadaran merek. 

Selain itu, dukungan sistem CRM tercanggih memampukan Anda sebagai pelaku bisnis untuk memantau lebih mudah perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap yang lain. Anda juga dapat melakukan pemetaan konsumen dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi. Sehingga, Anda bisa mengetahui sudah sejauh mana brand tersebut dikenal oleh masyarakat. Sebab kemampuan konsumen untuk mengenal dan mengingat brand berperan besar dalam keputusan seseorang untuk membeli barang. Gunakan software CRM dari EQUIP untuk meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan.

brand awareness

Daftar Isi

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan pelanggan atau calon pelanggan untuk mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat warna, logo, gambar, dan lain sebagainya. Misalnya, jika kita membicarakan tentang air mineral pasti yang akan muncul di benak kita adalah AQUA padahal ada banyak merek air mineral lain. Hal itu karena perusahaan AQUA mampu menciptakan brand awareness yang baik sehingga minuman yang mereka produksi akan selalu diingat masyarakat. 

Tentunya brand awareness adalah faktor utama dan krusial yang dapat menentukan perilaku konsumen saat ingin membeli sesuatu. Sehingga sebagai pemilik brand, penting untuk melakukan analisa pasar guna meningkatkan awareness konsumen terhadap produk dan jasa yang sedang Anda jual. Hal ini juga bermanfaat untuk pengembangan usaha itu sendiri baik dari segi promosi, penjualan, dan lain sebagainya. 

Namun, sebelumnya Anda perlu untuk melakukan branding terlebih dahulu yang berguna untuk memberikan makna pada brand yang sedang Anda pasarkan. Hal itu agar konsumen dapat memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap merek Anda. Branding disini adalah Anda harus menciptakan image yang baik dan kuat sehingga masyarakat akan selalu ingat terhadap merek tersebut dan sekaligus menjadi strategi yang membantu proses identifikasi dengan lebih cepat.

brand awareness
Sumber: shutterstock.com

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Pentingnya Brand Awareness bagi Bisnis

Brand awareness adalah hal yang sangat penting bagi kelancaran bisnis sebab hal itu tidak hanya membuat konsumen dapat membeli produk namun pelanggan akan terus membeli barang dari bisnis Anda. Bagaimana bisa seorang konsumen membeli produk yang Anda jual jika mereka tidak mengenali produk tersebut? Selain itu, hal lain yang dapat menguntungkan usaha Anda apabila konsumen merasa puas dengan brand Anda sehingga kemungkinan besar mereka akan memberitahu orang lain mengenai barang yang Anda jual yang tentu saja akan sangat membantu pemasaran produk. Berikut beberapa hal mengenai pentingnya brand awareness yang telah kami rangkumkan untuk Anda pahami.

1. Menciptakan persepsi audience

Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dengan melakukan promosi iklan melalui saluran berita, media sosial, koran dan lain sebagainya. Apabila Anda melakukan strategi promosi dengan baik maka akan tercipta pula persepsi positif di benak konsumen. Seperti misalnya, teman Anda merekomendasikan sebuah cafe minuman yang memiliki suasana yang indah. Tentunya meskipun Anda tidak pergi ke tempat tersebut namun ada kemungkinan Anda akan merekomendasikan secara positif kepada siapapun yang bertanya kepada Anda mengenai cafe yang menarik. Selain itu, Semakin konsumen mengingat merek, maka hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek tersebut. Sehingga, bisa jadi jika konsumen pergi ke mana pun akan lebih memilih merek Anda daripada merek kompetitor. 

Baca juga: Apa Itu ERP serta Manfaatnya Untuk Bisnis

2. Brand awareness dapat meningkatkan kepercayaan audience

Adanya brand awareness artinya dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen hal itu terjadi karena mereka telah mendapatkan pengalaman yang baik saat membeli merek. Sehingga meskipun Anda belum pernah mencoba produk atau jasa dari merek tersebut namun adanya citra yang baik menyebabkan Anda percaya kepada brand tersebut. 

Misalnya Anda mengunjungi suatu negara yang belum pernah Anda datangi kemudian menemukan empat restoran berbeda dan Anda melihat terdapat restoran KFC. Ada kemungkinan besar Anda akan pergi ke KFC meskipun bisa jadi Anda belum pernah mencobanya di negara Anda. Karena Anda tahu tentang merek tersebut dan mempercayai kualitasnya. 

3. Memperluas Pasar

Jika Anda telah membangun brand awareness maka tidak ada salahnya untuk memperluas target pasar hingga ke luar negeri. Memiliki kesadaran merek yang baik maka akan mempercepat penyebaran dan menciptakan jaringan yang lebih luas. Gunakan promosi yang menarik dan unik sehingga konsumen dapat melihat merek Anda lebih unggul daripada pesaing. Software CRM terintegrasi membantu Anda untuk memproyeksikan target penjualan dengan lebih baik. 

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

4. Brand awareness mampu membangun brand equity

Semakin banyak masyarakat yang menyadari kehadiran suatu merek maka akan semakin berharga dan memiliki daya tarik yang kuat dari merek tersebut. Inilah konsep yang disebut juga sebagai brand equity. Itu membuat penawaran umum menjadi menonjol hanya karena ditawarkan oleh merek tertentu. Brand awareness membangun nilai merek yang dirasakan.

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Strategi Meningkatkan Brand Awareness

brand awareness adalah
Sumber: youtap.id

Setelah melihat pentingnya brand awareness bagi sebuah bisnis. Anda dapat mencoba beberapa strategi untuk membuat merek Anda dapat lebih terkenal oleh masyarakat luas. Sebab kesadaran merek tercipta dengan membangun hubungan dengan pelanggan yang baik dan berkelanjutan. 

1. Memaksimalkan pemanfaatan media sosial dan website

Berdasarkan hasil riset dari Wearesocial Hootsuite pada januari 2019. Pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Jumlah tersebut naik 20% dari survei sebelumnya. Sementara pengguna media sosial mobile (gadget) mencapai 130 juta atau sekitar 48% dari populasi. Sehingga, strategi marketing dengan menggunakan sosial media dan website mampu mengenalkan merek dan meningkatkan brand awareness ke calon pembeli maupun pelanggan setia. 

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

2. Melakukan content marketing

Tidak semua orang dapat membuat content marketing yang baik sehingga perlu untuk diperhatikan bahwa Anda harus menulis artikel yang menarik, relevan, dan memiliki nilai. Hal itu karena konten yang akan Anda buat dapat membantu menetapkan Anda sebagai seorang ahli di bidangnya yang nantinya akan membantu meningkatkan kesadaran merek. 

Content marketing memiliki tujuan untuk membantu bisnis Anda dalam membangun citra. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan saat memulai content marketing adalah membuat strategi yang jelas. Rencanakan terlebih dahulu terkait hal-hal apa saja yang ingin disampaikan, bagaimana Anda akan membuat artikel yang dapat menggambarkan brand Anda, dan apa saja yang perlu Anda capai melalui konten tersebut. 

Manfaatkan juga situs blog untuk mengembangkan content marketing. Blog juga merupakan salah satu strategi termudah yang dapat Anda lakukan. Jika Anda masih kebingungan dalam membuat content marketing maka Anda dapat melihat situs blog HashMicro dan EQUIP sebagai referensi bagi Anda.

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

3. Bekerja sama dengan influencer

Saat ini kita kerap menemukan banyak influencer di berbagai sosial media. Nah, influencer marketing dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan brand awareness. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki berdasarkan jumlah pengikut influencer tersebut. Para influencer biasanya sangat disukai dan dipercaya oleh followers mereka sehingga apa yang mereka sampaikan dan lakukan bisa mempengaruhi pengikut untuk mencoba dan membeli sebuah produk. Namun perlu Anda ingat bahwa tujuan utama dalam menjalin kerja sama dengan influencer bukan untuk meningkatkan penjualan namun membangun brand awareness agar lebih banyak orang yang mengenal brand tersebut. 

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

4. Melakukan partnership dan sponsorship program

Strategi selanjutnya adalah dengan bermitra dengan merek terkenal lainnya untuk membangun brand awareness. Seperti misalnya dengan perusahaan, pemberi pengaruh, selebriti, dan lain-lain.  Pasalnya menjalin partnership dapat mendongkrak usaha Anda agar lebih dikenal oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti kegiatan sponsorship dalam sebuah event atau pameran. Namun, pastikan bahwa kegiatan tersebut relevan dengan target pasar dan memiliki prinsip yang sama dengan bisnis Anda. 

partnership dan sponsorship
Source: freepik.com

5. Menggunakan search engine optimization (SEO)

Jika Anda pernah melihat produk pesaing muncul pada halaman pertama pencarian Google itu tandanya mereka telah melakukan SEO. SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs web khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh pengguna atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser dan search engine Google. Selain itu, SEO juga berguna untuk meningkatkan traffic konten apalagi jika Anda memiliki sebuah website sehingga tidak ada salahnya untuk menyewa jasa SEO agar produk yang Anda jual dapat muncul pada halaman teratas pencarian google dan dapat menarik lebih banyak pembeli. 

6. Menawarkan diskon dan reward program

Pelanggan sangat menyukai jika Anda mengadakan diskon atau loyalty program. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membuat promo pada hari-hari tertentu seperti natal, lebaran, tahun baru, dan lain sebagainya. Anda juga dapat memberikan reward kepada pelanggan setia seperti hadiah gratis atau poin dari kartu membership. Dengan cara ini Anda dapat meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan. 

7. Menerapkan software CRM untuk otomatisasi strategi peningkatan brand awareness

Perangkat lunak CRM dapat menjadi pilihan Anda yang sedang ingin meningkatkan atau mempertahankan merek. Dukungan fitur terlengkap dan tercanggih memampukan Anda mengerjakan segala sesuatu dengan cepat, tepat, dan akurat. Fitur yang sistem CRM miliki antara lain:

  • Manajemen saluran penjualan

Pantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap yang lainnya secara mudah dengan fitur drag and drop.

  • Loyalty point

Tingkatkan penjualan dan retensi pelanggan dengan sistem loyalty point untuk setiap customer setia Anda.

  • Proyeksi target penjualan

Hasilkan proyeksi keuntungan dari setiap penjualan hanya dengan satu klik menggunakan software CRM EQUIP.

Baca juga: Apa Itu Forecasting Penjualan?

  • Customer profiling filters

Sederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan dengan sistem profiling terlengkap berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi.

  • Leads management integration

Kelola prospek secara online yang dapat diintegrasikan dengan form di website dan database email untuk kebutuhan promosi dan penjualan.

  • Laporan penjualan lengkap

Hasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam, mulai dari kinerja tim sales dan helpdesk, keuntungan dan kerugian, dan lain-lain.

Baca juga: Pentingnya Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda, Simak Artikel Ini!

Kesimpulan 

Kesadaran merek memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda sebab selain meningkatkan penjualan, produk yang Anda pasarkan dapat menjadi daya tarik karena dapat masyarakat ingat terutama saat mereka ingin membeli produk. Anda juga bisa menggunakan salah satu atau semua strategi yang telah kami jabarkan untuk meningkatkan merek pada bisnis. Selain itu, gunakan software CRM EQUIP untuk memudahkan kegiatan usaha dan membantu pemasaran bisnis dalam meningkatkan brand awareness kepada audience.

brand awareness

Demo gratis software EQUIP ERP sekarang untuk bantu bisnis naik level

Software ERP dari EQUIP khususnya pada CRM dapat membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik. Software ERP EQUIP telah dilengkapi dengan fitur pengelolaan tim sales, manajemen sales pipeline, revenue forecast, hingga pembuatan laporan penjualan otomatis. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, pebisnis juga dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales secara sederhana.

Artikel Terkait

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA