Microblog sebagai Konten untuk Metode Pemasaran Terkini

Pernahkah Anda melihat konten-konten di sosial media yang menyajikan informasi tentang suatu hal? Informasi tersebut disajikan layaknya seperti informasi yang ada di blog biasa, namun ditulis secara lebih singkat. Hal tersebutlah yang dinamakan microblog. Saat ini banyak konten kreator yang membuat microblog di sosial media mereka.  Apabila mengingat bahwa saat ini anak muda memiliki keinginan untuk mendapatkan informasi secara cepat, maka microblog adalah pilihan yang tepat.

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak artikel ini!

Pengertian Microblog

Menurut Sprout Social, microblog adalah suatu konten singkat untuk berinteraksi secara cepat dengan audiens. Microblog juga suatu kombinasi dari pesan singkat yang diikuti dengan design untuk menarik perhatian. Microblog ini banyak tersedia di sosial media, seperti Instagram dan Twitter.

Tidak seperti blog zaman dulu yang hanya memiliki tampilan dalam bentuk teks, microblog saat ini terdapat format audio, video, dan juga foto. Konten-konten ini akan memuat informasi yang relateable dengan target audiens. Namun, informasi tersebut tidak penulis tulis secara panjang dan lengkap. Jadi, pembaca dapat benar-benar fokus terhadap poin-poin yang tertera dalam konten tersebut.

Biasanya, microblog ini merupakan strategi ampuh untuk mengembangkan konten di sosial media, baik untuk bisnis dan ilmu. Melalui microblog, seorang konten kreator akan menuliskan berbagai tips, informasi, dan ilmu lainnya untuk sesuatu hal. Misalnya, tips kecantikan, tips desain, atau tips bisnis.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

Kelebihan Microblog

Pada era modern ini, microblog sangat membantu untuk keperluan audiens. Mereka mampu mengetahui beragam tips dan ilmu lainnya akan sesuatu hal. Lantas, kami akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan microblog yang populer di sosial media saat ini.

Buat konten jadi semakin mudah dengan Microblog

Seperti namanya, microblog atau mini blog adalah konten informatif yang dibuat secara singkat. Maka dari itu, konten kreator tidak perlu membuat tulisan yang terlalu panjang. Cukup menuliskan poin-poinnya saja.

Microblog

Lebih mudah dipahami

Dengan konten yang singkat, maka informasi yang tersedia pun akan lebih mudah audiens pahami. Namun, tetap saja seorang konten kreator harus mahir dalam memilih kata-kata yang akan mereka gunakan. Dalam microblog di sosial media pun biasanya akan tersajikan gambar yang menarik perhatian dari pembaca.

Bisa secara cepat memberitakan informasi darurat

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, teknik microblogging menggunakan tulisan yang singkat. Maka, ketika seorang konten kreator ingin menyampaikan informasi yang penting untuk segera disampaikan, hal tersebut akan lebih mudah dilakukan dengan cepat dan informasi masih sangat jelas untuk dicerna pembaca.

Baca juga: Product Life Cycle untuk Memaksimalkan Bisnis Anda

Komunikasi secara langsung

Melalui sosial media, maka akan memudahkan interaksi antara konten kreator dengan audiens. Konten kreator bisa mendapatkan komentar secara langsung dari audiens setelah beberapa saat melakukan posting di sosial medianya. Selain itu, audiens juga bisa melakukan repost maupun retweet dengan mudah.

Bisa menjangkau jutaan orang yang ada di sosial media

Menurut The Verge, Instagram saat ini telah memiliki 2 milyar pengguna. Selain itu, Twitter juga salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Pada kuartal-II tahun 2021, tercatat bahwa Twitter memiliki kurang lebih 206 juta pengguna. Sedangkan, seorang sumber menyatakan bahwa saat ini pengguna blog atau website hanya 3,5% dari total pengguna internet.

Melalui data tersebut, tentu saja microblogging di sosial media merupakan hal yang tepat untuk Anda menjangkau banyak audiens dalam memberikan informasi yang akurat.

Baca juga: Aplikasi CRM Terbaik untuk Membantu Bisnis Anda

Platform Tepat untuk Penerapan Microblog

Instagram

Instagram saat ini menjadi sosial media yang memiliki sekitar 2 miliar pengguna aktif dari seluruh dunia. Kemudahan akses dan popularitas platform ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan microblogging. Selain itu, Instagram pun menyediakan fitur yang mendukung, yakni menyediakan fitur untuk melakukan posting dengan format foto dan video. Anda juga bisa menambahkan teks pada bagian caption sebagai penjelas dari postingan Anda.

Apabila target audiens Anda adalah anak-anak muda, maka Instagram benar merupakan platform yang sangat cocok. Anda hanya perlu menyediakan konten yang kreatif untuk menyampaikan informasi tersebut.

Twitter

Twitter juga merupakan sosial media yang sudah banyak masyarakat gunakan, khususnya gen z. Keberadaan Twitter sudah populer sebelum adanya Instagram. Sosial media ini mampu membuat seluruh pengguna untuk saling berinteraksi dan cara aksesnya pun mudah untuk siapa pun yang ingin mencoba menggunakannya.

Saat ini, pengguna Twitter menggunakan platform tersebut sebagai salah satu media informasi, misalnya Thread. Kreator bisa menuliskan Tweet yang bersambung sehingga pembaca bisa mengerti informasi secara jelas.

microblog
Source: freepik.com

LinkedIn

LinkedIn memang merupakan platform tepat untuk orang-orang yang serius dalam berkarir. Mulai dari membangun koneksi, membuat CV, bahkan sampai portofolio. Banyak juga pengguna yang mendapatkan pekerjaan mereka dan HR yang mencari kandidat melalui platform ini. Bukan hal yang tidak mungkin seorang kreator melakukan microblogging di LinkedIn. Tulisan yang dibuat memang harus lebih formal. Salah satu blog yang bisa kamu tuliskan adalah dengan membagikan tips interview kerja, skill yang perlu kandidat miliki sebelum mulai bekerja, dan sebagainya. 

Youtube

Mungkin platform di atas berfokus pada penyediaan blog dengan format teks dan gambar saja. Namun, untuk penikmat microblog dalam format video, maka Youtube adalah platform yang tepat. Melalui Youtube, kreator bisa menyampaikan informasi dalam bentuk video yang lumayan panjang.

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Tips Menulis Microblog Menjadi Lebih Menarik

Saat ingin memulai microblogging, akan lebih baik jika Anda menentukan konten yang akan Anda tulis, misalnya informasi seputar marketing atau bisnis. Anda bisa merencanakan konten-konten apa yang akan Anda posting. Anda bisa melihat berbagai referensi di internet. Akan tetapi, tidak boleh menuliskan 100% hal yang serupa karena merupakan plagiarisme. Silahkan sampaikan dengan kalimat Anda sendiri.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan foto atau gambar pendukung untuk membuat konten lebih menarik. Gunakan desain yang eye-catching dan enak untuk dipandang Selain itu, gunakan juga font dan campuran warna yang selaras. Susunan headline dan kalimat yang menarik agar bisa mendapatkan minat pembaca.

Baca juga: Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

Kesimpulan

Microblog adalah salah satu metode yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengembangan bisnis. Misalnya berbagi tips dan keuntungan saat memakai produk yang Anda sediakan. Microblog pun menjadi salah satu konten yang dapat Anda buat dengan mudah, sehingga Anda berpeluang untuk menjadi konten kreator dan meraih keuntungan dari konten tersebut. Anda bisa menggunakan software CRM untuk melakukan integrasi pemasaran dan membuat pemasaran Anda berjalan dengan optimal, sehingga Anda bisa mulai fokus dalam mengerjakan aspek lain dalam operasional Anda. Demo gratis sekarang!

microblog

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA