Strategi Pemasaran Produk Dengan Endorsement Untuk Perluas Pasar

Saat ini, social media sedang marak-maraknya digunakan oleh masyarakat, khususnya anak-anak millenial. Banyak artis dan influencer menggunakan social media untuk melakukan promosi atau iklan yang biasa disebut endorsement. Kegiatan endorse biasanya dilakukan dengan caption yang bersifat persuasif atau juga dalam bentuk video. Public figure memberikan informasi dan testimoni akan produk yang mereka pakai. Dalam hal ini, mereka telah bekerja sama dengan pemilik merek dari produk tersebut. Anda dapat meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan dengan software CRM terintegrasi.

Penggunaan sistem CRM yang tepat dapat meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda termasuk dalam melakukan kegiatan endorse public figure. Dalam mengelola endorsement, Anda dapat memanfaatkan software CRM terintegrasi untuk mendapatkan update dan aktivitas lainnya secara real-time. Untuk itu, simak artikel ini untuk ketahui pengertian, tujuan, kelebihan, serta hal yang perlu Anda perhatikan dalam endorsement!

Baca juga: Aplikasi dan Software CRM Terbaik di Indonesia

endorse

Daftar Isi

Pengertian Endorse

Endorse adalah salah satu jenis promosi pengiklanan melalui public figure di media sosial untuk memasarkan dan mendukung sebuah jasa atau produk. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dari digital marketing. Saat ini, kegiatan endorsement marak digunakan artis atau influencer di social media pribadinya, karena pemasaran jenis ini merupakan bentuk pemasaran digital yang dapat dibilang praktis dan efektif mengingat banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial. Efektivitas endorsement dapat dibilang lebih baik karena jika Anda lihat dari praktiknya, dari beberapa endorsement yang biasa dilakukan artis dan influencer mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan. Strategi ini juga dapat memicu followers dari public figure yang cenderung mengikuti gaya hidup dan apa yang biasa digunakan oleh artis atau influencer yang mereka sukai. 

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Tujuan Endorse

endorse
Sumber: thebluediamondgallery.com

Setiap penjual memiliki tujuan tertentu yang akhirnya mengapa mereka memilih untuk menggunakan endorsement untuk melakukan promosi pada produk atau jasanya. Tujuan utama mereka dari bentuk promosi endorsement yaitu untuk meningkatkan penjualan dari produk atau jasa yang mereka tawarkan, sehingga dengan adanya promosi ini akan meningkatkan penjualan dan mendapatkan profit yang besar. Selain mendapatkan profit yang besar dan peningkatan dari penjualan, penjual juga akan mendapatkan manfaat lain seperti, mengenalkan produk atau jasa, branding merek, hingga munculnya kepercayaan dari calon konsumen karena pemanfaatan endorsement melalui artis dan influencer. Saat melakukan endorsement, Anda tidak perlu khawatirkan jika metode pemasaran ini hanya dapat dilakukan oleh pelaku usaha yang sudah besar, pelaku usaha online shop kecil juga dapat memanfaatkan endorsement untuk meningkatkan penjualan dari produk dan jasanya. Anda bisa mencoba endorse melalui influencer biasa terlebih dahulu. 

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Kelebihan Melakukan Endorse

Kegiatan endorse memiliki pengaruh besar untuk dapat mempengaruhi peningkatan penjualan dari produk atau jasa. Promosi endorse melalui artis atau influencer merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang cukup terbilang praktis dan efektif. Berikut beberapa kelebihan melakukan endorsement:

1. Meningkatkan brand awareness

Kelebihan dari melakukan pemasaran digital dengan metode endorsement bermacam-macam. Salah satu manfaat pertama yaitu untuk meningkatkan dan mebangun brand awareness. Saat melakukan kegiatan endorse, barang dan jasa akan calon konsumen lihat dan mereka kenal bahkan banyak dari beberapa konsumen akan mencari produk atau jasa dari hasil endorse yang Anda lakukan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan awareness dan Anda dapat memikirkan strategi marketing berikutnya. 

2. Membangun brand image dan kredibilitas

Kelebihan lainnya dengan melakukan kegiatan promosi digital ini, Anda dapat membangun brand image sehingga membuat brand lebih menonjol. Dalam melakukan promosi, biasanya public figure mempromosikan produk dengan menunjukan kelebihan barang atau jasa untuk membangun kepercayaan brand dengan calon konsumen. Kelebihan lainnya juga dapat membangun kredibilitas, semakin banyak orang akan percaya dan memandang public figure yang mengiklankan produk dan jasa tersebut. 

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

3. Menjangkau pasar yang lebih luas 

Banyak kelebihan yang dapat Anda dapatkan jika Anda melakukan pemasaran digital dengan metode endorsement. Metode jenis ini menjadi pilihan terjangkau untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Penggunaan influencer yang baru merintis biasanya memiliki bayaran atau fee yang masih terjangkau atau bahkan dapat terbebas dari biaya jika influencer tersebut meminta duluan dan menyukai produk atau jasa Anda. Maka dari itu, meningkatkan kualitas dari produk dan jasa juga perlu Anda perhatikan. 

reach new market
Sumber: canva.com

Baca juga: Fakta Penting Menentukan Target Pasar yang Wajib Pebisnis Ketahui!

Jenis-jenis Endorse

Setelah membahas kelebihan-kelebihan dari endorsement, pada dasarnya kegiatan endorse menjadi bagian dari aktivitas dengan memanfaatkan pihak lain dalam mempromosikan produk atau jasa. Kegiatan endorse memiliki banyak jenis, termasuk jenis biaya atau non biaya dari endorse itu sendiri. Semua itu tergantung dengan public figure itu sendiri. Berikut kedua jenis endorse:

1. Endorsement berbayar

Saat ini, endorse melalui artis atau selebriti pasti perlu biaya dan biasanya mereka memasang fee khusus apabila online shop ingin melakukan endorse dengannya. Untuk fee itu tergantung, biasanya untuk artis atau influencer terkenal yang sedang naik daun, mereka akan memasang fee dengan tarif sesuai dengan kontrak. Tetapi jangan merasa akan merugikan penjualan Anda, justru karena mereka terkenal dan berani memasang tarif yang cukup mahal, itu berarti promosi melalui mereka akan berpengaruh besar terhadap penjualan produk atau jasa Anda. Selain itu juga, dengan nama mereka yang besar banyak calon konsumen yang akan mengikuti sehingga membeli produk atau jasa Anda. 

2. Endorsement tidak berbayar

Dahulu, endorsement melalui artis yang biasa mereka lakukan pada media sosial seperti twitter mereka tidak mematok dan meminta bayaran. Sistem endorse ini menerapkan simbiosis mutualisme, yang mana saat mereka mendapatkan barang, online shop akan mendapatkan order yang banyak dari pengikut artis tersebut. Dahulu tidak terlalu mematok harga karena berbeda dengan jaman sekarang, dengan kebutuhan yang mendesak di tengah persaingan yang ketat endorse menjadi cara terbaik. Tetapi jangan khawatir, saat ini masih banyak selebriti atau influencer yang terkadang membuka endorse secara gratis pada saat momen tertentu atau mereka sedang berbaik hati. 

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Melakukan Endorse

hal yang perlu diperhatikan
Sumber: canva.com

Saat melakukan endorse melalui artis atau influencer tentunya terdapat hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan endorse. Anda tidak dapat melakukan endorse dengan asal jika ingin promosi lancar dan mempengaruhi penjualan bisnis Anda. Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan:  

1. Jumlah follower

Memilih artis atau influencer untuk melakukan endorse dengan melihat jumlah pengikut media sosial nya merupakan hal utama yang perlu Anda perhatikan. Walaupun banyak pengikut belum tentu tepat sasaran, tetapi dengan melihat jumlah pengikut dari tokoh publik merupakan patokan utama Anda dalam memilih siapa yang ingin Anda pakai untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Tetapi, dengan pengikut banyak tidak selalu akan menjanjikan penjualan Anda meningkat, justru ada juga dengan pengikut yang tidak terlalu banyak dengan memasang fee lebih mahal, tetapi dapat menjanjikan penjualan Anda akan meningkat. 

2. Engagement rate

Angka engagement dari sebuah akun public figure membuktikan bahwa pengikut yang dimilikinya tersebut asli dan aktif. Engagement rate juga memberikan data seberapa banyaknya sebuah post pada feeds nya dilihat oleh orang-orang atau pengikutnya. Semakin besar engagement rate yang public figure peroleh, akan semakin tinggi juga nilai yang ditawarkan. Tolak ukur keberhasilan dalam melakukan endorse adalah melihat dari engagement rate nya. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif di social media. 

3. Sosok representatif

Persona dengan sosok yang representatif dari seorang public figure juga penting untuk Anda perhatikan. Sosok yang sesuai dengan pangsa pasar produk dan jasa. Anda dapat memilih artis yang identik atau cocok untuk Anda gunakan dalam mempromosikan produk atau jasa Anda. Contohnya seperti Anda memilih beauty vlogger untuk mempromosikan produk skincare hingga produk kosmetik. Dengan ini, brand story yang ingin Anda bangun akan sampai dan tepat sasaran. 

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambassador

4. Budget

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah budget atau harga endorse. Fee yang artis atau influencer tawarkan berbeda-beda, mulai dari mereka yang memiliki jumlah pengikut yang tinggi atau bahkan engagement rate yang tinggi tentunya akan mematok harga tertinggi. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah mencocokan sesuai dengan budget dan keinginan yang akan Anda capai. 

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Kesimpulan 

Dalam kehidupan sehari-hari, kini penggunaan sosial media masyarakat gunakan secara masif. Hal ini menjadi kesempatan untuk Anda memanfaatkan endorsement sebagai bentuk pemasaran digital akan produk atau jasa Anda. Hampir semua artis dan influencer menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan pengikutnya. Makda dari itu Anda dapat memanfaat mereka untuk mempromosikan barang atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, penggunaan software CRM dari EQUIP dapat Anda gunakan untuk membantu mengintegrasikan endorsement serta memaksimalkan proses pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek dana membuat berbagai rencana promosi dengan lebih mudah. Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

endorse

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA