Aplikasi dan Software CRM Terbaik di Indonesia

Jika Anda adalah pelaku bisnis yang sudah lama merintis usaha pastinya mengetahui apa itu software CRM. Customer relationship management atau CRM adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu sebuah perusahaan atau bisnis dalam menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan.

CRM menjadi salah satu solusi penting bagi kelancaran perusahaan. Dengan adanya penggunaan CRM maka pengelolaan data dan otomatisasi proses bisnis dapat berjalan dengan lebih mudah. Banyak perusahaan telah menggunakan CRM untuk kegiatan bisnis mereka baik bisnis berskala besar maupun UMKM.
Software CRM

Pengertian Software CRM

software crm
Sumber: vitisasean50.com

Kemajuan teknologi menyebabkan banyak pemilik usaha mulai menggunakan software untuk membantu proses bisnis. Salah satu perangkat lunak yang sering perusahaan gunakan adalah software CRM.

CRM adalah sistem yang membantu perusahaan untuk mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap terkait prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik.

Perusahaan yang menggunakan CRM dalam kegiatan bisnis tentunya akan mengalami peningkatan penjualan dan meraih keuntungan secara maksimal. Selain itu, CRM mampu meningkatkan retensi pelanggan, melakukan analisa mendalam seputar penjualan secara akurat, dan memiliki fitur yang mudah digunakan.

Manfaat Penggunaan Software CRM bagi Perusahaan

Sistem CRM tentunya memiliki banyak keuntungan dalam kegiatan bisnis misalnya saja aktivitas bisnis yang awalnya menyulitkan menjadi lebih mudah khususnya di era digital saat ini yang segala sesuatunya mulai menggunakan sistem. Namun, apakah Anda mengetahui manfaat yang diberikan oleh CRM? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi CRM.

Software CRM mendorong loyalitas pelanggan

CRM memampukan sebuah perusahaan untuk memanfaatkan informasi pelanggan. Seperti misalnya penggunaan call center, website, dan lain-lain. Adanya sistem loyalty point dan reward Anda dapat meningkatkan penjualan dengan lebih baik.

Memudahkan pelacakan sejarah percakapan

Fitur integrasi yang CRM miliki akan sangat memudahkan Anda dalam melacak sejarah percakapan dengan pelanggan. Anda juga dapat mengelola prospek secara online dengan form di website dan database email untuk kebutuhan promosi dan penjualan.

Software CRM mengetahui posisi calon pembeli

Sistem CRM dapat membantu Anda untuk mengetahui posisi calon pembeli dan membedakan mana yang perlu diutamakan terlebih dahulu. Fitur sistem profiling terlengkap yang dimiliki CRM dapat memetakan pelanggan berdasarkan tingkat pembelian, gender, kelompok, umur , hingga lokasi.

Mengurangi biaya produksi

Penjualan produk memiliki skema yang lebih spesifik dan berfokus untuk menargetkan pelayanan terhadap pelanggan. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan akan tercatat dan ditampilkan secara terperinci. CRM juga dapat menghasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam, mulai dari kinerja tim sales dan helpdesk, keuntungan dan kerugian, dan lain-lain.

Baca juga: Siap Menjadi Beautypreneur? 10 Ide Bisnis Kecantikan yang Harus Anda Coba

Fitur Utama Software CRM

software crm
Sumber: suryasemesta.com

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli software CRM Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu fitur yang ada pada software tersebut. Berikut adalah fitur utama pada CRM yang perlu Anda ketahui.

Menangkap prospek

Prospek memiliki peran penting dalam membangun database pelanggan. Dengan menggunakan software CRM Anda dapat dengan mudah menangkap prospek dari pengunjung website dan memasukkannya ke dalam sistem. Selain itu Anda dapat memantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap lainnya secara mudah dengan menggunakan fitur drag to drop.

Email otomatis

Anda dapat dengan mudah melakukan email marketing otomatis saat pengunjung mengisi formulir yang ada pada website Anda dengan menggunakan CRM. Anda juga dapat menggabungkannya dengan sistem yang ada pada ERP untuk melakukan skema marketing tertarget yang berjalan otomatis.

Menggolongkan prospek ke calon pembeli

Mengelompokan setiap prospek ke dalam pengelompokan tertentu, memberikan skor dan nilai harapan merupakan cara paling efisien untuk mengelola prospek. Sebab dengan melakukan pengelompokan Anda dapat lebih mudah membedakan mana yang lebih penting untuk diprioritaskan.

Integrasi dengan email, chat, telepon, dan SMS

Dengan menggunakan CRM Anda dapat menyatukan seluruh catatan percakapan ke dalam satu sistem. Hal tersebut akan lebih mudah dalam membantu Anda untuk menemukan percakapan sebelumnya.

Jadwal tidak pembeli

CRM menyediakan fitur untuk menjadwalkan tindak lanjut kepada prospek Anda baik berupa pertemuan, panggilan telepon, dan email. Beberapa CRM bahkan mampu melakukan tindak lanjut otomatis untuk jenis text. Sistem CRM akan memberikan notifikasi otomatis terkait jadwal follow up. 

Integrasi penjualan

Apabila terjadi penjualan maka dengan mudah sistem CRM untuk mengintegrasikan data dengan aplikasi penjualan. Jika Anda menggunakan sistem ERP maka secara otomatis pula dalam pembentukan jurnal pada sistem akuntansi Anda.

Software CRM Terbaik di Indonesia

Sebenarnya, ada begitu banyak perusahaan yang menyediakan layanan software CRM. Akan tetapi sebaiknya Anda memikirkan secara matang terkait hal tersebut. Jika Anda masih kebingungan dalam menemukan perusahaan yang tepat berikut kami rangkumkan untuk Anda software CRM terbaik yang dapat Anda gunakan.

HashMicro

HashMicro merupakan perusahaan penyedia layanan software terbaik di Indonesia, salah satunya adalah software CRM yang terbagi menjadi dua bagian yakni CRM-Leads dan CRM-Sales

CRM-Leads memiliki fitur utama berupa sales pipeline management, sales team management, revenue forecasting, email marketing, call logging, dan sales report generation. Sedangkan fitur dari CRM-Sales adalah multi price list, sales target and commision, quotation & sales order,  payment follow-up, dan In-depth analytics reporting.

EQUIP

Selain HashMicro, EQUIP juga adalah perusahaan software terbaik, Anda dapat mengotomatiskan pengelolaan tim sales dan penjualan Anda dengan sistem CRM terlengkap. Software CRM EQUIP telah dilengkapi dengan fitur pengelolaan tim sales, manajemen sales pipeline, revenue forecasting, hingga pembuatan laporan penjualan otomatis.

Kesimpulan

Software CRM

Penggunaan CRM dalam proses bisnis sangat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan perusahaan terutama dalam pengelolaan data dan pelanggan. Apabila sampai saat ini Anda belum menggunakan CRM maka Anda dapat mencoba software CRM dari EQUIP selain harganya terjangkau Anda dapat mencoba terlebih dahulu secara gratis.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA