Peluang Usaha Car Wash dan Tips Sukses Mengembangkannya

Car wash merupakan salah satu usaha yang dapat Anda lakukan jika Anda bingung untuk memulai sebuah bisnis. Apalagi melihat semakin banyaknya kendaraan bermobil atau beroda empat yang menjamur di Indonesia. Hal ini terjadi karena saat ini mobil bukan hanya sebagai sarana transportasi pribadi, namun dapat menguntungkan untuk menjadi sumber penghasilan. Anda bisa menggunakan software CRM terbaik dari EQUIP untuk membantu Anda menjalankan usaha Anda. Belum lagi sibuk dan padatnya aktivitas masyarakat kota yang tidak memiliki waktu untuk mencuci kendaraannya sendiri.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda jika ingin memulai bisnis car wash. Anda bisa menggunakan aplikasi inventory dari EQUIP untuk membantu Anda menentukan barang yang diperlukan memulai bisnis ini. Namun untuk memulai bisnis tersebut Anda perlu memperhatikan lebih lanjut lagi agar usaha Anda dapat berumur panjang. Dengan ini Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi dari EQUIP untuk membantu menghitung keuangan bisnis Anda. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut untuk mengembangkan usaha car wash menggunakan aplikasi CRM terbaik.

car wash

Peluang Usaha Car Wash

Untuk memulai usaha perlu untuk memperhatikan peluang yang akan Anda dapatkan nantinya. Apakah bisnis tersebut dapat bertahan lama atau malah sebaliknya. Sama halnya dengan usaha car wash, Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk memulai bisnis ini. Berdasarkan data dari GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Indonesia) pada dua bulan awal tahun 2022, total penjualan mobil wholesales mencapai angka 165.290 unit. Dengan besarnya angka penjualan mobil pada tahun ini dapat dipastikan peluang Anda untuk memulai usaha car wash akan lebih besar. Hal ini karena semakin banyaknya masyarakat Indonesia khususnya masyarakat perkotaan yang memiliki kendaraan mobil dan tidak memiliki waktu banyak untuk mencuci dan merawat mobilnya.

car wash
Source: freepik.com

Baca juga: 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Barbershop

Modal Bisnis Car Wash bagi Pemula

Untuk memulai bisnis ini Anda memerlukan modal yang tidak sedikit karena memang memerlukan banyak peralatan agar bisnis Anda memadai. Alat-alat yang Anda butuhkan seperti, peralatan tangki snow wash, shampoo kendaraan, kompresor dan alat-alat penyemprot seperti selang, lap microfiber dan lain sebagainya. Belum lagi ada pengeluaran lain seperti biaya listrik dan air, gaji pegawai, dan sewa tempat jika Anda tidak memiliki tempat untuk usaha Anda.

Jika dihitung kasar Anda memerlukan modal setidaknya kurang lebih 50 juta rupiah untuk memulai usaha ini. Namun dengan banyaknya modal yang Anda perlukan, Anda tidak perlu merasa khawatir karena modal tersebut dapat balik kembali bahkan Anda dapat memiliki keuntungan yang lebih banyak dari jumlah modal awal Anda. Tentunya hal ini juga perlu Anda lakukan dengan perencanaan anggaran dan strategi yang baik agar hal tersebut dapat tercapai. Maka dari itu Anda bisa menggunakan aplikasi software akuntansi dari EQUIP yang mampu membuat daftar anggaran agar bisnis Anda mampu meminimalisir kerugian.

Baca juga: Kiat Sukses Jalankan Bisnis Perhiasan Sampai ke Pasar Internasional

Jenis-jenis Usaha Car Wash

Jenis usaha ini bukan hanya sekedar mencuci mobil pelanggannya saja, namun usaha jenis ini juga memiliki jenisnya tersendiri. Setiap jenis usaha cuci mobil ini memiliki modal yang berbeda juga. Jadi dapat Anda sesuaikan jenis car wash seperti apa yang ingin Anda jalankan. Berikut adalah jenis dari usaha ini:

  1. Cuci mobil manual, jenis ini hanya menggunakan tenaga manusia untuk mencuci mobil pelanggannya. Jenis usaha ini terbilang yang paling sedikit memerlukan modal karena tidak memerlukan berbagai teknologi lainnya. Tempat cuci mobil jenis ini juga banyak Anda temukan di pinggir-pinggir jalan.
  2. Cuci mobil hidrolik, jenis ini menggunakan metode dengan mengangkat mobil pada ketinggian tertentu sehingga bagian bawah mobil bisa bersih lebih maksimal. Karena Anda bisa tidak hanya membersihkan bagian mobil pelanggan Anda pada bagian yang terlihat saja.
  3. Cuci mobil robotik, dan yang terakhir jenis ini menggunakan istilah “cuci robot”. Hal ini karena jenis ini tidak melibatkan orang dalam proses mencucinya. Karena semua dilakukan oleh mesin robot untuk mencuci mobil pelanggan Anda. Dan pastinya jenis ini memerlukan modal yang jauh lebih besar dibandingkan jenis cuci mobil lainnya.
cuci mobil
Source: freepik.com

Baca juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis F&B dengan Software POS

Analisa Keuntungan Usaha Car Wash

Jika berbicara mengenai keuntungan yang akan Anda dapatkan dari hasil membuka usaha ini, tergantung dari berapa banyak mobil yang berhasil Anda cuci setiap harinya. Banyaknya jumlah mobil yang bisa Anda cuci juga tergantung dari lokasi tempat Anda dan kapasitas tampung pada lokasi Anda. Jika kapasitas tempat Anda hanya mampu menampung 10 mobil dalam waktu yang bersamaan dan tarif yang Anda tentukan 65 ribu. Maka analisa keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

Tarif cuci mobil x daya tampung di waktu bersamaan:

= 65.000 x 10

= 650.000

Kemudian, Jika waktu pengerjaan 1 mobil 1 sesi adalah 30 menit, maka selama 8 jam pertama bekerja, bisa mencapai 16 sesi. Maka satu hari bisnis car wash Anda bisa mendapatkan

=160 x 65.000

= Rp. 10.400.000

Maka dalam satu hari kerja Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar 10 juta rupiah per harinya. Dengan ini Anda dapat menggunakan software CRM terbaik dari EQUIP untuk membantu bisnis Anda berjalan lebih baik lagi.

Baca juga: Strategi Pengelolaan Bisnis Rental Mobil untuk Tingkatkan Keuntungan Anda!

Tips-tips dalam Membuka Usaha Car wash

Selanjutnya yang Anda perlukan selanjutnya adalah dengan melakukan beberapa tips berikut ini sehingga usaha bisnis cuci mobil Anda bisa bertahan lama dalam pasaran:

  1. Tentukan tarif yang ingin Anda tetapkan dengan harga rata-rata lokasi tempat Anda
  2. Tentukan lokasi yang strategis contohnya yang dekat perkantoran atau pasar
  3. Memilih pekerja yang kompeten dalam hal cuci mobil
  4. Menggunakan kualitas shampo mobil yang berkualitas agar pelanggan puas akan hasilnya
  5. Memberikan gaji kepada karyawan dengan adil sesuai dengan beban kerja mereka
  6. Lakukan evaluasi perihal jasa yang Anda sediakan kepada pelanggan untuk meningkatkan kinerja kedepannya
  7. Membuat berbagai promosi menarik

Baca juga: Tips Sukses Membuka Bisnis Toko Elektronik dengan Modal Kecil

Hambatan Bisnis Car Wash

Dengan besarnya keuntungan yang akan Anda dapatkan untuk memulai bisnis ini, maka akan ada banyaknya hambatan yang akan Anda lalui. Misalnya adalah banyaknya kompetitor bisnis yang serupa pada wilayah perkotaan. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa memberikan pelayanan yang baik dan berkesan sehingga Anda memiliki konsumen yang loyal untuk selalu menggunakan jasa bisnis Anda. Selain itu dengan menyediakan promosi yang menarik akan menarik banyak konsumen. Selain hambatan kompetitor, hambatan musim juga salah satunya. Karena bisnis ini biasanya akan ramai pelanggan ketika musim hujan tiba. Dan sebaliknya bisnis ini biasanya akan sepi pelanggan jika masuk musim panas atau kemarau.

Baca juga: 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Catering Serta Cara Mengelolanya

Kesimpulan

car wash

Berdasarkan penjelasan tersebut bisnis car wash mampu menjawab pertanyaan Anda untuk jenis bisnis apa yang bisa Anda lakukan. Dengan begini Anda setidaknya sudah mengetahui mengenai peluang, modal yang dibutuhkan, jenis, hambatan, hingga analisa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menjalani bisnis ini. Maka dari itu Anda bisa menggunakan aplikasi software terbaik dari EQUIP yaitu software CRM. Karena aplikasi ini mampu membantu usaha bisnis Anda untuk meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Hubungi Tim Sales

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now