Kiat Sukses Jalankan Bisnis Perhiasan Sampai ke Pasar Internasional

Bisnis perhiasan saat ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan, bahkan meraih pasar internasional jika memiliki pengelolaan yang baik dan strategis. Perhiasan sendiri dari dulu  identik dengan wanita, banyak wanita yang menggunakan perhiasan untuk mempercantik penampilan. Penggunaan perhiasan dapat menunjukan status sosial seseorang. Bisnis perhiasan merupakan barang mewah yang elastis karena minat konsumennya terpengaruh oleh naik turunnya harga. Maka dari itu, diperlukan software CRM terlengkap pada bisnis perhiasan untuk mengoptimalkan pemasaran dan meningkatkan penjualan produk. Tujuan penggunaan software adalah agar ketidakstabilan tersebut tidak mempengaruhi minat beli konsumen. Selain itu, dengan peluang bisnis yang menjanjikan Anda dapat menggunakan software CRM terbaik agar pelanggan merasa puas dan senang dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan.

Saat ini pemaknaan penggunaan perhiasan semakin luas, yang membuat bisnis perhiasan akan terus bertahan. Perhiasan tidak hanya digunakan oleh wanita saja, tetapi juga pria sebagai sebuah fashion. Tidak hanya itu saja, perhiasan juga berguna sebagai bentuk investasi masa depan yang menjanjikan. Dengan banyaknya kepentingan dalam pembelian perhiasan ini, perlu adanya inovasi baru bagi bisnis perhiasan untuk dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggannya. Untuk dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasi pelanggan Anda, gunakan software CRM terandal untuk membantu Anda memudahkan klasifikasi pelanggan sesuai dengan profil pelanggan. Anda juga dapat mengotomatiskan pengelolaan proses penjualan dan tim sales hingga manajemen pelanggan dengan sistem CRM terunggul dari EQUIP untuk mensukseskan bisnis perusahaan Anda. Berikut ini, penjelasan lebih lanjut terkait tips sukses memulai bisnis perhiasan.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Bantuan Brand Ambasador

bisnis perhiasan

Daftar Isi

Tips Sukses Memulai Bisnis Perhiasan

Setelah membahas mengenai peluang menjanjikan dari bisnis perhiasan, mungkin Anda mulai tertarik untuk memulai bisnis perhiasan. Sebelum memulai bisnis perhiasan, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai bidang bisnis tersebut. Anda tentu saja perlu untuk melakukan banyak persiapan yang matang untuk mengurangi risiko kegagalan dalam bisnis Anda. Pada artikel ini, akan membahas lebih lanjut terkait tips sukses bagi Anda sebelum atau dalam menjalankan bisnis perhiasan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan pada bisnis perhiasan:

1. Tentukan target pasar yang tepat

Sebelum memutuskan memulai bisnis perhiasan, tentukan terlebih dahulu target pasar dari bisnis Anda. Penting bagi Anda untuk dapat mengklasifikasikan dengan tepat target pasar dari bisnis. Anda perlu memikirkan dan mempertimbangkan pada kelompok mana target pelanggan Anda, baik dari segi usia, jenis kelamin, hingga pendapatan. Pemahaman yang baik mengenai konsumen dapat membentuk keterkaitan antara bisnis dengan konsumen. Identifikasi secara rinci target pelanggan Anda, dan sesuaikan bisnis Anda dengan daya beli konsumen untuk meraih keuntungan yang besar. Gunakan software CRM profiling terinci untuk dapat menyederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan baik tingkat pembelian, gender, kelompok umur, hingga lokasi secara rinci dengan mudah.

2. Lakukan inovasi tanpa henti pada produk

bisnis perhiasan
Source: freepik.com

Selain dengan menentukan target pasar, ada dua hal terpenting yang perlu Anda jalankan dalam menekuni bisnis perhiasan. Dua hal tersebut adalah kemampuan dalam memunculkan ide-ide desain kreatif dalam desain perhiasan dan metode pemasaran yang harus terus berinovasi agar menonjol dari bisnis perhiasan lainnya. Memahami kebutuhan pasar sangatlah penting. Selalu perhatikan tren yang menarik bagi kebanyakan orang dan perbarui model perhiasan Anda sesuai dengan tren terbaru yang laku dipasaran. Dengan pemenuhan kebutuhan ini, pelanggan bisnis Anda tentunya akan terus meningkat.  Pastikan stok perhiasaan Anda dapat memenuhi peningkatan penjualan, dengan selalu memperhatikan persediaan produk perhiasan yang Anda jual. Anda juga dapat mengintegrasikan bisnis Anda dengan sistem Inventory terandal untuk mengelola persediaan produk secara real-time dan optimalkan persediaan stok Anda dengan mudah.

Baca juga: Inventory Control adalah Hal Penting yang Sering Disepelekan oleh Pebisnis

3. Promosi pada berbagai acara offline

Dalam melakukan promosi banyak cara yang dapat Anda lakukan, Anda dapat mencoba promosi dengan mengadakan acara offline pada bidang bisnis perusahaan. Anda dapat mengadakan mini party atau gathering, untuk mengenalkan perhiasan Anda kepada banyak orang. Acara mini party yang dilakukan tidak harus mewah cukup sederhana saja, tetapi dapat berdampak pada industri perhiasan. Anda dapat mengundang tetangga, teman, dan kolega. Berikan juga perhiasan dengan menawarkan harga terbaik atau  promosi yang lebih murah dari harga biasanya. Anda perlu memastikan bahwa party yang dibuat Menguntungkan bagi tamu undangan terutama terkait produk, agar tamu undangan secara sukarela memperkenalkan bisnis Anda kepada orang lain.

4. Berpartisipasi dalam kegiatan pameran

Anda juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan pameran untuk menampilkan produk perhiasan yang Anda jual. Buatlah stand yang semenarik mungkin dan sediakan peralatan yang dibutuhkan pelanggan saat menghadiri pameran. Pamerkan semua perhiasan terbaik yang Anda miliki dan pajang perhiasan dengan lokasi yang strategis untuk menarik perhatian. Jangan lupa untuk menyediakan cermin untuk calon pelanggan, sehingga mereka dapat mencoba perhiasan Anda. 

Tujuan dari pameran ini tidak hanya akan menarik banyak konsumen, tetapi juga akan membantu Anda berinteraksi dengan konsumen. Perhatikan juga pelayanan tim sales dalam pameran, untuk dapat memberikan pelayanan dan penawaran terbaik bagi calon pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan sistem CRM terintegrasi untuk dapat memantau aktivitas tim sales secara real-time.

bisnis perhiasan
Source: freepik.com

5. Promosi bisnis perhiasan menggunakan sosial media dan website

Media sosial memiliki dampak besar pada promosi produk. Terutama Instagram dan Facebook yang memiliki angka pengguna tertinggi. Selain itu, website juga merupakan cara jitu untuk mempromosikan bisnis Anda. Jejaring sosial dan situs web dapat digunakan tidak hanya sebagai sarana penjualan hard selling, tetapi juga sebagai media untuk mempromosikan soft selling. Konten yang dapat Anda buat adalah mengenai informasi produk, tips atau trik penggunaan perhiasan, keuntungan membeli perhiasan, atau informasi perkembangan terbaru dunia perhiasan. 

Situs website juga mempermudah orang untuk menemukan bisnis perhiasan Anda. Gunakan sosial media dan website sebagai sarana penjualan dan gunakan sistem pembayaran online untuk mempermudah konsumen Anda. Gunakan sistem CRM dari EQUIP untuk mengelola prospek secara online yang dapat diintegrasikan dengan form di website dan database email untuk kebutuhan promosi dan penjualan. Anda juga dapat memantau perkembangan calon pelanggan dari satu tahap ke tahap yang lainnya secara mudah dengan fitur drag and drop.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

6. Kerja sama dengan toko online

Bisnis online saat ini memiliki peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan biaya yang relatif rendah, promosi produk perhiasan dapat mencapai jangkauan promosi yang sangat luas. Kerja sama antara toko online dengan toko perhiasan tentunya menawarkan berbagai manfaat dan keuntungan. Dengan toko online Anda dapat mempromosikan perhiasan di seluruh dunia dengan harga yang relatif murah. Toko online dapat mendistribusikan produk Anda dan menghasilkan penjualan. Anda hanya perlu memberikan produk dan mendapatkan keuntungan penjualan yang telah toko online lakukan. Hasilkan laporan penjualan dengan analisis yang mendalam, mulai dari kinerja tim sales dan helpdesk, keuntungan dan kerugian, dan lain-lain dengan sistem CRM otomatis.

7. Berikan penawaran diskon menarik dan membership 

Untuk menarik pelanggan, Anda dapat memberikan penawaran diskon menarik dan membership kepada pelanggan Anda. Berikan penawaran-penawaran diskon spesial dalam momen-momen yang spesial. Misalnya, diskon menjelang hari kemerdekaan, diskon yang bertepatan dengan hari ibu, hari kartini, dan momen spesial lainnya. Dengan promo diskon yang menarik, Anda dapat meningkatkan angka penjualan dan pelanggan. Berikan juga keuntungan khusus bagi pelanggan setia Anda, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Gunakan bantuan sistem CRM berbasis cloud untuk meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan dengan sistem loyalty point dan reward pada setiap customer setia Anda.

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

Bagaimana Software CRM dapat Membantu  Mengembangkan Bisnis Perhiasan?

bisnis perhiasan

Bisnis perhiasan saat ini semakin memiliki banyak peminat, menjadi nilai tukar yang tidak mengalami inflasi perhiasan menjadi aset bagi penggunanya. Banyaknya kegunaan dari perhiasan membuat bisnis ini menjadi pilihan yang menjanjikan. Namun, dari semua keuntungan yang Anda dapatkan tentu saja memulai bisnis perhiasan memiliki risiko yang tinggi. Dengan modal yang cukup besar tidak heran jika memiliki risiko yang besar juga. Nilai harga dari perhiasan yang tidak menentu, ketidakstabilan harga perhiasan tentu mempengaruhi minat beli dari peminatnya. Meski begitu, peminat dari perhiasan tidak akan pernah habis. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis yang memulai bisnis perhiasan.

Banyaknya bisnis perhiasan di pasaran membuat tingkat kompetisi semakin tinggi. Persaingan bisnis perhiasan yang semakin ketat, membuat pelaku bisnis perlu menyiapkan rencana dan strategi pemasaran. Pemasaran yang baik akan menjadi nilai lebih bagi pelanggan. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran menjadi poin penting yang harus pelaku bisnis perhatikan. Dengan melakukan pemasaran tingkat penjualan akan meningkat, begitu juga dengan keuntungan yang Anda dapatkan. Namun, kegiatan pemasaran sendiri memerlukan proses yang panjang dan sulit. Perlu riset yang panjang dan mendalam terkait target pemasaran dan strategi pemasaran. Pemasaran yang gagal akan sangat berpengaruh pada tingkat penjualan bisnis, tetapi Anda tidak perlu khawatir terkait hal tersebut. Aktivitas pemasaran sekarang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan software CRM unggulan. Dengan sistem ini, proses pemasaran akan menjadi lebih efektif dan terukur. 

Software CRM dapat membantu mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, mengidentifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan Anda. Sistem ini dapat membantu Anda memberikan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan bisnis perhiasan Anda.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Kesimpulan 

Bisnis perhiasan merupakan bisnis yang tidak akan berhenti. Peminat perhiasan yang terus meningkat dan manfaatnya yang terus bertambah, membuat bisnis perhiasan terus berkembang. Prospek bisnis yang menjanjikan tersebut, membuat banyak pelaku bisnis memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis perhiasan. Banyaknya pelaku bisnis perhiasan, membuat tingkat persaingan yang ketat. Pelaku bisnis perhiasan harus mengatur strategi yang tepat untuk dapat bersaing di pasaran. Pemasaran produk menjadi jalan utama untuk bisnis Anda dapat lebih unggul dari bisnis perusahaan yang lain. Penggunaan software CRM yang terintegrasi dapat membantu Anda mensukseskan proses pemasaran bisnis perhiasan Anda. Dengan sistem ini proses aktivitas penjualan dan pemasaran dapat bekerja secara otomatis. 

bisnis perhiasan

Anda dapat memilih menggunakan software CRM dari EQUIP yang telah dilengkapi dengan fitur pengelolaan tim sales, manajemen sale pepline, revenue forecast, hingga pembuatan laporan penjualan secara otomatis, untuk dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales secara sederhana. Demo software CRM EQUIP gratis sekarang untuk membantu pengoptimalan bisnis Anda.

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA