Kunci Sukses Memulai Bisnis F&B dengan Software POS

F&B adalah bisnis yang bergerak di bidang pembuatan dan penjualan makanan maupun minuman. Usaha jenis ini tentu dapat kita temui, mulai dari warteg, rumah makan sederhana, kafe, hingga restoran mewah. Hal tersebut membuktikan bahwa F&B dapat dirintis baik dengan modal besar maupun sedikit. Salah satu teknologi yang dapat membantu kelancaran bisnis F&B adalah software POS. Adanya software POS membantu untuk menjalankan transaksi kasir penjualan secara Offline, khususnya untuk sistem kasir yang berbasis Cloud. 

Selain itu, laporan keuangan akan tercatat secara otomatis dan juga akurat dengan software POS. Dengan menggunakan sistem POS juga bantu meminimalisir kesalahan perhitungan secara manual. POS membantu semuanya mulai dari menyederhanakan transaksi, mengelola sistem inventaris hingga jadwal karyawan.

Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Laporan Arus Kas untuk Pemula

DemoGratis

Daftar Isi

Alasan Bisnis F&B Anda Perlu Menggunakan Software POS

Software pos menyediakan berbagai macam fitur yang lengkap dan pastinya harus mempunyai tampilan user-friendly. Penggunaan menu serta layanan terdapat dalam software kasir. Jadi, karyawan maupun pemilik usaha lebih mudah menggunakanya. Selain penggunaannya yang mudah, ternyata software POS membantu pertumbuhan usaha Anda sehingga bisnis dapat selalu berkembang. Berikut alasan kenapa Anda perlu menggunakan software POS.

1. Mempermudah operasional harian karyawan

Dalam operasional bisnis food and beverage tentu saja ada pelanggan yang membeli. Dengan software POS jumlah pesanan dan total yang harus pelanggan bayarkan dapat dilakukan secara cepat dan praktis. Proses perhitungan selain otomatis, perhitungannya juga akurat. Sehingga selain dapat menghemat waktu, karyawan juga dapat meminimalisir kesalahan perhitungan daripada menghitungnya secara konvensional atau manual.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

2. Melayani pelanggan lebih baik

bisnis f&b
Sumber: Freepik.com

Sebagai seorang konsumen, tentu sangatlah tidak menyenangkan jika proses transaksi memakan waktu yang sangat lama dan membuat antrian panjang. Dengan software POS akan memungkinkan bisnis F&B Anda memenuhi pelayanan pelanggan dengan baik. Selain cepat, bisnis Anda juga akan bisa beradaptasi dengan tren pembayaran yang saat ini tengah berkembang. Setiap konsumen bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit, e-wallet, e-money, dll.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

3. Data atau laporan aman menggunakan cloud server

Dalam setiap bisnis F&B, data merupakan hal yang sangat penting membuat setiap bisnis F&B khawatir kehilangan data ketika menyangkut catatan transaksi. Maka dari itu untuk mencegah kehilangan data, kasir online dengan POS memanfaatkan teknologi bernama cloud server. Selain seluruh data termasuk data transaksi aman, cloud server juga membantu Anda untuk memantau atau dapat mengakses bisnis F&B dari jarak jauh dan juga cloud server membantu sinkronisasi data apabila terjadi kendala.

4. Kurangi risiko pencurian

Salah satu manfaat dari menggunakan software POS adalah mengurangi resiko pencurian karena sistem memiliki  fitur yang akan menciptakan transparansi semua proses transaksi atau setiap catatan yang dilakukan setiap harinya  akan ditemukan dengan mudah karena laporan dan data transaksi dapat tercatat dengan sistematis.

5. Pembayaran melalui digital

Software POS dapat melakukan segala bentuk transaksi, termasuk uang digital. Bahkan penyedia/perusahaan uang digital yang berkembang di Indonesia bekerjasama dengan beberapa bisnis F&B untuk mengadakan cashback. Berkat pembayaran digital, pelanggan dapat bertransaksi tanpa perlu membawa uang tunai. Cukup bermodalkan gadget dan internet, pengguna dapat melunasi tagihan dengan cepat, mudah, dan aman.

Baca Juga: Usaha Sampingan: Simak Pengertian dan Ide Menariknya!

Rekomendasi Software POS untuk Bisnis F&B

1. EQUIP POS

Equip POS
sumber: equiperp.com

Rekomendasi software POS terbaik adalah POS EQUIP. Software POS EQUIP memiliki kelengkapan fitur berteknologi canggih, baik untuk mengelola transaksi, promo pelanggan, bahkan inventaris barang hanya dalam beberapa klik saja. Software EQUIP juga memiliki tampilan yang menarik dan sederhana sehingga mudah dipelajari dan digunakan oleh berbagai kalangan. 

Semua keunggulan yang dimiliki Equip bisa Anda dapatkan hanya dengan membayar 75 ribu/bulan/user.  EQUIP POS juga menyediakan coba produk gratis untuk para pengusaha bisnis F&B yang tertarik mencoba sistem pos yang telah disediakan. Untuk lebih mengetahui fitur lengkap dari EQUIP serta mengetahui bagaimana cara kerjanya, Anda dapat mengunjungi laman software EQUIP POS terbaik.

Baca juga: Mengenal Software ERP untuk UMKM dan Tips Memilihnya

2. Hashmicro

Software terbaik selanjutnya adalah software POS dari hashmicro. Dapat dikatakan bahwa software POS hashmicro ini hanya untuk bisnis F&B dengan level enterprise. Hashmicro POS menggunakan sistem manajemen database PostgreSQL, yang menjamin keamanan dan kinerja data yang dapat diskalakan untuk banyak pengguna secara bersamaan. 

Hashmicro POS memiliki banyak fitur, salah satunya Return, Refund, & Credit Management yang mengatur proses penukaran barang, pengembalian barang, dan cicilan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara efektif. Selain itu, Hashmicro POS memiliki fitur customer & promotion management yang membantu Kelola data pelanggan dan membership, buat promosi yang dipersonalisasi, dan kalkulasikan program tersebut dalam transaksi dengan mudah, dan masih banyak fitur-fitur lainnya.

Baca juga: Apa Itu ERP serta Manfaatnya Untuk Bisnis

FnB

Kesimpulan 

Bisnis F&B adalah bisnis yang tak akan pernah redup dan bisa memberikan keuntungan dalam jumlah besar. Tentu saja, untuk meraih hal itu Anda harus melakukannya dengan sabar dan penuh strategi. Salah satunya dengan memanfaatkan software POS yang akan bantu melakukan pencatatan pembelian dari customer, memperbarui stok ketersediaan produk, membuat invoice, hingga membuat laporan keuangan secara otomatis.
Memiliki software POS merupakan investasi jangka panjang untuk bisnis Anda. Coba demo gratisnya dan transformasi bisnis Anda, bisa mulai dari mengimplementasikannya fitur menarik dan lengkap sesuai kebutuhan bisnis perusahaan. Untuk itu, produk POS EQUIP dapat menjadi pilihan software terbaik untuk kebutuhan bisnis F&B Anda.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now