Tips Mendirikan Bisnis Rumah Makan untuk Pemula

Sekarang ini sudah banyak orang yang dapat melakukan bisnis di rumah, salah satunya bisnis pada bidang kuliner yaitu rumah makan. Bisnis rumah makan adalah salah satu jenis usaha yang peluangnya sangat terbuka lebar dan dapat Anda terapkan di rumah. Ketika membuka rumah makan, Anda dapat menggunakan sistem ERP khusus untuk F&B yang terpercaya. Bisnis ini tidak hanya berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari, namun sejumlah kalangan terutama anak muda membutuhkan tempat makan yang cozy dan instagrammable.

Hal ini membuat peluang bisnis makanan semakin besar dan terbuka lebar bagi siapapun. Dengan software POS terbaik maka dapat mempersingkat waktu pendataan bisnis restoran Anda. Lalu bagaimana cara memulai bisnis rumah makan dengan mudah? Bagaimana pemasaran untuk bisnis ini? Serta apa saja kunci utama yang membuat bisnis tersebut sukses? Anda dapat menjalankan bisnis dengan mudah menggunakan sistem ERP untuk usaha rumah makan. Simak artikel ini untuk dapat mengetahui tips dan trik membuka rumah makan!

DemoGratis

 

Cara Memulai Bisnis Rumah Makan dengan Mudah

Sebelum Anda membuka bisnis rumah makan, tentunya harus membuat rencana atau strategi agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar. Adapun cara memulai bisnis restoran yang sederhana dengan mudah untuk pemula, sebagai berikut:

1. Tentukan jenis makanan

Langkah awal adalah Anda harus menentukan jenis makanan yang akan Anda pasarkan nantinya. Misalnya masakan khas jawa, pecel ayam, masakan padang, warteg, masakan timur tengah, ataupun Chinese food. Sehingga bisnis Anda dapat terarah kepada tujuan yang tepat dan dapat memasarkan dengan baik sesuai rencana. Pelanggan yang loyal akan selalu repeat order jika Anda memasarkan makanan sesuai dengan tema yang telah Anda tentukan.

2. Lakukan riset pasar

Langkah berikutnya yaitu melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan atau kesukaan target pada jenis kuliner tertentu. Pastikan Anda melakukan banyak riset dan mencari banyak sumber atau informasi mengenai jenis usaha kuliner yang akan Anda jalani. Misalnya Anda dapat memulai bisnis dengan melihat strategi dan peluang usaha yang tepat, mampu melihat peluang lebih luas, mengamati kelemahan kompetitor, dan sebagainya.

Baca Juga: Kunci Sukses Memulai Bisnis F&B dengan Software POS

3. Tentukan target

Setelah Anda menentukan jenis makanan dan melakukan riset pasar, Anda harus menentukan target kepada konsumen yang akan dituju. Penentuan target pasar dapat Anda kelompokkan berdasarkan kelompok mahasiswa, pekerja kantoran, pekerja bangunan, ataupun masyarakat di sekitar. Sehingga Anda dapat membuat harga menu sesuai dengan target yang telah Anda tentukan.

4. Tentukan lokasi rumah makan yang strategis

Dengan mengetahui siapa target bisnis, maka Anda juga dengan mudah untuk menentukan lokasi usaha. Lokasi yang tepat tentunya akan mendatangkan banyak pelanggan ke usaha Anda. Selain itu, Anda perlu memikirkan aspek atau aksesibilitas menuju restoran Anda. Lokasi yang strategis terletak tidak terlalu jauh dengan keramaian agar banyak orang yang mampir ke rumah makan Anda. 

5. Modal usaha

Setelah menentukan rancangan-rancangan diatas, memulai sebuah usaha pastinya membutuhkan modal yang cukup. Modal usaha merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam keberlangsungan usaha sebagai langkah awal. Modal yang cukup akan membuat bisnis Anda berkembang dan berjalan sesuai rancangan yang telah Anda susun. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui anggaran untuk operasional.

Baca juga: 5 Kunci Sukses dalam Memulai Usaha Rumah Makan untuk Pemula 

6. Memilih bahan baku

Membahas mengenai kualitas makanan tentunya akan berhubungan dengan bahan baku yang Anda pilih. Faktor keenam ini perlu Anda perhatikan juga agar mendapatkan kualitas makanan yang baik. Bahan baku yang berkualitas tentunya akan menghasilkan kualitas makanan yang berkualitas pula. Mengenai racikan makanan, tidak usah diragukan lagi jika pemilihan bahan baku sudah berkualitas. Anda dapat mencari informasi bahan-bahan yang berkualitas dengan melakukan survey ke beberapa supplier bahan makanan.

7. Menentukan strategi pemasaran

Langkah terakhir ketika Anda sudah merencanakan rancangan sebelum membuka rumah makan secara sederhana, yaitu menentukan strategi pemasaran. Step terakhir ini yang menentukan apakah bisnis makanan Anda akan berkembang dan maju dengan pesat atau stuck. Anda dapat melakukan pemasaran atau promosi melalui sosial media dengan jangkauan yang tak terbatas. Seluruh pengguna internet dapat mencari tahu mengenai restoran Anda ketika sudah Anda upload dan akan mendapatkan banyak insight.

rumah makan
Sumber: freepik.com

 

Tantangan Membuka Bisnis Rumah Makan

Dengan adanya peluang bisnis yang terbuka lebar, maka tentu akan semakin banyak kompetitor yang juga bersaing. Selain kompetitor juga ada rintangan internal yang akan Anda hadapi ketika menjalankan bisnis makanan. Beberapa rintangan yang mungkin Anda alami baik dari faktor eksternal maupun internal, yaitu:

  • Kendala kehabisan stok bahan baku saat sedang ramai pembeli
  • Kreativitas antar rumah makan yang harus dibedakan satu dengan yang lainnya
  • Perlunya membuat menu yang bervariasi agar konsumen tidak bosan
  • Stok bahan baku yang masih tersisa dan tidak dapat bertahan lama
  • Makanan jadi yang masih tersisa cukup banyak
  • Konsumen yang komplain karena mendapat makanan tidak sesuai pesanan

 

Kunci Utama yang Membuat Rumah Makan Sukses

Dalam bidang bisnis kuliner seperti bisnis rumah makan ini, terdapat beberapa poin utama yang harus Anda perhatikan. Hal ini bertujuan agar bisnis kuliner dapat berjalan dengan lancar. Berikut poin-poin untuk membantu bisnis rumah makan Anda menjadi sukses:

  • Cita rasa menjadi hal penting dari konsumen untuk memilih restoran tujuan.
  • Harga yang bersaing mampu membawa konsumen untuk memilih restoran Anda.
  • Tempat yang nyaman juga membuat konsumen merasa betah untuk berlama-lama singgah dan bisa menjadi spot foto untuk kenang-kenangan.
  • Kebersihan/higienis adalah hal pokok yang menjadi penilaian dari keseluruhan restoran Anda.
  • Pelayanan yang ramah menjadi nilai tambah karena pelanggan dilayani dengan sepenuh hati dan pelayanan yang cepat.
  • Variasi menu makanan juga membawa kesuksesan karena konsumen tertarik dengan tampilan yang ada di menu berbeda dengan restoran pada umumnya.

 

Kesimpulan

Bisnis rumah makan memang banyak peluang dan menjanjikan pada masa saat ini. Namun ada tantangan dan rintangan yang harus Anda hadapi. Mulai dari pemilihan konsep restoran, variasi menu, menentukan target pasar, melakukan promosi yang efektif, hingga persaingan kompetitor secara sehat. Menggunakan software ERP khusus untuk F&B terlengkap dapat membantu Anda dalam melakukan segala pengerjaan. Mulai dari pengelolaan inventaris dari supplier hingga konsumen dan mempermudah pemesanan pelanggan. Hingga Anda bisa mendapatkan laporan keseluruhan secara real-time dari seluruh cabang hanya dengan beberapa klik. Daftarkan restoran Anda dan dapatkan demo gratis sekarang!

FnB

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now