Permudah Pengelolaan Usaha Minuman Boba dengan Software F&B

Mengelola usaha minuman boba bisa menjadi sulit mengingat ada banyak faktor tertentu yang harus anda perhatikan. Ada beberapa tantangan atau tingkat kesulitan dalam berbisnis minuman boba. Beberapa diantaranya seperti tingkat persaingan yang semakin ketat karena minuman boba sudah sangat populer, ketersediaan bahan baku yang sulit dijumpai di beberapa wilayah, membuat resep boba yang unik, manajemen stok, hingga manajemen keuangan.

Jika anda tidak dapat mengelola bisnis dan keuangan dengan baik saat berbisnis minuman boba, maka usaha minuman boba anda akan tertinggal jauh dan sulit untuk meningkatkan penjualan. Ada beberapa langkah penting untuk mengelola keuangan dan usaha minuman boba. Simak panduannya di bawah ini!

DemoGratis

Kelola Penyimpanan Bahan Makanan dengan Baik

usaha minuman boba

Mengelola penyimpanan bahan makanan dengan baik, peting sekali dalam bisnis minuman boba sebab bisa berpengaruh pada keamanan dan kualitas produk akhir. Ada beberapa faktor penting dalam mengelola penyimpanan yang baik pada usaha minuman boba, berikut ini:

  • Mempertahankan kualitas produk.
  • Mencegah terjadinya pemborosan dan kerusakan bahan makaan.
  • Mempertahankan keamanan produk.
  • Efisiensi operasional meningkat.
  • Memenuhi stadar keamanan bahan pangan.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengelola tempat penyimpanan bahan baku dengan baik dalam bisnis boba, antara lain :

1. Menentukan Tempat Penyimpanan

Simpan bahan makanan menggunakan tempat yang tepat, antara lain seperti kulkas atau lemari es yang suhunya stabil. Temperatur optimal untuk melakukan penyimpanan bahan makanan sesuai jenis bahannya, maka pastikan untuk mengecek petunjuk penyimpanan dalam kemasan.

2. Pakai Label Tanggal

Memakai label tanggal di tiap bahan makanan, dengan tujuan memastikan agar bahan makanan tertentu yang disimpan lebih lama sebaiknya tidak dipakai lebih dulu dibandingkan bahan lebih baru. Jadi pastikan terlebih dahulu untuk menggunakan bahan yang akan habis masa kadaluwarsanya.

3. Cek Kualitas Bahan Makanan

Cek terlebih dahulu bahan makanan untuk dapat memastikan kualitas bahan makanan. Sebaiknya jangan simpan bahan yang terkontaminasi atau rusak, seperti makanan yang berjamur atau basah.

4. Kelola Persediaan

Sebaiknya kelola persediaan dengan baik, caranya dengan mengecek stok makanan dengan teratur guna memastikan bahwa anda tidak kehabisan stok dan bahan baku selalu tersedia. Selain itu, hal tersebut juga bisa membantu menghidari terjadinya pemborosan makanan sebab mempunyai stok makanan berlebihan.

Baca Juga :  15 Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik di Indonesia

Permudah Pencatatan Transaksi Penjualan

usaha minuman boba

Untuk dapat memudahkan sistem pencatatan transaksi usaha minuman boba, maka anda bisa mengikuti tips-tips di bawah ini :

1. Memanfaatkan Sistem POS Digital

Dengan memakai sistem POS digital, maka anda bisa mencatat seluruh transaksi penjualan dengan otomatis. Selain itu, sistem tersebut juga bisa membantu mengelola persediaan atau stok bahan dan melakukan analisa kinerja usaha anda.

2. Buat Daftar Menu dengan Jelas

Anda harus membuat daftar menu minuman yang jelas, serta mudah dipahami pelanggan. Pastikan pula untuk mencantumkan ukuran dan harga minuman.

3. Memakai QR Code

Jika mempunyai banyak jenis minuman boba, silakan gunakan QR Code atau Barcode untuk mempercepat sistem pencatatan transaksi.

4. Membuat Pencatatan Manual

Mungkin bagi yang masih belum bisa memakai sistem POS, bisa saja membuat pencatatan manual agar lebih mudah diikukti dan dipahami karyawan anda. Silakan sediakan formulit untuk pencatatan mencakup detail atau kelengkapan transaksi, antara lain nama pelanggan, jumlah, jenis minuman, waktu pembelian dan harga.

5. Lakukan Rekonsiliasi

Anda bisa melakukan rekonsiliasi dengan berkala untuk memastikan jika semua transaksi sudah anda catat dengan baik dan tanpa adanya kesalahan.

6. Mempelajari Peraturan Pajak

Sebaiknya pastikan untuk mematuhi dan memahami peraturan pajak sesuai yang berlaku bagi bisnis boba. Hal tersebut dapat memudahkan peghitungan dan pencatatan pajak anda.

Untuk memudahkan pencatatan transaksi bisnis boba agar lebih terorganisir dan lebih mudah, anda bisa menggunakan software pencatatan trasaksi dari EQUIP.

Baca Juga :  Sistem POS Restoran: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Permudah Pengelolaan Keuangan

Cara Menghitung HPP

Agar memudahkan proses pengelolaan keuangan usaha minuman boba, ada beberapa tips pengelolaan keuangan yang dapat anda terapkan :

1. Buat Laporan Keuangan Berkala

Laporan keuangan memiliki peranan yang sangat penting dalam memantau arus keuangan dan selalu mengetahui kinerja usaha. Buatlah laporan seperti laporan neraca, laba rugi, serta arus kas teratur. Selain itu, pastikan untuk melakukan update data dengan rutin dan berkala.

2. Memakai Software Akuntansi

Anda bisa memakai software akuntasi dalam mempermudah sistem pengelolaan keuangan usaha anda. Penggunaan software ini bisa membantu membuat laporan akuntansi dengan akurat dan lebih cepat.

3. Memisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Penting dalam memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Membuat rekening akun bank yang terpisah. Selain itu, jangan memakai dana pribadi untuk keperluan bisnis.

4. Mengelola Persediaan

Minuman boba mempunyai bahan-bahan makanan yang gampang rusak. Maka dari itu, anda harus melakukan pengeolaan persediaan stok makanan dengan baik agar terhindar dari pemborosan. Silakan buat sistem inventory, pastikan memantau persediaan dengan cara berkala.

5. Pilih Supplier dengan Tepat

Hal yang tidak kalah penting adalah memilih supplier terbaik yang bisa memberikan kualitas bahan dan harga kompetitif. Pastikan membuat kontrak dengan supplier dengan jelas, serta melakukan monitoring persediaan yang disediakan supplier.

6. Analisa Pengeluaran

Anda bisa melakukan analisa pengeluaran berkala dengan tujuan untuk memeriksa pos-pos mana saja yang harus anda hilangkan atau kurangi. Sehingga anda bisa memaksimalkan profit bisnis anda.

7. Membuat Rencana Anggaran

Silakan buat rencana anggaran secara realistis dan detail untuk mengelola finansial bisnis. Rencana anggaran bisa membantu memantau pengeluaran serta mengendalikan anggaran yang anda keluarkan.

Baca Juga :  Rekomendasi Aplikasi Akuntansi UMKM Terbaik untuk Bisnis Anda

Gunakan Software F&B untuk Mengatasi Semua Hal Tersebut

Jika ingin mengelola bisnis boba, anda bsa memakai berbagai software manajemen untuk resto atau software F&B. Ketika memilih software Food & Beverage untuk usaha boba, pastikan harus mempertimbangkan budget dan kebutuhan usaha anda.

Pilih perangkat lunak atau software sesuai kebutuhan usaha anda dan bisa membantu meningkatkan produktivitas usaha dan efisiensi bisnis anda.

Anda bisa meningkatkan efisiensi manajemen industri Food & Beverage hanya menggunakan satu platform. Software F&B merupakan solusi lengkap dalam mengelola keseluruhan manajemen usaha anda. Silakan optimalkan pengelolaan sistem POS, stok bahan dan juga e-menu melalui aplikasi restoran berkualitas.

Anda bisa memilih software F&B EQUIP ERP untuk mengefisiensikan sistem pengelolaan stok makanan dan juga supplier secara optimal menggunakan aplikasi restoran yang terintegrasi. Selain itu, anda bisa mengotomatiskan pengelolaan orderan pelanggan lebih mudah menggunakan software F&B.

FnB

Kesimpulan

Mengelola usaha minuman boba sangat penting untuk keberlanjutan bisnis anda. Untuk memaksimalkan proses pengelolaan bisnis, anda bisa menggunakan sistem akuntansi EQUIP yang dapat membantu keuangan usaha anda menjadi lebih teratur dan terkedali.

Software akuntansi EQUIP dipercaya oleh ratusan perusahaan lebih di Indonesia. Kelola usaha minuman boba anda sekarang juga menggunakan software yang terintegrasi dengan EQUIP. Anda bisa membuat pengelolaan bisnis F&B yang cukup kompleks menjadi lebih praktis dan sederhana melalui manajemen inventory yang tersedia sebagai salah satu fitur EQUIP. Coba demo gratis softwarenya di sini.

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now