Tips Sukses Membuka Bisnis Toko Elektronik dengan Modal Kecil

Penjualan produk elektronik saat ini terus meningkat baik secara offline maupun online. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya masyarakat yang sangat memerlukan barang-barang elektronik untuk mempermudah kehidupan sehari-hari. Karena tingginya kebutuhan masyarakat terkait kebutuhan elektronik, apalagi ditambah dengan kemunculan tren belanja online. Dengan meningkatnya permintaan pasar tentu saja akan meningkatkan pendapatan toko elektronik Anda.

Mungkin akan sangat merepotkan untuk mencatat seluruh transaksi bisnis secara manual, oleh karena itu gunakan sistem akuntansi terintegrasi untuk membuat laporan keuangan secara otomatis. Anda dapat membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap, mulai dari transaksi, laba rugi, pengeluaran, dan transaksi lainnya dalam hitungan menit dengan menggunakan sistem akuntansi otomatis.

Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan keuangan usaha toko elektronik Anda dengan menggunakan sistem yang lengkap. Dengan bantuan sistem akuntansi terunggul, Anda tidak perlu lagi takut terjadi kesalahan yang tidak diinginkan seperti human error. Sistem ini membantu Anda mengelola keuangan, arus kas, hingga pembuatan laporan keuangan dengan lebih mudah. Software akuntansi EQUIP menyediakan berbagai macam desain template untuk pembuatan invoice, struk, dan voucher. Gunakan bantuan sistem Akuntansi sekarang untuk memudahkan Anda mengelolah bisnis toko elektronik. Selain itu, berikut ini pembahasan lebih lanjut terkait cara memulai bisnis toko elektronik agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca juga: 5 Tips Jitu untuk Sukseskan Bisnis Elektronik Anda

Vendor

 

Cara Memulai Bisnis Toko Elektronik dengan Modal Kecil

Memulai bisnis toko elektronik pastinya membutuhkan modal usaha. Anda tidak perlu khawatir dengan modal usaha yang minim, Anda dapat mendapatkan modal usaha yang cukup besar dengan mengajukan pinjaman dana. Dengan membuat pengajuan penawaran bisnis  kepada baik keluarga, teman, rekan kerja, investor, dan lainnya.

Selanjutnya Anda juga dapat melakukan pengajuan pinjaman modal dari Lembaga perbankan. Tentu saja, pinjaman ini memiliki risiko yang harus Anda tanggung. Dengan melakukan pinjaman maka Anda diwajibkan untuk secara berkala melakukan pengembalian pinjaman yang ditambahkan dengan bunga yang telah ditentukan. Anda harus yakin bahwa Anda dapat mengembalikan pinjaman yang telah Anda pinjam.

Selain dengan pinjaman, Anda juga dapat menjalankan toko elektronik bahkan tanpa modal dengan mencari mitra bisnis kerja. Anda harus menjalin hubungan dengan pedagang elektronik atau pemilik produk elektronik untuk menjadi pemasok toko elektronik Anda. Sebagai pemilik produk elektronik, baik importir maupun produsen mempercayakan produk mereka kepada Anda.

Tugas Anda hanyalah menjual produk elektronik kepada pelanggan. Anda dapat memasarkan produk baik secara online maupun offline. Penjualan toko elektronik secara online mungkin akan lebih menguntungkan mengingat biaya kebutuhan toko offline lebih banyak. Dengan penjualan secara online, Anda dapat menjualkan produk tidak terbatas ruang dan waktu.

 

Tips Mengelola Bisnis Toko Elektronik

pengelolaan Toko elektronik

Pengelolaan bisnis yang baik diperlukan untuk mensukseskan bisnis Anda. Untuk dapat mengelola sebuah bisnis bukanlah perihal yang mudah, begitu juga bisnis toko elektronik.  Terlebih lagi bagi seorang yang baru memulai bisnis. Banyak hal yang perlu Anda siapkan dengan matang dalam mengawali bisnis toko elektronik. Berikut ini beberapa tips untuk dapat sukses mengelola bisnis toko elektronik:

Pengetahuan pengalaman

Dalam memulai segala segala sesuatu, hal terpenting adalah dengan mencari tahu terlebih dahulu. Sama halnya dengan memulai bisnis, Anda perlu untuk memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai bisnis Anda. Pengetahuan dan pengalaman terkait bisnis tentu saja membantu Anda dalam meengerti pengelolaan bisnis dan dapat dengan mudah menjalankannya. Ketika Anda membuka toko elektronik pastikan Anda mengetahui secara persis barang yang Anda jual.

Dengan pengetahuan terkait produk yang Anda jual, pelanggan akan lebih percaya dan yakin dengan tawaran yang diberikan. Pelanggan akan merasa Anda tidak hanya menjual barang yang mereka butuhkan, tetapi juga memberikan informasi berguna terkait produk yang mereka cari. Mereka akan lebih mudah dalam memutuskan untuk membeli produk Anda. Ini akan membuat banyak pelanggan puas dan Anda pasti akan mendapatkan keuntungan lebih.

Menentukan jenis produk elektronik atau spesialisasi

Banyak sekali tipe benda elektronik yang dapat Anda jual, contohnya seperti blender, mixer. Kulkas, kipas angin, mesin cuci, laptop, tv, air conditioning, audio system, dan lain sebagainya. Beberapa elektronik tersebut dapat menjadi pilihan Anda untuk memutuskan jenis produk elektronik apa yang ingin Anda jual. Untuk mensosialisasi atau memastikan jenis produk yang akan Anda jual. Pilihlah produk yang sedang populer dan laris dipasaran. Ikuti kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda untuk menciptakan pangsa pasar yang besar. 

Temukan supplier elektronik terbaik

Menemukan supplier elektronik terbaik adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan pemasok dengan harga dan kualitas terbaik, Anda akan dengan mudah menentukan harga dan menjual barang yang Anda jual. Anda dapat membuka toko elektronik dengan modal yang lebih sedikit. Toko elektronik dapat berjalan dengan sistem pemasok menitipkan barang kepada Anda, dan Anda hanya perlu menjualkan produk yang telah pemasok titipkan.

Anda juga dapat menjalankan sistem jual beli ataupun dropship sekalipun dengan pemasok. Dengan sistem dropship anda harus terlebih dahulu mencari pemasok yang terpercaya, dan kemudian menjalankan Kerjasama. Alasan tersebutlah yang membuat supplier terbaik dapat mensukseskan bisnis Anda. Anda dapat memanfaat sistem Procurement dari EQUIP untuk mendapatkan pemasok dengan penawaran terbaik. 

Memahami tren pasar elektronik

Untuk dapat laku dipasaran Anda perlu untuk mengikuti keinginan konsumen. Memahami tren pasar elektronik menjadikan bisnis Anda tidak tertinggal dengan competitor Anda. Anda harus selalu memperbarui produk yang Anda jual untuk dapat memberikan kualitas baik dari segi produk dan juga model produk. Sehingga, konsumen akan mengenal toko elektronik Anda menjadi toko yang lengkap dan up to date.

Baca Juga: Dapatkan Riset Pasar yang Aktual dengan Bantuan Google Trends

Maksimalkan promosi online toko elektronik

Selain dengan mengutamakan kualitas dan pelayanan, tips terakhir tidak kalah penting yaitu dengan melakukan pemasaran yang tepat. Promosi online dapat menjadi pilihan Anda. Dengan memaksimalkan promosi, bisnis Anda mungkin akan lebih dikenal oleh banyak orang. Kemudahan dalam mendapatkan informasi terkait bisnis Anda, tentu saja akan menarik minat beli pelanggan dalam bisnis Anda. Dengan begitu Anda dapat meraih keuntungan yang lebih besar.

 

Kendala yang Sering ditemui saat Membuka Bisnis Toko Elektronik

Kendala dalam menjalankan usaha ini adalah kurangnya modal untuk mengembangkannya. Hal ini karena, membuka dan menjalankan bisnis elektronik membutuhkan modal usaha yang banyak dan  persaingan yang ketat dalam bisnis ini. Di sisi lain, setiap pengusaha membutuhkan informasi yang akurat tentang keuangan dan status perusahaannya saat ini. Pelaporan keuangan sangat mendasar dan juga mempertimbangkan apa  yang perlu Anda lakukan untuk menjaga bisnis Anda terus berkembang.

Laporan Keuangan Tahunan merupakan salah satu dasar  pengambilan keputusan agar bisnis tetap berjalan. Oleh karena itu, kesalahan dalam penyusunan laporan keuangan harus terminimalisir dengan sistem akuntansi yang baik. Selain itu, semua transaksi bisnis yang telah terjadi setidaknya dalam 6 tahun terakhir harus tercatat. Ini termasuk faktur, kuitansi, pengeluaran atau rincian pengeluaran, gaji dan pengeluaran pajak.

Baca juga: Fungsi Laporan Posisi Keuangan untuk Perkembangan Bisnis Anda!

 

Pencatatan Keuangan dengan Aplikasi Akuntansi EQUIP

Hal penting yang harus selalu bisnis awasi adalah mengenai pencatatan keuangan toko. Arus kas dalam bisnis merupakan hasil nyata dari usaha yang telah Anda jalankan. Untuk mengetahui apakah bisnis berjalan sesuai target dan mendapatkan keuntungan adalah dengan membuat laporan keuangan. Sebuah bisnis harus selalu mencatat secara detail pengeluaran, pendapatan, aset, dan transaksi keuangan bisnis terkait. Membuat catatan keuangan juga dapat menjadi penentuan perencanaan strategi bisnis kedepannya. Dengan membuat laporan keuangan yang baik akan menciptakan arus kas bisnis yang sehat dan dapat mendeteksi kekurangan bisnis lebih awal. 

Jika bisnis yang Anda jalankan masih berskala kecil, mungkin pembuatan catatan keuangan masih dapat Anda lakukan secara manual. Tetapi, dengan bantuan sistem akuntansi dari EQUIP laporan keuangan bisnis Anda akan lebih efisien dan menghemat waktu. Dengan sistem ini Anda dapat melacak semua jenis transaksi untuk mengatur operasi bisnis Anda dengan lebih baik. Memiliki berbagai jenis fitur yang perusahaan butuhkan dalam proses pengelolaan keuangannya, seperti  akun analitik, dan lain lain laporan keuangan Anda akan terkelola dengan baik.

 

Mengelola Stok Gudang dengan Aplikasi Inventaris EQUIP

Pengadaan barang di toko elektronik mungkin dapat menjadi masalah dalam bisnis Anda. Terdapat penjualan meningkat pada waktu-waktu tertentu yang mungkin tidak terduga. Pada masa peningkatan tren penjualan elektronik ini, memerlukan perencanaan yang cermat untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menghindari barang berlebihan di Gudang.

Sistem inventaris terhandal dapat membantu Anda mengkoordinir semua produk yang Anda butuhkan secara otomatis. Sistem manajemen inventaris EQUIP menyediakan manajemen inventaris yang akurat, manajemen bahan baku, dan fitur canggih lainnya untuk memastikan  inventaris yang komprehensif setiap saat. Tingkatkan efisiensi manajemen inventaris secara real time di puluhan toko dan gudang.

 

Kesimpulan

Membuka toko elektronik bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda, karena Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Untuk mendapatkan keuntungan ini Anda harus memastikan semua strategi bisnis elektronik Anda telah terkelola dengan baik. Pencatatan arus kas bisnis Anda juga merupakan hal yang sangat penting untuk dapat melihat keuntungan yang Anda dapatkan. Kelola keuangan, arus kas, hingga pembuatan laporan keuangan toko elektronik Anda dengan lebih mudah menggunakan Sistem Akuntansi EQUIP. Anda dapat mengotomatiskan pencatatan pembayaran dari pelanggan ataupun pembayaran ke vendor dalam satu sistem yang terintegrasi. Demo gratis sistem Akuntansi untuk toko elektronik Anda sekarang, dan buktikan kemudahan yang didapatkan.

toko elektronik

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA