5 Tips Jitu untuk Sukseskan Bisnis Elektronik Anda

Bisnis elektronik saat ini memiliki prospek yang besar untuk dapat berkembang kedepannya. Hal ini, tentu saja berkaitan dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Hampir semua orang membutuhkan alat elektronik dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, para pelaku bisnis elektronik harus terus berinovasi untuk dapat menjadikan produknya lebih diminati pasar.

Untuk mencapai hal tersebut, tentu perusahaan harus melakukan riset untuk dapat menargetkan pasar yang tepat. Anda dapat menyederhanakan kegiatan pemetaan pelanggan dengan sistem CRM terlengkap berdasarkan profiling dari pelanggan Anda. Dengan sistem CRM yang terintegrasi ini Anda dapat meningkatkan kualitas prospek bisnis dan meningkatkan penjualan bisnis elektronik Anda.

Meningkatnya kebutuhan khalayak terhadap barang elektronik membuat banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk bersaing dalam bidang bisnis ini. Banyaknya pesaing dalam bisnis elektronik, mungkin dapat menjadi hambatan bagi bisnis Anda dalam menjual dan memasarkan produk atau jasa yang Anda berikan. Selain dengan terus berinovasi, tentu saja Anda membutuhkan promosi yang baik dalam penjualan.

Gunakan bantuan sistem CRM terandal untuk mengotomatiskan pengelolaan proses penjualan bisnis Anda. Optimalkan pengelolaan saluran penjualan bisnis termasuk manajemen pelanggan hingga lead dengan fitur terlengkap dan termudah dari sistem CRM EQUIP.

Baca juga: 7 Tips Memulai Bisnis Handphone dengan Software Retail

bisnis Elektronik

 

Ide Bisnis Elektronik yang Menarik

Bisnis elektronik merupakan salah satu bidang bisnis yang menjanjikan. Meningkatnya permintaan masyarakat akan produk elektronik telah menyebabkan munculnya bisnis elektronik. Karena itu, peluang keberhasilannya sangat tinggi. Bisnis elektronik ini memiliki peluang yang besar mengingat banyaknya cabang bisnis. Produk elektronik ini dapat mengalami malfungsi atau rusak saat digunakan. Sementara itu, layanan purna jual resmi biasanya hanya tersedia di kota-kota besar dan cukup langka pada daerah tertentu.

Tidak semua merek menawarkan layanan ini. Tentu saja hal ini merugikan konsumen, namun hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Selain itu, teknologi dan informasi terus berkembang. Tentu saja ini akan menguntungkan bisnis elektronik Anda pada pemasaran produk dan jasa. Dengan bantuan sistem CRM terunggul Anda dapat mempermudah pemasaran usaha Anda dan memanfaatkannya sebaik mungkin untuk meraih keuntungan. Berikut ini, beberapa peluang bisnis lainnya yang dapat Anda coba:

Jual beli barang elektronik

Ada banyak jenis produk elektronik yang tersedia untuk dijual. Ada barang-barang rumah tangga seperti lemari es, mesin cuci, dan oven microwave. Hal-hal yang berhubungan dengan hobi termasuk komputer, laptop, tablet dan smartphone. Meski memerlukan biaya yang cukup besar dalam menjalankan bisnis ini, Anda dapat mengambil solusi dengan menggunakan e-commerce untuk memulai bisnis jual beli barang elektronik.

Jangkauan yang luas, membuat Anda tidak membutuhkan banyak modal untuk membuka toko fisik. Namun, jika Anda memiliki  modal, tidak ada salahnya membuka toko fisik di tempat yang sekiranya strategis dan mudah diketahui orang.

Servis alat elektronik

Teknisi elektronik harus dapat memperbaiki semua jenis perangkat elektronik dengan andal. Jika Anda ahli di bidang elektronika, tidak ada salahnya memulai bisnis jasa elektronik. Bisnis ini sangat memudahkan bagi siapa saja yang sangat tertarik dengan elektronik. Pastinya banyak orang yang perlu memperbaiki perangkat elektroniknya.

Misalnya perabot rumah tangga, mobil, alat elektronik, smartphone, dan lainnya. Semua barang ini banyak masyarakat miliki. Harga produk elektronik itu sendiri tidaklah murah. Karena itu, jika rusak, orang akan lebih memilih untuk memperbaikinya daripada membeli yang baru. Jika Anda bisa memperbaikinya, Anda bisa mencobanya. Tidak perlu modal yang besar bisnis bidang ini cukup menggiurkan, terutama di daerah sekitarnya.

Baca Juga: Usaha Sampingan: Simak Pengertian dan Ide Menariknya!

Membuka pelatihan

Jangan hanya membuka layanan perbaikan, pengetahuan yang  Anda dapat sangat bermanfaat jika dibagikan kepada orang lain. Sehingga, bisnis pada bidang ini juga patut untuk dicoba sebagai pelatih layanan perbaikan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendapatkan uang dari layanan perbaikan, tetapi Anda juga menjadi seorang mentor.

Oleh karena itu, layanan ini bisa menjadi peluang besar. Mengingat banyak orang yang tertarik untuk mengikuti pelatihan ini, karena keahlian dan keterampilan mereka di bidang kelistrikan bisa menjadi sumber penghasilan  mereka. Tidak perlu menetapkan biaya pelatihan yang tinggi selama fase pengujian, berikan harga terbaik yang dapat Anda berikan.

Jasa perakitan

usaha servis
Sumber: freepik.com

Selain jasa, terdapat jenis usaha jasa lainnya  yaitu jasa perakitan. Anda dapat membuka layanan perakitan komponen elektronik. Elektronik yang dapat dibangun mencakup berbagai PC game, pengisi daya, bank daya, dan  banyak lagi. Jika Anda memiliki kemampuan untuk merakit komponen elektronik, membuka layanan pembuatan microchip atau modul, dapat menjadi pilihan Anda dalam memulai bisnis. 

Jual komponen elektronik

Selanjutnya adalah bisnis elektronik dengan menjual komponen elektronik. Untuk memulai bisnis yang menjual komponen elektronik, Anda membutuhkan orang yang memahami dunia elektronik di dalam dan di luar. Bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, mengingat keperluan untuk membuka toko offline. Tetapi Anda dapat menghindarinya, Anda bisa menggunakan media online sebagai metode pemasaran.

Dengan lebih banyak usaha, Anda dapat mempromosikan elektronik Anda ke berbagai perusahaan atau produsen. Bahkan, Anda juga dapat mempromosikan bisnis Anda kepada Mahasiswa  Fakultas Teknik yang sering membutuhkan komponen elektronik untuk tujuan dan tugas praktis. Anda dapat menggunakan sistem inventory otomatis untuk selalu mengecek ketersediaan stok komponen elektronik bisnis Anda.

 

Tips Sukses Memulai Bisnis Elektronik

Dalam membuka upaya elektronik bukanlah perihal yang gampang. Terlebih untuk seseorang pendatang baru. Dibutuhkan jenjang serta langkah- langkah dalam mengawali upaya elektronik. Selanjutnya ini, tips sukses memulai bisnis pada bidang usaha elektronik baik bagi pendatang baru dengan modal kecil dari dini hingga sedia buka ataupun yang sudah lama terjun dalam bisnis ini.

Menentukan jenis produk elektronik

Terdapat banyak tipe benda elektronik yang dapat Anda jual dengan cara online serta offline. Seperti kulkas, penanak nasi, playstation, dapur, blender, mixer, kipas angin, mesin mencuci, laptop, pc, tv, antena parabola lalu receiver, radio, air conditioning ataupun pendingin ruangan, audio sistem sampai perabotan rumah tangga yang lain. Dalam memastikan tipe produk Anda wajib memilah tipe produk elektronik yang lagi populer serta laris manis saat ini. Ciptakan pangsa pasar yang besar dengan mengikuti kebutuhan dan keinginan dari pelanggan Anda. Targetkan pasar bisnis Anda dengan tepat menggunakan sistem CRM terbaik bagi enterprise.

Kalkulasi modal bisnis elektronik

Sehabis memastikan jenis produk elektronik yang akan dijual, tahap selanjutnya adalah menyiapkan modal usaha, untuk membuka usaha elektronik. Namun jika Anda hanya memiliki modal yang minim, Anda dapat menggunakan solusi modal yang kecil dengan usaha elektronik secara online. Anda juga dapat mendapatkan modal upaya yang cukup besar untuk pendirian gerai elektronik online atau offline dengan upaya pinjaman. Anda dapat mengajukan ide usaha yang kemudian, setelah itu mengajukan pinjaman dana baik dengan orang terdekat atau pada pinjaman resmi seperti bank.

Baca Juga: Pentingnya Laporan Penjualan untuk Bisnis Anda, Simak Artikel Ini!

Temukan supplier elektronik terbaik

Anda dapat memulai bisnis elektronik dengan modal yang kecil, tetapi Anda harus memiliki supplier atau agen elektronik sebagai pemasok. Dengan menggunakan kerjasama silih profitabel sistem titip jual, Anda dapat memulai bisnis dengan modal yang sedikit. Pemasok akan menitipkan produknya dan Anda hanya perlu menjualkan produk yang telah pemasok titipkan dengan harga yang Anda tentukan. Metode pemasaran benda elektronik ini dapat dengan cara online maupun offline.

Anda juga dapat menjual benda elektronik dengan cara dropship. Terlebih dulu kamu mencari pemasok produk elektronik yang terpercaya. Setelah itu menjalankan kerjasama sistem dropship. Berikutnya kewajiban Anda hanyalah mengunggah gambar produk elektronik yang dijual di media sosial, marketplace, web serta lainnya untuk pemasaran produk. Anda dapat memanfaat sistem Procurement dari EQUIP untuk mendapatkan pemasok dengan penawaran terbaik.

Memahami trend pasar bisnis elektronik

tren pasar usaha elektronik
Sumber: Freepik.com

Trend pasar elektronik tiap tahun menghadapi pergantian. Supaya tidak tergerus oleh masa, hendaknya mengikuti kemajuan yang terjadi. Alhasil dengan melakukan hal tersebut, gerai Kamu senantiasa up to date, memiliki kualitas baik dari segi produk maupun modelnya. Dengan begitu bisnis kamu juga akan diketahui oleh pelanggan sebagai gerai yang komplit dan modern.

Maksimalkan promosi online 

Bila mengawali usaha dari awal, Anda perlu membuat upaya branding atau pengenalan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat akun media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter. Selain itu, sebaiknya pula buat promo yang termanajemen dengan baik, untuk menarik pelanggan memakai pelayanan ataupun membeli produk Anda.

 

Bagaimana Software CRM Bantu Mengembangkan Bisnis Elektronik

Kompetisi bidang usaha elektronik yang lumayan kencang, membuat pelaku bidang usaha ini wajib ekstra bekerja keras untuk memastikan strategi bidang usaha supaya bisa memenangkan kompetisi pasar. Pemasaran produk menjadi fokus penting untuk dapat meningkatkan penjualan. Banyaknya usaha elektronik, membuat Anda harus lebih menonjolkan keunggulan dari bisnis yang Anda miliki, agar khalayak memilih bisnis Anda. Strategi penjualan yang bisa pelaku bidang usaha elektronik jalani adalah dengan memberikan edaran ataupun brosur.

Tidak hanya itu, dapat pula dengan memasang promosi pada bermacam media, semacam media cetak, media elektronik, ataupun papan iklan di bermacam posisi strategis kota Anda. Tujuan dari pemasaran ini adalah agar warga mengenali kehadiran bisnis Anda. Melaksanakan pemasaran di media sosial juga dapat menjadi opsi yang pas dalam pemasaran, mengingat jangkauannya yang luas. Anda juga dapat menggunakan promosi seperti pemberian bonus, potongan harga, ataupun keuntungan lebih bagi pelanggan bisnis Anda. 

Dengan sistem CRM terlengkap, Anda dapat menjalankan semua proses pemasaran tersebut secara otomatis dan mudah. Software CRM membantu perusahaan mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, identifikasi prospek, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik.

Software CRM EQUIP telah dilengkapi dengan fitur pengelolaan tim sales, manajemen sales pipeline, revenue forecast, hingga pembuatan laporan penjualan otomatis. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, pebisnis juga dapat mengelola penjualan dan memantau kinerja tim sales secara sederhana.

 

Kesimpulan

Bidang usaha Elektronika merupakan salah satu bidang usaha yang menjanjikan. Maraknya keinginan warga terkait barang elektronik menimbulkan bidang usaha elektronik ramai dipasaran. Perihal dengan hal tersebut, membuktikan jika kesempatan dalam bidang bisnis ini sangatlah menguntungkan. Permohonan pelanggan kepada beberapa barang elektronik yang sedang meningkat, membuat banyak pelaku bisnis mulai terjun pada bisnis elektronik. Dengan banyaknya pelaku usaha dalam bidang ini, maka perlu adanya inovasi produk dan pemasaran yang baik untuk dapat bersaing.

Bisnis Elektronik

Kunci keberhasilan bidang usaha elektronik adalah meneliti dan meriset pasar serta mengikuti kemajuan teknologi kala ini. Dengan menyediakan produk elektronik yang up to date, alhasil bisa menciptakan produk terkini yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. disamping itu pemasaran yang baik akan meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar. Gunakan sistem CRM dari EQUIP untuk mengotomatisasi proses pemasaran bisnis Anda. Demo gratis sekarang sistem CRM EQUIP dan mulai tingkatkan kualitas prospek bisnis Anda sekarang juga! Dapatkan update penjualan dan aktivitas tim sales secara real-time.

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA