10 Strategi Email Marketing yang Efektif untuk Hasilkan Penjualan

Dari berbagai bentuk strategi pemasaran yang terus bermunculan, email marketing masih jadi salah satu andalan bagi banyak perusahaan. Karena, perusahaan menilai aktivitas mengirim email ini efektif untuk membangun koneksi kepada para pelanggan. Terlebih jika perusahaan menggunakan aplikasi penunjang seperti software CRM EQUIP pasti lebih efektif. Dengan fitur marketing automation membantu Anda dapat menambahkan atau menghapus klien dari daftar pemasaran ulang berdasarkan perilaku mereka, dapat secara otomatis menelepon atau mengirim email ke klien dengan sistem, beberapa hari sebelum periode berlangganan mereka berakhir. 

Anda dapat sepenuhnya mengotomatiskan saluran penjualan untuk mendorong mereka bertransaksi. Mengirimkan email marketing secara gratis pada software CRM dengan mengelompokkan prospek berdasarkan tindakan dan tanggapan mereka. Setiap pengguna dapat menggunakan akun email terpisah atau Anda dapat menetapkan satu alamat email lalu menggunakannya untuk semua. Semua pesan akan disinkronkan dengan sistem CRM, dan menambahkannya ke data CRM yang sesuai. Lalu, apa itu email marketing, jenis-jenis beserta strateginya? Anda bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini!

email marketing

Daftar Isi

Pengertian Email Marketing

Pengertian email marketing adalah salah satu strategi yang dapat memberikan dua hasil positif, yakni membangun relasi dengan pelanggan sekaligus memperkenalkan produk kamu, baik barang maupun jasa secara jelas dan terperinci.

Sedangkan berdasarkan penjelasan dari Wikipedia, email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersial seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan email atau surat elektronik.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

Alasan Mengapa Email Marketing Penting dalam Pemasaran

Setelah mengetahui apa itu email marketing, Ada berbagai alasan kenapa harus menggunakan email marketing sebagai sarana untuk memasarkan produk Anda. Berikut alasannya:

1. Bersifat personal

Email merupakan sebuah aplikasi yang sangat personal. Artinya yang bisa mengakses hanya orang yang punya akun saja. Karena sifatnya yang sangat personal ini, email marketing bisa menjadi sebuah strategi pemasaran yang yang efektif. 

Caranya adalah dengan menggunakan personalisasi email, yaitu dengan menyebutkan nama penerima email satu per satu. Kesan seperti itu menimbulkan kesan lebih personal ke pelanggan sehingga membuat mereka menjadi lebih memperhatikan email anda.

email marketing
Source: freepik.com

2. Jangkauan lebih luas

Email marketing memiliki jangkauan hingga seluruh dunia. Dengan begitu, otomatis jangkauan promosi bisnis anda menjadi jauh lebih luas. Anda bisa mengirimkan pesan ke berbagai negara seperti tanpa jarak hanya dengan sekali klik. Bayangkan saja jika Anda dapat mengirimkan email ke pelanggan diseluruh dunia, pasti rekrut pembeli semakin mudah.

Baca juga: Pentingnya Brand Awareness bagi Kesuksesan Bisnis Anda

3. Lebih mudah dalam berinteraksi dengan pelanggan

Email marketing adalah sistem promosi online yang juga dilengkapi dengan respon otomatis. Seberapa banyak pelanggan yang mengirimkan email kepada Anda, langsung email tersebut dibalas secara otomatis, melakukan unsubscribe, dan menandai sebagai spam hingga mengatur preferensi email.  Anda hanya perlu melakukan pengecekan sewaktu melakukan monitoring pada email pemasaran bisnis. Hal ini membuat Anda lebih santai dalam mempromosikan produk secara online.

Baca juga: Leads Adalah: Pengertian, Macam, dan Pentingnya bagi Perusahaan

4. Hemat biaya dan waktu

Selain biaya koneksi internet, menggunakan email pada dasarnya bisa secara gratis. Salah satu manfaat komunikasi email adalah Anda dapat mengirim pesan, file, video, dokumen, dan presentasi sebanyak yang diinginkan tanpa harus membayar apa pun. Email marketing memiliki biaya yang cukup murah daripada harga digital marketing lainnya. meskipun harga pembuatan email marketing murah namun, kualitasnya tidak murahan. 

5. Mudah terukur

Email marketing memiliki fitur yang dinamakan dengan analytics tools. Fitur tersebut bisa anda gunakan untuk mengukur seberapa efektifkah campaign yang anda lakukan. Dengan analytics tools, anda bisa tahu ada berapa banyak orang yang membuka email, mengklik tombol CTA, dan sebagainya.

Dengan begitu, anda menjadi lebih tahu preferensi target konsumen, anda bisa menganalisa strategi mana yang efektif. Setelah itu, anda bisa melakukan upaya agar strategi anda menjadi lebih efektif lagi untuk kedepannya.

pemasaran digital
Sumber: Freepik.com

Baca juga: Manfaat E-Commerce untuk Maksimalkan keuntungan Bisnis Anda!

Jenis-jenis Email Marketing

1. Newsletter

Pengertian newsletter adalah pesan yang berisikan berbagai macam informasi, mulai dari promo, rencana event, voucher diskon, hingga penawaran produk terbaru. Hal yang perlu Anda ingat, pasti setiap kali membuat email pemasaran adalah apakah konten tersebut bisa membantu untuk menjaga hubungan kamu dengan pelanggan dan memperkuat loyalitas dari pelanggan tersebut.

2. Acquisition email

Acquisition email berfungsi untuk menargetkan calon pelanggan kamu yang belum melakukan transaksi. Kamu bisa membuat penawaran menarik dengan konten-konten yang informatif. Tunjukkan juga bahwa dengan menjadi pelanggan bisnis Anda, maka mereka bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang seimbang.

3. Retention email

Retention email adalah pesan yang berisi informasi penting yang digunakan untuk membuat pelanggan menggunakan brand perusahaan mereka serta untuk menjaga hubungan yang ada di antara keduanya. Dengan mengirimkan email ini diharapkan pelanggan yang sudah ada akan melakukan pembelian ulang dari produk tersebut.

4. Promotional email

Email promosi bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta membantu pelayanan dan promosi produk lebih efektif. yang menerima email promotional adalah orang yang telah mendaftarkan alamat emailnya dalam list tertentu melalui form atau dengan cara lain. Contohnya adalah ketika Anda berbelanja di marketplace yang sistemnya sudah otomatis.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Strategi Membuat Email Marketing yang Berkualitas

1. Gunakan tools email marketing

Dalam email marketing, Anda perlu membuat tampilan email yang menarik, menambahkan gambar, video, landing page website, dan lainnya. Ini semua dilakukan supaya tujuan strategi marketing Anda tercapai.  Untungnya, semua urusan terkait email pemasaran tadi bisa lebih mudah dengan platform atau tools email marketing. Contohnya SendinBlue, Mailchimp, dan lain lain.

2. Buat email list pelanggan Anda dan segmentasikan

Strategi email marketing berikutnya adalah membangun email list. Email list adalah daftar email dan data diri lainnya dari target konsumen Anda. Berikan penawaran menarik yang bisa mereka dapatkan agar pelanggan memberikan informasi pribadinya. Tujuan dari membangun email list ini adalah untuk mempromosikan produk atau layanan ke target konsumen yang memang potensial. 

3. Buat CTA, popup, form yang mobile friendly

CTA atau call to action adalah tombol untuk mendorong pengunjung website melakukan tindakan seperti subscribe email. Perhatikan dengan baik tempat kalimat atau tombol CTA supaya menarik perhatian dan tidak mengganggu pengalaman pengunjung website

4. Lakukan email blast

Email blast adalah sebuah strategi untuk mengirimkan satu email pada sekelompok orang secara bersamaan. Strategi ini umumnya digunakan ketika seseorang perlu mengirimkan pesan yang sama kepada banyak penerima. Buatlah daftar alamat email pelanggan yang akan Anda tuju. Lengkapi juga informasi lainya seperti usia, jenis kelamin, wilayah tempat tinggal maupun demografi lainnya. Nantinya daftar ini dapat menjadi database yang tidak hanya berguna untuk email blast tapi juga keperluan marketing lainnya.

pemasaran digital
Sumber: Freepik.com

5. Tingkatkan open rate email dengan personalisasi email

Sebelum mengirimkan email, pastikan Anda sudah punya domain yang tepat. Mengapa? Nama domain yang tepat membantu Anda memiliki alamat email yang profesional. Buatlah Email yang personal dan akrab dengan pengumpulan data ketika pelanggan melakukan sign-up ke website Anda. 

Lalu gunakan data personal itu dalam email. Misalnya, tambahkan nama pelanggan ke subjek email ketika mengirimkan email pemasaran. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan CTR atau jumlah klik. Sebab, pelanggan merasa email itu benar-benar terkirim khusus kepadanya.

6. Jangan memasukkan kalimat yang bersifat spam

Sebelum mengirim pesan, ada baiknya Anda mengecek apakah pesannya rawan masuk ke kotak spam, maka gunakanlah kalimat yang tepat dan menarik. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan email spam checker. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi mail tester. Jadi, alat ini akan menilai seberapa besar kemungkinan pesan Anda masuk ke kotak spam. Penilaiannya ditampilkan dalam bentuk skor. Semakin rendah skornya, semakin besar kemungkinan pesan Anda masuk ke kotak spam, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Strategi Content Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness Perusahaan

7. Optimasi email marketing Anda

Optimasi email penting untuk meningkatkan konversi dalam strategi email marketing. Subject line berperan untuk meningkatkan kemungkinan email yang Anda kirim dibuka oleh penerimanya. Jelaskan secara singkat penawaran menarikmu. Buatlah email Anda terasa personal dengan mencantumkan nama penerima. Selain itu, jangan gunakan kalimat yang mengandung clickbait. Lebih baik, berikan kalimat call-to-action untuk mengajak konsumen meng-klik tautan yang terdapat dalam email.

8. Lakukan analisis performance email marketing

Langkah yang tak boleh terlewatkan dalam melakukan email marketing adalah menganalisis performanya. Tujuannya, untuk mengukur efektivitas campaign Anda. Sehingga Anda bisa melakukan evaluasi jika perlu. Perhatikan berapa banyak email yang terkirim, dibuka, tautan dalam email yang di-klik, dan tingkat konversi yang terjadi setelah pengiriman email. Anda bisa mendapatkan hasil analisis tersebut melalui platform email marketing yang Anda pakai. 

9. Gunakan software CRM untuk mengintegrasikannya

Strategi yang terakhir adalah dengan menggunakan software CRM. Seperti software CRM EQUIP yang mencakup modul mulai tim pemasaran, penjualan, dan layanan Anda untuk berkolaborasi di seluruh hubungan dengan pelanggan. Software ini membantu Anda mengelola hubungan baik dengan pelanggan maupun penjualan. 

Software CRM secara otomatis menyimpan semua detail interaksi pelanggan. Segmentasi ini akan membantu Anda membuat email campaign yang lebih personal dan relevan dengan calon konsumen. Jadi, kemungkinan pelanggan mengklik email jadi lebih besar, bukan?

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

Kesimpulan

Email marketing merupakan tools yang cukup efektif untuk menjangkau pelanggan. Apalagi, manfaat dari email marketing bisa Anda peroleh dengan budget yang lebih murah. Namun, jangan lupa untuk benar-benar memperhatikan strategi email marketing yang tepat. Software CRM EQUIP bisa menjadi partner dalam meraih sukses bisnis Anda. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi halaman utama EQUIP untuk informasi lebih lanjut!

email marketing

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA