7 Tips Menyukseskan Bisnis Coffee Shop dengan Software F&B

Dilansir dari Bisnis.com, pertumbuhan coffee shop hingga akhir 2019 mengalami kenaikan sebesar 20%. Angka tersebut merupakan peluang bagi Anda untuk membuka bisnis kedai kopi atau coffee shop. Perkembangan tren bisnis kopi di Indonesia ini berlangsung cukup pesat selama beberapa waktu belakangan ini. Jika kita perhatikan akhir-akhir waktu ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka bisnis coffee shop. Hal tersebut menyebabkan persaingan dalam bisnis ini semakin tinggi. Oleh karena itu, tingkatkan daya saing bisnis Anda dengan software F&B terbaik sehingga proses operasional menjadi lebih cepat dan mudah. 

Pengelolaan bisnis coffee shop juga tidaklah mudah, mulai dari proses operasional maupun administrasi. Software F&B terunggul akan mengefisiensikan dan mempermudah segala proses yang ada dalam sebuah bisnis. Anda dapat mengoptimalkan pengelolaan stok bahan hingga e-menu menggunakan sistem manajemen F&B terbaik. Dengan adanya sistem POS yang mudah digunakan dalam software F&B terlengkap ini, Anda juga dapat meningkatkan retensi pelanggan. Anda juga dapat mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan secara real time dengan software F&B EQUIP

Artikel berikut ini akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mensukseskan bisnis coffee shop Anda.

coffee shop

1. Tingkatkan Kualitas Kopi

Kualitas kopi

Dalam sebuah bisnis coffee shop, kopi merupakan indikator atau menu utamanya sehingga kualitas kopi harus sangat diperhatikan. Namun, beberapa tempat kopi lebih memperhatikan interior daripada kualitas dan cita rasa kopinya. Sebenarnya sebelum membuka usaha ini, Anda perlu melakukan riset terkait biji kopi yang akan Anda gunakan dengan memperhatikan kualitas dan kebutuhan pasar. Jangan sampai bisnis Anda hanya memiliki interior yang bagus namun rasa kopinya mengecewakan. Dalam bisnis F&B rasa merupakan salah satu indikator keberhasilan dari bisnis itu berkembang atau tidak. Oleh karena itu pilih biji kopi terbaik dan Anda harus dapat mengolah biji kopi tersebut dengan baik pula.

Secangkir kopi yang barista sajikan menentukan performa perusahaan. Semakin baik secangkir kopi yang barista sajikan, maka pelanggan akan kembali datang ke warung kopi Anda. Hal ini karena pelanggan akan datang pada warung kopi Anda untuk menikmati kopi yang Anda sajikan. Selain kopi enak untuk kita nikmati, kopi juga memiliki berbagai manfaat. Manfaat kopi yang paling mudah kita ketahui adalah untuk menyegarkan badan dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, manfaat kopi juga dapat berguna untuk menurunkan berat badan serta mencegah penyakit otak. Manfaat kopi lainnya sebagai antioksidan yang menjaga kebugaran tubuh. Hal itulah mengapa ketika kita mengantuk, kita dianjurkan untuk mengonsumsu kopi.

2. Buat Menu Kopi yang Lengkap

Kopi merupakan inti dari sebuah bisnis coffee shop. Oleh karena itu, ragam menu minuman kopi sangat Anda perlukan sedangkan makanan dan minuman jenis lain bukanlah menjadi prioritas. Namun, lain hal jika Anda menamai bisnis Anda ‘cafe’ atau ‘restoran’. Jika Anda mengusung label ‘coffee shop’ maka menu dan jenis kopi kopinya harus beragam juga. Pelanggan akan kecewa saat menu yang mereka inginkan tidak ada. Untuk menghindari hal tersebut maka buatlah daftar menu kopi yang lengkap sehingga akan membuat pelanggan datang lagi ke coffee shop Anda. Jangan lupa juga untuk menyediakan cup-to-go karena Anda tidak pernah tahu pelanggan seperti apa yang akan datang.

Menu kopi yang umum ada pada coffee shop antara lain kopi hitam, kopi arabica, cappucino, dan masih banyak lainnya. Menu kopi yang ada harus bervariatif karena pelanggan biasanya tidak hanya memesan kopi. Setiap pelanggan memiliki selera kopi yang berbeda-beda. Semakin bervariatif dan banyak menu kopi, maka akan semakin banyak pelanggan yang datang pada coffee shop Anda.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Ayam Geprek dengan Software F&B

3. Buat Coffee Shop menjadi Tempat yang Nyaman dan Asik

Sebenarnya Anda tidak perlu menyediakan tempat yang rumit atau terlalu banyak ornamen di dalamnya. Anda dapat mencoba untuk menyediakan tempat yang membuat pengunjung nyaman. Jika memungkinkan cari lokasi yang strategis dengan akses jalan yang mudah karena saat ini tren masyarakat Indonesia adalah menikmati kuliner di tempat yang sederhana. Anda dapat memberikan unsur atau ornamen sederhana yang membuat pelanggan nyaman minum kopi. Selain itu, berikan juga fasilitas lain seperti WiFi gratis, stop kontak, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan pelanggan yang ingin menikmati kopi sekaligus bekerja.

Tempat kopi yang nyaman akan membuat pelanggan banyak datang pada warung kopi Anda. Contohnya adalah kopi nako dan kopi daong bogor. Kopi nako menyajikan tempat yang nyaman dan cozy sehingga pelanggan merasa nyaman dan senang. Kopi nako juga menyajikan tempat yang bagus untuk berfoto-foto sehingga banyak juga konten kreator yang menyarankan datang pada kopi nako. Hal itulah yang menyebabkan hingga saat ini banyak customer yang mendatangi kopi nako.

Selain kopi nako, terdapat kopi daong Bogor yang menyajikan tempat indah dan nyaman sebagai strategi marketingnya. Kopi daong Bogor terletak di pegunungan Pangrango sehingga suasana yang sejuk dan tempat yang indah memanjakan mata. Kopi daong bogor menyajikan pemandangan indah gunung Pangrango sehingga banyak masyarakat yang datang ke kopi daong Bogor untuk menikmati pemandangannya.

4. Rekrut Barista yang Profesional

barista

Selain kopi, barista juga merupakan salah satu aspek kunci bagi bisnis ini. Barista adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam membuat, menghias, dan menyajikan kopi untuk pelanggan. Selain itu, seorang barista tidak hanya pekerja dibalik coffee bar yang bertugas membuat kopi tetapi mereka juga yang mengenal dan berinteraksi dengan pelanggan. Oleh karena itu, seorang barista juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pelanggan. 

Barista yang hanya mengurung diri di belakang mesin espresso tanpa senyum dan sibuk sendiri dapat meninggalkan kesan yang tidak baik dengan pelanggan. Walaupun rasa kopi Anda enak, kemungkinan besar pelanggan tidak akan datang lagi karena barista Anda memberikan kesan yang tidak baik kepada pelanggan. Permudah tugas barista dalam melayani pelanggan dengan Sistem point of sale (POS) terbaik.

5. Tentukan Lokasi Coffee Shop yang Strategis dan Mudah Dijangkau

Meski bukan menjadi hal yang utama dalam bisnis coffee shop namun Anda tidak boleh asal-asalan dalam menentukan lokasi bisnis. Karena faktor lokasi merupakan salah satu hal yang menunjang kesuksesan bisnis Anda. Lokasi yang sulit dijangkau akan membuat orang malas datang meskipun kopi yang Anda jual memiliki rasa yang enak. Oleh karena itu, pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan. Selain itu, carilah lokasi yang berada pada pusat keramaian misalnya dekat kampus, kantor, sekolah, atau lain sebagainya. 

Baca juga: Tips Membuka Usaha Bakso yang Sukses dengan Software F&B

6. Tingkatkan Pengelolaan Coffee Shop dengan Software F&B

Tingkatkan Pengelolaan Coffee Shop
source: equiperp.com

Dalam mengelola bisnis coffee shop tidaklah mudah, banyak kendala yang harus Anda hadapi. Terkadang Anda harus menghadapi masalah atau kendala mulai dari masalah dalam segi produk, lokasi, bahkan sampai ke pelanggan. Selain itu, menu yang coffee shop tawarkan sangatlah banyak pasti akan membuat Anda bingung dan sulit saat pengelolaannya. Ditambah lagi pengelolaan administrasi seperti laporan keuangan hingga laporan persediaan atau inventory. Kelola proses keuangan dan stok bahan dengan mudah dengan sistem manajemen akuntansi dan inventory dari EQUIP. 

Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan penerapan software F&B terbaik dari EQUIP untuk mengotomatiskan bisnis Anda. Software F&B terunggul ini dapat meningkatkan hubungan dengan supplier, mengelola stok bahan baku secara efisien. Dengan adanya fitur Guest Management, sistem ini dapat mempermudah pengelolaan pelanggan. 

7. Gunakan Strategi Pemasaran yang Baik

Akan percuma jika Anda memiliki coffee shop dengan menu dan interior yang baik namun Anda tidak memasarkannya. Jika Anda tidak memasarkannya maka tidak ada orang yang mengetahui bahwa Anda sudah membuka bisnis coffee shop. Karena peminat coffee shop lebih banyak generasi milenial maka sesuaikan materi pemasaran yang sesuai. Manfaatkan digital marketing untuk strategi pemasaran Anda. Buatlah konten-konten menarik yang dapat menyentuh target market Anda. Selain itu, Anda juga bisa bekerjasama dengan penyanyi lokal maupun nasional untuk mengadakan live musik. Dari acara live musik tersebut akan banyak orang yang tertarik untuk datang dan mau tidak mau mereka akan memesan di coffee shop Anda.

Baca juga: 7 Tips Sukses Membangun Bisnis Coffee Shop dengan Software ERP

Kesimpulan

coffee shop

Demikianlah tujuh tips yang bisa Anda gunakan untuk mensukseskan bisnis coffee shop Anda. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan permasalahan yang ada pada bisnis. Jika permasalahan dalam bisnis Anda terlalu kompleks maka Anda juga dapat menggunakan jasa konsultan bisnis. Selain itu untuk meminimalisir permasalahan dan kesalahan, Anda dapat menggunakan software F&B terbaik

Software F&B EQUIP ini selain dapat mengefisiensikan proses operasional dalam bisnis F&B juga dapat membantu Anda dalam proses administrasi seperti pembuatan laporan keuangan. Anda dapat mengakses laporan keuangan mulai dari laporan pendapatan, neraca, arus kas, penjualan, hingga pembelian secara real-time dengan menggunakan sistem manajemen untuk industri F&B. Tunggu apalagi segera jadwalkan demo gratis bersama tim kami untuk merasakan kemudahan menggunakan software F&B EQUIP terbaik.

Sepdia Qurrota Aini
Sepdia Qurrota Aini
A Junior Creative Content Writer at Hashmicro with passion for creative writing, relations and journalism.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA