6 Cara Efisien dalam Memulai Kemitraan Usaha Frozen Food

Dalam dunia bisnis, partnership atau yang lebih dikenal dengan kemitraan merupakan hal yang sering dan tidak asing untuk dilakukan. Istilah ini merupakan gambaran sebuah perjanjian formal antara dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam menjalani suatu usaha bisnis. Untuk menjalankan suatu usaha dengan mitra relatif lebih mudah untuk Anda lakukan daripada Anda menjalankan usaha seorang diri, apalagi jika bisnis yang Anda jalankan sedang ramai seperti kemitraan usaha frozen food.

Selama masa pandemi ini jumlah kemitraan usaha frozen food meningkat, yang mana Anda dapat membeli suatu merek atau menjual produk frozen food dari distributor tertentu. Dengan menggunakan bantuan aplikasi ERP terbaik untuk usaha Anda, Anda dapat meningkatkan efisiensi manajemen bisnis Anda. Selain itu untuk menyelesaikan permasalahan manajemen inventaris bisnis Anda, software inventory dari EQUIP adalah jawabannya.

Untuk menjalankan suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah, begitu pula dengan kemitraan usaha frozen food. Anda harus pandai dalam menjual produk Anda karena ada banyak sekali kompetitor dari bisnis Anda. Menggunakan bantuan dari software F&B dari EQUIP adalah salah satu caranya karena dengan aplikasi ini Anda akan mengelola sistem pengelolaan stok usaha bisnis Anda. Atau Anda bisa memanfaatkan aplikasi POS terbaik yang EQUIP miliki untuk membantu mempromosikan usaha bisnis Anda.

Baca Juga: 5 Kiat Sukses Menjadi Reseller Frozen Food

 

Berikut ini adalah 6 cara yang dapat Anda lakukan untuk memulai kemitraan usaha frozen food:

kemitraan usaha frozen food

 

Pelajari Sistemnya Sebelum Memulai Kemitraan Usaha Frozen Food

Sebelum memulai usaha ini, Anda perlu untuk mempelajari cara kerja dari bisnis ini terlebih dahulu. Hal ini karena setiap perusahaan memiliki kebijakan dan aturannya sendiri apalagi perihal harga jualnya. Dengan ini Anda harus benar-benar memahami dan teliti mengenai standard operating procedure (SOP) dari perusahaan yang ingin Anda tuju. Jika Anda kurang memahami beberapa hal tersebut, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya pada perusahaan sampai Anda mengerti karena kemitraan bersifat jangka panjang. Karena Anda pasti tidak ingin langkah yang Anda pilih salah dan merugikan Anda kedepannya.

Baca juga: Langkah-Langkah Menyusun Target Penjualan yang Bijak

 

Menentukan Jenis Frozen Food

agen frozen food
Sumber: Canva

Langkah berikutnya adalah dengan memilih jenis produk yang ingin Anda jual. Frozen food memiliki banyak jenis produk mulai dari daging sapi dan ayam, otak-otak, buah dan sayuran, hingga ikan yang sifatnya beku. Jenis ini nantinya akan berpengaruh pada identitas dan citra dari usaha bisnis Anda kedepannya. Maka dari itu Anda harus fokus pada satu atau dua jenis saja sehingga Anda dapat memperhatikan kualitas dari produk Anda. Dengan memperhatikan kualitas produk tentunya hal ini akan mendatangkan lebih banyak pembeli dan membuat keuntungan Anda menjadi lebih besar.

Baca Juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Frozen Food dengan Software Inventory

 

Pilih Target Market yang Tepat

Setelah itu Anda harus menentukan target pasar Anda seperti siapa yang akan Anda sasar, usia yang ingin Anda sasar, dan lain sebagainya. Karena langkah ini tidak kalah pentingnya, jika Anda salah dalam memilih target pasar maka pembeli dari produk Anda tidak akan maksimal. Menentukan target juga merupakan langkah dari business plan Anda.

Misalnya jika target pasar Anda adalah ibu-ibu milenial, maka Anda bisa mempromosikan dagangan Anda lewat sosial media Instagram atau Facebook dan memudahkan mereka untuk dapat memesan produk Anda dengan chat aplikasi Whatsapp. Dengan begitu maka proses pemasaran yang Anda lakukan akan jauh lebih mudah dan teratur karena Anda sudah paham kepada siapa yang Anda sasar.

Baca juga: Ketahui Strategi Pemasaran Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

 

Siapkan Kebutuhan Peralatan

Berikutnya adalah salah satu hal yang paling penting untuk Anda lakukan sebagai menunjang kemitraan usaha frozen food. Ya tentunya Anda harus memiliki peralatan untuk menyimpan stok produk Anda seperti lemari es atau mesin pendingin. Walaupun harga dari alat ini tidak murah, namun alat ini dapat menjadi suatu investasi bagi Anda karena dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang selama usaha Anda berlangsung.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan kemasan dari produk Anda yang dapat Anda rancang khusus dengan kualitas plastik terbaik dan tidak mudah bocor. Alat berikutnya Anda bisa menggunakan perangkat kasir otomatis yang dapat mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam usaha Anda. Software akuntansi dari EQUIP dapat Anda gunakan untuk membuat laporan dan pencatatan keuangan bisnis yang sedang Anda jalani dengan otomatis.

 

Persiapkan Modal Kemitraan Usaha Frozen Food

Sumber: Canva

Modal juga harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis usaha ini. Karena modal dalam usaha ini meliputi jenis produk yang akan Anda jual, peralatan pendukung, biaya operasional seperti listrik dan lain sebagainya. Anda harus menghitung dengan seksama mengenai seluruh biaya modal yang akan Anda keluarkan untuk memulai bisnis ini.

Dengan menghitung modal ini, Anda bisa tahu harus menyiapkan uang berapa banyak untuk memulai bisnis ini. Anda bisa memulainya dengan memilih jenis yang sering dicari dan jika sudah banyak modal, Anda bisa memperluas pangsa Anda kedepannya.

Baca juga: 4 Rekomendasi Pinjaman Usaha Terbaik untuk Bisnis Anda

 

Pastikan Kemitraan Usaha Frozen Food Memiliki Izin Edar Resmi

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa kemitraan usaha frozen food yang akan Anda jalani memiliki izin edar resmi dan mengikuti regulasi yang aman untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen Anda. Selain itu dengan adanya izin edar resmi berarti produk Anda sudah sesuai dengan standar yang aman untuk dikonsumsi.

 

Kesimpulan

Tadi adalah beberapa tips atau langkah-langkah yang dapat Anda lakukan atau menjadi pedomaan untuk menjalankan kemitraan usaha frozen food. Dengan langkah tersebut dapat dipastikan bahwa usaha bisnis Anda dapat berjalan dengan baik dan dapat bertahan lama di pasaran. Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa memanfaatkan software F&B terbaik dari EQUIP yang mana mampu membantu usaha Anda yang berjalan pada bidang food & beverage ini dengan baik sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang Anda idamkan.

kemitraan usaha frozen food

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA