10 Aplikasi Catering Digital Terbaik untuk Efisiensi Bisnis

Aplikasi catering adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola operasional bisnis catering dalam berbagai aspek. Aplikasi catering mengefisiensikan operasional end-to-end bisnis dengan mengelola pesanan, resep, dan inventaris secara otomatis.

Tahukah Anda bahwa 90% usaha kuliner gulung tikar karena manajemen operasional bisnis yang lemah? Banyak pelaku bisnis yang menyepelekan aspek operasiona, padahal hal ini sangat memengaruhi mutu produk dan keputusan strategis bisnis.

Untuk itu, aplikasi catering menjadi solusi efektif dan efisien bagi pebisnis kuliner. Hingga saat ini, terdapat berbagai pilihan aplikasi catering di Indonesia yang menawarkan fitur dan manfaat berbeda.

Guna memudahkan Anda dalam memilih vendor sistem catering F&B yang paling sesuai, artikel berikut akan membahas rekomendasi 10 aplikasi terbaiknya. Simak hingga akhir untuk menemukan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan catering Anda!

Daftar Isi

Apa Itu Aplikasi Catering?

Aplikasi catering adalah solusi digital yang dirancang khusus untuk membantu bisnis catering dalam mengelola operasional mereka. Aplikasi ini mencakup berbagai fitur yang memungkinkan pengelolaan pemesanan, inventaris bahan makanan, penjadwalan acara, hingga manajemen staf dan keuangan.

Secara umum, aplikasi catering berbasis web memungkinkan pengelolaan yang lebih efisien dan terorganisir. Misalnya, fitur pemesanan online memungkinkan pelanggan untuk memesan dengan mudah, sementara manajemen inventaris otomatis membantu memastikan ketersediaan bahan makanan sesuai kebutuhan.

Mengadopsi teknologi ini adalah langkah strategis untuk membawa bisnis catering Anda ke tingkat yang lebih tinggi, memastikan bahwa Anda dapat bersaing secara efektif dan memenuhi ekspektasi pelanggan dengan lebih baik.

Mengapa Bisnis Catering Anda perlu Melakukan Digitalisasi?

Di era digital saat ini, transformasi teknologi menjadi sebuah keharusan bagi bisnis catering untuk tetap kompetitif dan relevan. Digitalisasi bukan hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang memaksimalkan efisiensi dan produktivitas bisnis karena alasan berikut ini:

  • Meningkatkan efisiensi operasional
  • Meminimalisir kesalahan manusia
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Analisis dan pelaporan yang akurat
  • Manajemen keuangan yang lebih baik

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, digitalisasi bisnis dengan aplikasi katering bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan untuk bertahan dan berkembang di pasar yang kompetitif.

3 Modul yang Penting bagi Bisnis Catering

Aplikasi catering menawarkan berbagai modul yang dapat membantu bisnis catering mengelola operasional dengan lebih efektif dan akurat.

1. Modul inventory

Modul inventaris dalam aplikasi catering membantu perusahaan memantau ketersediaan bahan baku secara real-time. Dengan fitur ini, manajemen dapat mengontrol stok, mengurangi risiko kehabisan bahan, dan memastikan kualitas bahan tetap terjaga.

Sistem ini juga memungkinkan perusahaan untuk memantau umur simpan bahan baku, sehingga mengurangi pemborosan dan kerugian. Pemantauan stok yang otomatis memudahkan proses restock bahan sesuai kebutuhan.

2. Modul accounting

Modul akuntansi penting untuk manajemen keuangan yang akurat dan efisien. Modul ini mencakup pengelolaan faktur, tagihan, dan pengeluaran perusahaan secara otomatis.

Dengan fitur ini, perusahaan dapat melacak pendapatan dan biaya secara real-time, memastikan keseimbangan keuangan yang sehat. Selain itu, modul ini mendukung pelaporan keuangan yang detail, membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis.

3. Modul procurement

Modul pembelian mempermudah perusahaan dalam mengelola informasi supplier dan mengoptimalkan proses pembelian. Sistem ini memungkinkan pemantauan anggaran dan pengeluaran, sehingga perusahaan dapat menghindari pemborosan.

Proses permintaan dan persetujuan pembelian juga menjadi lebih efisien dan transparan. Dengan modul ini, bisnis katering dapat memastikan ketersediaan bahan baku yang cukup sesuai kebutuhan.

10 Rekomendasi Aplikasi Catering Terbaik di Indonesia

Memilih aplikasi catering berbasis web yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan operasional bisnis catering Anda berjalan lancar dan efisien. Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi catering terbaik di Indonesia yang dapat membantu Anda mengoptimalkan manajemen bisnis catering.

1. Aplikasi catering EQUIP

aplikasi catering equipEQUIP dikenal sebagai penyedia solusi perangkat lunak bisnis yang handal di berbagai industri. Dengan rekam jejak yang mengesankan, EQUIP membantu ribuan bisnis catering di Indonesia dalam meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Melalui opsi demo gratis, EQUIP mengundang pelaku usaha catering untuk mencoba software terbaiknya. Melalui ini, pebisnis dapat memiliki gambaran langsung tentang manfaat dan kemudahan penggunaan software catering sebelum mengadopsinya.

Aplikasi catering dari EQUIP menonjol dengan kemampuannya dalam menyediakan solusi end-to-end yang terintegrasi, memungkinkan bisnis catering mengelola setiap aspek operasional mereka dengan lebih efisien.

Fitur unggulan:

  • Pengelolaan pesanan otomatis: Memudahkan proses penerimaan dan pengelolaan pesanan secara real-time.
  • Manajemen inventaris: Mengontrol stok bahan baku secara otomatis untuk menghindari kekurangan atau kelebihan.
  • Laporan keuangan real-time: Aplikasi katering menyediakan laporan keuangan yang akurat dan up-to-date.
  • Integrasi dengan sistem penjualan: Memungkinkan bisnis katering Anda mengetahui produk yang tinggi permintaannya, manajemen hubungan dengan customer, serta terintegrasi berbagai metode pembayaran yang aman dan efisien.
  • Recipe management: Memungkinkan Anda untuk melakukan standarisasi penyajian dan rasa makanan yang konsisten. Anda juga dapat mengatur prioritas persiapan makanan dengan mudah.
  • Event management: Membantu Anda menjadwalkan dan mengkoordinasi acara secara efektif, serta melacak inventaris yang diperlukan selama event berlangsung dengan mudah dan cepat.
  • Analitik dan pelaporan: Memberikan analisis mendalam untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka pengguna yang intuitif Lebih cocok untuk usaha catering berskala menengah ke atas
Layanan pelanggan yang responsif
Integrasi yang mudah dengan software sales and catering
Fitur analitik yang mendalam
Pelaporan keuangan yang akurat
Manajemen inventaris yang efisien

Dengan berbagai fitur unggulan dan kelebihannya, software catering EQUIP adalah pilihan tepat untuk bisnis catering yang ingin meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Jika Anda termasuk dalam jajaran pebisnis yang penasaran akan pengoperasian aplikasi catering dari EQUIP, Anda dapat menghubungi tim expertnya atau mencoba demo gratis software F&B Catering untuk merasakan manfaatnya.

2. Aplikasi pembukuan catering Sage

Sage adalah vendor perangkat lunak yang terkenal dengan solusi ERP dan manajemen bisnisnya yang canggih. Dengan pengalaman bertahun-tahun, Sage membantu berbagai bisnis untuk meningkatkan efisiensi operasional dan manajemen.

Aplikasi pembukan catering ini menawarkan beragam kemudahan manajemen katering melalui fitur-fitur canggihnya. Jika Anda ingin mengetahu fitur-fitur tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Fitur unggulan:

  • Pengelolaan pesanan otomatis
  • Software catering terintegrasi dengan sistem akuntansi
  • Laporan dan analitik real-time
  • Manajemen inventaris canggih

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka pengguna yang intuitif Waktu implementasi cukup lama
Layanan pelanggan responsif Biaya pelatihan tinggi
Integrasi mudah dengan perangkat lain Memerlukan spesifikasi tinggi
Fitur analitik yang kuat Tidak ada versi mobile

3. Caterease

Caterease adalah salah satu perangkat lunak catering paling populer yang dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan bisnis catering.

Dengan antarmuka yang mudah digunakan, Caterease menawarkan berbagai fitur yang membantu mengelola pesanan dan event secara efisien.

Fitur unggulan:

  • Manajemen event dan pesanan
  • Pelacakan pembayaran
  • Integrasi kalender
  • Pelaporan aplikasi pembukuan catering yang komprehensif

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka yang ramah pengguna Kurva belajar agak curam
Integrasi kalender yang baik Dukungan teknis terbatas
Fitur pelacakan pembayaran Tidak ada dukungan multi-bahasa
Pelaporan yang detail Pembaruan fitur yang jarang

4. Sistem catering HashMicro

sistem catering hashmicroSoftware catering dari HashMicro dikenal karena kemampuannya yang handal dalam mengelola berbagai aspek operasional bisnis catering. Banyak pebisnis telah mempercayai HashMicro untuk mendigitalisasi proses bisnis mereka.

Melalui perangkat lunak manajemen kateringnya, HashMicro berkomitmen untuk memberikan pengalaman pengguna yang maksimal. Meskipun fiturnya lengkap dan komprehensif, pengguna aplikasi tidak pernah kebingungan dalam operasionalnya.

Fitur unggulan:

  • Otomatisasi pengelolaan pesanan
  • Manajemen stok bahan baku otomatis
  • Laporan keuangan real-time
  • Integrasi sistem pembayaran
  • Pelaporan analitik mendalam

Kelebihan

Kekurangan

Skalabilitas tinggi Terdapat antrean demo gratis yang cukup panjang akibat tingginya permintaan
Antarmuka pengguna yang ramah
Dukungan teknis yang andal
Integrasi dengan banyak sistem pihak ketiga
Pelatihan dan onboarding yang komprehensif
Pembaruan fitur secara berkala

5. Curate

Curate adalah aplikasi catering yang fokus pada efisiensi dan simplisitas dalam pengelolaan bisnis catering. Dikenal dengan desain yang modern dan fitur yang kuat, aplikasi pembukuan catering Curate membantu bisnis catering dalam mengelola event dari awal hingga akhir.

Fitur unggulan:

  • Desain proposal yang mudah
  • Manajemen event secara keseluruhan
  • Pelacakan inventaris
  • Integrasi dengan alat pemasaran

Kelebihan

Kekurangan

Desain modern dan intuitif Fitur terbatas pada versi dasar
Proposal yang mudah dibuat Dukungan pelanggan yang terbatas
Pelacakan inventaris yang efisien Tidak ada integrasi pihak ketiga
Integrasi software sales and catering Kustomisasi terbatas

6. Aplikasi catering berbasis web Koneksi

Koneksi adalah vendor perangkat lunak yang menyediakan solusi manajemen bisnis terintegrasi khusus untuk industri catering dan makanan. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur canggih, Koneksi membantu bisnis catering mengoptimalkan operasional mereka.

Fitur-fitur aplikasi katering Koneksi dirancang untuk memudahkan berbagai aspek manajemen catering, mulai dari pemesanan hingga pelaporan keuangan. Dengan Koneksi, bisnis catering dapat beroperasi lebih efisien dan efektif.

Fitur unggulan:

  • Pengelolaan pesanan otomatis
  • Manajemen inventaris cerdas
  • Penjadwalan staf otomatis
  • Pelacakan pengiriman real-time
  • Laporan keuangan terperinci

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka pengguna yang intuitif Lebih cocok untuk usaha catering berskala menengah ke atas
Layanan pelanggan yang responsif
Fitur pelacakan pengiriman yang akurat
Laporan keuangan yang komprehensif

7. Software catering Tripleseat

software catering tripleseatSoftware catering dari Tripleseat adalah solusi perangkat lunak berbasis web yang dirancang untuk industri hospitality, termasuk catering. Dengan fitur manajemen event yang komprehensif, Tripleseat memudahkan pengelolaan acara dan pesanan catering.

Fitur unggulan:

  • Manajemen event berbasis web
  • Pelacakan pesanan dan pembayaran
  • Integrasi dengan sistem POS
  • Laporan aplikasi pembukuan catering terperinci

Kelebihan

Kekurangan

Manajemen event yang kuat Memerlukan koneksi internet yang stabil
Integrasi dengan POS Antarmuka pengguna tidak terlalu intuitif
Laporan yang detail Fitur mobile terbatas
Pelacakan pesanan Kurva belajar yang curam

8. Digiresto

Digiresto adalah aplikasi catering lokal yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis catering di Indonesia. Dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan pasar lokal, perangkat lunak manajemen katering Digiresto membantu bisnis catering mengelola operasional mereka dengan lebih efisien.

Fitur unggulan:

  • Pengelolaan pesanan online
  • Manajemen inventaris
  • Integrasi pembayaran digital
  • Pelaporan real-time

Kelebihan

Kekurangan

Fokus pada pasar lokal Fitur terbatas dibandingkan vendor internasional
Integrasi pembayaran digital Dukungan pelanggan terbatas
Pengelolaan pesanan online Pembaruan fitur yang lambat
Pelaporan real-time Antarmuka yang perlu perbaikan

9. Aplikasi katering Total

aplikasi katering totalTotal ERP adalah vendor perangkat lunak terkenal yang menyediakan solusi bisnis terintegrasi untuk berbagai industri, termasuk makanan dan minuman (FnB). Dengan fokus pada efisiensi operasional, Total ERP membantu bisnis catering tetap kompetitif.

Fitur aplikasi katering dari Total ERP memudahkan pengelolaan pesanan, inventaris, dan manajemen staf. Sistem terintegrasi ini memastikan semua aspek bisnis catering berjalan lancar dan efisien.

Fitur unggulan:

  • Pengelolaan pesanan otomatis
  • Manajemen inventaris real-time
  • Penjadwalan dan manajemen staf
  • Laporan dan analitik mendalam
  • Integrasi pembayaran digital

Kelebihan

Kekurangan

Antarmuka pengguna yang intuitif Waktu implementasi sistemnya berbeda-beda, tergantung pada permintaan kustomisasi pebisnis
Layanan pelanggan yang responsif
Fitur analitik yang mendalam dan komprehensif
Integrasi yang mudah dengan software sales and catering

10. Software Hotel Sales and Catering Kulina

Kulina adalah aplikasi catering berbasis web yang telah menjadi pilihan banyak bisnis catering di Indonesia. Dengan kemudahan penggunaan dan efisiensi, perangkat lunak manajemen katering Kulina menawarkan fitur yang membantu bisnis catering dalam mengelola pesanan dan operasional harian.

Fitur unggulan:

  • Pengelolaan pesanan mudah
  • Integrasi dengan platform e-commerce
  • Manajemen inventaris otomatis
  • Laporan dan analitik

Kelebihan

Kekurangan

Integrasi e-commerce Dukungan teknis terbatas
Manajemen inventaris software hotel sales and catering otomatis Fitur terbatas untuk bisnis besar
Laporan yang detail Antarmuka yang perlu perbaikan
Pengelolaan pesanan yang mudah Kurang fleksibel dalam kustomisasi

Kesimpulan

Digitalisasi dalam bisnis catering tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memungkinkan perusahaan memberikan layanan yang baik. Dengan berbagai opsi aplikasi catering yang tersedia di Indonesia, memilih yang tepat dapat membuat perbedaan besar dalam manajemen bisnis.

Melalui artikel ini, diharapkan perusahaan dapat menemukan solusi digital yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis catering mereka. Setiap aplikasi catering berbasis web memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi penting untuk mempertimbangkan fitur yang paling relevan dengan operasional bisnis.

Jika tertarik untuk mencoba salah satu solusi ini, jangan ragu untuk mengeksplorasi lebih lanjut dan melihat bagaimana mereka dapat mengubah cara manajemen bisnis catering. Dapatkan demo gratis dari aplikasi catering pilihan Anda dan rasakan sendiri manfaatnya bagi bisnis Anda!

FnB
Yuki Putri
Yuki Putri
Yuki Putri adalah penulis blog yang mengkhususkan diri pada topik software dan bisnis. Dengan pengalaman luas di teknologi informasi, Yuki menyajikan analisis mendalam dan praktik terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi bisnis melalui konten yang informatif dan mudah dipahami.

Artikel Terkait

Baca Juga

Forbes
Hospitality Product

Sistem ERP EQUIP menyederhanakan proses bisnis kami mulai dari pengadaan hingga pengiriman barang.

Coba Gratis
One Mart
Supermarket

Dengan software EQUIP, kami bisa dengan mudah menyelesaikan setiap pesanan hanya dalam hitungan menit.

Coba Gratis
Bee Choo
Beauty Treatment Product

EQUIP memudahkan pengelolaan inventaris, keuangan, penjualan, pembelian di satu sistem sehingga mudah dilacak.

Coba Gratis
Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now