5 Tips Sukses dalam Mengatasi Risiko Usaha Toko Emas

Emas adalah aset investasi yang terbilang aman. Pasalnya, emas terkenal sebagai investasi yang kebal krisis. Selain itu emas kerap diminati karena dapat dijadikan sebagai perhiasan. Melihat banyaknya peminat, tidak heran jika membuka toko emas adalah pilihan ide usaha yang menjanjikan. Namun, untuk membuka toko emas diperlukan modal yang tidak sedikit. Bisnis toko emas merupakan salah satu jenis bisnis yang dapat mengembalikan modal dengan cepat. Dengan bantuan software erp terbaik, dapat menjadi pilihan sistem untuk optimalkan bisnis toko emas. Software erp merupakan paket sistem dan software yang berfungsi untuk mengelola kegiatan bisnis harian. Seperti proses produksi, pengadaan, proyek, SDM, sampai pengelolaan keuangan. 

Adanya sistem ERP bisa memfasilitasi bisnis toko emas dengan sejumlah informasi yang akurat dan real time. Selain itu, perusahaan tidak perlu khawatir mengenai keamanan data, sebab sistem ERP memonitor titik akses dengan ketat. Pembatasan terhadap data juga dapat terpantau oleh admin yang mengelola sistem. Sistem ERP juga memberikan akses cepat kepada Anda untuk melihat informasi dan riwayat pelanggan. Sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik. Oleh karena itu, perangkat lunak ini juga membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan. Namun sebelum memulai bisnis toko emas, tentu saja Anda perlu mengetahui risikonya. Berikut risiko atau hambatan usaha toko emas:

Baca Juga: Apa Itu ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis?

toko emas

Modal yang kurang cukup

Modal merupakan salah satu faktor penting yang harus seorang calon pengusaha emas miliki. Tanpa ketersediaan modal yang cukup, khususnya uang, maka segala cita-cita membangun sebuah bisnis emas bisa hanya tinggal mimpi belaka. Tidak semua orang beruntung terlahir dengan ketersediaan sumber daya yang mencukupi. Sebagian besar harus memulai membangun bisnisnya dengan modal yang pas-pasan, atau bahkan kurang. Dalam dunia usaha toko emas, keterbatasan modal inilah yang dapat menjadi hambatan paling berat untuk memperluas usahanya.

Investor yang Tidak Kredibel

Risiko selanjutnya adalah investor yang tidak kredibel. Dalam proses perjalanan usaha, Anda pasti akan senang ketika mengalami peningkatan usaha. Namun, untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha, Anda membutuhkan seorang investor untuk mendukung usaha Anda. Namun terkadang investor yang tidak kredibel akan membuat usaha Anda rugi. Untuk itu, Cermatlah memilih investor supaya anda tidak terjerumus ke dalam penipuan investasi yang berujung pada kerugian. 

Baca Juga:5 Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Efisiensikan Bisnis Anda! 

Tidak Mencatat Transaksi dengan Baik

Banyak perusahaan toko emas yang mengalami kesalahan dalam menerapkan proses catatan transaksi dengan baik. Ketika bisnis mulai berjalan lancar, banyak pengusaha yang mengabaikan laporan keuangan hanya dengan alasan tidak memiliki banyak waktu. Dengan tidak mencatat transaksi bisnis, laporan keuangan tidak akan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan yang sebenarnya.

Untuk mengurangi kesalahan akuntansi banyak pengusaha yang mempercayakan proses bisnisnya transaksi dengan software POS terbaik.  Dengan software POS, kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi, sehingga dapat mengurangi antrian. Selain itu,sistem mencetak struk pembelian bagi pelanggan, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan kertas nota/kwitansi secara manual.

toko ema
Sumber: Freepik.com

Pengelolaan Keuangan yang Kurang Baik

Ketika mengelola bisnis toko emas, supaya dapat memastikan apakah perusahaan tersebut mengalami rugi atau laba dalam periode tertentu, maka perlu melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara menyeluruh, detail, dan terbaru berdasarkan siklusnya. Jika bisnis Anda mempunyai jurnal pelaporan keuangan yang rapi, akurat, valid, dan terbaca dengan mudah barulah bisnis yang Anda kelola bisa dikatakan tumbuh dengan baik.

Supaya Anda mampu mencatat transaksi dengan rapi, manfaatkan Software akuntansi untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan tepat, sehingga dapat membantu menganalisis arus kas Anda. Segala utang dan piutang pun dapat tercatat sehingga membantu Anda menjadi alat perencanaan ke depan untuk mengatur pengeluaran Anda. Dengan begitu, pengelolaan arus kas toko emas dapat berjalan dengan lancar.

Pengelolaan Stok Emas yang Tidak Sesuai

Satu hal yang harus Anda lakukan dengan benar saat Anda menjalankan bisnis toko emas adalah pengelolaan stok barang. Mengapa? Karena pengelolaan stok yang buruk dapat menyebabkan pengalaman pelanggan yang buruk, mengurangi penjualan, dan menahan modal. Dengan kata lain, jika Anda gagal mengelola stok dengan benar, kemungkinan besar Anda akan memiliki masalah terutama masalah finansial dan pengalaman pelanggan.

Agar pekerjaan tersebut berlangsung cepat dan akurat, Anda membutuhkan software inventory terbaik. Software ini memudahkan proses pengawasan oleh manajemen perusahaan sehingga mengurangi resiko kehilangan barang atau lainnya. Sehingga menggunakan software ini merupakan cara terbaik dalam mengelola stok barang.

Kesimpulan

toko emas

Bisnis toko emas adalah bisnis yang menjanjikan karena harganya yang cenderung naik. Namun, tetap saja,memulai bisnis apapun harus dengan persiapan yang matang dari berbagai aspek, mulai dari modal usaha hingga kesiapan kita dalam berbisnis toko emas. Software ERP EQUIP adalah solusi yang tepat untuk menjawab dan mengatasi tantangan yang nantinya akan bisnis toko emas Anda hadapi.

Penerapan EQUIP ERP ini tidak hanya menciptakan aktivitas bisnis yang terintegrasi, namun juga mampu memberikan informasi yang lengkap tentang semua aspek bisnis yang bisa membantu Anda untuk terus mengembangkan bisnis menjadi lebih baik lagi. Coba EQUIP sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA