Kiat Sukses Memulai Bisnis Kerajinan Tangan dengan Software Retail

Bisnis kerajinan tangan memiliki prospek yang sangat bagus di Indonesia. Kerajinan tangan dapat menyebarkan pangsa pasar tidak hanya dalam negeri tetapi hingga luar negeri mengingat nilai jualnya yang tinggi. Semakin menarik kerajinan yang Anda buat akan semakin menarik minat pembeli hingga mancanegara. Semakin besar usaha yang Anda jalankan, pengelolaan mungkin menjadi semakin rumit. Anda dapat menggunakan sistem ERP retail terintegrasi untuk mempermudah pengelolaan usaha kerajinan Anda. Permasalahan seperti ketidakefisienan dalam pencatatan stok barang hingga laporan keuangan yang berantakan dapat terselesaikan hanya dengan satu sistem. Dengan sistem ERP retail terunggul Anda dapat mengurangi ancaman bisnis yang dapat mengancam bisnis Anda.

Seperti halnya para pengusaha kerajinan yang sudah berpengalaman di Indonesia, kebanyakan dari mereka sukses dan sejahtera melalui usaha kerajinan tangan yang mereka jalankan di pasar luar negeri. Membuka banyak cabang bisnis menjadi pilihan ketika bisnis semakin sukses. Tantangan bisnis akan semakin besar ketika harus mengelola bisnis dari berbagai cabang. Dengan menggunakan sistem retail dari EQUIP Anda dapat mengelola bisnis dari berbagai cabang hanya dengan beberapa klik saja. Sistem ini akan mengidentifikasi tantangan yang akan muncul untuk kemudian memberikan solusi terbaik. Sistem ERP Retail Otomatis merupakan solusi terbaik untuk meningkatkan efisiensi proses transaksi perusahaan Anda dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan sistem manajemen pelanggan dan manajemen promosi yang dipersonalisasi.

Baca juga: Tips Mengelola Bisnis Rumahan dengan Software Retail

bisnis kerajinan tangan

Tips dalam Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Kiat Sukses Memulai Bisnis Kerajinan Tangan dengan Software Retail

Dalam memulai bisnis tentu saja banyak hal yang perlu Anda siapkan. Persiapan yang matang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Pengelolaan bisnis yang baik akan membawa usaha Anda menuju pada kesuksesan bisnis. Selain dengan pengelolaan bisnis yang baik, berikut ini tips lainnya yang dapat Anda lakukan sebelum memulai bisnis kerajinan tangan:

Tentukan konsep kerajinan tangan yang akan Anda mulai

Anda perlu untuk menentukan produk yang ingin Anda jual untuk dapat fokus dalam menjalankan bisnis. Melakukan riset terlebih dahulu sebelum memulai bisnis kerajinan tangan merupakan pilihan yang tepat. Anda perlu untuk menentukan produk yang diminati dipasaran. Hobi dan keterampilan yang Anda miliki dapat menjadi pilihan dalam membuat produk kerajinan tangan yang baik. Setelah menentukan produk yang dijual, Anda perlu menentukan konsep dari usaha  kerajinan tangan. Buat sebuah branding tersendiri untuk mempermudah Anda dalam memasarkan produk.

Cari target pasar yang tepat

Menentukan target pasar yang tepat merupakan langkah penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Tidak semua orang akan cocok dengan karakteristik produk kerajinan tangan yang Anda tawarkan. Dengan menentukan target pasar, Anda dapat dengan mudah mengarahkan produk Anda pada pelanggan yang tepat. Misalnya jika produk yang Anda buat bertema kekinian dengan nuansa ceria, maka akan lebih tepat jika diarahkan kepada kalangan remaja. Hal ini juga membuat Anda dengan mudah menargetkan promosi yang Anda lakukan.

Tentukan strategi pemasaran yang tepat

Setelah menentukan target pasar yang tepat, selanjutnya Anda dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat dan optimal. Anda perlu menyusun strategi pemasaran yang baik untuk dapat mengenalkan produk pada khalayak. Promosi yang baik merupakan aspek yang sangat penting untuk mensukseskan usaha Anda. Media sosial mungkin dapat menjadi promosi terbaik terutama untuk saat ini. Anda dapat memanfaatkan fitur posting, feed, dan story yang telah tersedia. Dengan media sosial khalayak yang terjangkau juga sangat luas. Proses penyebaran informasi akan semakin mudah jika dilakukan pemasaran pada media sosial. Anda dapat menggunakan bantuan sistem CRM terhandal untuk membantu proses pemasaran secara tepat. Dengan sistem ini Anda dapat mengotomatiskan pengelolaan tim sales dan proses penjualan Anda.

Buat produk yang unik dan tidak Anda temui di tempat lain

Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang dijual dipasaran. Untuk menjadikan usaha Anda laris, Anda harus bisa terus berinovasi dalam bisnis kerajinan. Buatlah produk dengan keunikan yang tidak dapat ditemui di tempat lain. Keunikan ini yang dapat menarik minat beli pelanggan dan membuat konsumen tidak bosan dengan kerajinan tangan yang ada. Dalam bisnis ini, nilai jual suatu produk bergantung pada  tingkat keunikan dan kreativitasnya. Semakin unik kerajinan tangan yang Anda buat, semakin bernilai produk yang Anda jual.

Tingkatkan pengelolaan bisnis kerajinan tangan dengan software retail

Software ERP Retail adalah solusi  tepat untuk meningkatkan efisiensi proses transaksi usaha kerajinan tangan Anda. Dengan sistem ini Anda dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dengan sistem manajemen pelanggan dan manajemen promosi yang dipersonalisasi. Anda juga dapat mengatasi masalah seperti inefisiensi dalam melacak inventaris dan pelaporan keuangan yang berantakan yang sering kali menjadi ancaman bagi usaha retail kerajinan tangan. Software retail membantu Anda mengidentifikasi berbagai tantangan dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya. Sistem ERP ritel terpusat dapat menyederhanakan pengelolaan bahkan dari beberapa toko sekaligus.

5 Ide Bisnis Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Anda mungkin tertarik untuk memulai bisnis kreatifitas ini. Untuk memulai bisnis Anda tentu saja akan menentukan produk kerajinan apa yang akan Anda jual. Anda dapat memilih produk kerajinan yang memang merupakan hobi Anda. Selain itu, berikut ini 5 ide bisnis kerajinan tangan yang dapat Anda pilih:

Kerajinan tangan dari barang bekas

Salah satu masalah bagi penduduk perkotaan dan pedesaan adalah sampah. Sampah rumah tangga semakin hari  semakin bertambah. Ada beberapa cara  untuk mengatasinya, seperti pembakaran atau penimbunan. Namun, ini saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah. Pasalnya, sampah  semakin bertambah setiap harinya. Salah satu  cara membuang sampah adalah dengan memanfaatkannya untuk membuat berbagai jenis kerajinan unik. Ada banyak kerajinan yang bisa dibuat dari barang bekas, terutama kertas koran. Beberapa orang menggunakan potongan koran bekas untuk membungkus kemasan dan bahan makanan mereka. Tapi kalau korannya banyak, sayang kalau dibuang begitu saja. Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan mengubah sampah  koran  menjadi barang berharga berupa kerajinan tangan yang unik dan menarik yang dapat dijadikan hiasan di sekitar rumah atau dijual kepada masyarakat.

Lilin aromaterapi

kerajinan Lilin aromateraphy

Lilin aromaterapi dapat menjadi pilihan selanjutnya untuk membuka peluang bisnis kreatif. Anda bisa menjual berbagai macam lilin hias warna warni dan lilin aromaterapi. Lilin hias dapat pelanggan gunakan sebagai hiasan meja makan, ruang keluarga, atau sebagai oleh-oleh pada hari tertentu. Lilin aromaterapi sendiri banyak orang gunakan di kamar tidur. Kerajinan tangan lilin sendiri pembuatannya tidak sulit, Anda hanya memerlukan bubuk lilin, cetakan, inti lilin, crayon warna, parfum, dan pengaduk. Jangan lupa, untuk wangi lilin lakukan terlebih dahulu riset untuk memilih aroma yang paling populer. Anda juga dapat menjual lilin dengan kemasan yang lebih menarik bagi pembeli. Apabila Anda merasa kesulitan dalam mengatur ketersediaan bahan-bahan pembuatan kerajinan tangan, Anda dapat menggunakan bantuan sistem inventaris terlengkap. Dengan software ini, inventaris gudang akan teratur dengan baik dan memastikan tidak kehabisan stok gudang.

Kerajinan tangan tradisional

Jika Anda suka membuat patung, tembikar, ataupun menenun. Anda dapat menjadikannya sebuah kerajinan tangan tradisional yang memiliki daya jual dan harga jual yang tinggi. Selain menjual produk yang Anda jual, Anda juga dapat membuka peluang lain dengan membuka pelatihan pembuatan kerajinan tangan tradisional. Kerajinan tangan jenis ini memiliki banyak penggemar yang bukan saja bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak untuk belajar. Hal ini juga berkaitan dengan membuat kerajinan tangan dapat melatih kreativitas dan merangsang performa otak anak menjadi lebih aktif.

Kerajinan tangan dari botol bekas

botol plastik

Plastik mungkin saja ternilai sebagai sampah yang tidak ternilai dan sulit terurai dalam tanah. Maka dari itu menjaga kebersihan lingkungan dan bumi sangatlah penting. Karena alasan ini pemanfaatan kerajinan tangan dari plastik khususnya botol bekas dapat menjadi pilihan usaha Anda. Penggunaan botol bekas untuk  kerajinan merupakan bagian dari proses daur ulang yang mengikuti konsep Reduce, Reuse, dan Recycle (3R). Limbah botol PET bekas ini ternyata  menjadi barang yang bermanfaat di tangan orang-orang kreatif.  Sehingga, limbah botol bekas ini akan menjadi berbagai kerajinan tangan yang bernilai praktis dan eceran. Dengan cara ini, sampah plastik  berkurang dan dampak terhadap lingkungan berkurang.

Kerajinan tangan dari kardus

Kotak kardus bekas dapat dicat atau diwarnai dengan campuran yang sesuai untuk meningkatkan harga jual. Pastikan setiap sudut direkatkan dengan baik agar kertas karton bekas tahan lama dan tidak mudah rusak. Anda juga dapat mengkreasikan kardus menjadi sebuah kerajinan yang Indah. Dengan menggunakan bahan kardus, tidak hanya bahan yang murah tetapi Anda dapat mengurangi sampah kardus.

Kesimpulan

bisnis kerajinan tangan

Demikian beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mensukseskan bisnis kerajinan tangan Anda. Beberapa ide bisnis yang dapat Anda jadikan pilihan seperti kerajinan dari barang bekas, kardus, botol plastik, kerajinan tradisional, dan lilin aromaterapi. Peluang bisnis yang cukup menjanjikan mengingat pasarnya yang bisa hingga ke mancanegara, membuat bisnis keterampilan dan hobi Anda menjadi menguntungkan. Pengelolaan bisnis yang rumit mungkin menjadi tantangan besar bagi bisnis Anda. Anda tidak perlu khawatir terkait hal tersebut, karena sekarang Anda dapat menggunakan solusi Sistem ERP Retail dari EQUIP.  Sistem yang terintegrasi ini dapat melacak pesanan dengan cepat, membuat laporan keuangan secara realtime, dan memantau ketersediaan barang. Oleh karena itu, otomatiskan pekerjaan rutin yang memakan waktu dengan EQUIP, fokuskan waktu dan tenaga Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Demo gratis sekarang untuk menikmati kemudahan bisnis bersama EQUIP!

Anindya Rani Rahmayanti
Anindya Rani Rahmayanti
Junior Content Writer at HashMicro

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA