Tips Mengelola Bisnis Rumahan dengan Software Retail

Periode pandemi Covid-19 sudah hampir berakhir yang artinya semuanya akan kembali berjalan normal. Proses stabilisasi ekonomi adalah periode yang sangat sulit untuk dikejar para pemilik usaha dan perusahaan besar. Hal ini tentunya menjadi mudah bagi pemilik usaha yang telah menerapkan sistem akuntansi yang mumpuni dari awal bisnisnya berjalan. Bagi pengusaha yang belum sempat menerapkannya, menjadikan adanya penurunan omset akibat ketidakstabilan keuangan pada saat pandemi. Hal ini akan menjadi masalah dalam bisnis, bagi pengusaha yang cerdas memulai menggunakan sistem ERP retail pada pengelolaan bisnis di tengah pandemi, membuat pengusaha tersebut mulai mengubah model bisnisnya menjadi bisnis rumahan. Namun, bagi sebagian lainnya mulai mengurangi jumlah pegawainya demi tetap bisa bertahan di tengah ancaman badai resesi bahkan sampai bangkrut. 

Jika Anda adalah korban PHK atau korban kebangkrutan akibat pandemi. Memulai usaha kecil-kecilan bisa menjadi salah satu jalan yang tepat untuk memulai kembali. Jadikan Pandemi sebagai pembelajaran Anda, Anda harus mulai menggunakan sistem retail yang otomatis mengurus bisnis Anda lebih baik. Jenis usaha yang cocok bagi Anda untuk memulai adalah bisnis rumahan. Anda tidak perlu keluar rumah namun bisnis tetap berjalan. Hal ini memberikan keuntungan bagi Anda. Anda dapat memanfaatkan area ruangan dalam rumah untuk membangun penyimpanan dan ruang kerja Anda. Anda pun bisa memanfaatkan sistem inventaris untuk mengelola penyimpanan Anda secara menyeluruh sehingga modal yang Anda butuhkan pun tidak akan menjadi begitu besar. Adapun beberapa yang harus Anda harus lakukan untuk memulai bisnis rumahan adalah sebagai berikut:

DemoGratis

Tentukan Konsep Bisnis Rumahan yang Akan Anda Tekuni

Mengelola bisnis rumahan lebih banyak dipilih karena tingginya tingkat Penghentian Hubungan Kerja (PHK). Bisnis ini bisa dilakukan dalam berbagai bidang. Contohnya, bisnis rumahan dalam bidang kuliner yang masih sangat disukai pada saat ini, terutama makanan siap saji yang memang nikmat untuk dimakan kapan saja. Selain itu, beberapa jenis bisnis rumahan yang saat ini masih berpotensi besar untuk berkembang di tengah ancaman badai resesi dan masa pandemi adalah bisnis les, jasa laundry, hingga kerajinan tangan cantik. Berbagai kategori bisnis tersebut bisa Anda kerjakan di rumah tanpa membutuhkan mobilitas yang tinggi. Sehingga, kesehatan Anda juga masih bisa terus terjaga.

Baca juga: Ide Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Tahun 2022

Dalam hal mengelola bisnis rumahan, disarankan agar Anda bisa fokus saja pada 1 bidang yang Anda pilih secara spesifik. Setelahnya, tingkatkanlah kualitas dari produk yang  bidang tersebut hasilkan. Mengerjakan banyak bidang memang mampu meningkatkan potensi peluang dan keuntungan pada saat yang sama. Namun, jika Anda lebih mampu fokus pada bidang tertentu, maka Anda akan mampu membuka peluang bisnis yang lebih pesat. Selain itu, fokus mengembangkan 1 produk tertentu dengan baik juga akan mampu meningkatkan reputasi Anda di mata konsumen.

Kembangkan Produk Bisnis Rumahan untuk Menarik Konsumen

Jika Anda sudah bisa berhasil mengembangkan 1 produk tertentu, maka selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengembangkan produk dengan cara menambah variasi produk tersebut. Jika fokus pengembangan produk sudah berjalan dengan baik, maka variasi produk tentunya akan membuat pelanggan Anda lebih tertarik pada bisnis Anda. Pengembangan disini bukan berarti menambah jenis produk, namun hanya menambah variasi pada satu jenis yang sudah Anda fokuskan dari awal tersebut. Kondisi ini juga akan mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda terhadap spesialisasi suatu produk yang sudah Anda tawarkan.

Hindari Berhutang dalam Bisnis Rumahan

Hindari Berhutang dalam Bisnis Rumahan
Sumber: Canva.com

Agar keuangan bisnis rumahan selalu terjaga dan aman, sebisa mungkin Anda sebagai pelaku bisnis rumahan berusaha untuk menghindari utang. Meminjam sebenarnya boleh saja, tetapi untuk bisnis yang baru mulai dari rumah dengan modal yang masih kecil hal ini terlalu beresiko karena dapat berpengaruh terhadap keuangan bisnis. Cobalah untuk berhati-hati dalam memutarkan modal, agar bisnis tetap berjalan tanpa memerlukan pinjaman.

Tingkatkan Pengelolaan Keuangan dengan Software Akuntansi

Tips meningkatkan pengelolaan keuangan bisnis yang benar adalah dengan selalu mengontrol dan memantau laporan arus kas dengan baik. Anda Dapat memanfaatkan software akuntansi terbaik dari EQUIP untuk melakukan hal tersebut. Arus kas yang berjalan dengan lancar memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis. Jika arus kas berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat akan memberikan dampak yang tidak terlalu baik. Dimana bisnis akan berkembang dengan cepat, namun juga dapat turun kembali. Akan lebih baik jika berjalan pelan namun pasti. Sehingga Anda perlu melakukan pengontrolan atau pemeriksaan arus kas secara periodik dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca juga: Aplikasi Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis Anda

Hitung Stok Barang Secara Realtime

Rutin menghitung stok barang secara realtime adalah hal yang perlu Anda terapkan dalam mengelola bisnis Anda. Anda perlu melakukan perhitungan stok barang secara teratur agar anda dapat mengetahui kapan harus melakukan restock barang. Perhitungan stok barang dengan Software Inventaris yang mumpuni dapat dengan mudah dilakukan untuk mengetahui seberapa besar aset yang masih Anda miliki selain dalam bentuk uang. Agar bisnis Anda lancar, sebaiknya Anda tidak menumpuk stok terlalu banyak, namun jangan sampai kehabisan stok.

Gunakan Strategi Pemasaran yang Tepat

Menentukan strategi pemasaran yang tepat adalah hal yang sulit untuk dilakukan, hal ini perlu menjadi perhatian utama Anda untuk meraih keuntungan. Mengiklankan produk agar mampu mendapat banyak konsumen merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti saat ini, promosi iklan via offline akan sangat susah sekali.

Baca juga: Fungsi Branding sebagai Strategi Sukses Membangun Brand Bisnis

Sebaliknya, promo yang dilakukan secara online, seperti via media sosial, website, ataupun iklan pada platform video, serta cara lainnya akan lebih mudah dilakukan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan website yang menarik agar para konsumen Anda bisa melihat produk Anda secara detail lewat website Anda.

Kelola Bisnis Rumahan Secara Mudah dengan Software Retail

Software Retail
Sumber: Canva.com

Dalam menjalankan dan mengelola bisnis rumahan, tentunya Anda akan sangat kewalahan untuk mengerjakannya sendiri. Anda tentunya memerlukan bantuan untuk bisa melancarkan bisnis Anda. Namun, jika mempekerjakan karyawan untuk mengurus hal tersebut, maka akan menghabiskan banyak sekali biaya. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan bantuan-bantuan dari sistem yang sudah modern, Anda dapat menggunakan software retail yang terintegrasi dengan banyak sistem. Sistem ini mampu membantu Anda mengelola bisnis Anda mulai dari keuangan, inventaris, sebagai mesin kasir hingga layanan e-invoice. Hal ini tentunya akan sangat membantu Anda, sehingga Anda bisa lebih fokus mengerjakan hal yang utama dari bisnis Anda.Retail

Kesimpulan

Menjalankan dan mengelola bisnis rumahan memang suatu hal yang sangat menantang di masa peralihan pandemi menuju endemik seperti saat ini. Namun, pastikanlah agar Anda mampu memperhitungkan seluruh langkah yang tepat agar tidak terjadi kekeliruan pada Anda. Selain itu, pastikanlah agar seluruh produk Anda sudah sesuai dengan target pasar yang sebelumnya sudah Anda tentukan agar seluruh proses penjualan bisa terjadi tanpa hambatan.

Selain itu, lakukanlah digitalisasi pada bisnis Anda dengan pilihan sistem yang tepat. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus mengerjakan hal yang lebih utama dengan lebih baik. Software retail terbaik dari EQUIP tentunya adalah jawaban dari pencarian Anda selama ini. Sistem ini akan memudahkan Anda mengurus segala hal mengenai bisnis rumahan Anda menjadi lebih mudah dan lebih baik.

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Software Akuntansi Equip ERP merupakan software yang inovatif dengan fitur terlengkap, dapat Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda dan memiliki jumlah pengguna tanpa batas. Segera otomatisasi bisnis Anda dengan teknologi yang tepat demi perkembangan bisnis Anda menjadi lebih baik dan modern. Lakukan demo gratis Software Equip ERP sekarang!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now