Siap Menjadi Beautypreneur? 10 Ide Bisnis Kecantikan yang Harus Anda Coba

Bisnis kecantikan adalah jenis usaha yang menjanjikan sampai kapanpun. Alasannya adalah karena produk kecantikan seperti kosmetik dan juga perawatan kecantikan lainnya, telah menjadi kebutuhan pokok para wanita sepanjang jaman. Artinya, hal ini dapat menjadi kesempatan emas bagi Anda yang tertarik memulai bisnis kecantikan. Namun, tanpa strategi yang tepat, memulai bisnis kosmetik dapat menjadi boomerang. Karena itulah Aplikasi CRM terbaik sangat perlu untuk perkembangan bisnis kecantikan Anda nanti. tujuan utamanya, yakni mengoptimalisasikan relasi dari perusahaan ke pelanggan dengan sistem

Tujuan penggunaan software CRM adalah penyediaan informasi tentang pelanggan bagi perusahaan. Berdasarkan informasi itulah bisa diterapkan cara-cara promosi dan pemasaran yang ideal demi mengikat kesetiaan konsumen. Software CRM bantu mengidentifikasi serta memahami apa saja kebutuhan konsumen yang sudah menjadi pelanggan, sehingga terjalin proses komunikasi yang efisien. Selain itu, memaksimalkan alur komunikasi kepada pelanggan lewat penggunaan aplikasi Aplikasi CRM. Poin terakhir sekaligus menjawab berbagai kendala teknis dalam menerapkan metode CRM. Jika sudah ada sistem yang terintegrasi secara otomatis di Aplikasi CRM, tujuan bisnis yang ingin dicapai pun bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Sistem CRM Software: Manfaat, Kegunaan, dan Pentingnya untuk Bisnis

bisnis kecantikan

Daftar Isi

Ide Bisnis Kecantikan 2022

1. Menciptakan produk dan brand sendiri

Salah satu peluang dari bisnis kecantikan adalah produk kecantikan yang saat ini makin menarik perhatian konsumen. Peningkatan kualitas skincare lokal menjadi hal utama  dan dapat bersaing sama baiknya dengan skincare dari luar negeri. Hal inilah yang menyebabkan peluang brand skincare lokal baru menjadi lebih besar lagi. 

Ketika Anda membuat brand skincare sendiri, yang mana tergolong sebagai produk lokal, Anda memiliki peluang untuk bisa mengembangkan brand skincare Anda. Tapi, jangan lupa perhatikan kualitas dan keamanan produk Anda. Selain itu, Anda juga perlu menemukan dan menerapkan strategi yang tepat agar bisa membantu Anda masuk ke pasar dengan lebih mudah, misalnya dengan bantuan software CRM yang tepat.

produk beauty
Source: freepik.com

Baca juga: 5 Cara Sukses Memulai Bisnis Skincare dengan Aplikasi Inventaris

2. Klinik kecantikan

Bisnis kecantikan juga merupakan salah satu cara yang tepat dalam menginvestasikan uang. Banyak orang yang telah terjun menjalankan bisnis kecantikan ini, bisa kita lihat dari semakin maraknya keberadaan Klinik Kecantikan, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Biaya operasional klinik kecantikan memang tergolong tinggi karena harus sewa tempat yang luas. Serta butuh modal untuk membeli peralatan medis yang canggih. Selain itu, dokter yang bekerja di klinik kecantikan adalah dokter spesialis kulit dan kelamin (Spkk) atau dokter umum yang sudah mengikuti kursus mengenai perawatan kulit.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Usaha Kecil dengan Software Retail

3. Spa kecantikan

Ide bisnis kecantikan selanjutnya adalah spa kecantikan, Bisnis spa kecantikan ini memang membutuhkan dana yang lumayan besar di awal. Namun modal ini merupakan modal awal untuk menunjang pelayanan dan kegiatan spa. Modal yang diperlukan antara lain modal franchise (bila memilih jalur kemitraan), modal untuk dekorasi dan desain interior tempat spa, pembelian bahan baku, modal training staf dan modal promosi. Kompetisi antar bisnis spa bukan hanya berada pada lingkup pelayanan yang memuaskan. Jadi, pemilihan bahan baku seperti masker, scrub dan aroma terapi juga menjadi faktor penting yang harus terjaga mutunya.

4. Salon kecantikan

Salon kecantikan merupakan salah satu ide bisnis yang menguntungkan. Ada banyak hal yang bisa Anda tawarkan, mulai dari dari potong rambut, hair creambath, facial wajah, SPA & relaxation, dan masih banyak lagi. Meskipun bisnis ini harus dimulai dengan modal yang tidak sedikit. Pasalnya semakin besar salon yang akan dibuka, maka biayanya juga semakin besar. Jika Anda memang serius ingin menjalankan bisnis salon kecantikan ini, maka terlebih dahulu yang harus Anda lakukan adalah mengasah kemampuan terkait soal kecantikan terlebih dahulu. 

salon
Sumber: Freepik.com

5. Tempat eyelash extension

Bisnis eyelash extension bisa jadi peluang untuk menambah pemasukan. Bisnis eyelash extension membutuhkan tempat dan pelayanan yang sangat nyaman. Jadi, buatlah senyaman mungkin. Perhatikan kebersihan untuk memastikan kenyamanan pelanggan. Tidak hanya bersih, pastikan tempat usaha juga rapi. Untuk yang berhijab, Anda bisa membuat lokasi yang lebih nyaman dan privat. 

Pilihlah lokasi bisnis yang strategis dan mudah untuk hal akses. Anda juga perlu menyiapkan bahan dan peralatan yang berkualitas. Dengan memberikan kualitas terbaik, maka pelanggan Anda pun akan ketagihan datang lagi dan lagi. Bahkan, mereka juga akan merekomendasikan usaha Anda kepada temannya.

6. Bisnis sulam alis

Tren sulam alis atau microblading sudah hadir sejak 2 tahun yang lalu. Teknik kecantikan ini makin digemari sehingga pasarnya makin luas dan lahan bisnisnya mampu bertahan hingga saat ini. Untuk calon pelaku bisnis, jika ingin terjun ke jalur ini, sebaiknya Anda mengejar sertifikasi dulu untuk menjamin keamanan salon. Kemudian miliki eyebrow expert, yang bisa memberikan saran kepada para konsumen. Banyak pula pelaku bisnis sulam alis yang sukses, maka Anda bisa mencoba bisnis ini sebagai ide bisnis kecantikan.

7. Menjadi reseller/dropshipper produk kecantikan

Jika Anda ingin menjalankan peluang bisnis kecantikan tanpa modal, maka menjadi reseller/dropshipper produk kecantikan adalah pilihan yang tepat.  jangan jual produk asal jual saja, yang ada nanti malah calon pembeli tidak meliriknya. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, ada baiknya Anda melakukan riset mengenai tren apa yang sedang berlangsung.

Karena peran Anda sebagai reseller/dropshipper, jadi Anda tidak akan menyetok barang karena semua produk yang nantinya dikirimkan ke pembeli melalui supplier atau tangan pertama. Pastikan Anda memilih tangan pertama yang memang sudah terpercaya dan sudah berpengalaman dalam bidang kecantikan juga karena apabila Anda memiliki masalah nanti dalam penjualan, Anda bisa bertanya dengan mereka.

Baca juga: Mengenal Peran, Fungsi, dan Cara Memilih Vendor Terbaik

8. Jasa make up artist

make up artist
Sumber: Freepik.com

Bisnis jasa make up artist (MUA) sangat menjanjikan, baik sebagai bisnis utama maupun sampingan, karena tidak hanya saat pernikahan saja jasa ini dibutuhkan, acara lain seperti wisuda, photoshoot, prewedding, karnaval budaya, acara-acara formal, maupun non formal lainnya juga membutuhkan jasa MUA. Untuk berprofesi sebagai MUA, maka Anda harus memiliki kemampuan dalam urusan merias. Entah kemampuan itu Anda dapatkan dari pendidikan formal seperti kursus maupun otodidak.

Profesi ini membutuhkan keterampilan, sehingga Anda harus banyak latihan untuk mengasah kemampuan Anda. Selain itu, Anda harus mempersiapkan beberapa pilihan kosmetik karena klien Anda pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Pastikan Anda memiliki ragam peralatan untuk dapat merias berbagai acara sesuai permintaan klien.

Baca juga: Siap jadi UMKM Go Digital? Ini Langkah Mudah Memulainya

9. Membuka pabrik produk kecantikan

Memulai bisnis dengan membuka pabrik kosmetik merupakan ide bisnis yang sangat menarik. Untuk pemula, pilihlah tempat yang tidak terlalu besar dan memproduksi barang dengan jumlah sedikit. Bisa juga Anda menggunakan sistem home made dengan memakai rumah sendiri untuk membuat kosmetik tersebut. Tapi jika ingin membuat yang lebih besar, buatlah dengan ukuran yang cukup luas karena akan mencakup berbagai bagian, dari produksi, keuangan, sampai pemasaran.

Sekecil apapun usaha produk kecantikan yang ingin Anda bangun, paling tidak kalian harus memiliki pengetahuan seputar kosmetik itu sendiri. Dari penggunaan bahan yang baik, bagaimana cara membuatnya, sampai dengan urusan packaging. Anda juga bisa berkonsultasi pada seseorang yang lebih paham. Selain itu Anda juga harus paham tentang cara managementnya, seperti tentang pemasaran sampai keuangan. Jangan lupa mempelajari seputar BPOM karena akan lebih baik jika produk telah terdaftar BPOM.

10. Bisnis barbershop

Ide bisnis yang terakhir adalah barbershop. Perkembangan bisnis barbershop tidak terlepas dari meningkatnya kebutuhan gaya hidup di kalangan pria yang menginginkan tampilan yang lebih rapi dan keren. Hal ini tentu menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan dan bisa Anda ambil, dan ternyata bisnis barbershop bisa mencetak omset hingga puluhan juta rupiah. Jika Anda memutuskan untuk membuat bisnis barbershop, cobalah untuk mulai memberikan layanan lengkap sesuai kebutuhan pelanggan. 

Buatlah ruangan barbershop senyaman mungkin. Ini adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan barbershop Anda dan kompetitor. Usahakan untuk memisah ruang tunggu dan ruang cukur. Anda bisa menggunakan kursi yang nyaman untuk tempat mencukur rambut, dan tambahkan berbagai fasilitas seperti TV, AC, WiFi, mini kafe, buku atau majalah, dan lain sebagainya. 

Baca juga: 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Barbershop

Kesimpulan

Sebelum menjalankan bisnis kecantikan, Anda harus memahami bagaimana tren kecantikan masa kini dan harus paham apa keinginan dan kebutuhan masing-masing konsumen. Menjaga hubungan dengan konsumen agar tetap setia sangatlah penting. Dengan memaintain konsumen, mereka akan tetap terikat dan dekat dengan usaha Anda. 

bisnis kecantikan

Software CRM EQUIP adalah sistem yang akan membantu Anda untuk mengotomatiskan pengelolaan data pelanggan, dan membuat berbagai rencana promosi dengan mudah. Seluruh informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka dan memberikan layanan yang terbaik. Demo gratis Equip CRM sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA