Attendance Management Software untuk Membantu Kerja HR

Jika dulu sistem pencatatan waktu dan kehadiran karyawan masih melakukan secara manual, kini departemen Sumber Daya Manusia (SDM) bisa lebih inovatif dengan membuat sistem pencatatan waktu otomatis dengan software attendance management. Perangkat lunak manajemen waktu dan kehadiran adalah perangkat lunak yang membantu perusahaan mengelola dan melacak kehadiran karyawan dengan lebih efisien. 

Semua industri dapat menggunakan aplikasi manajemen waktu baik dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Fitur komprehensif seperti penjadwalan shift, check-in seluler, dan laporan kehadiran waktu nyata akan membantu tim SDM memberikan ulasan kinerja yang disesuaikan untuk karyawan. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait attendance management.

DemoGratis

Pengertian Attendance Management Software

Attendance Management Software untuk Membantu Kerja HR

Software manajemen waktu ini merupakan solusi yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah administrasi SDM khususnya pada bidang ketepatan waktu karyawan. Dengan software absensi ini, karyawan dapat melakukan absensi secara felksibel tanpa menggunakan mesin absensi sidik jari.  

Karyawan dapat memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam hal ketepatan waktu dan juga tidak perlu mengantri depan mesin sidik jari untuk hadir. HR juga tidak perlu lagi mengekstrak data kehadiran karyawan secara manual dari mesin sidik jari. 

Anda juga dapat dengan mudah menghubungkan aplikasi manajemen ini dengan fitur lain dari sistem HRIS. Sistem ini dapat mengkonfigurasi aplikasi untuk terhubung ke aplikasi penggajian sehingga proses penggajian dapat berjalan lebih cepat dan efisien. Secara umum, aplikasi manajemen waktu dapat Anda gunakan untuk menyimpan berbagai data karyawan. Anda juga dapat menggunakannya untuk mendukung pekerjaan Anda sebagai Sumber Daya Manusia. Tim HR kemudian dapat menggunakan data dalam aplikasi ini untuk diproses dalam sebuah laporan. 

Anda juga dapat menggunakan laporan ini untuk membuat keputusan eksklusif di masa mendatang. Misalnya, gunakan laporan ini untuk mengembangkan berbagai kebijakan baru yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Alasan Attendance Management Software Penting bagi Perusahaan

Absensi karyawan merupakan hal yang krusial dalam perusahaan, mengingat karyawan adalah bagian dari kesuksesan perusahaan. Ketika karyawan dapat bekerja secara optimal, maka kinerja perusahaan juga optimal, oleh karena itu penting bagi perusahaan melihat kerja karyawan terutama pada absen karyawan. Berikut alasan mengapa sistem ini penting bagi perusahaan.

Dapat perusahaan gunakan dengan mudah

Ada beberapa alasan perusahaan harus menggunakan perangkat lunak attendance management. Salah satunya adalah untuk mendukung implementasi sistem HRIS yang dapat saling terintegrasi. Aplikasi attendance management, menggunakan penyimpanan berbasis cloud, sehingga tidak perlu menginstal seperangkat perangkat keras yang digunakan untuk server perusahaan. Bahkan semua data karyawan Anda dapat dengan mudah tersimpan dalam cloud dan Anda juga dapat mengaksesnya kapan saja dengan mengandalkan Internet. 

Jika masih melakukan proses absensi karyawan secara manual,itu akan memakan waktu lama bagi departemen HR untuk mengekstrak berbagai data yang ada. Akibatnya, pekerjaan menjadi kurang produktif, padahal HR dapat menggunakan waktunya untuk melakukan pekerjaan HR lainnya. Dengan perangkat lunak manajemen waktu kehadiran, ketika salah satu karyawan Anda mencatat waktu pada aplikasi umum. Data kehadiran juga akan terperbarui secara real time dan otomatis dengan sangat cepat. Data mereka kemudian secara otomatis terunggah ke aplikasi cloud dan HR dapat melihat dan mengaksesnya dengan mudah saat mereka membutuhkannya untuk berbagai tujuan.

Memudahkan akses dari mana saja

Salah satu alasan banyak perusahaan mulai beralih ke aplikasi attendance management adalah karena sangat efisien dan mudah diakses dari mana saja. Karena tidak memerlukan peralatan tambahan, departemen sumber daya manusia dan karyawan perusahaan Anda juga dapat mengunduh dan juga menggunakannya dengan mudah pernagkat lunak ini. Fitur Live Timekeeping memungkinkan Sumber Daya Manusia mengetahui lokasi pasti dari karyawan tertentu. Jika HR dapat memiliki kebijakan bahwa ketepatan waktu harus karyawan lakukan di kantor, fitur ini juga dapat mengurangi kecurangan karyawan.

Terintegrasi dengan aplikasi lain

Selain data mengenai ketepatan waktu, bagian HRD juga dapat mengetahui tingkat kedisiplinan setiap pegawai. Data pencatatan waktu ini juga dapat Anda gunakan untuk menghitung gaji pegawai pada setiap akhir bulan.

Menghitung gaji secara manual bukanlah solusi yang tepat, apalagi jika memiliki jumlah karyawan yang sangat banyak. Penghitungan gaji secara manual sangat memungkinkan terjadinya human error. Oleh karena itu, solusi yang dapat perusahaan ambil untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan menggunakan sistem attendance management yang terintegrasi dengan perangkat lunak lainnya.

Dengan sistem ini, perusahan dapat dengan mudah menghitung penggajian. Sistem ini juga dapat merekam secara otomatis untuk menghitung jam kerja karyawan. Software ini juga memfasilitasi karyawan yang hendak meminta lembur, izin, atau mengganti jadwal kerja dengan mudah. 

Manfaat Attendance Management Software bagi Bisnis

HRIS Software untuk Membantu Kerja HR

Sistem attendance management ini bermanfaat untuk dapat memberi Anda solusi manajemen karyawan baik untuk bisnis retail kecil dan menengah, swasta, makanan/minuman, dan jasa. Anda juga dapat mengatur pergerakan, kehadiran masuk, pelacakan waktu nyata dan juga meringkas kehadiran secara otomatis. Sistem ini akan mempermudah operasional point of sale Anda dengan membuat proses penjadwalan karyawan menjadi lebih ringkas, praktis, teliti, dan efisien. 

Kesimpulan

Sistem attendance management merupakan bentuk perkembangan era ini, sebuah sistem dapat melakukan absen karyawan dari sebuah perangkat lunak. Sistem ini tentunya sangat memudahkan kerja HR dari perusahaan. Tidak hanya HR saja yang mendapatkan keuntungannya tetapi juga karyawan. Selain itu, perusahaan dapat melacak kehadiran karyawan dan dapat dengan mudah menghasilkan laporan ringkasan kehadiran. 

Selain sistem attendance management yang dapat memudahkan perusahaan Anda, Anda juga dapat mengintegrasi sistem ini dengan sistem ERP EQUIP yang dapat memberikan solusi untuk memudahkan kerja perusahan baik dari segi Accounting, Inventory, Procurement, dan CRM. Untuk mengetahui produk EQUIP Anda dapat jadwalkan demo gratisnya atau dapat klik disini untuk informasi selanjutnya.

Aruna Citra Dewi Kartini
Aruna Citra Dewi Kartini
A highly motivated and tech-savvy individual with a demonstrated ability to produce high-quality content that engages audiences and achieves marketing goals.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now