6 Strategi Sukses Membangun Bisnis Parfum bagi Pemula

Bisnis parfum memang memiliki potensi besar, mengingat parfum merupakan produk yang kerap dibutuhkan dan selalu diminati bayak orang. Parfum biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari, sebagai hadiah, atau untuk acara khusus. Karena itulah usaha parfum mempunyai potensi keuntungan yang besar.

Akan tetapi, bagi anda yang hendak berbisnis parfum, tentu saja tidak akan pernah luput dari tantangan yang anda hadapi. Beberapa tantangan tersebut antara lain, memiliki persaingan ketat, perubahan tren, regulasi yang ketat hingga tingginya biaya produksi.

Oleh karena itu, anda harus menerapkan strategi sukses membangun usaha parfum, terutama bagi para pemula yang baru memulai bisnis ini pertama kali.

Baca Juga : 7 Tips Memulai Usaha Kecil dengan Software Retail

DemoGratis

Jenis Bisnis Parfum

bisnis parfum

Ada beberapa jenis bisnis parfum yang bisa anda pilih dan geluti, antara lain :

1. Bisnis Share

Bisnis share parfum merupakan aktivitas bisnis yang biasanya mengadopsi konsep untuk berbagi keuntungan dari pemilik bisnis bersama anggota atau mitranya yang tergabung pada jaringan bisnis itu sendiri.

Pada bisnis share ini, pemilik bisnis memproduksi parfum menggunakan merk sendiri kemudian menjualnya lewat anggota atau mitra yang telah tergabung pada jaringan bisnis ini.

Setiap anggota atau mitra yang telah tergabung pada bisnis tersebut akan melakukan pembelian parfum yang harganya lebih murah dari harga yang ditawarkan kepada end user. Untuk selanjutnya akan menjual parfum tersebut kembali dengan harga lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.

2. Bisnis Parfum Designer

Usaha parfum ini biasanya melibatkan penciptaan sekaligus pengembangan parfum yang memiliki desain dan merk sendiri sebagai hasil racangan parfum terkemuka. Ini adalah bisnis yang melibatkan kreativitas dengan mencampur berbagai macam bahan dan menciptakan aroma parfum yang khas juga berbeda dengan merk parfum yang lainnya.

3. Bisnis Butik Parfum

Bisnis butik parfum merupakan salah satu jenis usaha parfum yang berfokus terhadap penjualan parfum dari merek-merek premium dan terkenal secara eksklusif lewat online maupun toko fisik. Usaha yang satu ini menyediakan berbagai merek dan jenis parfum, dari merek-merek parfum lokal sampai internasional yang menyuguhkan aroma berbeda serta berkualitas tinggi.

Baca Juga : 7 Tips Memulai Bisnis Handphone dengan Software Retail

Strategi Membangun Bisnis Parfum

bisnis parfum

Jika anda baru memulai bisnis parfum, ada beberapa strategi dalam membangun bisnis retail ini yang perlu anda ketahui, antara lain :

1. Buat Konsep Bisnis Parfum

Langkah pertama yang harus anda perhatikan adalah buat konsep bisnis parfum terlebih dahulu. Konsep bisnis parfum di sini dapat mencakup berbagai aspek, antara lain :

  • Segmentasi pasar, silakan tentukan segmen market mana yang akan anda targetkan. Pastikan, apakah ingin memproduksi produk parfum untuk wanita, pria, atau keduanya? Atau mungkin untuk remaja, dewasa atau anak-anak? Jika sudah, ada bisa membangun merek parfum anda.
  • Riset, lakukan riset terlebih dahulu agar anda menemukan aroma parfum yang sedang tren dan populer di pasaran.
  • Produksi, jika sudah menemukan aroma parfum yang tepat, anda bisa memulai produksi. Bisa memproduksi parfum sendiri atau bisa bermitra dengan supplier atau produsen parfum yang lain.

2. Kalkulasikan Modal dan Keuntungan

Perhitungan untuk modal dan profit usaha parfum bisa bervariasi, umumnya tergantung dari berbagai macam faktor. Antara lain dari skala produksi, harga jual, bahan baku, dan lainnya.

Namun untuk menghitung modal serta keuntungan bisnis, anda harus memperhatikan modal awal, harga jual, biaya produksi, dan keuntungan. Untuk membantu anda mengkalkulasikan modal dan keuntungan bisnis, anda membutuhkan software akuntansi dari EQUIP.

Anda bisa memperoleh banyak kemudahan pengelolaan bisnis, dari pengadaan sampai penjualan menggunakan EQUIP.

Baca Juga : Rekomendasi 10 Aplikasi Laporan Keuangan untuk UMKM

3. Perhatikan Lokasi dan Layout Toko

Lokasi dan layout toko parfum adalah faktor terpenting untuk membangun citra serta memberikan kenyamanan kepada pelanggan dan pengalaman berbelanja menyenangkan untuk konsumen.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menentukan layout dan lokasi toko parfum, antara lain :

  • Lokasi, pilihlah tempat strategis yang mudah dijangkau konsumen. Misalnya saja anda memilih tempat-tempat strategis, tidak jauh dari pusat keramaian, pusat perbelanjaan, maupu area yang kerap dilalui kendaraan umum. Perhatikan pula aksesibilitas area parkir, keamanan lingkungan dan kemudahan transportasi.
  • Ukuran, anda bisa menyesuaikan ukuran toko dengan budget dan kebutuhan yang tersedia. Untuk yang baru memulai usaha parfum, pilih ukuran yang sesuai target pasar dan skala produksi. Akan tetapi, pastikan pula ukurannya cukup luas dalam memberikan kenyamanan kepada konsumen.
  • Display Produk, anda juga harus memperhatikan tata letak parfum dengan baik. Susun parfum dengan baik agar dapat diakses dengan mudah dan juga membuat konsumen lebih mudah melihatnya.

4. Temukan Supplier Bibit Parfum Berkualitas

Selain menentukan lokasi, anda juga wajib mencari supplier atau pemasok bibit parfum untuk anda jual nantinya di toko parfum anda. Temukan supplier dari bibit parfum terpercaya, caranya dengan menawarkan bibit parfum berkualitas baik dan memiliki wangi tahan lama. Dengan begitu anda dapat menjual produk parfum refill yang kualitasnya sama dengan parfum original.

5. Ikuti Tren Parfum dan Lengkapi Varian Parfum

Strategi lainnya supaya usaha parfum dapat berjalan lancar yaitu dengan cara menjual produk parfum yang banyak disukai atau sedang tren. Para pembeli tentu saja cenderung mencari produk parfum yang sedang atau banyak digunakan.

Jika usaha anda dapat menyediakan produk parfum tersebut, maka konsumen juga lebih memilih melakukan pembelian di tempat usaha anda. Di samping itu, anda harus memastikan koleksi parfum jualan anda menawarkan banyak pilihan dan varian.

Misalnya saja untuk pria, wanita dan remaja. Jika anda menawarkan parfum yang variannya lebih banyak, maka pembeli mejadi lebih mudah untuk mencari parfum sesuai kebutuhan dan selera mereka. Silakan buat tester parfum pada botol-botol mini dan katalog parfum, untuk mempermudah konsumen memilih parfum yang mereka inginkan.

6. Lakukan Strategi Promosi yang Menarik

strategi bisnis retail

langkah terakhir yang paling penting dalam strategi membangun bisnis parfum adalah melakukan pemasaran secara optimal. Dalam pemasaran, anda dapat menggunakan strategi pemasaran baik secara offline atau secara online. Semuanya dapat anda kombinasikan agar lebih memperkenalkan produk yang dijual.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi CRM untuk mempermudah usaha parfum menyusun strategi-strategi tertentu agar lebih fokus terhadap manajemen pelanggan. Tentu saja yang dapat mengubah leads hingga menjadi customer yang loyal.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Aplikasi Retail Terbaik untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Anda bisa menerapkan strategi usaha parfum untuk pemula di atas dengan baik. Selain itu, anda bisa mengandalkan software akuntansi EQUIP ERP untuk dapat mengelola usaha parfum secara maksimal. Sistem akuntansi dar EQUIP dapat memberikan informasi sesuai kebutuhan UMKM, dari arus kas sampai membuat laporan akuntansi.

Anda dapat mengoptimalkan pencatatan transaksi keuangan menggunakan software accounting dari EQUIP. Dengan software akuntansi EQUIP dapat membatu melacak income atau pendapatan usaha parfum yang anda jalankan.

Demo Gratis EQUIP ERP Sekarang Untuk Bantu Bisnis Anda Naik Level!

Bagaimana, tertarik menggunakan software ERP dari EQUIP? Coba demo gratis EQUIP ERP sekarang untuk bantu bisnis parfum anda naik level!

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
628111775117
×

Aurel

Active Now

Aurel

Active Now