6 Strategi Sukses Usaha Toko Toserba yang Ramai Pelanggan

Membuka sebuah bisnis atau usaha merupakan pilihan bagi sejumlah orang untuk mempunyai pendapatan dari hasil usaha mereka sendiri. Terdapat berbagai macam jenis bisnis yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan keuntungan. Salah satu bisnis yang tiada matinya ada toko toserba. Jika Anda ingin memulai toko toserba dapat menggunakan software inventory terintegrasi untuk mengelola persediaan barang yang ada di usaha Anda.

Toko serba ada atau yang biasa disebut dengan toserba adalah salah satu usaha yang tidak pernah sepi oleh pelanggan. Hal tersebut karena toserba menyediakan kebutuhan sehari-hari yang tentunya pasti akan dipenuhi oleh konsumen. Toko toserba menawarkan barang dengan harga yang lebih murah dari yang ada di swalayan besar. Biasanya, toserba ini mengambil keuntungan yang cukup banyak. Untuk mengatur dan mengelola segala transaksi yang masuk serta keluar, Anda perlu memakai aplikasi akuntansi yang terpercaya untuk membuat laporan keuangan secara otomatis. 

Walaupun usaha toserba berguna oleh banyak orang untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari, tidak menutup kemungkinan kalau dapat gulung tikar. Agar usaha Anda tetap terus berjalan dalam jangka panjang, maka Anda perlu manajemen yang teratur dan terarah dengan bantuan software POS terbaik. Selain itu, Anda memerlukan enam strategi ampuh dalam mengembangkan bisnis toserba Anda. Simak tipsnya sebagai berikut!

toserba

 

1. Lakukan Riset Pasar

Strategi pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan dan mencari tahu riset pasar. Riset pasar adalah kegiatan penelitian/ riset yang fokus pada kondisi atau keadaan pasar yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebelum memulai usaha alangkah baiknya jika Anda mencari tahu mengenai pasar Anda dan membuat ide bisnis yang matang. Agar kedepannya Anda dapat menjalankan bisnis dengan lancar dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Baca Juga: Dapatkan Riset Pasar yang Aktual dengan Bantuan Google Trends

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Mendirikan sebuah toko tentunya memerlukan pemilihan lokasi yang strategis. Lokasi menjadi salah satu hal penting dalam memulai membangun sebuah toko, terutama toko toserba. Anda harus memperhatikan terlebih dahulu akses menuju toko dan memperhatikan lingkungan sekitar yang ramai dengan masyarakat. Salah satu lokasi yang strategis pada usaha toserba di tengah perumahan masyarakat karena toko Anda sendiri menawarkan kebutuhan sehari–hari. Tujuan usaha diletakkan di tengah perumahan agar masyarakat sekitar dapat menjangkau dan terpenuhi kebutuhan mereka. 

3. Siapkan perlengkapan toko yang dibutuhkan

Strategi ketiga yang perlu Anda butuhkan yaitu menyiapkan perlengkapan toko. Usaha toserba yang Anda bangun dengan tujuan untuk memperhatikan peralatan dan perlengkapan yang Anda butuhkan. Perlengkapan tersebut dapat berupa etalase, kasir, rak, timbangan, kalkulator, buku nota, meja dan kursi, dan sebagainya. Untuk menata berbagai macam barang dengan rapi dan sesuai, Anda membutuhkan software inventory dengan fitur terlengkap yang sudah berjalan dengan otomatis. Selain itu, Anda dapat mengelola persediaan stok barang dengan mudah dan praktis.

Baca juga: Mengapa Bisnis Grosir Merupakan Jenis Usaha yang Banyak di Minati?

4. Carilah Agen yang Terpercaya

Setelah Anda menentukan beberapa ide yang sudah disebutkan, selanjutnya Anda perlu belanja untuk stok barang. Menyetok barang yang akan Anda jual dapat disebut dengan kulakan. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu beberapa agen yang berkualitas dan terpercaya sebelum Anda menentukannya. Biasanya, berbagai macam barang di pasar tradisional lebih murah daripada harga di swalayan atau toko grosir.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli barang dagangan dari berbagai agen, pastikan untuk mengetahui kualitasnya terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan software procurement terpercaya untuk meningkatkan seluruh kegiatan pembelian pada agen toko toserba Anda.

5. Kebersihan dan Tata Letak Barang

Sumber: fastpay.com

Salah satu pelayanan yang dapat Anda berikan dengan menjaga kebersihan dan tata letak barang. Anda dapat mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kebutuhannya. Toko yang terlihat bersih dan rapi akan membuat pelanggan merasa nyaman mengunjungi toko Anda. Hal tersebut dapat membuat agar konsumen dapat kembali berbelanja pada toko Anda. Jadi, sebelum toko Anda buka pastikan bahwa suasana toko sudah bersih dan barang tertata dengan rapi. 

6. Bangun Relasi yang Baik dengan konsumen

Strategi terakhir yaitu menjalin relasi dengan konsumen. Selain Anda memberikan pelayanan terbaik, Anda perlu menjalin relasi agar memiliki konsumen yang loyal. Akan menjadi percuma jika Anda memiliki modal banyak dalam membangun sebuah usaha, namun komunikasi tidak bisa terjalin dengan konsumen. Hal sederhana seperti ini bisa membuat konsumen untuk datang kembali dan bisa menjadi konsumen tetap. Agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM yang terotomasi untuk meningkatkan penjualan dan komunikasi dengan pelanggan.

 

Optimalkan Usaha Toko Toserba Anda dengan Sistem ERP Grosir!

Software grosir untuk bisnis sepatu

Setelah Anda mengetahui enam strategi sukses dalam memngembangkan usaha toserba, Anda bisa menggunakan sistem ERP grosir terbaik agar semua aktivitas tersebut dapat berjalan dengan optimal. Dari sistem tersebut, Anda dapat mengotomatiskan berbagai operasional bisnis grosir Anda, mulai dari pembelian barang hingga pelacakan penjualan. Selain itu, Anda dapat menyelesaikan berbagai solusi permasalahan toko toserba Anda yang biasa terjadi. Sehingga dapat mempermudah Anda untuk mengembangkan di bidang yang lainnya.

 

Kesimpulan

Membuka toko toserba dapat dikatakan susah-susah gampang, tergantung bagaimana cara Anda memanajemen keseluruhan. Kelebihan membuka usaha ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Selain itu Anda bisa saja mendapatkan untung yang cepat jika diimbangi dengan tingginya permintaan masyarakat.

toserba

Akan tetapi, untuk membangun jenis usaha ini Anda membutuhkan beberapa tips agar berjalan dengan lancar. Perlu Anda jalankan dengan konsisten dan sabar saat baru memulainya. Gunakan sistem ERP grosir yang terpercaya untuk dapat melacak segala aktivitas yang ada di toko Anda. Dapatkan demo gratis sekarang dan daftarkan toko Anda!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA