7 Tips Memulai Usaha Kecil dengan Software Retail

Memiliki bisnis sendiri menjadi hal yang banyak orang impikan. Kini, membuka usaha atau bisnis tidak harus dengan modal yang jumlahnya besar. Karena, ada banyak jenis bisnis atau usaha modal kecil yang bisa dijalankan. Dengan memulai bisnis, kita dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran sendiri, mendapatkan uang lebih besar, serta mempunyai hak untuk menyusun jam masuk dan pulang kerja sendiri. Alasan-alasan tersebutlah yang harus disadari dan memacu kita untuk membuka bisnis dari rumah sendiri. Ditambah lagi dengan hadirnya software retail yang akan membantu proses bisnis Anda.

Software retail bekerja secara otomatis sehingga semua mempersingkat proses bisnis. Mulai dari manajemen persediaan, entri data perusahaan, hingga memenuhi pesanan pelanggan dengan sistem. Selain itu, Fitur dalam sistem retail memungkinkan Anda untuk melacak pergerakan barang, baik yang laku maupun yang tidak. Hasil pelacakan tersebut membuat Anda berpikir lebih jauh tentang strategi pada bisnis Anda. Sistem retail telah memperoleh kepercayaan dari para retailer karena terbukti efektif dalam menyederhanakan proses bisnis yang kompleks. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang ingin memulai untuk mengembangkan ide dan berwirausaha simak tips memulai usaha kecil dalam artikel ini.

Baca Juga: Panduan Sukses Mengembangkan Bisnis Food Truck

memulai usaha kecil

Daftar Isi

  1. Pilih Konsep dan Jenis Usaha
  2. Tentukan Lokasi yang Strategis
  3. Alokasikan Modal Bisnis dengan Tepat
  4. Cari Partner atau Supplier yang Dapat Bekerja Sama dengan Baik
  5. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Promosi
  6. Gunakan Peralatan yang Ada dengan Baik
  7. Kelola Usaha Kecil dengan Baik dan Benar Menggunakan Software Retail
  8. Kesimpulan

1. Pilih Konsep dan Jenis Usaha

Tips yang pertama adalah memilih konsep dan jenis usaha. Sebaiknya Anda tentukan dahulu jenis usaha apa yang akan Anda pilih, atau yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa memulai jenis usaha yang sederhana saja, dengan jumlah modal yang tidak besar misalnya membuka warung kecil-kecilan, menjual makanan ringan, berjualan online dengan sistem dropship dan masih banyak lagi.

2. Tentukan Lokasi yang Strategis

Selanjutnya yaitu menetapkan lokasi yang strategis. Lokasi merupakan salah satu aspek penting dalam memulai usaha. Dengan memilih lokasi ramai dan tepat bisa membuat usaha Anda lebih cepat berkembang. Untuk usaha yang baru dirintis, jangan ragu-ragu untuk memanfaatkan ruangan sekitar rumah yang ada seperti teras atau garasi rumah. Contoh beberapa perusahaan besar di dunia ini berasal dari garasi rumah seperti Apple, Google, Amazon, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Tips Usaha Modal Kecil dengan Untung Besar yang Wajib Anda Coba!

3. Alokasikan Modal Bisnis dengan Tepat

kalkulasi modal
Sumber: Freepik.com

Modal usaha merupakan salah satu kunci utama berjalannya sebuah usaha. Karena kita akan memulai usaha dengan modal yang minim. Satu-satunya cara untuk bisa bertahan dalam bisnis adalah dengan melakukan alokasi modal dengan seefektif mungkin. Para pelaku usaha juga perlu memasukkan beberapa faktor yang tidak terduga dan resiko yang mungkin terjadi dalam mengalokasikan modal usaha. Pelaku usaha juga perlu mengantisipasi situasi serta kondisi ekonomi yang tidak pasti atau tidak menentu di masa yang akan datang tersebut.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Pembukuan untuk Perkembangan Bisnis Anda

4. Cari Partner atau Supplier yang Dapat Bekerja Sama dengan Baik

Peran supplier menjadi sangat penting untuk bisnis Anda. Maka, pastikan Anda memilih partner atau supplier yang berkualitas. Kualitas akan menjadi ukuran dasar untuk memilih supplier terbaik Anda, mengenai bahan baku produksi atau untuk nantinya dijual lagi, karena pelanggan berhak mendapatkan produk yang terbaik dari Anda. Bahan baku yang buruk akan berdampak terhadap hasil produksi yang Anda akan jual, dan akan berdampak juga ke konsumen.

Tepatnya, anda janganlah mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah, tetapi pastikan bahwa produknya juga bagus. Usaha Anda nantinya diharapkan akan berlanjut terus dengan semakin banyaknya order, dan pelanggan anda akan melakukan order-order selanjutnya jika mereka puas dengan produk-produk yang Anda jual.  

supplier
Sumber: Freepik.com

Baca juga: Mengenal Peran, Fungsi, dan Cara Memilih Vendor Terbaik

5. Manfaatkan Sosial Media Sebagai Promosi

Anda bisa memanfaatkan kecanggihan social media saat ini, karena dengan social media, Anda bisa melakukan promosi secara gratis dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan hingga ke luar pulau dan luar negeri. Anda bisa memulai dengan membuat postingan organik sesuai dengan produk dan jasa yang hendak Anda tawarkan. 

Manfaat dari pemasaran melalui sosial media yang paling penting adalah meningkatnya jumlah penjualan produk Anda. Pemasaran melalui sosial media memudahkan Anda dalam mencari konsumen dan memberikan informasi yang menarik bagi calon konsumen. Dengan demikian calon konsumen akan tertarik untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

6. Gunakan Peralatan yang Ada dengan Baik

Saat melakukan usaha, Anda tidak perlu menggunakan peralatan baru, Anda bisa menggunakan peralatan yang sudah ada atau membeli barang yang second saja. Sehingga anggaran yang harus Anda keluarkan untuk pembelian peralatan ini tidak akan sebesar jika Anda membeli barang baru. Jadi, nantinya bisnis Anda tetap berjalan meskipun dengan modal yang minim.

7. Kelola Usaha Kecil dengan Baik dan Benar Menggunakan Software Retail

Seorang pengusaha harus memiliki pemikiran yang maju dan cerdas dalam menjalankan bisnisnya agar dapat berkembang dengan cepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan retail software untuk meningkatkan penjualan pada bisnis. Terlebih retail software yang beredar di pasaran menawarkan banyak kelebihan untuk para pebisnis yang menggunakannya seperti software retail EQUIP.

Software retail dapat membantu bisnis memberikan pelayanan yang cepat. Misalnya dalam mencatat transaksi, memproses pesanan, menghitung total transaksi, hingga menerima pembayaran dengan berbagai metode. Software retail melakukan semua proses tersebut dapat secara otomatis dan sangat cepat. Pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk menyelesaikan transaksi. 

Baca juga: Retail Software: Pengertian, Fungsi dan Manfaat, Keuntungan, dan 5 Rekomendasi

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk memulai bisnis, bahkan dengan usaha modal kecil pun bisa Anda jalankan. Ide bisnis modal kecil ini menjadi titik awal yang bagus untuk pemula. Perlu ide yang solid, membangun merek, pemasaran, dan memberikan layanan pelanggan yang baik. Perlu diingat juga jika kunci utama memulai usaha modal kecil adalah ketekunan, niat, dan juga komitmen untuk selalu menjalankan prinsip berbisnis dengan baik.

memulai usaha kecil

Sertakan juga penggunaan software retail EQUIP untuk memudahkan dalam akses segala macam informasi yang dibutuhkan, seperti manajemen kas, dan ketersediaan barang. Selain itu, retail EQUIP membantu Anda untuk mencatat transaksi pembelian dan melacak berbagai tagihan secara otomatis. Sangat cocok untuk usaha yang sedang berkembang dan membutuhkan software dengan fitur yang lengkap. Daftarkan usaha Anda dan coba demo gratis sekarang!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA