Syspro ERP Software: Ulasan Lengkap dan Alternatif Terbaik

Sistem ERP saat ini menjadi solusi yang marak digunakan di era bisnis modern. Hal itu yang mendorong banyak munculnya vendor penyedia ERP, salah satunya Syspro ERP. Syspro adalah sistem ERP yang banyak digunakan karena fiturnya yang dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. 

Meskipun begitu, Syspro ERP masih memiliki kekurangan yang harus Anda perhatikan. Salah memilih ERP akan menurunkan produktivitas dan membuat perusahaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat menyelesaikan pekerjaan, sehingga efisiensi menjadi menurun. 

Salah memilih ERP juga berdampak pada tingginya pengeluaran perusahaan. Penyebabnya karena implementasi sistem ERP yang tidak sesuai dapat memakan biaya besar tanpa memberikan manfaat yang sepadan. Hal itu belum termasuk biaya pelatihan untuk mempelajari sistem 

Dalam artikel ini, kami akan menyajikan secara mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem ERP Syspro dan alternatif yang dapat Anda pertimbangkan. 

DemoGratis

Daftar Isi

Kelebihan Sistem ERP Syspro 

Sebagai sebuah sistem ERP, Syspro dirancang dengan baik sehingga dapat menghasilkan kelebihan yang membantu perusahaan. Berikut adalah fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh Syspro ERP system: 

1.Dapat terintegrasi dengan mudah

Manfaat lain yang dapat dirasakan dari penggunaan sistem ERP Syspro adalah mudahnya melakukan integrasi data. Hal ini dapat memungkinkan perusahaan untuk menyatukan data dengan berbagai jenis software lain, seperti CRM, akuntansi, inventory, dan lain-lain. 

Dengan integrasi yang mudah, software ERP Syspro membantu perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih efisien dan lebih terkoordinasi dalam menjalankan bisnis.

2.Skalabilitas tinggi

Skalabilitas sistem adalah kemampuan software dalam disesuaikan dengan perkembangan perusahaan dalam bertumbuh. Sistem Syspro dikenal memiliki sistem yang punya skalabilitas tinggi, artinya dapat menyesuaikan dengan pertumbuhan dalam perusahaan. 

Hal ini menjadikan sistem ERP Syspro dapat digunakan oleh perusahaan dalam jangka waktu yang panjang tanpa perlu khawatir sistem yang tidak bisa mengimbangi perkembangan yang terjadi. 

3. Dapat membuat laporan analisis secara otomatis 

Salah satu kelebihan utama dari Syspro ERP adalah kemampuannya untuk membuat laporan analisis secara otomatis. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dalam mengolah data menjadi informasi yang berguna. 

Lebih lanjutnya, pembuatan laporan secara otomatis membuat manajemen dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan data yang akurat dan terkini. Selain itu, kemampuan ini membantu dalam mengidentifikasi tren dan peluang bisnis yang akan terjadi.

Kekurangan Syspro ERP System 

Meskipun memiliki kelebihan yang dapat meningkatkan efisiensi perusahaan, sistem ERP Syspro masih memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari Syspro ERP system berdasarkan laman Forbes dan PCMag:

1. Modul kurang lengkap 

Kekurangan pertama Syspro ERP adalah  modul yang disediakan kurang lengkap, seperti tidak adanya modul HR dan payroll dalam aplikasi Syspro. Kekurangan ini dapat mengakibatkan perusahaan harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan modul yang diinginkan. 

Lebih lanjutnya, hal ini akan berdampak pada penurunan produktivitas perusahaan karena masih harus melakukan pekerjaan secara manual pada bagian HR dan payroll yang masih rentan terjadi kesalahan. 

2. Keterbatasan dalam melakukan kustomisasi 

Salah satu kelemahan dari sistem ERP Syspro adalah keterbatasan dalam melakukan kustomisasi. Keterbatasan ini akan menjadi penghalang bagi perusahaan untuk dapat menjalankan sistem sesuai dengan keinginan personal dan kebutuhan bisnis.  

Hal ini akan menyulitkan dan berpotensi membuat perusahaan membutuhkan waktu lama untuk dapat memaksimalkan potensi sistem Syspro terhadap produktivitas bisnis yang sedang berjalan di perusahaan. 

3. Harga yang relatif tinggi

Sebagai sebuah sistem, Syspro ERP dikenal memiliki harga yang relatif tinggi dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya di pasaran. Biaya lisensi dan implementasi yang mahal dapat menjadi beban bagi perusahaan skala kecil dan menengah. 

Selain itu, biaya tambahan untuk dukungan dan pemeliharaan dapat semakin meningkatkan total biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini membuat Syspro ERP menjadi pilihan yang kurang ekonomis bagi beberapa bisnis.

4. Dukungan pelanggan yang sulit dihubungi 

Kekurangan lainnya dari Syspro ERP software adalah dukungan pelanggan yang sulit diakses.Terlebih, Syspro adalah aplikasi yang berasal dari luar negeri. Hal ini membuat pengguna kesulitan mendapatkan bantuan teknis atau layanan pelanggan secara cepat. 

Perbedaan zona waktu dan hambatan bahasa juga dapat menambah kesulitan pengguna mendapat layanan pelanggan, membuat respon terhadap masalah yang mendesak menjadi lebih lambat. 

Equip ERP sebagai Solusi Alternatif Terbaik untuk Syspro ERP

Equip ERP

Salah satu solusi alternatif terbaik yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi kekurangan Syspro ERP adalah menggunakan sistem ERP dari Equip yang merupakan penyedia ERP dengan fitur terbaik di Indonesia. 

Sebagai sebuah sistem, Equip memiliki fitur-fitur komprehensif yang dapat membantu meningkatkan efisiensi perusahaan. Lebih lanjutnya, Equip juga menyediakan demo gratis yang dapat Anda klik di sini untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai fitur yang ada. 

Adapun, berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat Anda dapatkan dari menggunakan sistem ERP dari Equip: 

1. Memiliki modul yang lengkap dan komprehensif

Equip ERP menawarkan modul yang lengkap dan mencakup berbagai aspek penting dari operasional bisnis, seperti inventaris, keuangan, penjualan, sumber daya manusia, hingga produksi. 

Dalam hal ini, modul yang lengkap membuat perusahaan dapat memastikan aliran informasi yang lancar di seluruh departemen, mengurangi duplikasi data, meningkatkan akurasi data, dan meminimalisir terjadinya kesalahan.

2. Fitur kustomisasi yang luas 

Salah satu keunggulan utama dari Equip ERP adalah fitur kustomisasi yang luas. Sistem ini dirancang untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan, memungkinkan sistem berjalan sesuai dengan keinginan pengguna. 

Dengan kemampuan kustomisasi yang tinggi, Equip ERP dapat diadaptasi untuk mendukung berbagai jenis industri dan skala bisnis, memastikan bahwa setiap perusahaan dapat memanfaatkan sepenuhnya sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

3.Tingkat keamanan yang tinggi

Keamanan data adalah salah satu aspek paling kritis dalam memilih solusi ERP. Hal ini dipahami oleh Equip untuk merancang sistem ERP yang dilengkapi dengan fitur keamanan canggih, seperti enkripsi data, kontrol akses berbasis peran, dan audit trail yang rinci. 

Dengan fitur keamanan tersebut, sistem Equip ERP memastikan perusahaan untuk dapat melindungi data sensitif mereka dari akses yang tidak sah dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi keamanan data yang ketat. 

4. Dukungan pelanggan yang responsif

Equip ERP terdukung dengan layanan pelanggan yang responsif. Dengan tim dukungan lokal yang berpengalaman, pengguna dapat mengandalkan bantuan yang cepat dan efisien untuk mengatasi masalah teknis atau pertanyaan mengenai penggunaan sistem. 

Perusahaan dapat berkomunikasi dengan mudah tanpa menghadapi kendala perbedaan zona waktu atau hambatan bahasa, memastikan bahwa setiap masalah dapat diselesaikan dengan cepat. Dukungan pelanggan yang handal ini membantu perusahaan untuk meminimalkan downtime dan menjaga kelancaran operasional mereka.

Kesimpulan 

Syspro ERP adalah salah satu aplikasi ERP yang banyak digunakan untuk membantu produktivitas bisnis. Meskipun begitu, Syspro masih memiliki kekurangan yang dapat menghambat dan perlu diperhatikan. 

Dalam hal ini, mencari alternatif sistem ERP lain seperti Equip dapat menjadi solusi yang dapat Anda lakukan. Equip menawarkan modul yang lebih lengkap dan komprehensif untuk aktivitas bisnis di perusahaan.

Equip ERP juga menawarkan fitur kustomisasi yang luas untuk dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, Equip dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi dan layanan pelanggan yang responsif. 

Dengan fitur-fitur dan kelebihan yang ditawarkan, Equip dapat meningkatkan efisiensi produktivitas dengan mudah. Anda dapat mencoba demo gratis terlebih dahulu untuk memahami bagaimana Equip bisa membantu perusahaan Anda. 

SkemaHarga

Artikel Terkait

Baca Juga

Forbes
Hospitality Product

Sistem ERP EQUIP menyederhanakan proses bisnis kami mulai dari pengadaan hingga pengiriman barang.

Coba Gratis
One Mart
Supermarket

Dengan software EQUIP, kami bisa dengan mudah menyelesaikan setiap pesanan hanya dalam hitungan menit.

Coba Gratis
Bee Choo
Beauty Treatment Product

EQUIP memudahkan pengelolaan inventaris, keuangan, penjualan, pembelian di satu sistem sehingga mudah dilacak.

Coba Gratis
Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now