Pahami Cara Membuat Jurnal dengan Mudah

Jurnal umum adalah sesuatu yang tidak asing dilakukan oleh seorang akuntan. Bagi mereka hal ini adalah suatu laporan transaksi keuangan secara kronologi bagi suatu perusahaan atau bisnis. Dalam pembuatan jurnal, Anda harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dalam persamaan dasar dan siklus akuntansi. Meski hanya membuat jurnal umum, Anda harus mengetahui pemahaman dasar akuntansi yang harus Anda terapkan. Karena hal tersebut, tidak heran jika seseorang yang tidak mempunyai ilmu akuntansi maka mereka akan merasa kesulitan untuk membuatnya. Aplikasi ERP terbaik dari EQUIP mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda ke level yang lebih tinggi. Jika Anda membutuhkan strategi promosi untuk bisnis Anda, aplikasi POS dari EQUIP adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi permasalahan Anda.

Dalam jurnal Anda akan mencatat segala transaksi secara rinci mulai dari nama transaksi, tanggal, jumlah, hingga keterangan lainnya. Karena banyaknya aturan untuk membuat jurnal secara manual, Anda bisa memanfaatkan aplikasi akuntansi EQUIP untuk membuat jurnal Anda secara otomatis. Anda juga bisa meningkatkan kualitas prospek bisnis Anda secara terintegrasi dengan sistem CRM yang EQUIP miliki. Berikut ini adalah cara jika Anda ingin membuat jurnal umum secara manual.

Cara buat jurnal

Tahapan Cara Membuat Jurnal Secara Manual

Cara Membuat Jurnal
Sumber: Canva

Untuk membuatnya secara manual, Anda harus mengerti beberapa tahapan berikut ini sebagai salah satu panduan Anda. Karena selain Anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai akuntansi, Anda juga harus memahami tahapan berikut ini agar laporan yang Anda buat dapat terselesaikan dengan baik dan tanpa adanya transaksi yang terlewatkan.

Baca juga: 5 Tips Sukses dalam Mengatasi Risiko Usaha Toko Emas

1. Pahami persamaan akuntansi

Seperti yang telah disebutkan bahwa Anda harus memahami persamaan dasar akuntansi seperti:

Aset = Utang + Modal

yang mana nanti persamaan ini akan diperluas menjadi persamaan:

Aset = Utang + Modal + (Pendapatan – Beban)

Pemahaman ini bertujuan sehingga dapat mengaitkan dengan kelompok-kelompok akun yang masuk ke dalam transaksi bisnis Anda. Misalnya piutang usaha masuknya ke dalam kelompok aset dan lain sebagainya. Selain persamaan tersebut, Anda juga harus memahami saldo normal pada setiap akun. Dengan begitu ketika Anda menemukan suatu transaksi, Anda akan mengelompokkannya secara otomatis.

2. Kumpulkan bukti transaksi penjualan dan pembelian

Jika langkah pertama adalah berupa teori dasar pengetahuan mengenai akuntansi. Maka langkah ini adalah sebuah langkah langsung dalam praktik membuatnya. Untuk menuliskan transaksi pada jurnal yang akan Anda buat, Anda harus memiliki bukti transaksi tersebut. Maka dari itu bukti transaksi menjadi sebuah dasar yang sangat penting dalam pencatatan sebuah transaksi. Bukti transaksi ini dapat berupa faktur, invoice, nota, kwitansi, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak memiliki bukti transaksi ini maka Anda tidak dapat mencatatnya.

3. Identifikasi transaksi

Langkah berikutnya adalah dengan mengidentifikasi transaksi. Tidak semua bentuk transaksi dapat Anda catat, karena yang boleh dimasukan dalam jurnal adalah transaksi yang hanya mengakibatkan perubahan posisi keuangan dan dapat dinilai dengan satuan moneter. Oleh karenanya, Anda harus mengidentifikasi transaksi sebelum mencatat sehingga hasilnya benar. Setelah mengidentifikasi, Anda dapat menentukan pengaruhnya pada posisi keuangan bisnis Anda. Anda harus mengingat bahwa dalam satu transaksi, sekurang-kurangnya ini akan mempengaruhi dua akun. Dengan kata lain Anda bisa mempermudahnya dengan persamaan dasar akuntansi sebagai berikut:

Aset = Utang + Modal

Baca juga: Ketahui Pengertian Mark Up Pricing dan Penerapannya dalam Bisnis

Cara Membuat Jurnal Umum dengan Excel

Membuat sebuah jurnal umum memang mengharuskan Anda untuk memahami berbagai persamaan dan dasar-dasar akuntansi. Namun jika Anda masih merasa kesulitan untuk membuatnya secara manual. Berikut ini adalah cara membuat jurnal secara otomatis menggunakan aplikasi excel:

  1. Buka software excel kamu, kalau belum punya silahkan install dulu
  2. Buka sheet baru.
  3. Buatlah format jurnal umum, kemudian Klik cell pada bagian bawah kolom akun, misal nama cell itu “C5”.
  4. Klik formula lalu klik insert function dan Pilih vlookup lalu klik ok.
  5. masukan lookup value dengan cell C5.
  6. Isi table array dengan cara bukalah sheet yang berisi data daftar akun lalu blok datanya dan jangan lupa absolutkan dengan cara klik F4.
  7. Isi juga col_index_num dengan “2” (menunjukkan urutan kolom dalam tabel)
  8. Isikan range lookup dengan “false” apabila tabel data tidak diurutkan, dan isikan dengan “true” apabila sebaliknya.
  9. Klik ok.
  10. Lalu akan muncul tanda #N/A, copy rumus tersebut sejumlah yang dibutuhkan.
  11. Isi jurnal umum dengan cara sbb: Isi kolom tanggal sesuai dengan tanggal transaksi, isi kolom kode rekening sesuai dengan jurnal transaksi.
  12. Pada baris terakhir, jumlahkan total kolom “debet” dan “kredit” pada jurnal umum untuk memastikan keseimbangan jumlah debet dan kredit.

Beralih Ke Cara Otomatis Membuat Jurnal Dengan Software Akuntansi

invoice
Sumber: Canva

Membuat jurnal umum secara manual maupun menggunakan aplikasi excel memang masih membutuhkan effort dan pengetahuan mengenai akuntansi. Namun seiring berkembangnya teknologi, sekarang Anda bisa membuatnya secara otomatis hanya dengan menggunakan software akuntansi terbaik yang ada. Dengan bantuan dari aplikasi ini, Anda dengan mudah dan cepat untuk membuatnya tanpa harus memasukan rumus dan pemahaman akuntansi yang mendalam. Karena Anda hanya perlu memasukan transaksi yang Anda inginkan dan Anda selesaikan dengan mudah.

Baca juga: Pentingnya Automasi Bukti Transaksi untuk Laporan Keuangan UMKM

Kesimpulan

Cara buat jurnal

Membuat suatu jurnal umum bagi perusahaan atau bisnis memang menjadi suatu hal yang wajib untuk Anda lakukan untuk mengetahui banyaknya dan jenis transaksi yang Anda lakukan pada periode tertentu. Dengan ini maka Anda bisa meminimalisir pengeluaran untuk periode berikutnya sehingga keuangan perusahaan atau bisnis Anda tidak terlalu membengkak karena banyaknya pengeluaran. Namun untuk membuat suatu jurnal umum memerlukan waktu dan pengetahuan yang ekstra. Tetapi dengan bantuan aplikasi akuntansi dari EQUIP, Anda bisa menghemat waktu untuk membuat jurnal umum. Karena aplikasi ini mampu membuat jurnal umum bagi bisnis Anda pada periode tertentu secara otomatis, mudah, dan cepat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA