Biaya Peluang: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghitungnya

Dalam dunia bisnis, keputusan yang diambil perlu pertimbangan secara matang, terutama ketika menyangkut pengeluaran uang. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah biaya peluang. Dalam hal ini berarti biaya yang harus ditanggung karena memilih satu opsi dan mengorbankan kesempatan untuk memperoleh manfaat dari opsi lainnya. 

Manfaat dari memahami istilah ini adalah dapat mengambil keputusan yang lebih bijaksana. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk mempertimbangkannya dengan baik. Dalam artikel ini,  akan mengulas istilah ini dengan lengkap bagi bisnis Anda.

DemoGratis

Pengertian Biaya Peluang

Biaya peluang adalah nilai yang harus dikorbankan dalam memilih satu pilihan tertentu dari beberapa alternatif yang tersedia. Saat memilih tersebut, akan ada pilihan lain yang harus dikorbankan. Pilihan yang dipilih tidak selalu berbentuk uang, tetapi juga bisa berupa waktu, energi, kesempatan, atau sumber daya lainnya. 

Dalam dunia bisnis, biaya peluang dapat menjadi faktor yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Sebelum memilih suatu pilihan, bisnis harus mempertimbangkan biaya dari setiap kesempatan yang tersedia. Mereka juga harus memilih alternatif yang memberikan keuntungan yang paling besar dengan biaya yang paling kecil.

Baca juga: Software Akuntansi Terbaik di Indonesia, Pengertian dan Contohnya

Karakteristik Biaya Peluang

biaya kesempatan

Biaya peluang menjadi hal yang penting bagi bisnis sehinggabiaya ini memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan istilah lainnya. Tidak hanya memiliki sifat subjektifnya, tetapi masih ada beberapa karakteristik lain. Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang perlu Anda pahami!

Cenderung relatif

Biaya peluang memiliki karakter yang cenderung relatif sehingga hanya dapat terukur dalam konteks alternatif-alternatif yang tersedia. Misalnya adalah dalam membeli mobil sehingga konteks tersebut merujuk pada membeli mobil yang sama atau alternatif mobil lainnya. Tidak bisa untuk menghubunkan ke dalam konteks yang lain.

Memiliki sifat sunk cost

Biaya peluang mempunyai sifat tidak kembali dan tidak berubah. Maka dari itu, biaya peluang di masa lalu tidak dapat kembali ke tangan pengguna sehingga harus selalu memiliki perhitungan dalam pengambilan keputusan.

Tidak selalu membicarakan tentang uang

Biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Dapat berupa waktu, energi, kesempatan, atau sumber daya lainnya. Oleh karena itu, sifatnya cenderung sangat relatif. Meskipun begitu, perbandingan kedua peluang harus saling memilik kecenderungan yang sama.

Fungsi Menghitung Biaya Peluang

Jika terlihat dari pengertian dan sifat-sifatnya, biaya peluang sering terasa remeh karena terasa sepele. Akan tetapi, banyak manfaat yang dapat Anda peroleh jika menghitungnya dengan cermat dan akurat. Oleh karena itu, simak fungsi menghitungnya berikut ini!

Mengoptimalkan penggunaan sumber daya

Dalam bisnis, sumber daya yang terbatas harus terkelola dengan bijak agar dapat mencapai tujuan. Dengan menghitung kesempatan dari setiap alternatif yang tersedia, bisnis dapat memilih alternatif yang memberikan keuntungan yang paling besar dengan biaya yang paling kecil. Hal ini akan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dengan baik.

Membantu dalam perencanaan bisnis

Dalam perencanaan bisnis, bisnis harus mempertimbangkan biaya peluang dari setiap alternatif yang tersedia. Dengan mempertimbangkannya, bisnis dapat membuat keputusan yang bijak dan efektif dalam mengembangkan bisnis. Oleh karena itu, bisnis perlu mempertimbangkannya dengan baik untuk mendapatkan rencana bisnis yang baik pula.

Menentukan investasi yang tepat

Dalam memilih investasi, bisnis harus mempertimbangkan peluang dari setiap alternatif investasi yang tersedia. Dengan mempertimbangkannya, bisnis dapat memilih investasi yang memberikan keuntungan yang paling besar dengan biaya yang paling kecil. Hal ini penting karena investasi menjadi salah satu sumber income bisnis. 

Menentukan harga produk

Dalam menentukan harga produk, bisnis harus mempertimbangkan peluang harga dari penggunaan sumber daya untuk membuat produk tersebut. Jika biaya terlalu tinggi, maka bisnis harus menetapkan harga produk yang lebih tinggi untuk mencapai keuntungan yang sesuai. Oleh karena itu, hal ini menjadi cukup krusial untuk menentukan keberlangsungan bisnis.

Cara Menghitung Biaya Peluang

Cara menghitung biaya peluang adalah dengan membandingkan nilai dari dua alternatif dengan nilai alternatif yang tidak akan terpilih. Contohnya, jika seseorang memiliki pilihan untuk membeli rumah A atau rumah B, lalu memutuskan untuk membeli mobil A.  Dalam hal ini biaya peluangnya adalah nilai dari membeli rumah B.

Lalu setelah mengetahui cara menghitungnya, bagaimana menerapkannya untuk bisnis? Untuk benar-benar memahaminya, Anda perlu mempelajari penerapannya secara langsung dalam bisnis. Simak contoh berikut agar Anda dapat memahami cara menghitungnya dengan lebih jelas. 

Contoh Penerapan Biaya Peluang

Pemilik restoran memiliki pilihan untuk membeli bahan baku dari supplier A atau supplier B. Ia memutuskan untuk membeli dari supplier A, maka biaya peluangnya adalah nilai yang hilang dari membeli dari supplier B. Jika pemilik restoran tersebut memutuskan untuk membeli dari supplier A dengan harga sebesar Rp 50.000.000 dan memperkirakan dapat menghemat biaya sebesar 5%. 

Sementara jika membeli dari supplier B akan memberikan kualitas bahan baku yang lebih baik dan peningkatan kepuasan pelanggan sebesar 7%. Dengan demikian, biaya peluangnya adalah selisih potensi kepuasan pelanggan sebesar 2%. Artinya, pemilik restoran tersebut harus rela kehilangan 2% kepuasan pelanggan dengan membeli dari supplier A.

Baca juga: Pengertian & 5 Rekomendasi Aplikasi Nota Penjualan untuk Bisnis Anda

Demo Gratis Equip ERP Sekarang untuk Memudahkan Perhitungan!

EQUIP menyediakan beberapa modul salah satunya adalah sistem akuntansi. Software akuntansi EQUIP adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan dan pengelolaan keuangan. Salah satu fitur yang dimiliki oleh software akuntansi EQUIP adalah kemampuannya dalam menghitung biaya peluang.

Dengan menggunakan software akuntansi EQUIP, pengguna dapat dengan mudah menghitung biaya peluang akibat keputusan bisnis tertentu. Perangkat lunak ini dapat membantu mengelola data dan informasi keuangan perusahaan dengan lebih efisien. Coba demo gratis EQUIP sekarang juga!

Kesimpulan

Accounting

Dalam bisnis, penggunaan konsep biaya peluang sangat penting untuk membantu pengambilan keputusan yang tepat. Dengan mempertimbangkan harga peluang, pemilik bisnis dapat menghitung nilai dari pilihan alternatif yang tersedia dan memilih opsi yang paling menguntungkan bagi bisnis mereka. Oleh karena itu, bisnis perlu memaksimalkannya.
Untuk memudahkannya, bisnis perlu mempertimbangkan suatu sistem otomatis yang mampu menghitung biaya peluang dengan akurat. Hal ini karena dengan menggunakan software, bisnis dapat mencapai efisiensi dalam penghitungannya. Hitungannya akan selalu akurat dan tidak memberikan pemborosan.

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now