Rekomendasi Software Akuntansi Perusahaan Dagang Terbaik

Selan Perusahaan dagang memiliki pencatatan keuangan yang rumit sehingga hal ini akan berpotensi untuk mengalami kesalahan. Pencatatan keuangan yang kurang tepat dapat memiliki dampak yang merugikan, baik secara finansial maupun reputasi perusahaan. Oleh karena itu, peran software akuntansi perusahaan dagang menjadi salah satu solusinya.

Sebuah software memang dirancang untuk mengotomatiskan operasional bisnis, tak terkecuali akuntansi. Penggunaan sebuah sistem otomatis ini tentu tidak hanya mempermudah bisnis, tetapi juga dapat mengurangi kesalahan yang merugikan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai software akuntansi perusahaan dagang yang perlu Anda ketahui!

DemoGratis

Apa itu Akuntansi Perusahaan Dagang?

Akuntansi perusahaan dagang adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan mencatat transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan dagang. Perusahaan ini memiliki pencatatan keuangan masuk dan keluar yang cukup kompleks. Oleh karena itu, akuntansi perusahaan dagang ini menjadi salah satu solusi untuk mencatat keuangan dengan detail. 

Fungsi utamanya adalah untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Setiap transaksi tersebut terkait dengan pembelian, penjualan, pengembalian barang, pembayaran, hingga transaksi keuangan lainnya yang dicatat secara akurat. Pencatatan ini mencakup informasi, seperti tanggal transaksi, deskripsi barang, jumlah, harga, akun yang terkait, hingga dokumen pendukung.

Setelahnya, perusahaan perlu melakukan penyusunan laporan keuangan untuk menyajikan informasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan. Laporan keuangan yang perusahaan dagang susun meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, hingga buku besar. Laporan-laporan ini memberikan gambaran tentang posisi keuangan perusahaan, kinerja keuangan, arus kas, hingga perubahan modal.

Mengapa Software Akuntansi Perusahaan Dagang itu Penting?

software akuntansi perusahaan dagang

Software akuntansi dapat menyajikan informasi keuangan secara cepat dan akurat melalui laporan keuangan yang dapat disusun dengan mudah. Dengan adanya fitur-fitur analisis yang terintegrasi, perusahaan dagang dapat menganalisis kinerja keuangan mereka. Software akuntansi juga memudahkan pelaporan kepada pihak-pihak terkait, seperti pemilik, investor, atau pihak otoritas perpajakan.

Tips Memilih Software Akuntansi Perusahan Dagang

Untuk dapat memilih software akuntansi yang tepat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari memperhatikan biaya yang dikeluarkan, hingga memperhatikan kualitas produk itu sendiri perlu untuk dipahami dengan baik. Berikut ini adalah tips memilih software akuntansi perusahaan dagang yang perlu Anda simak!

1. Pertimbangkan skala bisnis

Mempertimbangkan skala bisnis dalam memilih software akuntansi merupakan hal yang penting. Aplikasi akuntansi yang tepat harus dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda sesuai dengan skala operasi perusahaan. Misalnya, jika bisnis Anda sedang berkembang, Anda mungkin membutuhkan fitur yang lebih canggih untuk mengelola persediaan, penjualan, atau manajemen hutang.

2. Pelajari fitur dan fungsionalitas

Setiap perusahaan dagang memiliki kebutuhan unik dalam pencatatan keuangan. Dengan mempelajari fitur dan fungsionalitas software, Anda dapat memastikan bahwa software tersebut dapat memenuhi kebutuhan khusus bisnis. Anda dapat melihat apakah software memiliki fitur-fitur yang memang perlu untuk mengelola persediaan, penjualan, pembelian, hutang, piutang, atau laporan keuangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Pastikan keamanan data

Data keuangan yang perusahaan miliki sangat sensitif dan bernilai tinggi, seperti laporan keuangan, transaksi penjualan, pembelian, dan informasi pelanggan. Keamanan data yang buruk dapat mengakibatkan kebocoran informasi, manipulasi data, atau akses tidak sah, yang berpotensi merugikan perusahaan secara finansial dan reputasional.

4. Integrasi dengan sistem lain

Integrasi antara software akuntansi dagang dan sistem lain dalam bisnis, seperti sistem penjualan, persediaan, atau manajemen pelanggan, dapat meningkatkan efisiensi operasional. Data yang terintegrasi secara otomatis akan mengurangi kerja manual yang memungkinkan untuk menghemat waktu. Selain itu, integrasi sistem juga dapat memastikan keseragaman data di seluruh lapisan bisnis. 

5. Sesuaikan harga dengan kebutuhan 

Harga software akuntansi seringkali berkaitan dengan fitur dan fungsionalitas yang ditawarkan. Sebelum memilih software, penting untuk mengevaluasi kebutuhan spesifik bisnis Anda. Buat daftar fitur yang diharapkan dan pastikan software yang dipilih menyediakan fitur-fitur yang memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Baca juga: Mengenal Software Distributor Terbaik untuk Optimalkan Bisnis Anda

Rekomendasi Software Akuntansi Perusahan Dagang

Dalam mengelola keuangan perusahaan dagang, menggunakan perangkat lunak akuntansi yang handal dapat menjadi langkah penting untuk memastikan efisiensi, akurasi, dan kepatuhan dalam proses akuntansi. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi software akuntansi dagang yang dapat membantu perusahaan dagang dalam mengelola transaksi keuangan, inventaris, dan pelaporan keuangan dengan lebih baik.

1. EQUIP accounting

software akuntansi perusahaan dagang

EQUIP accounting adalah perangkat lunak akuntansi yang dirancang khusus untuk perusahaan dagang. Software accurate ini dapat membantu dalam mengelola transaksi keuangan, inventaris, dan pelaporan keuangan. Dalam menyediakan software akuntansi untuk perusahaan dagang, EQUIP memiliki menawarkan beberapa fitur yang bisa anda dapatkan jika menggunakan aplikasi akuntansi ini: 

1. Integrated e-faktur

Pertama, salah satu fitur utama yang bisa Anda dapatkan dalam menggunakan EQUIP adalah e-faktur yang telah terintegrasi. Pembayaran pajak perusahaan untuk setiap pembelian jadi lebih mudah Anda lakukan karena software akuntansi dari EQUIP telah terintegrasi dengan e-faktur dan itu sangat membantu dalam pengurusan pajak dan faktur. 

2. Built in professional templates

Selain terintegrasi dengan sistem faktur, software akuntansi dari EQUIP juga menyediakan berbagai macam desain template untuk pembuatan invoice, struk dan voucher. Oleh karena itu, hal ini dapat memudahkan Anda menyusun serta menyiapkan template yang digunakan dalam proses bisnis akuntansi. 

3. Automasi pembuatan laporan

Selanjutnya, software akuntansi dari EQUIP juga menyediakan fitur automasi dalam pembuatan laporan keuangan. Ketika Anda sedang membuat laporan keuangan perusahaan, fitur ini sangat bisa membantu Anda, mulai dari melakukan transaksi, membuat laporan laba rugi, buku besar, hingga pengeluaran dalam hitungan menit.

4. Riwayat transaksi

Ketika Anda melakukan pengeluaran dan pemasukan tentang keuangan, aplikasi ini akan membantu dalam mencatat riwayat transaksi tersebut. Selain itu, pencatatan transaksi bisnis Anda bisa terotomatiskan dengan aplikasi akuntansi. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mempermudah penyimpanan serta juga dalam pengecekan data setiap saat.

5. Manajemen petty cash

Selanjutnya, fitur yang ditawarkan oleh EQUIP accounting adalah memanajemen petty cash. Aplikasi ini bisa mempermudah pengelolaan petty cash perusahaan untuk mengetahui pengeluaran perusahaan dengan tepat dan cepat.

6. Kemudahan pembayaran

Terakhir, aplikasi ini juga bisa mengotomatisasikan pencatatan pembayaran dari pelanggan ataupun pembayaran ke vendor dalam satu platform yang terintegrasi. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi dalam melakukan pencatatan pembayaran secara manual, karena sudah terotomatiskan oleh sistem.

2. HashMicro 

aplikasi pencatatan keuangan dagang

HashMicro accounting merupakan perangkat lunak akuntansi yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola proses akuntansi mereka dengan efisien. Perangkat lunak ini menyediakan fitur-fitur seperti pembuatan faktur, pencatatan transaksi pembelian dan penjualan, manajemen stok, pencatatan kas dan bank, hingga pembuatan laporan keuangan.

Selain itu, HashMicro accounting juga mendukung fitur-fitur, seperti manajemen piutang dan hutang, penggajian, pelacakan aset tetap, hingga integrasi dengan sistem lainnya, seperti sistem inventaris dan manufaktur. Perangkat lunak akuntansi HashMicro juga sering mengalami pembaharuan dan pengembangannya secara teratur sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan persyaratan akuntansi yang berkembang. 

3. Bee accounting

aplikasi pencatatan keuangan dagang

Bee accounting adalah perangkat lunak akuntansi yang ada di Indonesia. Sistem ini adalah solusi akuntansi berbasis cloud yang dirancang untuk membantu pengusaha, pengusaha kecil, dan perusahaan dalam mengelola keuangan mereka. Bee accounting menyediakan berbagai fitur, termasuk pembuatan faktur, pencatatan pembelian hingga penjualan, pelacakan stok, pencatatan kas dan bank, pembuatan laporan keuangan, dan lainnya.

4. Accurate

aplikasi pencatatan keuangan dagang

Software accurate menawarkan berbagai fitur akutnansi. Contohnya pembuatan faktur, pencatatan pembelian dan penjualan, pengelolaan stok, pencatatan kas dan bank, serta juga dalam manajemen piutang dan hutang. Perangkat lunak ini sudah dengan fitur-fitur tambahan, seperti penggajian, penghitungan pajak, hingga pembuatan laporan keuangan yang lengkap. 

5. AbiPro

Selanjutnya, AbiPro merupakan software akuntansi untuk membantu pengusaha, perusahaan kecil, dan perusahaan menengah dalam mengelola keuangan mereka. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk pencatatan transaksi keuangan, pengelolaan inventaris, dan pembuatan laporan keuangan. Dengan software ini, pengguna dapat membuat dan mengelola faktur, mencatat pembelian dan penjualan, hingga memantau stok barang. 

6. Corsus

Selanjutnya Corsus merupakan software akuntansi yang membantu perusahaan untuk mencatat dan mengolah data agar lebih mudah, cepat, dan akurat. Sejak berdiri, Corsus telah mencapai  ratusan perusahaan dengan berbagai jenis usaha yang berbeda-beda, seperti toko, trading, jasa, restaurant hingga manufaktur.

7. Acoys

Aplikasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Acoys. Aplikasi keuangan perusahaan dagang Acoys oleh PT. Acoys Global Data ini menjadi salah satu software akuntansi. Hampir sama dengan software akuntansi lainnya, Acoys juga memiliki berbagai fitur standar. Fitur-fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk mengelola persediaan barang, laporan keuangan, kas, keamanan, hingga juga analisis keuangan perusahaan.

8. EAS

Nama EAS berasal dari singkatan Enterprise Accounting System. Software ini adalah salah satu solusi perangkat lunak akuntansi oleh Megasoft. Dengan fiturnya dapat membantu perusahaan dalam mengelola proses akuntansi dengan efisien. EAS memiliki fitur-fitur seperti pembuatan faktur, pencatatan pembelian dan penjualan, manajemen stok, pencatatan kas dan bank, hingga pembuatan laporan keuangan.

9. MAS

MAS adalah aplikasi keuangan perusahaan dagang yang memiliki fitur yang serupa dengan aplikasi sebelumnya yang disebutkan. Dengan fitur multi-currency, MAS memungkinkan perusahaan dagang untuk melakukan transaksi dan melacak keuangan mereka dalam berbagai mata uang. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan yang melakukan bisnis internasional atau memiliki pelanggan dan pemasok. 

10. Total ERP

Terakhir, software akuntansi Total ERP merupakan solusi untuk bisnis Anda yang dapat mempercepat proses pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan perusahaan Anda. Ketika Anda menerapkan software ini, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam pengalokasian anggaran untuk setiap departemen dan cabang perusahaan, hemat biaya operasional dengan pengelolaan transaksi rangkap.

Accounting

Kesimpulan 

Dalam mengelola keuangan perusahaan dagang, penggunaan software akuntansi yang handal dapat membantu meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kepatuhan dalam proses akuntansi. Software untuk bisnis ini memiliki fitur-fitur khusus untuk mencatat transaksi keuangan. Selain itu juga mengelola inventaris, dan menyusun laporan keuangan dengan mudah. 

Dengan menggunakan software akuntansi, seperti EQUIP accounting, perusahaan dagang dapat menghemat waktu, mengurangi kesalahan manusia, memastikan keamanan data, hingga memperoleh laporan keuangan yang akurat dan terperinci. Hal ini membantu perusahaan dalam mengelola transaksi keuangan, inventaris, hingga pelaporan keuangan dengan lebih baik. Coba gratis untuk menerapkannya pada perusahaan dagang Anda!

Ahmad Yusuf
Ahmad Yusuf
A highly creative and results-oriented individual with a knack for creating engaging content that drives impact.

Artikel Terkait

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Gabriella
Balasan dalam 1 menit

Gabriella
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami.
628111775117
×

Gabriella

Active Now

Gabriella

Active Now