10 Kiat Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Untuk memulai suatu bisnis kuliner dapat dikatakan sebuah usaha yang tidak terlalu susah asalkan Anda paham dan mengerti strategi yang tepat. Bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang tidak pernah mati dari waktu ke waktu dan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, makanan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap orang dan masyarakat Indonesia senang untuk kulineran. Jasa pesan antar makanan juga sedang ramai-ramainya belakangan ini. Hal ini menjadikan bisnis kuliner sama dengan menjemput kejayaan finansial. Anda dapat meningkatkan manajemen bisnis Anda ke level tertinggi dengan aplikasi ERP dari EQUIP. Dengan software CRM terbaik, Anda dapat meningkatkan jumlah dan kualitas prospek bisnis Anda lebih baik lagi.

Walaupun keuntungan yang dapat Anda dapatkan angkanya sangat menggiurkan, kemungkinan bisnis kuliner untuk gagal juga sangat tinggi. Agar bisnis kuliner Anda tidak mengikuti jejak mereka yang gagal, Anda harus mempersiapkan strategi yang matang sebelum memulai bisnis kuliner. Sebelumnya Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi F&B dari EQUIP yang menjadi solusi terbaik untuk menyederhanakan pengelolaan bisnis kuliner Anda. Dan Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi inventaris terbaik  yang berguna untuk memantau ketersediaan stok Anda secara real-time.

bisnis kuliner

Daftar Isi

Tips Memulai Bisnis Kuliner

Seperti yang telah dijelaskan bahwa untuk memulai bisnis kuliner ini susah-susah gampang. Susah jika Anda tidak mengetahui cara untuk menjalankannya, dan sangat mudah jika Anda dapat mencari celah dan langkah yang tepat untuk menjalankannya. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisnis kuliner Anda mampu bertahan dan beroperasi dengan waktu yang lama:

1. Lakukan riset pasar dan customer segment

Dalam melakukan suatu bisnis Anda perlu dan wajib mengetahui siapa target pasar Anda dan melakukan riset pasar secara mendalam. Anda juga harus mengetahui apa yang mereka butuhkan, bagaimana perilaku dan karakter mereka, dan lain sebagainya. Caranya adalah Anda harus mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pesaing bisnis kuliner yang Anda jalani. Dengan ini Anda bisa menemukan celah untuk menghadirkan produk atau jenis terbaru dari bisnis Anda. Selain itu Anda juga harus tahu betul bagaimana agar bisnis Anda ramai pengunjung, dengan ini Anda bisa menggunakan aplikasi CRM terbaik yang mampu menaikan retensi dari bisnis Anda.

Baca juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya bagi Bisnis Anda

2. Ciptakan produk yang unik dan inovatif

Seperti yang telah disebutkan, Anda harus mencari kebaruan sehingga produk yang Anda tawarkan merupakan sesuatu yang baru. Bagaimanapun caranya Anda harus menemukan keunikan produk yang ingin Anda jual. Sebab jika tidak maka bisnis kuliner Anda akan kalah saing dengan kompetitor. Karena keunikan inilah yang nantinya akan menjadi nilai jual dari bisnis Anda dan menjadikan pembeda dari yang lainnya.

3. Buat model bisnis kuliner Anda

Langkah berikutnya adalah dengan Anda menuangkan hal sebelumnya dalam model bisnis Anda. Meski hal ini baru rencananya saja, bukan berarti model bisnis ini Anda buat secara asal. Karena nantinya model bisnis ini akan menjadi pedomaan bagi Anda untuk menjalankan bisnis dan konsep ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan suntikan modal dari para investor.

4. Lakukan analisis keuangan

analisis keuangan
Source: freepik.com

Aspek finansial adalah salah satu aspek yang sangat penting bagi semua bisnis, tidak terkecuali bisnis kuliner. Oleh karenanya, cara untuk memulai bisnis kuliner yang baik adalah dengan mengelola dan melakukan analisis keuangan dengan baik. Sebagai modal awal, Anda bisa menggunakan dana pribadi atau mencari investor untuk menggunakan modal tersebut semaksimal mungkin agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang Anda inginkan. Dengan ini Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi akuntansi terbaik dari EQUIP yang mampu untuk mengelola segala kegiatan finansial dalam bisnis Anda dan mengotomatiskan segala laporan keuangan bisnis Anda.

5. Tentukan supplier bahan baku bisnis kuliner Anda

Dengan menemukan supplier bahan baku yang tepat, Anda bisa mendapatkan bahan yang berkualitas dan juga dapat tiba tepat waktu. Tentunya jika Anda menggunakan bahan baku yang berkualitas Anda juga bisa menghasilkan makanan yang terjamin mutu dan kualitasnya. Karena dalam bisnis ini kualitas dari rasa makanan yang Anda tawarkan merupakan hal yang penting dan harus tetap terjaga konsistensinya.

Baca juga: Mengenal Peran, Fungsi, dan Cara Memilih Vendor Terbaik

6. Pilih lokasi strategis dan cozy untuk pelanggan

Lokasi bisnis juga menjadi salah satu hal yang penting bagi usaha kuliner. Sebab lokasi yang strategis mampu untuk mendatangkan bisnis Anda lebih banyak konsumen. Anda harus memperhatikan lokasi yang Anda pilih mudah untuk diakses dan mudah untuk dicari pada mesin pencarian Google. Namun untuk era saat ini lokasi bukanlah menjadi hal yang terlalu penting karena sekarang teknologi pesan antar menjadi sesuatu hal yang sedang ramai digunakan saat ini.

lokasi strategis
Source: freepik.com

7. Bangun hubungan erat dengan pelanggan

Tanpa konsumen bisnis yang Anda jalani tidak dapat berjalan dengan baik. Maka dari itu sebagai pemula, Anda harus bisa menciptakan hubungan yang baik secara dua arah dengan para konsumen Anda. Misalnya Anda menciptakan kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi, atau memberikan berbagai service yang baik. Dengan ini konsumen Anda akan rajin untuk mengunjungi dan membeli produk dari bisnis Anda. Dan Anda juga bisa meningkatkan prospek bisnis Anda menggunakan aplikasi CRM terbaik.

Baca juga: Customer Relationship Management: Pengertian, Peran, serta Cara Menerapkannya dalam Bisnis

8. Rancang strategi pemasaran yang menarik

Promosi menjadi sebuah langkah yang tidak boleh dilewatkan bagi para pelaku bisnis. Karena dengan melakukan promosi, usaha atau bisnis Anda bisa mendatangkan lebih banyak konsumen. Dengan begitu promosi yang baik dan menarik adalah sesuatu yang harus Anda lakukan karena dengan ini akan menarik mata konsumen dan membuat konsumen ingin mencoba dari produk yang Anda tawarkan. Dengan bantuan aplikasi CRM dari EQUIP mampu mengelola prospek promosi bisnis Anda secara sesuai.

Baca juga: Pentingnya Penggunaan Digital Marketing dalam Aspek Bisnis

9. Rekrut karyawan ahli dan profesional

Jika bisnis Anda sudah berkembang secara besar, Anda bisa mulai untuk memikirkan merekrut karyawan ahli yang profesional untuk bisnis Anda. Selain hal ini mampu membuat operasional bisnis Anda menjadi lebih efisien dan efektif. Hal ini bisa Anda lakukan ketika Anda ingin membuka cabang dari usaha kuliner Anda kedepannya.

10. Lakukan controlling dan monitoring secara berkala

Melakukan quality control adalah hal yang tidak kalah penting pada usaha kuliner yang Anda jalani. Karena dengan melakukan quality control Anda dapat mengontrol dan memonitor bahan baku sesuai dengan standarisasi kesehatan yang berlaku. Selain itu tujuan lainnya adalah untuk mempertahankan mutu dan kualitas dari produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Susu untuk Pemula

Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan

Setelah mengetahui dan memahami tips untuk menjalankan usaha dalam bidang kuliner di atas. Berikutnya adalah ide bisnis yang bisa Anda pilih untuk memulai usaha kuliner yang ingin Anda lakukan. Karena banyaknya jenis ide bisnis yang bisa Anda lakukan, berikut ada lima jenis ide bisnis yang lumayan cukup menjanjikan peluang bagi bisnis Anda.

Coffee shop

bisnis kuliner
Source: freepik.com

Coffee shop merupakan salah satu usaha bisnis yang paling banyak diminati oleh pebisnis di Indonesia. Selain itu pecinta kopi di Indonesia juga lumayan banyak yang menyebabkan bisnis ini menjadi salah satu contoh bisnis yang menjanjikan. Modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis ini juga tidak cukup banyak. Kunci utama untuk memulai bisnis ini adalah Anda harus percaya diri dan berani karena mengingat banyaknya kompetitor yang akan Anda jumpai.

Baca juga: 7 Tips Sukses Membangun Bisnis Coffee Shop dengan Software ERP

Salad buah

Dalam usaha ini Anda juga bisa menjual produk sehat seperti salad buah. Karena makanan ini terbilang sehat dan praktis, penggemar dari produk ini juga tidak sedikit mengingat banyaknya masyarakat yang ingin mencoba atau memulai untuk hidup yang lebih sehat. Selain itu bahan baku yang Anda perlukan sangat mudah untuk ditemui dan packaging yang sederhana mampu menjadi pertimbangan Anda untuk memulai bisnis ini.

Rice box

Jika Anda senang untuk memasak dan tinggal di tempat yang cukup padat mobilitas, Anda bisa mencoba untuk menjual rice box. Jenis ini sangat populer belakangan ini karena banyak masyarakat yang ingin makanan secara praktis. Makanan ini adalah sebuah nasi dan lauk yang dikemas menggunakan box untuk tujuan efisien dan praktis. Dengan jenis usaha ini Anda bisa mencoba dengan menjual menu yang kekinian atau yang lain sebagainya.

Dessert box

Jika Anda lebih senang untuk membuat kue basah, usaha kuliner jenis ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Karena usaha dessert box saat ini juga cukup populer pada kalangan masyarakat Indonesia. Selain packaging yang Anda gunakan hanyalah sebuah kotak plastik kaca yang mudah ditemukan. Penikmat bisnis ini juga banyak sehingga usaha ini bisa Anda pertimbangkan.

Frozen food

Selain praktis dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar, bisnis ini bisa Anda pertimbangkan karena penyimpanannya yang mudah. Selain itu makanan beku juga menjadi pilihan bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Jenis makanan ini meliputi kentang, daging olahan, dan berbagai pilihan lain yang bisa Anda jual.

Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Frozen Food dengan Software Inventory

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa usaha bisnis kuliner memiliki peluang dan potensi yang cukup besar untuk meraup keuntungan. Karena banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai kulineran usaha ini tidak akan mati karena akan selalu banyak peminatnya. Dengan ini Anda bisa menggunakan bantuan software F&B dari EQUIP karena dapat mengoptimalkan bisnis Anda dan mampu meningkatkan retensi pelanggan Anda.

bisnis kuliner

Demo gratis Equip ERP sekarang untuk bantu bisnis Anda naik level!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Baca Juga

Coba Gratis Software EQUIP

Diskusikan kebutuhan bisnis Anda dengan konsultan ahli kami dan dapatkan demonya! GRATIS!

Ingin respon lebih cepat?

Hubungi kami lewat Whatsapp

Icon EQUIP

Aurel
Balasan dalam 1 menit

Aurel
Ingin Demo Gratis?

Hubungi kami via WhatsApp, dan sampaikan kebutuhan perusahaan Anda dengan tim ahli kami
+628111775117
×
Jadwalkan Demo Via WA